Penyebab Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Penyebab Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Penyebab Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin Paling Tepat. Berbagai masalah umum kerap terjadi pada mesin cuci, termasuk masalah mesin yang tidak dapat berputar sehingga gagal mengeringkan pakaian. Kerusakan pada mesin cuci LG 1 tabung yang tidak bisa berputar perlu segera diatasi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut yang dapat mempengaruhi komponen lainnya.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mesin cuci front loading tidak bisa berputar, seperti modul kontrol yang meleleh, dinamo yang rusak, saluran pembuangan yang aus, serta kerusakan pada bagian kabel. Jika kalian ingin mengetahui lebih detail mengenai masalah ini, silahkan baca penjelasan berikut ini.

Cara kerja mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci 1 tabung terdiri dari dua jenis, yakni top loading (muatan atas) dan front loading (muatan depan), serta bisa otomatis atau semi-otomatis. Secara umum, mekanisme kerja mesin cuci 1 tabung lebih canggih daripada mesin cuci 2 tabung. Berikut adalah cara kerja mesin cuci 1 tabung:

  1. Setelah pakaian dimasukkan ke dalam tabung dan mesin diatur, air akan mengalir dari laci deterjen hingga mengisi ruang dalam dan luar tabung.
  2. Ketika tabung telah terisi penuh, aliran air akan berhenti dan tabung mulai berputar.
  3. Katup air akan membuka dan mengalirkan air ke saluran pembuangan.
  4. Air bersih kemudian masuk kembali, dan tabung berputar lagi untuk membilas pakaian. Setelah proses bilas selesai, air akan dikeluarkan.
  5. Pada akhir siklus, tabung akan berputar dengan kecepatan 130 km/jam untuk mengeringkan pakaian.

Proses mencuci pakaian dengan mesin cuci 1 tabung tentu berbeda dengan mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci 2 tabung memiliki dua tabung dengan fungsi yang berbeda; tabung sebelah kiri digunakan untuk mencuci dan membilas, sementara tabung sebelah kanan berfungsi untuk memutar pakaian sehingga kadar air berkurang.

Baca Juga :   Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci Paling Mudah Untuk Pemula

Penyebab Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin

LG memang dikenal sebagai produsen elektronik yang menghasilkan produk berkualitas tinggi. Meskipun harganya relatif lebih tinggi, kualitas yang ditawarkan sangatlah memuaskan. Namun, jika usia mesin cuci sudah cukup lama atau ketinggalan zaman, tentu saja kerusakan pada komponen internal maupun eksternal bisa terjadi.

Salah satu jenis kerusakan yang sering dialami oleh beberapa pengguna mesin cuci LG adalah tidak dapat berputar. Fitur berputar ini berfungsi untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci dan dibilas. Jadi, ketika fitur ini digunakan, mesin cuci akan berhenti berputar dan tidak dapat bekerja dengan baik.

Berikut adalah beberapa penyebab mesin cuci LG 1 tabung tidak bisa berputar:

1. Kapasitor Dinamo Rusak

Kerusakan pada kapasitor dinamo menjadi alasan utama mengapa mesin cuci tidak bisa berputar. Untuk memeriksanya, kalian perlu membuka mesin cuci sepenuhnya dan melihat apakah kapasitor dinamonya mengalami kerusakan seperti yang dijelaskan di bawah ini atau tidak:

  • Terbakar
  • Pecah
  • Berkarat
  • Meleleh
  • Bocor
  • Menggelembung
  • Retak

2. Rem Rusak

Sebagian besar mesin cuci LG 1 tabung merupakan jenis top loading. Tipe ini kerap kali menghadapi masalah pada bagian remnya.

Rem adalah komponen yang berfungsi untuk melakukan pengereman ketika mesin cuci sedang berputar, baik saat proses pencucian, pembilasan, maupun pengeringan.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggantikan rem yang rusak dengan yang baru. Dengan demikian, fitur berputar mesin cuci dapat kembali berfungsi normal.

3. Kerusakan Pada Modul Controller

Modul kontrol, atau yang sering disebut papan PCB, merupakan komponen yang menjadi otak dari sebuah mesin cuci. Jika komponen ini mengalami kesalahan, maka kerusakan dapat terjadi pada sebagian atau seluruh mesin, salah satunya adalah tidak bisa berputar.

Beberapa komponen yang langsung terpengaruh oleh kerusakan modul kontrol, antara lain:

  • Sensor proses pengeringan
  • Sensor katup masuk air dan katup pembuangan
  • Sensor proses pembilasan
  • Sensor pintu
  • Sensor proses pencucian
  • Sensor tingkat air

4. Drain Motor Rusak

Dari berbagai jenis motor yang terdapat pada mesin cuci, terdapat jenis motor pembuangan (drain motor) yang berfungsi untuk mengeluarkan air sebelum proses pengeringan. Jika drain motor mengalami kerusakan, air tidak akan dapat dikeluarkan sehingga proses berputar (spin) tidak akan berjalan secara otomatis.

Baca Juga :   Fungsi dan Cara Kerja Water Level Mesin Cuci Otomatis

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada drain motor. Misalnya, kabel penghubung yang putus, mesin yang sudah aus, konektor kabel yang longgar, atau karena komponen drain motor itu sendiri yang rusak.

5. Modul Mesin Cuci LG 1 Tabung Error

Banyak pengguna mesin cuci LG 1 tabung yang kerap mengalami kerusakan pada modul. Akibatnya, saat proses pencucian selesai dan memasuki proses berputar (spin), mesin cuci tiba-tiba mati dan kembali ke proses pencucian awal. Hal ini disebabkan oleh modul yang mengalami kesalahan dan perlu penanganan lebih lanjut.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Berputar

Berdasarkan penyebab yang telah disebutkan, kami akan memberikan solusi untuk memperbaiki mesin cuci LG 1 tabung yang tidak bisa berputar atau spin.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kabel mesin cuci yang terputus dapat diperiksa dengan menggunakan alat multimeter. Jika memang ada kabel yang putus, kalian bisa menyambungkannya kembali. Cara menyambungkannya cukup mudah, yaitu dengan isolasi atau menggantinya jika kabelnya sudah rusak parah.
  2. Periksa drain motor atau dinamo, terutama pada kabel-kabel aliran listriknya. Jika tidak ada yang putus, kemungkinan kerusakan ada pada drain motornya. Gantilah drain motor dengan yang baru.
  3. Tali karet mesin cuci yang kendur akan mengakibatkan putaran tidak maksimal atau bahkan mesin cuci tidak berputar. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti tali tersebut, tetapi saat memasangnya jangan terlalu kencang.
  4. Kapasitor berperan sebagai pasokan daya, sehingga jika kapasitor ini rusak, drain motor tidak akan bekerja. Beberapa ciri-ciri kapasitor mesin cuci rusak antara lain terbakar, bentuknya kembung, dan bocor. kalian bisa memeriksanya terlebih dahulu dengan multimeter untuk memastikan apakah kapasitor benar-benar rusak atau tidak. Jika rusak, gantilah dengan yang baru agar mesin cuci LG 1 tabung kalian bisa berputar lagi.
  5. Modul mesin cuci yang error bisa diperbaiki dengan melakukan reset. Kami pernah membuat artikel tentang cara mereset mesin cuci Panasonic, silakan kalian baca dengan seksama untuk memahami prosedurnya.

Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung

Meskipun tampak selalu bersih, mesin cuci perlu dibersihkan secara berkala. Pasalnya, mesin cuci menampung berbagai kotoran dan bakteri, serta kertas dan tisu yang menempel pada pakaian. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan mesin cuci 1 tabung:

Baca Juga :   Mesin Cuci untuk Daya Listrik 450 Watt Yang Disarankan

  1. Tambahkan dua gelas cuka ke dalam laci detergen atau tabung mesin cuci.
  2. Gunakan opsi satu kali bilas pada mesin cuci dengan air panas. Jika mesin cuci tidak memiliki pengaturan air panas, tuangkan 1 liter air panas ke dalam tabung mesin cuci.
  3. Tambahkan dua gelas cairan pemutih ke dalam laci detergen atau tabung mesin cuci.
  4. Ulangi langkah nomor 2.
  5. Setelah selesai berputar, bersihkan karet bibir mesin dengan kain yang telah dibasahi dengan air sabun.
  6. Lepaskan laci detergen dari mesin cuci. Kemudian sikat dan rendam dalam larutan sabun dan air hangat.

Larutan cuka akan membantu melunakkan sisa sabun yang mengering, sementara cairan pemutih akan menghilangkan jamur dan bakteri pada tabung. Metode pembersihan mesin cuci 1 tabung yang disebutkan di atas dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin cuci. Untuk tips yang lebih lengkap, silakan baca artikel berikutnya mengenai cara membersihkan mesin cuci.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa penyebab mesin cuci LG 1 tabung tidak bisa spin yang perlu kalian ketahui. Dari mulai masalah pada bagian motor, hubungan antara mesin cuci dengan saluran pembuangan, hingga masalah pada bagian transmisi.

Jika mesin cuci kalian mengalami masalah seperti ini, segera periksa dan perbaiki masalahnya agar mesin cuci dapat berfungsi dengan baik dan kalian dapat mencuci pakaian dengan nyaman.

Jangan lupa selalu membaca manual penggunaan dan melakukan perawatan rutin pada mesin cuci agar mesin cuci tetap awet dan tidak mengalami kerusakan yang serius di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *