Kode Remot TV Aiwa

Fungsi Kode Remot TV Aiwa Tabung Semua Tipe & Cara Settingnya

Posted on

Finoo.id – Fungsi Kode Remot TV Aiwa Tabung Semua Tipe & Cara Settingnya. Mengenai alat elektronik bernama televisi (TV), dapat dikatakan bahwa TV merupakan salah satu perangkat elektronik yang dianggap wajib minimal memiliki satu di setiap rumah. Bahkan tak jarang, seseorang memiliki lebih dari satu unit TV yang ditempatkan di berbagai ruangan seperti ruang keluarga dan kamar.

Hingga saat ini, telah ada banyak merek TV terkenal yang tersedia di pasaran, seperti Samsung, Sharp, Polytron, LG, Akari, Aiwa, dan masih banyak lainnya. Selain itu, harga TV juga bervariasi tergantung pada tipe dan jenisnya, seperti TV tabung, LED/LCD, dan smart TV.

Dalam konteks TV, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kode remot untuk TV merek Aiwa. Meskipun merek TV ini mungkin terdengar sedikit asing dibandingkan merek TV lainnya, namun ternyata banyak pengguna di Indonesia yang memilih merek TV ini.

Tentunya, banyak pertanyaan mengenai kode remot untuk TV Aiwa ini, terutama saat kalian perlu mengganti remot TV karena rusak atau hilang. Dalam hal ini, kalian membutuhkan kode remot ketika menggunakan remot TV universal atau remot multi-fungsi. Lalu, berapa kode remot untuk TV Aiwa ini? Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Fungsi Kode Remote TV Aiwa

Untuk memastikan pemahaman yang lebih jelas, sebelum kita melanjutkan ke pembahasan utama mengenai kode remot TV Aiwa, penting bagi kalian untuk mengetahui fungsi dari kode remot TV tersebut. Kode remot ini berperan dalam menghubungkan remote universal atau multi sebagai pengganti, agar dapat berfungsi dengan normal seperti remot asli atau bawaan.

Ketika remote TV mengalami kerusakan atau hilang, dan kalian menggantinya dengan remote universal kemudian langsung menggunakannya, tombol-tombol pada remote tersebut tidak akan berfungsi secara normal secara otomatis. Oleh karena itu, agar tombol-tombol dapat digunakan dengan baik, diperlukan masukan kode remot TV yang sesuai dengan merek dan jenis TV yang digunakan.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Gambar Biru & Cara Mengatasinya

Kode Remot TV Aiwa

Kode remot untuk TV Aiwa memiliki format yang sama dengan kode remot untuk merek TV lainnya, yaitu terdiri dari kombinasi 3 digit angka acak. Namun, perpaduan 3 digit angka tersebut memiliki perbedaan dengan kode remot TV dari merek lain seperti Polytron, Akari, Panasonic, Sharp, dan merek TV lainnya.

009, 057, 058, 073, 102, 103, 104, 181 & 224

Setelah kalian mengetahui kode remot TV Aiwa di atas, selanjutnya tinggal memasukkan atau mengatur kode remot tersebut. Dengan melakukan langkah tersebut, remot universal akan berfungsi secara normal seperti remot TV bawaan.

Cara Setting Kode Remot TV Aiwa

Bagaimana cara pengaturan kode remot TV Aiwa? Bagi pengguna baru atau mereka yang ingin memasukkan kode remot TV untuk pertama kalinya, mungkin ingin mengetahui bagaimana cara memasukkan dan mengatur kode tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengatur kode remot TV:

  1. Pertama, siapkan remot TV universal dan pastikan TV Aiwa dalam kondisi menyala.
  2. Kemudian, tekan dan tahan tombol “SET” pada remot.
  3. Jangan lepaskan tombol “SET” tersebut, kemudian tekan tombol “POWER” sampai lampu indikator pada remot TV universal menyala.
  4. Setelah lampu indikator menyala, kalian dapat melepaskan tombol “SET” dan “POWER” yang tadi ditekan.
  5. Selanjutnya, masukkan kode remot TV Aiwa yang terdiri dari 3 digit angka dengan menekan tombol angka sesuai dengan kode tersebut.
  6. Setelah selesai memasukkan kode, lampu indikator pada remot TV akan mati secara otomatis.

Jika langkah-langkah di atas berhasil dilakukan, pengaturan remot TV universal untuk TV Aiwa telah berhasil. kalian sekarang dapat menggunakan remot TV pengganti tersebut seperti remot TV asli, dan semua tombolnya dapat berfungsi dengan normal.

Penyebab Remot Tidak Bisa Digunakan

Namun, dalam beberapa kasus, ada beberapa kendala yang dapat terjadi setelah memasukkan kode remot, di mana remot tetap tidak berfungsi. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan masalah tersebut:

1. Baterai remot habis

Penyebab pertama bisa jadi karena baterai pada remot sudah habis atau dalam kondisi lemah. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti baterai dengan yang baru, kemudian ulangi proses pengaturan menggunakan kode remot TV.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Bergaris Semua Merk dan Cara Mengatasinya

2. Kesalahan saat memasukkan kode

Penyebab kedua mungkin karena kesalahan saat memasukkan kode remot. Misalnya, jika kalian seharusnya memasukkan kode 057, namun secara tidak sengaja kalian memasukkan kode 507. Pastikan untuk memasukkan kode dengan benar dan sesuai.

3. Masalah teknis

Penyebab terakhir adalah kemungkinan adanya masalah teknis. Misalnya, terdapat kotoran atau karat pada kontak baterai yang mengganggu aliran listrik yang lancar. Cobalah membersihkan kontak tersebut dan kemudian ulangi proses pengaturan.

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah masih persisten, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan atau teknisi terkait untuk bantuan lebih lanjut.

Tips Sebelum Gunakan Remot Universal

Setelah mengetahui kode remot, cara pengaturan, dan penyebab remot tidak berfungsi, ada beberapa tips yang perlu kalian ketahui sebelum menggunakan remot universal saat mengganti remot TV yang rusak. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kalian perhatikan sebelum menggunakan remot universal:

  1. Pastikan cocok dengan merek TV Aiwa: Pastikan bahwa remot TV universal yang kalian pilih kompatibel dengan merek TV Aiwa. Hal ini penting agar remote dapat berfungsi dengan baik dan mendukung fungsi-fungsi khusus yang mungkin dimiliki oleh TV Aiwa.
  2. Pilih jenis remot universal yang mudah digunakan: Pilihlah jenis remot universal yang dirasa mudah untuk digunakan. Perhatikan tata letak tombol dan kemudahan navigasi agar kalian dapat dengan mudah mengoperasikan TV dengan remot tersebut.
  3. Masukkan kode remot yang tepat: Saat mengatur remot universal, pastikan untuk memasukkan salah satu dari banyak kode remot TV yang tersedia. Pastikan kalian memilih kode yang sesuai dengan merek dan model TV Aiwa yang kalian miliki agar remote dapat berfungsi dengan benar.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kalian akan lebih siap dan terhindar dari masalah saat menggunakan remot universal untuk mengganti remot TV yang rusak.

Harga Remot TV Universal Aiwa

Untuk kalian yang ingin mengetahui kisaran harga remot TV universal, kami akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Harga remot TV universal yang dapat digunakan untuk TV Aiwa memiliki variasi yang cukup luas.

Remot TV universal dapat ditemukan dengan harga mulai dari sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 110 ribu. Semakin tinggi harga remot, umumnya kualitasnya akan semakin baik. Untuk memperolehnya, kalian dapat mengunjungi toko elektronik terdekat atau membelinya secara online.

Baca Juga :   Cara Mencari Channel TV Toshiba Semu Tipe Paling Tepat

Salah satu merek remot TV universal yang populer dan dikenal memiliki kualitas bagus adalah remot Joker. Selain itu, terdapat banyak merek lain yang dapat dipilih, seperti Visero, Retive, Huayu, Voltan, Chunghop, Shimura, dan lainnya.

Dengan demikian, kalian memiliki beberapa pilihan merek dan kisaran harga saat mencari remot TV universal yang sesuai untuk digunakan dengan TV Aiwa.

Keuntungan Menggunakan Remote Multi Joker

Jika kalian memiliki TV Aiwa dan remote TV-nya rusak, disarankan untuk membeli langsung remote multi Joker. Dengan memasukkan kode remot TV Aiwa, kalian dapat menggunakan remote tersebut. Menggunakan remote multi Joker memiliki banyak keuntungan, seperti dapat digunakan untuk berbagai jenis merek TV, dan harganya juga relatif terjangkau.

Jadi, jika remote kalian rusak, lebih baik segera membeli remote multi tersebut. TV tanpa remote bisa menjadi sangat merepotkan. Oleh karena itu, lebih baik membeli remote agar TV Aiwa dapat digunakan dengan mudah.

Baca Juga :

Penutup

Dengan menemukan kode remot TV Aiwa yang tepat, kalian dapat mengendalikan TV kalian dengan mudah dan nyaman. Tidak perlu lagi mencari- cari tombol yang hilang atau mengalami kesulitan saat mengubah saluran atau mengatur volume.

Dengan beberapa langkah sederhana, kalian dapat memaksimalkan pengalaman menonton kalian dengan TV Aiwa kalian.

Jadi, temukan kode remot TV Aiwa yang sesuai dan nikmati pengalaman menonton yang lebih baik. Hiburan kalian menjadi lebih mudah dikendalikan dan kalian dapat menikmati acara favorit kalian tanpa gangguan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Fungsi Kode Remot TV Aiwa Tabung Semua Tipe & Cara Settingnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *