Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak

Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak & Penyebab

Posted on

Finoo.id – Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak & Penyebab. Mesin cuci seringkali mengalami masalah yang membuat pemiliknya tidak bisa menggunakannya lagi, termasuk masalah pada pengeringan mesin cuci yang tidak berputar. Mesin cuci merupakan komponen penting dalam rumah, karena dengan adanya mesin cuci, kita dapat mencuci pakaian dengan mudah tanpa perlu repot.

Ada banyak merek mesin cuci yang tersedia di pasaran, mulai dari yang murah hingga yang mahal, seperti Sharp, Panasonic, Polytron, dan lain-lain. Selain itu, ada juga berbagai tipe mesin cuci yang bisa dibeli, termasuk yang berjenis 1 tabung dan 2 tabung, yang tentunya mempermudah dalam mencuci pakaian.

Namun, karena mesin cuci merupakan barang elektronik, tentu saja akan ada masalah yang muncul saat mesin cuci tersebut sudah lama digunakan atau sering digunakan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin cuci adalah pengeringan mesin cuci yang tidak berputar. Masalah ini sering dialami oleh sebagian pemilik mesin cuci di rumah mereka.

Oleh karena itu, kami ingin memberikan informasi kepada kalian mengenai penyebab dan cara memperbaiki masalah pada pengering mesin cuci yang tidak berputar.

Dinamo Mesin Spin

Dalam dinamo mesin spin, terdapat sebuah puli yang memiliki fungsi gkalian. Selain berfungsi sebagai rem untuk dinamo, puli tersebut juga berfungsi sebagai penghubung antara as dinamo spin dengan as tabung pengering.

Selain itu, terdapat lubang atau cekungan pada as dinamo pengering yang berguna untuk memasang baut sebagai pengunci puli pada as dinamo motor.

Baca Juga :   Penyebab Dinamo Mesin Cuci Cepat Panas dan Kurang Bertenaga

Pada puli sendiri, terdapat juga lubang yang berguna untuk mengunci as tabung pengering.

Namun perlu diperhatikan bahwa panjang dari as dinamo setiap merk mesin cuci dapat berbeda-beda. Oleh karena itu, saat membeli dinamo baru, pastikan panjang dan diameternya sama dengan yang sebelumnya.

Dengan demikian, dinamo mesin spin akan dapat bekerja dengan maksimal dan memastikan pengeringan cucian yang lebih efektif.

Ciri-Ciri Dinamo Mesin Cuci Rusak

Dynamo pengering pada mesin cuci merupakan salah satu bagian yang rentan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti umur mesin, intensitas penggunaan, atau kabel yang putus.

Agar kalian dapat mengetahui apakah dynamo pengering mengalami kerusakan, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dinamo mesin cuci yang rusak:

  1. Mesin cuci mengeluarkan suara berdengung saat dihidupkan.
  2. Putaran mesin cuci terasa lemah.
  3. Mesin cuci tidak berputar sama sekali.
  4. Mesin pengering mengeluarkan suara bising saat dihidupkan.
  5. Mesin pengering tidak berputar dan pakaian masih basah.

Jika kalian mengalami masalah seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya periksa komponen mesin cuci terlebih dahulu sebelum panik. Jika terdapat kerusakan, jangan ragu untuk menghubungi layanan perbaikan mesin cuci.

Penyebab Dinamo Mesin Cuci Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri dinamo mesin cuci yang rusak, pertanyaannya adalah apa sebenarnya penyebab dinamo mesin cuci bisa rusak? Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan dinamo mesin cuci cepat rusak.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab mesin pengering pada mesin cuci yang tidak berfungsi dengan baik:

1. Timer Pengering Rusak

Kerusakan pada timer pengering dapat terjadi karena usia mesin atau serangan hama seperti tikus. Komponen pegas yang aus karena usia atau digigit tikus bisa menyebabkan kerusakan pada timer. Jika terjadi kerusakan pada timer, maka mesin pengering tidak akan bisa berputar.

2. Dinamo Rusak

Dinamo merupakan salah satu komponen penting dalam mesin cuci. Kerusakan pada dinamo dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lilitan dinamo yang putus dan menyebabkan mesin pengering tidak mau berputar serta mengeluarkan suara dengungan.

Baca Juga :   Daftar Kode Error Mesin Cuci Toshiba Terlengkap

3. Tenaga Kapasitor Berkurang

Kerusakan pada tenaga kapasitor dapat menyebabkan mesin pengering tidak berputar dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena usia pakai mesin cuci yang sudah terlalu lama.

4. Sambungan Kabel Putus

Kabel yang putus, terutama akibat gigitan tikus, juga dapat menyebabkan mesin pengering tidak berputar dengan baik.

5. Kapasitor Mesin Terbakar

Kerusakan pada kapasitor mesin juga dapat menyebabkan mesin pengering tidak berputar. Kapasitor mesin yang terbakar biasanya terjadi ketika mesin pengering digunakan secara terus menerus dan intensitas pemakaiannya cukup tinggi.

6. Kerusakan Door Switch

Kerusakan pada door switch atau saklar pintu juga dapat mempengaruhi kinerja mesin pengering. Komponen ini sering terkena air dan bisa membuat sensor pengering jadi rusak. Hal ini sering terjadi dan sering kali tidak disadari oleh pengguna mesin cuci.

Jika kalian mengalami masalah dengan mesin pengering pada mesin cuci kalian, sebaiknya periksa terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghubungi layanan perbaikan mesin cuci.

Harga Dinamo Pengering Mesin Cuci

Harga dinamo mesin pengering dapat bervariasi tergantung pada jenis mesin cuci yang digunakan. Sebelum membeli dinamo, pastikan terlebih dahulu bahwa dinamo mesin cuci benar-benar rusak.

Pastikan juga bahwa komponen yang rusak adalah dinamo pengering atau dinamo wash pada mesin cuci kalian. Harga dinamo pengering cenderung lebih murah dibandingkan dengan dinamo wash.

Type Mesin CuciHarga
Dinamo pengering Mesin Cuci 60 WattRp. 165.000
Dinamo Mesin Cuci SamsungRp. 300.000
Dinamo spin Mesin Cuci SamsungRp. 170.000
Dinamo Mesin Cuci 135 WattRp. 210.000
Dinamo MEsin Cuci Sanken XD 135Rp. 180.000
Dinamo Motor Spin Mesin Cuci SankenRp. 208.000
Dinamo Mesin Cuci XD 135 Shaft 12mmRp. 284.000
Dinamo Pengering Mesin Cuci M_921 (SharpRp. 270.000
Dinamo Spin Mesin Cuci SharpRp. 150.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp Rp. 175.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp/ Panasonic/ PolytronRp. 170.000
Dinamo Mesin Cuci Full AutoRp. 275.000
Dinamo Pengering Mesin Cuci PanasonicRp. 120.000
Dinamo Mesin Cuci LG as 12 mmRp. 1175.000
Baca Juga :   Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Artikel Terkait :

Penutup

Dinamo pengering adalah salah satu komponen penting dalam mesin cuci yang berfungsi untuk menggerakkan drum agar bisa mengeringkan pakaian. Namun, seperti halnya komponen mesin lainnya, dinamo pengering juga bisa mengalami kerusakan.

Beberapa ciri-ciri dinamo pengering mesin cuci yang rusak antara lain adanya bunyi yang tidak wajar saat mesin cuci dihidupkan, mesin cuci tidak bisa berputar dengan lancar, dan pakaian tidak kering meskipun sudah diputar dalam waktu yang lama. Jika kalian mengalami masalah-masalah tersebut, segeralah membawa mesin cuci ke tempat servis terpercaya untuk diperbaiki.

Ingatlah bahwa merawat mesin cuci secara rutin dan memperbaiki kerusakan sejak dini dapat memperpanjang umur mesin cuci kalian serta mencegah biaya perbaikan yang lebih besar di masa depan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi yang ahli jika kalian mengalami masalah pada mesin cuci kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak & Penyebab. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *