Kode Remot TV Panasonic

Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya Paling Tepat. Kode remot TV Panasonic ini mungkin sewaktu-waktu bisa kalian perlukan, terutama bagi kalian yang memiliki TV Panasonic baik LED maupun jenis tabung. Kerusakan pada remot TV atau kehilangan sudah biasa terjadi, dan solusi yang mudah adalah membeli pengganti di service center resmi, namun tentu saja dengan harga yang cukup mahal.

Sebagai alternatif yang mudah dan ekonomis, saat ini banyak digunakan remote universal yang cukup dengan memasukkan beberapa kode sesuai merk TV, maka remote universal tersebut bisa digunakan sebagaimana layaknya remote asli.

Berikut ini saya bagikan beberapa kode remot tersebut yang tidak sulit untuk diaktifkan, sehingga kalian bisa melakukannya sendiri:

Fungsi Kode Remot Panasonic

Bagi sebagian orang, biasanya mereka tidak mengetahui fungsi dari kode remot Panasonic ini. Pasalnya, mereka belum menghadapi kendala dalam pengoperasiannya. Kegunaannya hanya dirasakan oleh pengguna yang pernah menggunakan remot universal sebelumnya.

Kode remot Panasonic ini diperlukan saat kalian beralih ke remot universal agar dapat berfungsi sesuai dengan merk TV aslinya, karena remot universal diproduksi oleh pabrikan tanpa merk tertentu. Tentu saja, hal ini bisa sangat mengganggu jika kalian menggunakan remot universal namun fungsinya berbeda dari yang seharusnya.

Perlu diketahui bahwa penggunaan remot TV secara universal tidak langsung terkoneksi dengan TV, sehingga harus memasukkan kode tertentu. Caranya juga berbeda dari penggunaan remot biasa, dan perlu diperhatikan dengan seksama.

Kode Remot Panasonic LED

TV jenis ini umumnya menggunakan layar datar dan memiliki profil tipis, sehingga menjadi favorit di kalangan masyarakat saat ini. Kepraktisan penggunaannya menjadi salah satu alasan mengapa TV ini banyak disukai, terutama karena mudah dipindahkan ke tempat lain. Meskipun menggunakan layar datar, penggunaan remot tetap menjadi alat kontrol utama.

Beberapa kode remot TV Panasonic LED yang dapat digunakan untuk jenis TV ini antara lain: 021, 015, 001, 014, 020, 066, 022, dan 059. Namun, penting untuk memperhatikan cara penggunaannya dengan teliti, karena ada cukup banyak kode yang tersedia agar tidak bingung saat menggunakannya.

Baca Juga :   Lokasi Service Center TV Coocaa Di Seluruh Indonesia

Berikut langkah-langkah penggunaannya:

  1. Siapkan remot pengganti yang berfungsi dengan baik.
  2. Tekan dan tahan tombol SET beberapa saat.
  3. Tekan tombol Power sampai lampu indikator merah menyala.
  4. Masukkan kode remot yang sesuai sampai lampu indikator mati.
  5. Jika lampu indikator mati, itu menkaliankan bahwa kode remot berfungsi.

Kode Remot Panasonic Tabung

Beberapa jenis TV Panasonic masih tersedia dalam bentuk tabung dan dikenal sangat tahan lama, bahkan bisa bertahan selama belasan tahun dengan pemakaian yang baik. Namun, salah satu masalah utamanya adalah kerusakan atau kendala pada remote, sehingga mengakibatkan kesulitan dalam penggunaannya.

Kode remot Panasonic untuk TV Tabung sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis LED. Beberapa kode hanya dapat digunakan untuk salah satu jenis saja, atau sebaliknya. Berikut adalah beberapa kode yang bisa kalian coba: 001, 014, 015, 022, 021, 059, dan 020. Adapun cara penggunaannya sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol SET pada remot universal.
  2. Tekan tombol Power secara bersamaan sampai lampu menyala.
  3. Lepaskan tombol Power dan SET saat lampu menyala.
  4. Masukkan kode remot yang sesuai sampai lampu indikator mati.
  5. Lampu indikator mati menkaliankan bahwa kode remot berfungsi.
  6. Jika kode remot sebelumnya tidak berhasil, coba masukkan kode remot lainnya.

Kode Remot Panasonic Joker

Untuk yang belum mengetahuinya, remot TV Joker adalah jenis remot universal yang dapat digunakan untuk semua merk TV. Hal ini sangat praktis karena kalian tidak perlu membeli remot asli dari masing-masing merk. Selain itu, harga remot Joker juga lebih terjangkau dibandingkan dengan remot asli dari Panasonic.

Bagi kalian yang menggunakan remot Joker, penting untuk mengetahui kode-kode khusus yang harus digunakan terlebih dahulu. Terdapat beberapa pilihan kode, dan mungkin perlu mencoba beberapa kode yang berbeda jika tidak berhasil pada percobaan pertama. Beberapa kode yang bisa kalian coba adalah 022, 015, 021, 001, 014, 059, 066, dan 020. Berikut adalah cara penggunaannya:

  1. Nyalakan TV Panasonic.
  2. Pilih salah satu kode yang akan digunakan.
  3. Tekan tombol SET pada remot hingga lampu indikator menyala.
  4. Masukkan kode yang telah dipilih sebelumnya hingga lampu indikator mati.
  5. Coba pindahkan channel untuk uji coba.
  6. Jika kode yang dipilih sebelumnya belum berfungsi, kalian dapat mencoba kode lainnya.
Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Panasonic Paling Mudah dan Tepat

Pastikan kalian telah mengikuti semua langkah di atas dengan benar. Jika masih ada kendala, berikut beberapa penyebab yang perlu dipahami:

Penyebab Kode Remot TV Panasonic Tidak Berfungsi

Terkadang, masalah dapat terjadi ketika TV Panasonic tidak merespons remot universal, meskipun kalian sudah mencoba semua kode remot yang disebutkan sebelumnya namun belum berhasil. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa remot universal untuk TV Panasonic tidak berfungsi:

1. Baterai Remot Lemah

Tidak peduli bagaimanapun, jika baterai sudah lemah atau habis, maka sinyal inframerah yang dikirimkan dari remot ke sensor TV tidak akan terhubung. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memeriksa apakah baterai dalam remot masih layak digunakan atau sudah perlu diganti.

Tkalian-tkalian baterai yang sudah lemah biasanya dapat dikenali dari lampu indikator pada remot yang mulai redup atau bahkan tidak menyala sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mencoba menggunakan baterai baru atau baterai dari remot lain yang masih berfungsi. Pastikan untuk mengganti baterai dengan yang sesuai dan pastikan baterainya terpasang dengan benar agar remot dapat berfungsi dengan baik.

2. Kode Remot Tidak Cocok

Disamping itu, ada kemungkinan bahwa kode-kode di atas memang tidak cocok dengan tipe TV Panasonic kalian. Meskipun begitu, kami akan terus memperbarui artikel ini setiap kali ada kode TV Panasonic yang baru. Pastikan kalian juga sudah mencoba cara pengaturan remot multi secara otomatis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

3. Housing Baterai Remot Berkarat

Housing atau tempat baterai pada remot yang kotor dan berkarat dapat menyebabkan remot tidak berfungsi karena arus dari baterai tidak dapat mencapai komponen remot dengan baik. Jika kalian menemukan adanya karat, disarankan untuk membersihkannya menggunakan cutter atau cairan tiner.

4. Sensor Infrared Remot Rusak

Salah satu alasan mengapa kode remot TV Panasonic tidak merespon adalah karena ada kerusakan pada sensor IR atau komponen pada remot TV kalian. Jika masalah ini terjadi, mungkin akan sulit untuk diperbaiki, dan disarankan untuk menggantinya dengan remot baru.

Sebelum mengganti remot, kalian dapat memastikan terlebih dahulu apakah sensor remot masih berfungsi dengan cara menggunakan kamera ponsel. Caranya sebagai berikut:

Baca Juga :   Cara Mencari Channel TV Toshiba Semu Tipe Paling Tepat

  1. Buka aplikasi kamera di ponsel kalian.
  2. Arahkan bagian depan remot ke arah kamera ponsel.
  3. Tekan salah satu tombol pada remot, kemudian perhatikan tampilan kamera ponsel.
  4. Jika terlihat sinar dari sensor remot ketika salah satu tombol ditekan, berarti remot masih berfungsi dengan baik.

Perbedaan Remot TV Panasonic Universal dan Non Universal

Ada cara mudah untuk membedakan antara remot universal TV Panasonic dan non-universal. Caranya adalah dengan memperhatikan apakah ada tombol [Set] pada remot kalian atau tidak. Jika tombol [Set] terdapat pada remot kalian, maka itu merupakan remot universal atau multifungsi.

Selain itu, remot universal juga biasanya memiliki lampu indikator yang berfungsi sebagai tkalian bahwa mode pengaturan kode remot sedang aktif (bukan lampu infrared yang mengirimkan sinyal). Jika kedua tkalian tersebut tidak ada pada remot kalian, maka itu merupakan remot non-universal atau remot bawaan pabrik.

Dengan memperhatikan keberadaan tombol [Set] dan lampu indikator, kalian dapat dengan mudah mengetahui apakah remot kalian adalah tipe universal yang dapat digunakan untuk berbagai merk TV, atau hanya berfungsi untuk TV Panasonic saja.

Baca Juga :

Penutup

Dengan memahami berbagai kode untuk remot TV Panasonic, kita dapat lebih mudah mengontrol hiburan kita dan memaksimalkan pengalaman menonton TV. Jangan lupa, setiap model TV mungkin memerlukan kode yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, penting untuk mencari dan menggunakan kode yang tepat sesuai dengan model TV Panasonic yang kalian miliki. Akhir kata, jangan biarkan kendala teknis menghalangi kalian menikmati acara atau film favorit kalian.

Dengan sedikit pengetahuan tentang kode remot TV Panasonic, kalian memiliki kendali penuh atas hiburan kalian. Selamat menonton!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *