Persamaan Flyback TV Samsung

Daftar Persamaan Flyback TV Samsung Semua Tipe Terbaik

Posted on

Finoo.id – Daftar Persamaan Flyback TV Samsung Semua Tipe Terbaik. Flyback adalah salah satu komponen vital dan penting pada TV tabung. Namun, seringkali komponen ini mengalami masalah seperti jebol, short, dan kerusakan lainnya. Flyback, juga dikenal sebagai FTB, memiliki banyak varian dan tipe yang berbeda.

Hampir semua TV tabung, termasuk TV tabung merek Samsung, menggunakan komponen ini. Meskipun fungsinya sama, setiap merek TV menggunakan jenis flyback yang berbeda. Bahkan dalam satu merek TV yang sama, mungkin terdapat perbedaan nomor seri FTB pada flyback yang digunakan.

Ragam bentuk dan susunan pin flyback TV yang berbeda-beda membuat banyak teknisi TV bingung saat mencari pengganti flyback yang rusak dengan tipe yang sama. Masalah ini juga sering terjadi ketika ingin mengganti flyback pada TV Samsung, di mana seringkali sulit untuk mendapatkan pengganti flyback yang sesuai.

Oleh karena itu, diperlukan informasi mengenai data persamaan flyback TV Samsung agar teknisi dapat mengganti flyback yang rusak dengan flyback yang memiliki persamaan meskipun tipe berbeda. Berikut ini adalah beberapa persamaan FTB yang digunakan untuk TV Samsung. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian dan fungsi flyback

Flyback pada dasarnya adalah sebuah transformator pada TV yang menghasilkan berbagai tegangan induksi, mulai dari 8V hingga 20KV. Tegangan flyback yang tinggi digunakan untuk tabung TV, sementara tegangan induksi flyback yang rendah digunakan untuk sirkuit lain dalam mesin TV, seperti vertikal, heater, screen, dan fokus.

Tegangan induksi pada flyback TV dihasilkan melalui switching tegangan pada kumparan primer flyback. Switching tegangan ini dilakukan oleh sirkuit horizontal TV yang memiliki komponen utama yaitu transistor daya yang besar.

Baca Juga :   Cara Program TV Samsung: Paling Mudah & Praktis

Ciri kerusakan flayback

Kerusakan pada flyback TV umumnya dapat dikenali melalui gejala-gejala berikut ini. Salah satu tanda kerusakan pada flyback TV adalah ketika TV mati total. Kerusakan flyback TV biasanya terjadi karena usia flyback yang sudah tua sehingga lilitan kawat tembaganya menjadi rapuh.

Berikut adalah beberapa ciri kerusakan pada flyback TV:

  1. Munculnya loncatan bunga api listrik pada kabel flyback.
  2. Lilitan flyback mengalami short atau putus.
  3. Tegangan tinggi untuk anoda tabung tidak muncul.
  4. Tegangan screen atau heater tidak ada.
  5. Muncul retakan pada body flyback.

Persamaan Flyback TV Samsung

Dengan adanya data persamaan flyback TV, pencarian pengganti flyback TV akan menjadi lebih mudah. Saat mengganti flyback TV Samsung, langkah pertama adalah mencari flyback dengan nomor seri yang sama dengan yang rusak.

Jika berhasil menemukan flyback yang sama persis, kita tidak perlu bingung dan dapat langsung memasangnya. Namun, jika setelah mencari flyback dengan nomor seri yang sama tidak berhasil ditemukan, inilah saatnya data persamaan flyback TV Samsung menjadi penting.

Terdapat banyak seri flyback yang dapat menjadi pengganti terbaik untuk TV Samsung. Berikut adalah data persamaan flyback TV Samsung flat dan slim terbaik dari berbagai nomor seri yang dapat digunakan sebagai pengganti flyback yang asli.

1. TV Samsung Flat

Berikut ini adalah daftar nomor seri flyback yang paling cocok digunakan sebagai pengganti untuk TV Samsung tabung flat berukuran 14/21″:

14/21″ Flat FOK14B001, FOK14B001
Data Pin : COL _ NC _ B+123V _ NC _ 200V _ GND _ H _ -16,5V _ +16,5V _ ABL

2. Samsung Flat Slim

Berikut adalah beberapa seri flyback yang merupakan pengganti terbaik dan paling cocok untuk TV Samsung flat slim:

JF0501 – 91911 (FQH29A003) (B+125v)
21″ SLIM FQH21A004
BSC25-0217G
AA26-00305A
FUH29A001B (S) (B+120/125V)
Data Pin : COL _ NC _ B+125V _ NC _ 200V _ GND _ H _ -16,5V _ +16,5V _ ABL
Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Android TV Box Terbaru

3. TV Samsung Tabung

Selain persamaan-persamaan yang disebutkan sebelumnya, terdapat banyak lagi seri flyback yang cocok digunakan pada TV Samsung tabung. Berikut adalah beberapa persamaan flyback TV Samsung yang paling lengkap dan cocok untuk semua tipe TV Samsung:

FSV 14A004
FSV14A001
FSV20A001
Data Pin : 16,5V_AFC_H_24/40V_180V_GND_NC_ABL_B+125V_COL
FOK14A001
FSV-14A004C
FSV-14A004H
FSA-38031M
FSA-38032M
FSA 173 B
AA26-002101A
Data Pin : +16,5V_24V_H_-16V,5_185V_GND_NC_ABL_B+125V_COL
21″ FUH29A001A (S)
Data Pin : COL_NC_B+130V_NC(WIDHT)_200V_GND_H_-16,5V_+16,5V_ABL
FTK-14A004P
Data Pin : C_B+125V_ABL_NC_GND_180V_24V_HT_AFC_16,5

Selain persamaan di atas, Anda juga dapat mencari nomor seri flyback lainnya melalui persamaan flyback Samsung FOK14A001 atau dengan menggunakan setiap tipe FTB, karena setiap flyback memiliki nomor seri persamaannya masing-masing.

Dengan informasi persamaan flyback TV Samsung yang lengkap ini, Anda akan lebih mudah dalam mencari pengganti flyback yang cocok untuk TV Samsung Anda.

Kelebihan Mengganti Flyback TV Samsung Dengan Persamaannya

Mengganti FTB dengan seri lain sebenarnya memiliki sedikit keuntungan. Namun, mengganti FTB asli dengan seri lain dapat menjadi solusi terbaik ketika tidak dapat menemukan pengganti dengan tipe yang sama atau yang cocok.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat diperoleh dengan mengganti FTB TV Samsung dengan persamaan seri lainnya, berdasarkan pengalaman pribadi yang mungkin juga Anda alami:

  1. Lebih mudah mencari dan mendapatkan pengganti yang cocok, pas, dan terbaik.
  2. Terkadang, seri persamaan FTB asli TV Samsung dapat memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan seri aslinya.
  3. Stok suku cadang atau pengganti yang serupa masih tersedia secara melimpah, sehingga lebih mudah didapatkan.

Kekurangan Mengganti Flyback TV Samsung Dengan Persamaannya

Namun, setiap keputusan pasti memiliki risiko, termasuk dalam mengganti FTB dengan seri persamaan lainnya. Sebenarnya, tidak terlihat banyak kekurangan atau efek samping ketika mengganti FTB TV Samsung dengan seri persamaannya.

Hal ini disebabkan karena fungsinya tetap sama, yaitu menghasilkan tegangan induksi mulai dari 8V hingga 20KV. Jadi, meskipun menggunakan nomor seri yang berbeda, fungsi flyback pada TV Samsung tabung tetap tidak akan berubah sama sekali.

Baca Juga :   Penyebab Polytron 32 inci TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Namun, berdasarkan pengalaman pribadi, terdapat sedikit perbedaan dimana kualitas mungkin mengalami penurunan, meskipun perbedaannya tidak terlalu terasa. Dengan demikian, tidak ada risiko bahaya atau kerusakan yang signifikan saat mengganti dengan seri flyback persamaan lainnya.

Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan memastikan bahwa flyback yang dipilih memiliki spesifikasi yang sesuai dan kompatibel dengan TV Samsung Anda. Jika memungkinkan, konsultasikan dengan teknisi atau ahli untuk memastikan penggantian flyback yang tepat dilakukan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah menjelajahi persamaan flyback pada TV Samsung. Flyback adalah komponen penting dalam sistem televisi, bertanggung jawab untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan untuk menampilkan gambar pada layar. Dalam konteks TV Samsung, persamaan flyback ini sangatlah penting karena dapat membantu dalam perbaikan dan pemeliharaan perangkat.

Dalam penelitian ini, kita telah mempelajari persamaan flyback khusus untuk TV Samsung. Dengan pemahaman tentang persamaan ini, teknisi dan pengguna dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang terkait dengan flyback pada TV Samsung dengan lebih efisien. Mengetahui persamaan flyback yang tepat juga memungkinkan pengguna untuk memperoleh komponen yang sesuai saat melakukan penggantian.

Semoga artikel ini telah memberikan pemahaman yang jelas tentang persamaan flyback pada TV Samsung. Dengan pengetahuan ini, diharapkan dapat membantu para teknisi dan pengguna dalam memperbaiki dan memelihara perangkat TV Samsung dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *