Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp

Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp dengan Mudah. Mesin cuci Sharp merupakan salah satu alat rumah tangga yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mencuci pakaian. Dalam penggunaannya, mesin cuci Sharp harus dijaga kebersihannya agar tetap dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama. Dalam artikel ini, akan dibahas cara membersihkan mesin cuci Sharp dengan mudah agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

Jika diamati, barang elektronik umumnya memiliki masa pakai yang singkat, paling lama hanya setahun. Namun, ada juga yang memberikan garansi hingga 5 tahun.

Mesin cuci berkinerja terbaik pada masa garansi tersebut, dan dapat bertahan lebih lama dengan perawatan yang baik dan penggunaan yang benar. Para pengguna yang melakukan perawatan rutin bahkan dapat melebihi masa garansi tanpa masalah.

Peran mesin cuci sangat penting dalam membantu meringankan pekerjaan rumah tangga sehari-hari, dan cenderung digunakan secara terus-menerus. Untuk memperpanjang masa pakai produk, penting untuk mengoperasikannya dengan benar sesuai petunjuk resmi.

Oleh karena itu, perawatan, kebersihan, dan penggunaan yang benar menjadi faktor penentu seberapa lama mesin cuci dapat bertahan tanpa kerusakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membersihkan mesin cuci Sharp untuk semua tipe.

Manfaat Membersihkan Mesin Cuci

Walaupun membersihkan mesin cuci tergolong mudah, ternyata hanya sedikit orang yang mau melakukannya. Banyak pengguna yang jarang memperhatikan kebersihan mesin cuci, entah karena kesibukan yang tinggi atau karena malas.

Padahal, banyak manfaat yang akan dirasakan jika mesin cuci selalu dijaga kebersihannya. Berikut beberapa keuntungan kecil jika rajin membersihkan produk:

1. Produk Awet

Banyak faktor yang memengaruhi masa pakai mesin cuci, salah satunya adalah membersihkan unit secara teratur. Seiring penggunaan dalam waktu yang lama, kotoran dapat menempel pada perangkat.

Jika noda dibiarkan terus-menerus, akan tumbuh menjadi kerak yang sulit dibersihkan dan dapat menyumbat mesin. Akibatnya, kinerja mesin akan terganggu dan bisa menyebabkan kerusakan.

Oleh karena itu, risiko seperti ini dapat dihindari jika kamu rajin menjaga kebersihan mesin cuci dengan baik.

2. Unit Tidak Bau

Mesin cuci dapat mengalami masalah bau tak sedap yang dapat membuat pakaian menjadi berbau tidak sedap. Hal ini ironis, karena mencuci pakaian bertujuan untuk membuatnya bersih dan harum, namun malah berbau tidak sedap.

Penyebab mesin cuci berbau adalah karena tumbuhnya jamur dan bakteri di celah-celah tabung. Jangan khawatir jika kamu mengalami kondisi seperti ini, cukup membersihkan mesin cuci untuk mencegah timbulnya bau.

Mengenal Macam-Macam Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci adalah alat yang sangat membantu dalam mencuci pakaian. Terdapat tiga jenis mesin cuci, dan setiap jenis memiliki cara khusus untuk mencuci agar hasilnya lebih optimal. Ketiga jenis mesin cuci tersebut adalah mesin cuci 2 tabung, mesin cuci 1 tabung top loading, dan mesin cuci 1 tabung front loading.

1. Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tabung pertama digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan tabung kedua digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah selesai dicuci.

Baca Juga :   Cara Meyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke kapasitor

Kelebihan dari mesin cuci 2 tabung adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis mesin cuci lainnya. Pemakaian listrik juga relatif lebih sedikit, karena mesin cuci ini didesain agar lebih ekonomis.

Namun, kekurangan dari mesin cuci 2 tabung adalah Anda harus mengeluarkan tenaga untuk memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung pengering setelah pakaian dicuci, sehingga proses mencuci menjadi 2 tahap. Tingkat kekeringan pakaian hanya mencapai 70% karena mesin cuci ini tabungnya berputar secara vertikal, sehingga air tidak dapat turun semuanya. Selain itu, mesin cuci 2 tabung juga membutuhkan volume air yang cukup banyak, karena jika mesin cuci kekurangan air, mesin tidak dapat berputar. Oleh karena itu, mesin cuci 2 tabung membutuhkan air paling banyak.

2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Mesin cuci 1 tabung top loading merupakan perkembangan dari mesin cuci 2 tabung dengan pengurangan jumlah tabung. Jenis mesin cuci ini memiliki satu tabung yang berfungsi untuk mencuci dan mengeringkan pakaian pada tabung yang sama secara otomatis. Anda tidak perlu lagi memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lain seperti pada mesin cuci 2 tabung.

Kelebihan mesin cuci 1 tabung top loading adalah daya listrik relatif lebih rendah dan praktis karena proses mencuci dan mengeringkan dilakukan secara otomatis. Mesin cuci ini bekerja secara otomatis dari mengisi air, mencuci, membilas hingga memeras cucian.

Kekurangan mesin cuci 1 tabung top loading adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Tingkat kekeringan hanya mencapai 70% karena mesin cuci ini masih berbentuk vertikal sehingga air tidak bisa turun semuanya. Mesin cuci ini juga membutuhkan volume air yang cukup banyak.

3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Mesin cuci tipe ini memiliki satu tabung yang dirancang secara horizontal dengan arah putaran yang vertikal. Seperti mesin cuci 1 tabung top loading, mesin cuci 1 tabung front loading akan mencuci dan mengeringkan pakaian secara otomatis mulai dari pengisian air, pencucian, pembilasan, hingga pemerasan.

Kelebihan mesin cuci 1 tabung front loading adalah proses pencucian lebih efektif dibandingkan dengan 2 jenis mesin cuci sebelumnya. Resiko kerusakan pada bahan atau pakaian paling minim karena putaran mesin bersifat vertikal. Lebih praktis karena proses pencucian dan pengeringan dilakukan secara otomatis. Jumlah air yang dibutuhkan lebih sedikit. Tingkat kekeringan yang maksimal mencapai 90%.

Kekurangan mesin cuci 1 tabung front loading adalah harganya paling mahal karena memiliki teknologi yang lebih canggih. Konsumsi daya listrik lebih tinggi dan membutuhkan deterjen khusus.

Itulah beberapa perbedaan jenis mesin cuci beserta kekurangan dan kelebihannya. Pastikan Anda memilih mesin cuci terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu merek mesin cuci terbaik untuk kegiatan mencuci harian adalah mesin cuci Sharp, karena dilengkapi dengan teknologi tercanggih yang dapat memudahkan pekerjaan Anda.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp

1. Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci Dua Tabung

Jika diperhatikan, barang elektronik umumnya memang memiliki masa pakai yang tidak terlalu panjang. Untuk mesin cuci misalnya, masa pakai untuk mesin cuci baru umumnya berada di kisaran 5 tahun saja. Akan tetapi, masa pakai tersebut tentu masih bisa dimaksimalkan dengan menerapkan tips merawat mesin cuci yang benar. Membersihkan mesin cuci secara rutin adalah salah satu caranya. Namun khusus untuk mesin cuci 2 tabung, bagaimana cara efektif untuk membersihkannya?

1. Gunakan Pemutih

Ketika mesin cuci semakin tua, biasanya bagian dalamnya akan menguning. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan cairan pemutih pakaian. Langkah pertama adalah memasukkan air hangat ke dalam mesin cuci hingga seluruh area yang menguning terendam air. Kemudian, tambahkan pemutih pakaian secukupnya, nyalakan mesin cuci agar air dan pemutih tercampur, dan biarkan selama beberapa saat. Setelah noda kuning terangkat, bilas dengan air bersih.

Baca Juga :   Cara Mengeluarkan Air dari Mesin Cuci Samsung Secara Manual

2. Membersihkan Dengan Baking Soda dan Cuka

Baking soda dan cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci. Caranya cukup dengan menuangkan air hangat ke dalam mesin cuci, kemudian tambahkan baking soda dan cuka secukupnya. Nyalakan mesin cuci seperti saat Anda mencuci pakaian dan biarkan campuran tersebut beredar dalam mesin selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas mesin cuci hingga bersih.

3. Selalu Bersihkan Deterjen Setelah Selesai Mencuci

Membersihkan mesin cuci dari sisa deterjen setiap kali digunakan adalah hal yang penting dalam menjaga mesin cuci agar awet. Deterjen yang menumpuk di dalam mesin cuci bisa membentuk kerak dan mempengaruhi kinerja mesin. Selain membersihkan bagian dalam, pastikan juga bagian luar mesin cuci terbebas dari sisa deterjen.

Memperhatikan kebersihan mesin cuci dapat memperpanjang masa pakainya dan menjaga kinerjanya. Namun, selain tips merawat mesin cuci, kualitas mesin juga berpengaruh pada masa pakainya. Pilih mesin cuci berkualitas seperti mesin cuci Sharp yang dilengkapi dengan garansi yang jelas.

2. Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Jika sebelumnya kita membahas cara membersihkan mesin cuci sharp tipe bukaan atas, kini saatnya kita membahas cara membersihkan mesin cuci bagian atas. Meskipun sama-sama membersihkan, namun proses membersihkan antara mesin cuci front loading dan mesin cuci bukaan atas berbeda. Agar tidak bingung, berikut ini cara-cara untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas.

Pertama, gunakan program pencucian dengan air panas atau air biasa. Setelah mesin cuci terisi air dan mulai bekerja, buka pintu dan masukkan cuka putih sebanyak 750 ml dan baking soda sebanyak 60 gram ke dalam mesin.

Pastikan cuka putih dan baking soda tercampur sempurna dalam mesin cuci terbaik Anda, lalu matikan mesin cuci. Biarkan cuka putih dan baking soda terendam di dalam mesin selama sekitar 30 menit.

Setelah itu, diamkan mesin cuci selama 30 menit hingga 1 jam agar dinding tabung mesin cuci terendam dengan sempurna.

Nyalakan kembali mesin cuci untuk menyelesaikan program pencucian hingga pembilasan selesai. Setelah program pencucian selesai, lap bagian dalam tabung menggunakan kain yang telah direndam dalam campuran air panas dan cuka dengan rasio 1:1. Pastikan Anda mengelap bagian dalam secara menyeluruh, termasuk bagian pinggir dan langit-langit tabung.

Setelah bagian dalam dibersihkan, bersihkan juga bagian luar mesin cuci terbaik tipe bukaan atas menggunakan campuran air hangat dan cuka. Pastikan panel mesin cuci tidak terkena air selama proses pembersihan untuk menghindari kerusakan pada mesin cuci Anda.

Sekarang Anda tahu cara membersihkan mesin cuci bagian atas dengan mudah dan menyenangkan. Lakukan pembersihan mesin cuci terbaik Anda secara rutin agar mesin cuci Anda selalu dalam kondisi terbaik.

3. Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Loading

Peran mesin cuci terbaik yang tidak henti-hentinya digunakan tentu harus diimbangi dengan proses pembersihan yang tepat. Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara merawat mesin cuci terbaik, kali ini kita akan sedikit membahas cara membersihkan mesin cuci sharp tipe front loading. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengosongkan mesin cuci terbaik Anda sebelum membersihkannya. Kemudian, jalankan program pencucian dengan menggunakan air panas (jika tersedia). Jika tidak ada program pencucian menggunakan air panas, maka Anda bisa menggunakan program pencucian biasa. Pencucian dengan air panas dapat membantu membersihkan sisa deterjen yang menumpuk di dalam tabung mesin cuci terbaik Anda.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Electrolux Yang Tepat

Selanjutnya, siapkan cuka sebanyak dua cangkir dan tuangkan ke dalam laci deterjen (jika tersedia) atau langsung ke dalam tabung mesin cuci. Kemudian, jalankan program pencucian (khusus program pencucian menggunakan air panas, atur suhu pada 40°C). Cuka ini berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mesin cuci terbaik Anda.

Setelah mesin cuci menyelesaikan proses pencucian, lepas laci deterjen dan rendam di dalam wadah atau ember yang besar. Jika kondisi laci deterjen Anda sangat kotor, gunakan air rendaman yang dicampur dengan air panas dan karbol. Setelah proses perendaman cukup, bilas laci deterjen dan keringkan, lalu pasang kembali di tempat asalnya.

Untuk memaksimalkan proses pembersihan pada mesin cuci terbaik tipe front loading, tidak cukup hanya membersihkan bagian dalam (tabung) mesin cuci saja. Anda juga harus membersihkan seluruh bagian luar mesin cuci agar visualnya tetap terlihat baru dan bersih. Anda bisa menggunakan kain yang dibasahi dengan air panas atau hangat untuk membersihkan area luar mesin cuci front loading.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan saluran yang menghubungkan laci deterjen dan tabung mesin cuci. Di bagian ini, biasanya terdapat tumpukan sisa deterjen yang cukup banyak, sehingga Anda dapat memanfaatkan sikat gigi bekas untuk menghilangkan residu tersebut.

Tips Membersihkan Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan perangkat elektronik di rumah yang digunakan setiap hari. Kadang-kadang, mesin cuci harus membersihkan pakaian yang sangat kotor, seperti pakaian yang terkena lumpur. Jika Anda tidak membersihkan mesin cuci secara teratur, maka mesin cuci Anda bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan mesin cuci agar terhindar dari bau yang tidak sedap.

Langkah pertama untuk membersihkan mesin cuci adalah membersihkan tabung, baik untuk mesin cuci bukaan atas maupun depan. Isi tabung dengan air panas, lalu tambahkan satu liter pemutih. Nyalakan mesin cuci seperti saat mencuci pakaian biasa.

Jika mesin cuci Anda dilengkapi dengan teknologi Tub Self Cleaner, aktifkan mode tersebut dan biarkan mesin cuci membersihkan sendiri. Setelah selesai, biarkan mesin cuci kering dengan sendirinya. Jika masih tercium bau tidak sedap atau ada kotoran yang tersisa, ulangi langkah tersebut.

Selain membersihkan tabung mesin cuci, Anda juga harus membersihkan dispenser untuk deterjen bubuk atau cair. Bersihkan dispenser deterjen pada mesin cuci bukaan depan maupun bukaan atas dengan larutan cuka dan air. Area ini penting untuk menjaga agar bagian dalam mesin cuci tetap bersih.

Jika Anda memiliki mesin cuci bukaan depan, pastikan juga untuk membersihkan karet pada penutup mesin. Area ini sangat rentan terkena lumut karena air bisa terperangkap antara lapisan karet dan mesin. Gunakan pembersih serbaguna dan spons untuk membersihkan area ini.

Terakhir, selain membersihkan bagian dalam, Anda juga harus membersihkan bagian luar mesin cuci. Pastikan untuk mencabut stop kontak sebelum membersihkannya dengan air. Jangan sampai mengguyur air pada bagian yang tidak boleh terkena air, seperti kontrol panel sistem elektronik.

Penutup

Membersihkan mesin cuci merupakan tugas yang penting untuk menjaga kinerja dan kebersihan mesin tersebut. Dengan menjaga kebersihan mesin cuci Sharp secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa mesin cuci berfungsi dengan baik dan dapat bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *