TV Samsung Tidak Ada Suara

TV Samsung Tidak Ada Suara ? Begini Cara Memperbaikinya

Posted on

Finoo.id – TV Samsung Tidak Ada Suara ? Begini Cara Memperbaikinya. Samsung? Merek atau brand yang satu ini sudah dikenal oleh semua orang. Mereka telah berhasil menciptakan berbagai peralatan elektronik seperti HP, TV, AC, dan lainnya. Bahkan, peralatan elektronik mereka dianggap yang terbaik.

Banyak orang yang memiliki TV dengan merek Samsung, karena mereka menawarkan berbagai tipe TV yang beragam di pasaran. Harga TV Samsung tersebut tergantung pada tipe dan jenisnya.

Misalnya, TV Samsung tabung, LED, LCD, maupun smart TV akan memiliki perbedaan harga. Namun, kali ini, kita tidak akan membahas harga TV Samsung yang dijual di pasaran.

Kita akan membahas masalah yang terjadi pada TV Samsung saat penggunaan. Jika sebelumnya kita membahas tentang TV Samsung yang tidak dapat menangkap siaran, kali ini kita akan membahas tentang TV Samsung yang tidak mengeluarkan suara.

Penyebab Suara TV Hilang Tapi Gambar Normal

Terdapat beberapa penyebab yang perlu kalian ketahui untuk memperbaiki TV yang tidak mengeluarkan suara namun gambar normal. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Fitur Mute Aktif

Pada remote TV, terdapat tombol Mute yang berfungsi untuk menurunkan volume suara menjadi 0 (nol). Kadang-kadang tombol ini dapat terkena secara tidak sengaja, menyebabkan suara TV menjadi hilang, tetapi gambar tetap normal.

2. Speaker TV Rusak

Pada TV LED dan tabung, seringkali terjadi kerusakan pada speaker TV. Hal ini bisa disebabkan oleh kabel yang putus atau konektor yang rusak pada speaker tersebut.

Meskipun kerusakan pada speaker TV jarang terjadi, tidak bisa diabaikan kemungkinan bahwa speaker tersebut sudah rusak dan menjadi penyebab utama TV tidak mengeluarkan suara.

3. Blok Audio Bermasalah

Blok audio pada TV terdiri dari beberapa komponen, termasuk IC audio dan komponen kecil di sekitarnya. IC audio bisa rusak, retak, atau kaki-kaki IC tersebut tidak terhubung dengan baik.

Selain itu, seringkali ditemukan masalah pada jalur audio yang terputus setelah diuji menggunakan multitester.

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Setelah memahami tiga penyebab di atas, sekarang saatnya untuk memperbaiki kerusakan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan Mode Mute Tidak Aktif

Terdapat banyak tombol pada remote TV, salah satunya adalah tombol “Mute” yang berfungsi untuk mematikan suara. Jika tombol ini secara tidak sengaja ditekan, maka suara TV akan hilang.

Tkalian bahwa tombol Mute aktif adalah ikon speaker dengan tkalian silang akan muncul di pojok bawah layar TV. Untuk menonaktifkannya, kalian hanya perlu menekan tombol Mute atau tombol volume + pada remote TV.

2. Pindah Channel Lain

Tidak selalu penyebab TV tidak mengeluarkan suara meskipun ada gambar disebabkan oleh komponen yang rusak. Terkadang masalah ini dapat disebabkan oleh gangguan pada saluran yang kalian tonton.

Baca Juga :   Cara Mereset TV Samsung Paling Mudah Pasti Berhasil

Pada beberapa kasus, terdapat masalah pada siaran TV yang menyebabkan hilangnya suara. Untuk memastikannya, kalian dapat mencoba beralih ke saluran lain dan memeriksa apakah suara dapat terdengar atau tidak.

3. Periksa Jack Audio TV

Sebelum melangkah lebih lanjut, penting untuk memeriksa jack audio atau headphone pada TV kalian. Sebagian besar TV LED saat ini dilengkapi dengan jack audio ini.

Jika ada headset, headphone, atau perangkat lain yang masih terhubung ke jack audio, secara otomatis TV tidak akan mengeluarkan suara. Jadi, di mana letak jack audio tersebut?

Letak jack audio dapat bervariasi tergantung pada merek dan model TV kalian. Namun, umumnya jack audio terletak di bagian belakang atau samping TV. Pastikan tidak ada perangkat yang masih terhubung ke jack audio tersebut.

4. Cek Pengaturan Input Audio TV

Jika metode sebelumnya belum berhasil mengembalikan suara yang hilang pada TV kalian, sekarang saatnya memeriksa pengaturan input audio TV.

Secara sederhana, input audio digunakan untuk mengirimkan sinyal audio ke perangkat TV. Jika pengaturan input audio tidak tepat, maka dapat menyebabkan masalah audio pada TV kalian, termasuk ketiadaan suara.

Salah satu penyebab perubahan pengaturan input audio adalah kesalahan penekanan tombol pada remote. Misalnya, jika tombol [AUX] ditekan secara tidak sengaja, TV akan beralih ke mode AUX yang memerlukan perangkat yang terhubung ke port AUX agar suara dapat keluar.

Setiap merek TV memiliki cara yang berbeda untuk menyesuaikan pengaturan input audio. Sebagai contoh, kami akan menggunakan TV TCL Roku untuk menjelaskan cara menyesuaikan pengaturan input audio:

  • Pastikan TV dalam kondisi menyala.
  • Tekan tombol [Home] pada remote TV.
  • Buka Pengaturan (Settings) > Audio.
  • Tekan tombol panah kanan pada remote, lalu pilih [Mode Audio] (Audio Mode).
  • Tekan tombol panah kanan sekali lagi, kemudian pilih [Stereo] secara otomatis.

Jika kalian merupakan pengguna TV Samsung, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan tes suara dan memastikan pengaturan input audio yang benar:

  • Buka menu [Pengaturan] pada TV kalian.
  • Pilih opsi “Dukungan” di menu pengaturan.
  • Pilih opsi [Diagnosis Mandiri] dan kemudian pilih “Mulai Tes Suara”.
  • Secara otomatis, hasil diagnosis suara akan ditampilkan di layar TV.

Selain itu, kalian juga dapat mereset pengaturan input audio TV Samsung ke pengaturan default dengan mengikuti tutorial berikut ini:

  • Buka menu [Pengaturan] pada TV kalian.
  • Pilih opsi [Suara] (Sound).
  • Selanjutnya, pilih opsi [Pengaturan Ahli] (Expert Settings).
  • Terakhir, pilih opsi [Reset Suara] (Reset Sound) untuk mereset pengaturan suara.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, pengaturan input audio pada TV Samsung akan dikembalikan ke pengaturan awal atau default. Pastikan untuk mengikuti petunjuk ini sesuai dengan tampilan menu pada model TV Samsung yang kalian miliki.

5. Hidupkan Ulang TV

Sebelum melanjutkan, disarankan untuk mencabut kabel daya TV selama beberapa menit, kemudian menghubungkannya kembali. Tip sederhana ini kadang-kadang berhasil pada beberapa jenis TV, terutama pada TV LED atau yang dilengkapi dengan sistem reboot.

Jika langkah tersebut masih belum berhasil, kalian dapat mencoba mematikan TV selama beberapa jam. Hal ini bertujuan agar mesin dan semua komponen dalam TV tidak terlalu panas setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga :   Cara Setting TV Toshiba Paling Mudah dan Simpel

6. Cek Kondisi Speaker

Speaker pada TV berfungsi dengan mengubah sinyal elektronik menjadi getaran yang menghasilkan suara. Sebenarnya, speaker jarang mengalami kerusakan, terutama pada TV yang dilengkapi dengan dua speaker.

Namun, kalian tetap harus memeriksa kondisi speaker saat melakukan pengecekan. Kerusakan pada speaker TV dapat disebabkan oleh penggunaan volume yang terlalu tinggi atau penggunaan ampli dengan daya yang terlalu besar.

Disarankan untuk mengukur setiap speaker menggunakan multitester untuk mengetahui kondisinya. Hal ini akan membantu kalian menentukan apakah speaker masih dalam kondisi baik atau telah mengalami kerusakan seperti putusnya koneksi.

7. Update Software TV

Ketidakadaan suara pada TV juga dapat disebabkan oleh masalah pada perangkat lunak (software). Mungkin kalian telah lama tidak melakukan pembaruan software pada TV sehingga muncul bug-bug yang mengakibatkan hilangnya suara.

Biasanya, Smart TV LED akan menerima pembaruan software secara teratur. Pembaruan ini dapat berfungsi untuk memperbaiki bug pada versi sebelumnya atau menambahkan fitur-fitur baru.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa ketersediaan pembaruan software terbaru. Setiap model TV memiliki cara yang berbeda untuk memeriksa pembaruan software. Bagi pengguna TV Samsung, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan TV dalam kondisi menyala.
  • Hubungkan Smart TV Samsung ke internet.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote TV.
  • Pilih opsi [Dukungan].
  • Cari dan pilih opsi [Pembaruan Perangkat Lunak].
  • Terakhir, pilih opsi [Perbarui Sekarang] dan tunggu proses pembaruan software TV selesai.

8. Reset Pengaturan Suara (TV LED)

Beberapa merek TV LED telah dilengkapi dengan menu yang memungkinkan kalian untuk mereset pengaturan suara ke pengaturan pabrik. Ini bisa menjadi pilihan untuk mengembalikan suara yang hilang pada TV kalian.

Menu ini biasanya dapat diakses melalui opsi “Suara” dan dapat dibuka menggunakan remote. Setelah proses reset selesai, pengaturan suara seperti equalizer, keseimbangan suara, auto volume, audio delay, dan sound feedback perlu disesuaikan kembali sesuai preferensi kalian.

9. Factory Reset TV

Mengembalikan TV ke pengaturan pabrik berarti menghapus semua pengaturan yang telah kalian lakukan dan mengembalikan TV ke kondisi awal saat pertama kali dinyalakan. Dalam beberapa kasus, melakukan factory reset TV dapat memperbaiki masalah ketiadaan suara.

Metode factory reset TV dapat bervariasi tergantung pada merek dan model TV yang kalian gunakan. Namun, secara umum, kalian dapat melakukan factory reset TV dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu [Pengaturan] pada TV kalian.
  • Cari dan pilih opsi [Reset Ulang] atau [Factory Reset].
  • Pilih opsi tersebut dan jika diminta, masukkan PIN. (PIN default TV biasanya adalah 0000)
  • Tunggu hingga proses factory reset TV selesai dan pengaturan pabrik dipulihkan.

10. Periksa Tegangan Jalur Audio

Ketidakadaan suara pada TV juga dapat disebabkan oleh putusnya jalur tegangan pada IC audio. Jalur ini perlu diperiksa karena berperan dalam menyuplai tegangan ke bagian audio.

Secara umum, tegangan yang normal pada IC audio berkisar antara 12-15 volt arus DC. Jika tegangan di bawah rentang tersebut, kemungkinan besar ada kerusakan pada IC audio. Metode ini dapat dicoba pada TV dengan teknologi tabung maupun LED.

11. Solder Ulang Kaki IC Audio

Kasus yang sering terjadi adalah retaknya kaki IC audio dan kehilangan penyambungan timahnya, terutama pada TV tabung lama. Tkalian bahwa ada kaki audio yang longgar adalah suara TV yang kadang muncul dan hilang ketika TV digoyangkan.

Baca Juga :   Kode Remot TV Mito Semua Tipe Beserta Cara Settingnya

Hal ini bisa terjadi karena korosi pada kaki IC audio akibat PCB yang lembab dan tidak pernah dibersihkan dalam waktu yang lama. kalian dapat mencoba membersihkan kaki-kaki IC audio menggunakan sikat dan sedikit tiner.

Setelah itu, lakukan penyolderan ulang pada setiap kaki IC audio yang terlihat retak. Pastikan juga untuk membersihkan mata solder sebelumnya.

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, nyalakan televisi dan periksa apakah suara sudah normal atau masih belum ada. Jika suara TV masih belum keluar, periksa juga kondisi IC kontrol dengan mengurutkan dan menyentuh bagian input IC kontrol untuk mengetahui letak kaki input dari IC audio.

Mulailah dengan mengurutkan dari soket input. Jika ada respon dari IC audio, maka IC kontrol masih dalam kondisi normal.

Periksa juga kondisi kaki IC kontrol dan lakukan penyolderan ulang pada kaki yang terlihat retak atau kurang timah. Seperti halnya pada IC audio, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan sikat dan tiner sebelum melakukan penyolderan.

Tips Menjaga Speaker TV Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut adalah tips tambahan yang dapat membantu kalian merawat speaker TV agar tetap awet dan suara tetap jernih:

  1. Hindari mendekatkan speaker dengan benda yang memiliki magnet, seperti perangkat elektronik lainnya. Magnet dapat mempengaruhi kinerja dan kualitas suara speaker. Jaga jarak yang cukup antara speaker dengan perangkat magnetik lainnya.
  2. Bersihkan lubang speaker secara teratur dari debu dan kotoran yang bisa menumpuk di sekitarnya. Gunakan lap basah atau kering untuk membersihkannya dengan lembut. Pastikan tidak ada benda asing yang masuk ke dalam lubang speaker.
  3. Atur tingkat volume sesuai dengan kebutuhan dan hindari mengatur volume terlalu tinggi secara konstan. Volume yang terlalu tinggi dapat menyebabkan distorsi suara dan merusak komponen speaker. Gunakan volume yang nyaman untuk pendengaran kalian.
  4. Pastikan speaker terlindung dari paparan air atau kelembapan yang berlebihan. Hindari meletakkan speaker di tempat yang basah atau terkena cipratan air. Air dapat merusak komponen speaker dan mengurangi kualitas suara.

Baca Juga :

Penutup

Jika kalian mengalami masalah dengan TV Samsung kalian yang tidak mengeluarkan suara, ada beberapa langkah yang dapat kalian coba sebelum memanggil teknisi.

Jika langkah-langkah di atas tidak memperbaiki masalah, mungkin ada masalah internal dengan TV kalian. Dalam hal ini, disarankan untuk menghubungi pusat layanan pelanggan Samsung atau memanggil teknisi profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa informasi yang saya berikan berdasarkan pengetahuan hingga September 2021. Jika ada pembaruan atau perubahan dalam produk TV Samsung, disarankan untuk merujuk pada panduan pengguna atau sumber resmi Samsung untuk informasi terkini.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang TV Samsung Tidak Ada Suara ? Begini Cara Memperbaikinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *