Skema TV Sharp Q Vision 20S20

Skema TV Sharp Q Vision 20S20 Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Skema TV Sharp Q Vision 20S20 Yang Paling Tepat. Untuk teknisi yang bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan servis televisi tabung merek Sharp, sangat penting bagi mereka untuk memahami skema TV Sharp Q Vision 20s20. Televisi ini masih menjadi salah satu jenis televisi terpopuler hingga saat ini. Bahkan, banyak permintaan untuk skema televisi ini, terutama bagi mereka yang senang memperbaiki barang elektronik.

Cari Tahu Gambar Terupdate Skema TV Sharp Q Vision 20S20

Meskipun terdapat banyak skema televisi Sharp dari berbagai seri, namun skema untuk jenis televisi ini sangat diminati. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna jenis TV ini hingga saat ini. Selain itu, jenis TV ini juga dikenal tangguh dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Berikut adalah detail skema dari TV Sharp Q Vision 20 S 20 dan beberapa televisi Sharp lainnya:

1. TV Sharp Q Vision 20S20

Berikut adalah detail skema dari televisi jenis ini:

IC Program/Ucom/Micom : IX3031

  • Flyback/FBT : F0102KM-SA
  • Horizontal : D2586
  • Vertical : LA7830
  • Regulator : D1884
  • Croma : TB1226
  • Audio : TDA7056A

Jika televisi jenis ini mengalami kerusakan dalam kondisi protek dan gambar tidak sinkron, solusinya adalah dengan mengganti R614 dan R655 dengan nilai 18ohm yang biasanya hangus. Selain itu, elco C654 dengan nilai 47uf/16V juga sudah terlalu lama dan perlu diganti.

Ketiga komponen tersebut dapat diganti dan kemudian dilakukan pengaktifan service mode. Meskipun penggantian komponen dapat mengakibatkan gambar yang tidak sesuai, tetapi jika nilai C620 diganti dengan nilai 1uf/50V, setidaknya televisi dapat menyala. Selain itu, gambar yang dihasilkan juga lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga :   Download Firmware TV LED LCD Semua Merk Paling Tepat

2. Skema TV Sharp Q Vision 14s20

Pada dasarnya, skema televisi Sharp hampir sama untuk setiap jenisnya. Meskipun demikian, terdapat sedikit perbedaan antara jenis televisi Sharp Q Vision 20 S 20 dan seri Q Vision 14s20. Berikut adalah detail skema untuk jenis televisi Sharp ini:

  • IC Program : IX3031CE
  • IC IF/Croma : TB1226DN
  • IC Vertical : LA7830
  • FBT : F0101KM-SA

Hampir semua seri televisi Sharp Q Vision memiliki tombol yang disediakan untuk mengakses service mode. Tombol service mode biasanya terletak di samping tuner. Namun, perbaikan untuk jenis televisi ini bisa cukup rumit.

Jika televisi ini mengalami mati total, maka pengguna bisa bingung menentukan cara untuk menyalakannya kembali.

3. Skema TV Sharp QBeat 20r200

Berikut adalah detail skema untuk seri televisi ini:

  • IC Program : IX3098
  • Chroma : M52340
  • Switch : S1006

Kerusakan umum pada televisi ini terjadi ketika televisi hanya hidup beberapa menit lalu mati dengan posisi proteksi standby, meskipun posisi switch dalam kondisi NORMAL. Namun, televisi dapat menyala kembali saat posisi switch diubah ke SERVICE ON. Televisi dapat menyala cukup lama sampai akhirnya posisi switch dikembalikan ke posisi NORMAL.

Biasanya, kerusakan ini terjadi karena transistor Q1005 yang rusak. Pengguna dapat mencari transistor asli dari Sharp, meskipun ada beberapa jenis transistor yang dapat menjadi alternatif. Sebagai alternatif terbaik, mayoritas pengguna menggunakan transistor seri A1015. Transistor ini dapat digunakan pada berbagai macam televisi selain Sharp.

Pentingnya Skema TV Sharp

Masih banyak lagi beberapa skema TV Sharp dari berbagai jenis yang tersedia. Pengguna dapat mencari dan mengunduh berbagai jenis skema dari internet, termasuk skema TV Sharp Fine Crystal yang merupakan salah satu jenis televisi paling populer.

Meskipun jenis Fine Crystal ini banyak digunakan, namun televisi ini termasuk yang paling tahan lama. Namun, sebelum melakukan servis, pengguna dapat melihat skema TV Sharp Q Vision 20S20 sebagai perbandingan.

Fungsi Skema TV Sharp Q Vision 20s20

Di atas sudah dibahas sedikit mengenai fungsi dari skema TV Sharp Q Vision 20s20 yang memudahkan kalian untuk mengetahui letak komponen televisi. Namun, skema ini ternyata memiliki fungsi lain seperti:

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin

1. Mempercepat Proses Perakitan.

Setiap televisi tentunya melewati tahap perakitan sebelum dijual dan didistribusikan ke toko-toko. Dalam proses perakitan tersebut, karyawan atau pekerja memerlukan petunjuk perakitan yang dapat memudahkan dan mempercepat proses tersebut.

Skema TV Sharp Q Vision 20s20 dapat berfungsi sebagai petunjuk perakitan yang dapat membantu pekerja untuk melakukan pemasangan dengan benar sesuai petunjuk yang ada. Dengan begitu, televisi tersebut dapat dioperasikan dengan baik dan tanpa masalah karena dirakit dengan baik sesuai dengan petunjuk.

2. Acuan Untuk Produksi Di Masa yang Akan Datang

Skema TV umumnya akan tetap digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu menyempurnakan bagian demi bagian pada televisi produksi terbaru agar lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, produk baru tersebut akan lebih baik dibandingkan produk yang lama.

3. Memudahkan Proses Perbaikan

Skema TV Sharp Q Vision 20s20 akan membantu teknisi dalam menemukan letak kerusakan atau kesalahan yang terjadi pada televisi. Dengan skema tersebut, perbaikan TV dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

Namun, perlu diingat bahwa setiap merek atau tipe televisi memiliki skema yang berbeda, sehingga tidak dapat disamakan. Meskipun terlihat sama pada pkalianngan awal, namun tetap akan ada perbedaan yang signifikan di antara skema tersebut.

Cara Merawat TV Sharp Agar Tetap Awet / Tidak Mudah Rusak

Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat televisi:

  1. Letakkan televisi pada posisi yang tepat. Hindari meletakkannya di daerah yang mudah terkena debu. Debu yang menempel dan masuk ke dalam sirkulasi udara televisi dapat menyebabkan televisi lebih cepat panas. Letakkan di daerah dengan ketinggian yang sesuai dan memiliki skalianran belakang dengan jarak minimal 10-15cm. Hindari dari barang atau alat yang mengandung magnetik seperti speaker karena hal tersebut dapat menyebabkan distorsi kualitas gambar. Hindari juga dari sinar matahari secara langsung.
  2. Bersihkan televisi dengan benar. Jangan menunggu debu menumpuk baru dibersihkan, melainkan lakukan rutinitas pembersihan setiap 3 hari sekali atau 2 kali dalam seminggu. Saat membersihkan layar, jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol. Gunakan kit pembersih seperti yang digunakan untuk membersihkan kacamata dan lap dengan menggunakan kanebo, kain flanel, atau kain yang dapat menyerap cairan dengan baik.
  3. Jika televisi sudah lama ditonton dan kondisinya sudah overheat atau kepanasan, maka dekatkanlah dengan kipas atau matikan televisi sebentar selama kurang lebih 30 menit.
  4. Matikan televisi saat tidak digunakan. Hal ini dapat memperpanjang umur televisi karena semakin sering ditonton, kualitas layarnya pun semakin menurun.
  5. Merawat remote televisi Sharp dengan menggunakan baterai yang berstkalianr SNI. Jangan menggunakan baterai yang tidak berlisensi karena kita tidak tahu apakah baterai tersebut aman atau tidak.
Baca Juga :   TV Samsung Tidak Bisa Menangkap Siaran Penyebab & Mengatasinya

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dibahas mengenai skema TV Sharp Q Vision 20S20 yang merupakan produk unggulan dari Sharp. Skema TV tersebut memiliki fitur yang memungkinkan gambar yang dihasilkan lebih tajam dan jernih. Dengan dilengkapi teknologi canggih, seperti HDR, dan resolusi tinggi, TV Sharp Q Vision 20S20 cocok untuk kalian yang menginginkan pengalaman menonton yang lebih memuaskan.

Namun, meskipun memiliki banyak keunggulan, perangkat elektronik tersebut juga memerlukan perawatan dan pemeliharaan agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk mengikuti panduan penggunaan yang ada pada buku manual, serta memeriksa kondisi TV secara berkala untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Dengan demikian, TV Sharp Q Vision 20S20 adalah pilihan yang tepat bagi kalian yang menginginkan kualitas gambar dan suara yang optimal dalam menonton acara favorit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai skema TV Sharp Q Vision 20S20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *