Cara Cek Heater Kulkas Polytron Multitester

Cara Cek Heater Kulkas Polytron Multitester Paling Mudah

Posted on

Finoo.id –Cara Cek Heater Kulkas Polytron Multitester Paling Mudah. Kulkas 2 pintu buatan Polytron adalah salah satu merek yang terkenal. Namun, seringkali ada masalah seperti kerusakan pada pemanas kulkas 2 pintu yang mengakibatkan kulkas tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memeriksa pemanas kulkas dengan menggunakan multitester. Pemanas ini sangat penting karena berfungsi untuk mencairkan bunga es di dalam freezer.

Mengenal Heater Pada Kulkas Polytron

Heater atau Defrost Heater adalah sebuah perangkat yang berguna untuk mempercepat proses pencairan bunga es di evaporator kulkas dua pintu dengan menggunakan elemen pemanas. Heater ini bekerja secara bergantian dengan kompresor yang dikendalikan oleh timer.

Setelah kontak pada timer terputus dan aliran listrik yang masuk ke kompresor dialihkan ke defrost heater, elemen pemanas akan mulai bekerja. Pada saat itu, suhu di sekitar evaporator akan meningkat hingga seluruh bunga es mencair. Defrost heater akan mati setelah defrost thermostat menerima suhu yang dihasilkan oleh defrost heater.

Fungsi Heater Pada Kulkas?

Heater atau yang juga dikenal sebagai defrost panas adalah sebuah komponen pada kulkas yang berfungsi untuk mencairkan bunga es pada evaporator. Komponen ini menggunakan sumber panas dari kawat dengan tegangan listrik yang tinggi.

Untuk mencegah melelehnya body kulkas saat fuse heater bekerja, komponen ini dilindungi oleh kaca khusus dan tertutup rapat agar tidak menimbulkan kebakaran pada body kulkas.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor Dengan Mudah

Selain itu, perlindungan tersebut juga bertujuan untuk melindungi heater dari air yang dapat menyebabkan korsleting listrik jika terkena langsung.

Macam-Macam Heater Kulkas 2 Pintu

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ada beberapa jenis heater yang digunakan pada kulkas 2 pintu guna mendukung kinerjanya. Dua jenis heater yang umum digunakan pada kulkas ini adalah heater kaca dan heater evaporator. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap kulkas yang diproduksi memiliki jenis heater yang berbeda-beda.

Heater kaca terletak di bawah evaporator, sementara heater evaporator menempel langsung pada evaporator. Jika heater kaca rusak, maka dapat dilihat langsung pada kaca pelapisnya yang pecah. Namun, untuk mengetahui kerusakan pada heater evaporator, perlu diukur terlebih dahulu menggunakan multitester.

Cara Kerja Heater pada Kulkas 2 Pintu

Saat evaporator pada kulkas sudah cukup dingin, kedua kabel pada heater akan terhubung dan menambah tegangan langsung pada heater kulkas. Kulkas 2 pintu dilengkapi dengan sistem pencairan bunga es yang canggih, yang berbeda dengan kulkas 1 pintu yang umumnya hanya memiliki sistem pencairan bunga es secara manual.

Karena itu, proses pencairan bunga es pada kulkas 2 pintu berjalan lebih sempurna dan mudah. Beberapa fitur yang mendukung proses ini meliputi:

  • Thermo fuse
  • Thermostat kulkas
  • Motor kipas blower
  • Heater kulkas
  • Thermo defrost (heater)
  • Timer defrost kulkas

Letak Heater Kulkas Polytron 2 Pintu

Pada umumnya, heater kulkas Polytron 2 pintu terletak di bagian atas dan tepat di bawah evaporator. Fungsinya adalah untuk mencairkan semua bunga es yang ada di evaporator secara merata. Setelah itu, air yang dihasilkan akan dibuang melalui saluran pembuangan khusus untuk mencegah terjadinya genangan air di dalam kulkas.

Ukuran heater kulkas Polytron 2 pintu yang terbuat dari material kaca biasanya sekitar 10 atau 11 inci, setara dengan 26 cm. Umumnya, kulkas 2 pintu menggunakan heater kaca yang bentuknya menyerupai elemen yang dilapisi dengan kaca atau serupa dengan lampu UV.

Ciri-Ciri Heater Kulkas 2 Pintu Rusak

Apabila terjadi kerusakan pada komponen heater, kulkas tidak akan berfungsi dengan baik. Kerusakan pada heater dapat diketahui dari adanya penumpukan bunga es pada evaporator.

Baca Juga :   Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu Paling Tepat

Penumpukan es tersebut dapat mengakibatkan kulkas tidak dingin dan bahkan dapat merusak kipas evaporator jika bunga es terus menghimpit kipas tersebut.

Cara Cek Heater Kulkas dengan Multitester dan Metode Lain

Heater pada kulkas memiliki peran yang sangat penting, sehingga kondisinya harus selalu normal. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara memeriksa kinerja heater kulkas menggunakan multitester, guna mengetahui apakah kondisi heater normal atau tidak.

1. Cek Heater Kulkas Dengan Multitester

Untuk memeriksa kondisi heater kulkas, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membongkar dan melepaskan heater dari posisinya yang terletak di bawah evaporator.

Setelah itu, dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan multitester atau avometer pada skala ohm. Jika multitester menunjukkan hambatan, berarti komponen heater kulkas 2 pintu masih dalam kondisi normal.

2. Cek Heater Kulkas Dengan Menyambungkan Daya 220 V

Selain itu, untuk memeriksa kondisi heater juga dapat dilakukan dengan menyambungkannya langsung pada sumber listrik 220V. Jika komponen heater dalam kondisi baik, maka heater akan menghasilkan panas. Namun, jika tidak ada panas yang dihasilkan, maka komponen heater dapat dianggap rusak.

3. Cara Cek Heater Kulkas Sederhana

Berikut adalah cara sederhana untuk memeriksa kondisi heater:

  • Lepaskan tutup depan evaporator.
  • Perhatikan heater defrost.
  • Lepaskan komponen heater dari evaporator tetapi jangan melepas soketnya, biarkan soket tersebut tetap terhubung pada instalasi.
  • Atur timer ke posisi defrost, lalu potong kedua kabel heater.
  • Sambungkan kembali kedua kabel tersebut dengan cara menempelkannya, kemudian lepaskan secara bergantian.
  • Jika muncul percikan api kecil, berarti heater masih berfungsi normal. Namun, jika tidak ada percikan api, artinya heater tersebut sudah rusak.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Heater

Beberapa permasalahan yang sering terjadi pada defrost heater di kulkas 2 pintu antara lain:

Baca Juga :   Skema Kulkas Inverter dan Cara Merubah Ke Manual

  1. Elemen pemanas pada defrost heater diletakkan pada tabung kaca, sehingga ketika elemen pemanas menyala dan meningkatkan suhu tabung kaca, bunga es pada evaporator mencair. Namun, jika air tersebut terkena tabung kaca, maka tabung kaca berpotensi pecah karena perubahan suhu secara tiba-tiba pada permukaannya.
  2. Defrost heater pada kulkas 2 pintu dilengkapi dengan fuse yang berfungsi untuk menjaga agar suhu pada evaporator tidak terlalu tinggi jika defrost thermostat mengalami kerusakan/short karena kemasukan air. Biasanya, defrost thermostat diletakkan pada tempat yang paling jauh dari defrost heater, agar bunga es yang terjauh dari defrost heater tetap dapat mencair, sedangkan fuse diletakkan lebih dekat dari defrost thermostat karena batasan suhu fuse lebih tinggi daripada sensor defrost.
  3. Elemen pemanas yang berbentuk kawat dengan diameter yang sangat kecil sangat mudah putus jika terkena air secara langsung. Jika tabung kaca pecah, panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas sering kali menyebabkan kabel yang mengalirkan listrik pada elemen pemanas ikut terkena panas sehingga mudah putus.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara mudah untuk melakukan pengecekan heater pada kulkas Polytron menggunakan alat Multitester.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat menentukan apakah heater pada kulkas Polytron berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika kalian mengalami kesulitan dalam melakukan pengecekan, sebaiknya meminta bantuan dari teknisi kulkas yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang akurat dan terpercaya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan pengecekan pada kulkas Polytron menggunakan alat Multitester.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *