Cara Reset TV Sony

Cara Reset TV Sony Bravia Paling Mudah dan Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Reset TV Sony Bravia Paling Mudah dan Praktis. Beberapa perusahaan elektronik bersaing untuk merilis unit televisi baru dengan tuner digital. Pasalnya, permintaan pasar meningkat seiring berhentinya siaran analog yang sudah ketinggalan zaman.

Sebagai produsen ternama, Sony Indonesia menawarkan produk TV LED unggulan dengan kualitas tinggi yang dilengkapi dengan fitur modern untuk memperkaya pengalaman menonton bersama keluarga di rumah.

Meskipun TV Sony terkenal awet, namun sebagai barang elektronik, terkadang mengalami kendala, seperti malfungsi ringan yang dapat diatasi melalui metode factory reset tanpa perlu perbaikan komponen.

Kami telah merangkum ulasan mengenai cara reset TV Sony yang paling mudah untuk semua tipe produk, sehingga pemilik TV dapat mengatasi beberapa masalah ringan dengan mudah tanpa memerlukan bantuan teknisi.

Pengertian Reset

Reset adalah operasi di mana semua pengaturan pada perangkat akan dikembalikan ke pengaturan default yang diatur oleh pabrikan pada saat pembelian perangkat. Dalam kata lain, fitur ini dapat dianggap sebagai fungsi penghapusan pengaturan analog dan teknis.

Jika Anda memilih untuk melakukan Reset, maka semua perubahan yang telah dilakukan pada perangkat akan dihapus dan perangkat akan dikembalikan ke keadaan awal seperti saat pertama kali dibeli. Contohnya, jika Anda melakukan Reset pada router, maka firmware router akan dikembalikan ke pengaturan default pabrikan. Lalu, kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk menggunakan fungsi Reset ini?

Terkadang, orang dapat lupa dengan sandi atau nama pengguna (username) mereka. Jika hal ini terjadi, opsi terbaik untuk mendapatkan akses ke panel admin router adalah dengan melakukan Reset pada perangkat dan menggunakan kredensial default yang dapat ditemukan secara online atau terdapat pada badan router.

Baca Juga :   Cara Setting TV Sony Bravia Paling Mudah

Selain itu, Reset juga dapat dilakukan jika terdapat banyak perubahan pada konfigurasi perangkat yang tidak disukai oleh pengguna. Reset juga dapat digunakan ketika pengguna merasa “malas” untuk mengatur ulang pengaturan perangkat secara manual. Namun, harus diingat bahwa Reset harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang, karena data yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan.

Cara Reset TV Sony Bravia

Smart TV Sony Bravia dan unit LED biasa memiliki fitur Reset yang berguna untuk menghapus semua pengaturan perangkat. Dengan menggunakan fitur ini, semua parameter pada perangkat akan dikembalikan ke pengaturan awal pabrik, sehingga dapat memperbaiki beberapa masalah ringan yang terjadi.

Misalnya, jika TV Sony tidak merespon, gambar tidak normal, atau audio terdistorsi, pengguna hanya perlu mengakses menu Reset. Dengan melakukan hal tersebut, malfungsi pada perangkat tersebut seharusnya akan kembali normal, selama tidak ada kerusakan pada komponen.

Berikut ini adalah cara melakukan Reset pada TV Sony Bravia untuk semua tipe perangkat:

1. Cara Reset TV LED Sony

Metode factory reset pada semua TV LED Sony dilakukan dengan cara yang sama, yaitu dengan membuka menu pengaturan sistem.

Berikut ini adalah cara melakukan reset pada TV LED Sony:

  • Pastikan TV Sony Bravia telah terpasang dengan benar.
  • Siapkan remote kontrol original buatan pabrik.
  • Tekan tombol home pada remote kontrol untuk membuka tampilan pengaturan sistem.
  • Sorot opsi setting dan tekan tombol customer support.
  • Tekan factory setting dan tekan tombol OK untuk konfirmasi.
  • Tunggu hingga proses reset sistem selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat melakukan factory reset pada TV LED Sony dengan mudah dan cepat.

2. Cara Reset Smart TV Sony

Tampilan antarmuka pada Smart TV Sony sedikit berbeda dari model TV LED biasa, sehingga pengguna perlu menyesuaikan menu untuk mengakses fitur Reset.

Baca Juga :   Penyebab TV Mati Hidup Sendiri & Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah cara melakukan Reset pada Smart TV Sony:

  • Pastikan TV Sony Bravia telah terpasang dengan benar.
  • Siapkan sebuah remote kontrol original buatan pabrik.
  • Tekan tombol home pada remote kontrol untuk membuka tampilan pengaturan sistem.
  • Sorot opsi setting dan tekan tombol storage & factory reset.
  • Tekan factory data reset dan tekan tombol erase everything.
  • Tekan tombol enter untuk konfirmasi perintah tersebut.
  • Tunggu hingga proses reset sistem selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat melakukan Reset pada Smart TV Sony dengan mudah dan cepat.

Service Mode TV Sony Bravia

Selain melalui menu pengaturan sistem, pengguna juga dapat melakukan reset pada TV Sony Bravia dengan mengakses fungsi khusus yaitu Service Mode. Namun, pengguna memerlukan remote kontrol original untuk dapat mengakses fitur ini, mengingat pada panel unit tidak tersedia tombol operasional.

Jika remote kontrol TV Sony telah rusak, disarankan untuk membeli perangkat pengganti sebelum mencoba mengakses Service Mode. Pengguna harus berhati-hati saat melakukan penerapan parameter karena kesalahan dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat.

Berikut ini adalah cara melakukan reset pada TV Sony Bravia melalui Service Mode:

Metode Pertama

Penting bagi pengguna untuk memahami fungsi dari setiap opsi yang tersedia pada menu Service Mode untuk menghindari risiko kerusakan pada TV Sony.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan reset pada TV Sony Bravia melalui Service Mode:

  • Ganti operasional TV Sony ke mode siaga.
  • Siapkan sebuah remote kontrol original buatan pabrik.
  • Tekan tombol [display], [5], [volume min], [power] secara berurutan pada remote kontrol.
  • Akan muncul tampilan menu Service Mode.
  • Sorot opsi factory reset dan tekan tombol enter untuk konfirmasi.

Metode Kedua

Service mode pada TV LED merek Sony sangat berguna bagi teknisi untuk memperbaiki beberapa masalah pada sistem perangkat.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk masuk ke Service Mode pada TV Sony Bravia:

Baca Juga :   Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor Paling Mudah & Tepat

  • Ganti operasional TV Sony ke mode siaga.
  • Siapkan remote kontrol original buatan pabrik.
  • Tekan tombol [display], [5], [power] secara berurutan pada remote kontrol.
  • Akan muncul tampilan Service Mode.
  • Sorot opsi factory reset dan tekan tombol enter untuk konfirmasi.

Metode Ketiga

Jika kedua metode sebelumnya belum berhasil untuk mengakses Service Mode pada TV Sony Bravia, pengguna dapat mencoba opsi alternatif berikut:

  • Hidupkan TV Sony Bravia atau ganti operasional ke mode siaga.
  • Siapkan remote kontrol original buatan pabrik.
  • Tekan tombol [display], [5], [picture], [power] secara berurutan pada remote kontrol.
  • Akan muncul tampilan Service Mode.
  • Sorot opsi factory reset dan tekan tombol enter untuk konfirmasi.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara reset TV Sony Bravia yang bisa kamu coba jika mengalami masalah ringan pada perangkat tersebut. Selain melalui menu pengaturan sistem, pengguna juga bisa melakukan reset pada TV Sony Bravia melalui Service Mode dengan hati-hati dan tepat.

Namun, sebelum melakukan reset pada TV Sony Bravia, pastikan untuk membackup data penting terlebih dahulu dan memahami setiap opsi yang tersedia pada menu untuk menghindari risiko kerusakan pada perangkat. Selain itu, disarankan untuk menggunakan remote kontrol original buatan pabrik untuk meminimalisir resiko kerusakan.

Dengan mengetahui cara reset TV Sony Bravia, pengguna bisa mengatasi beberapa masalah ringan pada perangkat tersebut dan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal pabrik. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat melakukan reset dan selalu gunakan dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *