Cara Menggunakan Kulkas Baru

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp Yang Tepat. Setiap pembeli perlu mengetahui cara menggunakan kulkas baru agar dapat bekerja secara optimal dan awet. Seringkali hal ini diabaikan, sehingga kulkas baru langsung dihidupkan dan diisi dengan makanan atau benda lain.

Meskipun efeknya tidak langsung terlihat, namun hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja kulkas dan mengurangi masa pakainya. Dengan penggunaan yang benar dan sesuai, kulkas dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun.

Artikel ini akan membahas beberapa tips untuk membeli kulkas baru agar kulkas tersebut tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Ini Dia Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp

Kulkas adalah salah satu perabot rumah tangga yang sangat membantu manusia dalam pekerjaannya. Oleh karena itu, banyak orang menginginkan kulkas untuk ditempatkan di dapur mereka.

Namun, masih banyak orang yang bingung tentang cara menggunakan kulkas baru. Jika kalian salah satunya, berikut adalah jawabannya:

1. Tidak Langsung Menggunakannya

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah memindahkan kulkas dengan posisi yang benar, yaitu secara vertikal. Jika dipindahkan dengan posisi horizontal, maka oli pada kompresor kulkas dapat tumpah dan menyebabkan kerusakan.

Disarankan untuk tidak langsung mengisi kulkas baru dengan makanan dalam jumlah besar. Sebaiknya tunggu selama 8 hingga 24 jam setelah kulkas ditempatkan di tempat yang aman. Namun, hal ini tergantung pada merek kulkasnya.

Untuk menghidupkan kulkas baru, kalian hanya perlu mencolokkan kabel ke sumber listrik yang stabil. Tegangan listrik yang tidak stabil dapat mengurangi kinerja kulkas.

Baca Juga :   Penyebab & Cara Memperbaiki Kipas Kulkas Dua Pintu

Cara menghidupkan kulkas Sharp 1 pintu dengan kulkas Sharp 2 pintu tidak berbeda. Pastikan tegangan listriknya stabil dan posisinya sesuai agar sirkulasi udaranya berjalan lancar.

2. Atur Suhu yang Sesuai

Untuk mengatur suhu pada kulkas baru, buka pintu kulkas dan cari tombol yang berfungsi sebagai pengatur suhu. Kemudian, putar atau klik tombol tersebut hingga mencapai digit suhu yang diinginkan. Setelah selesai, tutup pintu kulkas agar suhu tetap terjaga.

Menjaga suhu kulkas agar stabil dan sesuai juga dapat membantu memperpanjang umur bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Jika kalian menyimpan sayuran, suhu terbaik untuk kulkas adalah sekitar 37 derajat Celsius atau 0 derajat Celsius pada freezer.

3. Perhatikan Isi Kulkas

Jika kalian menggunakan kulkas baru, sebaiknya jangan langsung memasukkan banyak bahan hingga kulkas terisi penuh. Hal ini dapat mengganggu sirkulasi udara di dalam kulkas dan menyebabkan suhu tidak terasa dingin.

Namun, jika kulkas kalian tidak memiliki banyak isi atau terdapat banyak ruang kosong, itu juga dapat mengurangi efisiensinya. Sebaiknya simpan barang-barang yang dapat menyerap dingin dengan baik, seperti botol minuman atau kaleng makanan, karena dapat membantu menyerap udara hangat yang masuk ketika pintu kulkas dibuka.

Selain itu, jangan memaksakan kulkas bekerja lebih keras dengan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalamnya agar cepat dingin. Hal ini tidak disarankan karena dapat merusak kulkas dengan cepat.

Sebaiknya tunggu hingga makanan atau minuman tersebut cukup dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas agar lebih dingin atau membeku.

4. Bersihkan Secara Teratur

Terakhir, penting untuk membersihkan kulkas secara teratur agar lebih awet dan tahan lama. Beberapa bagian yang perlu dibersihkan adalah bunga es, freezer, rak dalam, karet pintu, dan bagian luar kulkas. Kulkas yang bersih dan tidak berbau akan lebih enak digunakan.

Jika kulkas berbau, kemungkinan besar bahan makanan di dalamnya juga tidak segar atau bahkan ikut berbau. Oleh karena itu, membersihkan kulkas secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya.

Baca Juga :   Berapa Daya Listrik Freezer Box? Berikut Ulasan Lengkapnya

Tips Merawat Kulkas Agar Awet

Selain penggunaan kulkas yang benar, faktor lain yang mempengaruhi umur kulkas adalah cara perawatannya. Secara umum, ada setidaknya tiga perawatan penting yang perlu dilakukan.

1. Rutin Membersihkan Kulkas

Tips perawatan pertama yang penting dilakukan adalah membersihkan kulkas secara rutin. Seiring berjalannya waktu, bagian dalam maupun luar kulkas akan menjadi kotor.

Oleh karena itu, pembersihan secara rutin sangat penting dilakukan. Untuk membersihkan bagian luar kulkas, kalian bisa menggunakan kain yang telah dibasahi sebelumnya.

Sementara itu, untuk membersihkan bagian dalam kulkas, kalian dapat menggunakan air hangat untuk menghilangkan kerak es yang menempel pada rak. Selain itu, gunakan kain lembut untuk mengelap sisa-sisa kerak es yang masih tersisa agar lebih maksimal.

2. Rutin Membersihkan Kondensor Kulkas

Walaupun merupakan bagian penting dari kulkas, kondensor seringkali terlupakan untuk dibersihkan.

Padahal jika tidak diperhatikan, kondensor dapat menimbulkan masalah yang fatal pada kulkas. Salah satu contohnya adalah ketika kondensor tertutup oleh debu, kulkas dapat mengalami hambatan dalam proses pelepasan panas dan menyebabkan kulkas tidak dingin.

3. Perhatikan Penampung Kulkas

Selalu rutin membersihkan penampung kulkas sangat penting. Seiring waktu, penampung kulkas yang menghasilkan bunga es akan bertumpuk.

Oleh karena itu, untuk menjaga kinerja kulkas tetap lancar, kalian perlu membersihkan penampung ini secara rutin.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp, Kamu Wajib Tahu!

Mengatur suhu kulkas Sharp sangatlah mudah dilakukan. Berikut adalah cara mengaturnya.

1. Tempatkan Termometer dalam Segelas Air

Letakkan termometer dalam segelas air dan letakkan di tengah kulkas. Setelah lima hingga delapan jam, periksa suhu kulkas. Jika suhu lebih tinggi dari 4 derajat Celsius, sesuaikan kenop penyekat untuk memungkinkan lebih banyak udara dingin masuk ke dalam kulkas dan menurunkan suhu kulkas.

2. Putar Kenop Penyekat ke Arah Sebaliknya

Jika suhu kulkas terlalu rendah, yaitu di bawah 38 derajat Celsius, putar kenop penyekat ke arah sebaliknya untuk membatasi aliran udara dingin dari freezer ke dalam kulkas. Setelah suhu kulkas mencapai kisaran 3 hingga 4 derajat Celsius, letakkan termometer di antara paket makanan beku di dalam freezer dan tunggu selama lima hingga delapan jam.

Baca Juga :   Cara Memasang Stiker Kulkas Sendiri Yang Paling Mudah

3. Cek Berapa Suhu Kulkas

Jika suhu kulkas di bawah 0 derajat Celsius, putar kenop suhu ke atas. Namun jika suhu terlalu tinggi, putar kenop suhu ke bawah untuk menurunkan suhu kulkas.

Cara Kerja Temperatur Suhu Kulkas

Banyak orang berpikir bahwa dua tombol penyesuaian pada kulkas digunakan untuk mengontrol suhu di dalam freezer dan lemari es secara independen. Namun, faktanya tidak seperti itu untuk kebanyakan kulkas stkalianr.

Sebenarnya, semua udara dingin pada kulkas rata-rata diproduksi di dalam lemari es. Salah satu tombol di kulkas berfungsi untuk mengarahkan unit untuk menciptakan lebih banyak atau lebih sedikit udara dingin.

Sementara itu, tombol yang lain hanya mengontrol berapa banyak udara dingin yang dikeluarkan dari freezer ke dalam lemari es. Itulah cara kerja suhu pada kulkas Sharp agar tetap dingin.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa tips tentang cara menggunakan kulkas baru yang dapat kalian terapkan agar kulkas baru kalian dapat berfungsi dengan baik dan awet.

Ingatlah untuk selalu membaca petunjuk penggunaan yang disertakan dalam kulkas baru kalian agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian dan keluarga dalam menjaga kesehatan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *