Cara Kerja Water Level Mesin Cuci

Fungsi dan Cara Kerja Water Level Mesin Cuci Otomatis

Posted on

Finoo.id – Fungsi dan Cara Kerja Water Level Mesin Cuci Otomatis. Saat mesin cuci dihidupkan, mesin akan mulai mengisi tabung dengan air hingga mencapai batas tertentu sesuai dengan pengaturan modul mesin cuci. Setelah kapasitas air tercapai, mesin cuci baru dapat berputar. Untuk menentukan jumlah air yang tepat untuk proses pencucian, diperlukan komponen sensor tekanan level air atau water level pressure switch.

Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa cara kerja water level pada mesin cuci tidak hanya sebatas itu. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengatur dan fungsi water level pada mesin cuci agar mesin cuci kalian tidak mudah rusak. Kesalahan dalam pengaturan water level mesin cuci dapat menyebabkan kerusakan pada mesin cuci. Mari belajar lebih lanjut di sini, teman!

Definisi Water Level Indicator

Beberapa indikator ketinggian air menggunakan kombinasi sensor probe atau sakelar apung untuk mendeteksi ketinggian air. Menurut Pusat Elektronik, Indikator Ketinggian Air menggunakan mekanisme sederhana untuk mendeteksi dan menunjukkan ketinggian air di tangki atas atau wadah air lainnya.

Water Level Indicator adalah bagian dari pengukuran level atau skala pengukuran yang menggambarkan karakteristik informasi dalam nilai-nilai yang diberikan untuk variabel. Psikolog Stanley Smith Stevens menciptakan klasifikasi paling terkenal dengan empat tingkat pengukuran: nominal, ordinal, interval, dan rasio.

Kerangka kerja untuk membedakan tingkat pengukuran ini berasal dari psikologi dan telah dikritik luas oleh para ahli di bidang lain. Ada klasifikasi lain yang dikembangkan oleh Mosteller dan Tukey, serta oleh Chrisman.

Fungsi Water Level Pada Mesin Cuci

Water level pada mesin cuci berfungsi untuk mengatur jumlah air yang akan digunakan saat mencuci. Water level pada mesin cuci biasanya memiliki 3 tingkat, yaitu:

Baca Juga :   Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

  1. Low atau rendah untuk jumlah cucian yang sedikit.
  2. Middle atau sedang untuk cucian yang sedang.
  3. High atau tinggi untuk jumlah cucian yang banyak.

Cara penggunaan water level pada setiap mesin cuci mungkin berbeda-beda. Beberapa mesin cuci menggunakan selector yang cukup diputar ke arah low, middle, atau high. Namun, beberapa mesin cuci menggunakan tombol yang harus ditekan dan dapat dilihat pada indikator display untuk memilih water level.

Manfaat dari water level adalah penggunaan air dan listrik bisa lebih hemat dengan mempertimbangkan jumlah cucian yang akan dicuci. Jika water level tidak dipakai, maka penggunaan air dan listrik akan lebih boros. Oleh karena itu, pemilik mesin cuci dapat lebih efektif dalam penggunaan air.

Pahami Cara Kerja Water Level Mesin Cuci Otomatis

Komponen water level pada mesin cuci memiliki selang yang berfungsi untuk menghubungkannya dengan tabung mesin cuci. Sensor water level pada mesin cuci menggunakan sistem kerja dengan memanfaatkan tekanan udara pada tabung. Ketika tabung diisi dengan air, tekanan akan meningkat secara otomatis hingga mencapai batas tertentu dan air akan berhenti mengisi, lalu mesin cuci akan berfungsi.

Kerusakan pada sensor water level dapat menyebabkan error atau masalah pada mesin cuci. Hal ini dapat menyebabkan kerugian, di antaranya:

  1. Jika sensor water level mengalami error, modul pada mesin cuci akan menganggap bahwa proses pengisian air pada tabung mesin cuci masih berlangsung. Sehingga mesin cuci tidak dapat melanjutkan proses selanjutnya, yaitu mencuci.
  2. Jika sensor water level tidak berfungsi, maka air akan terus masuk ke dalam tabung hingga penuh dan meluap. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini dapat merusak mesin cuci itu sendiri. Ini adalah akibat kerusakan pada water level pada mesin cuci.

Pentingnya Water Level Indicator

Indikator level air memiliki peran penting di banyak industri yang berbeda. Sebagai contoh, menara pendingin menggunakan indikator ketinggian air untuk memonitor tinggi rendahnya air di tangki dan mengambil tindakan korektif berdasarkan tinggi rendahnya air tersebut.

Tanpa adanya indikator ketinggian air di tangki air, kalian harus memeriksa secara manual untuk mengetahui apakah ada cukup air di dalam tangki, dan jika tangki kalian kosong, itu bisa berarti chiller kalian terlalu panas. Indikator ketinggian air memungkinkan kalian untuk memantau tinggi rendahnya air dari jarak jauh dan mengambil tindakan korektif secara otomatis sehingga kalian dapat fokus pada masalah yang lebih penting.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Samsung Diamond Drum Yang Tepat

Pengaplikasian Water Level Indicator

IIndikator ketinggian air dapat digunakan di berbagai tempat seperti hotel, kolam renang, pabrik, sistem proteksi kebakaran di gedung, dan banyak lagi. Aplikasi dan manfaat lain dari indikator ketinggian air meliputi:

  1. Hotel
  2. Apartemen dan rumah
  3. Kompleks komersial
  4. Pabrik
  5. Di tempat yang menggunakan menara pendingin
  6. Kolam renang residensial dan komersial
  7. Di mana saja ketinggian air perlu dikontrol
  8. Di kendaraan sebagai indikator level bahan bakar
  9. Dalam wadah besar sebagai indikator level cairan
  10. Motor fase tunggal
  11. Submersible fase tunggal
  12. Motor tiga fase
  13. Sumur terbuka
  14. Sumur bor
  15. Pompa sump

Digunakan untuk memulai dan menghentikan pompa air

Indikator level air untuk tangki air.

  • Jenis Water Level Indicator
  • Ada beberapa jenis indikator ketinggian air, di antaranya:
  • Sakelar apung
  • Kontrol ketinggian air
  • Indikator level tanpa terapung
  • Indikator level titik tunggal
  • Menggantung sensor ketinggian air
  • Sensor tingkat konduktivitas
  • Indikator ketinggian air elektronik
  • Indikator ketinggian air busi
  • Sensor ketinggian air PVC
  • Sensor ketinggian air nirkabel
  • Indikator ketinggian air kolam renang.

Manfaat Water Level Indicator

Beberapa manfaat dari Level Indicator adalah sebagai berikut:

  • Mudah dipasang.
  • Perawatan yang mudah.
  • Indikator ketinggian air otomatis memastikan tidak ada luapan atau pompa kering yang berjalan.
  • Menghemat biaya pengeluaran dengan menggunakan lebih sedikit air dan listrik.
  • Dapat membantu menghindari rembesan dinding dan atap karena tangki meluap.
  • Penghematan otomatis dapat menghemat waktu dan tenaga kerja manual.
  • Mengkonsumsi sangat sedikit energi, sehingga cocok untuk operasi terus menerus.
  • Menunjukkan pemicu level air di semua jenis tangki.

Keuntungan Water Level Indicator

Keuntungan dari indikator ketinggian air meliputi:

  • Penghemat daya.
  • Penghemat uang.
  • Otomatis.
  • Maksimalisasi penggunaan air.
  • Desain elektronik yang kalianl.

Kekurangan Water Level Indicator

Beberapa kelemahan indikator ketinggian air meliputi:

  • Kontrol ketinggian air perlu diganti setiap 3 tahun.
  • Rentan terhadap karat, pembusukan, dan kerusakan.
  • Elektronik biasanya dibangun secara terpisah.
  • Instalasi lebih sulit.
  • Sebagian besar sakelar apung sudah usang.
  • Tidak ada lampu indikator LED.
  • Tidak ada jaminan atau garansi.

Akibat Kerusakan Water Level Mesin Cuci dan Cara Memperbaikinya

1. Cek hambatan

Untuk mengecek nilai hambatan pada water level, kalian dapat menggunakan multimeter. Atau kalian dapat mengatur skala pada posisi ohm dan kemudian memeriksa kaki water level-nya. Untuk water level dengan 3 kaki, kalian dapat melakukan pengecekan pada kaki A dan C. Sedangkan untuk water level dengan 2 kaki, kalian dapat memeriksa kaki A dan B.

Baca Juga :   Mempelajari Skema Modul Mesin Cuci Sharp Yang Tepat

Misalnya, hasil pengecekan menunjukkan nilai 30 ohm, maka water level dalam keadaan normal karena hambatan normalnya antara 10 ohm sampai 50 ohm. Sedangkan untuk memeriksa kapasitor di dalam water level, dapat dilakukan pada water level dengan 3 kaki dengan cara menyambung kaki A-B dan juga B-C. Namun, untuk water level dengan 2 kaki akan sulit diperiksa karena rangkaiannya yang menyatu dengan kumparan, sehingga ketika diperiksa hanya muncul hambatan kumparan.

2. Tiup Selang water level

Langkah berikutnya adalah dengan meniup selang water level. Pada selang water level terdapat membran atau katup yang akan terbuka saat kalian meniup dan tuas di dalamnya akan bergerak naik turun. Namun, jika water level rusak, suara yang terdengar saat ditiup akan terdengar berisik. Jika kalian membuka rumah water level dan menemukan bahwa komponen ini berkarat, kalian dapat melepas tutupnya dan membersihkan karat yang menempel pada water level ini.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang menjelasan tentang cara kerja water level pada mesin cuci. Semoga penjelasan ini dapat membantu kalian memahami bagaimana mesin cuci bekerja dan bagaimana water level memengaruhi proses pencucian pakaian.

Dengan memahami cara kerja mesin cuci, kalian dapat menggunakan mesin cuci dengan lebih efektif dan efisien untuk mencuci pakaian kalian.

Jangan lupa untuk selalu membaca manual penggunaan mesin cuci sebelum menggunakannya dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar untuk menghindari kerusakan mesin cuci. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *