Cara Update Firmware TV LED Polytron

Cara Update Firmware TV LED Polytron Paling Mudah Dilakukan

Posted on

Finoo.id – Cara Update Firmware TV LED Polytron Paling Mudah Dilakukan. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, perangkat elektronik mengalami kemajuan pesat. Dulu, perangkat elektronik umumnya besar dan berbentuk sederhana, namun saat ini, perangkat tersebut sudah memiliki bentuk yang beragam, simpel, dan ukurannya semakin kecil.

Salah satu contoh perangkat elektronik yang mengalami kemajuan tersebut adalah televisi. Jika dulu televisi memiliki bentuk besar, sederhana, dan berat, kini tidak lagi. Teknologi layar LCD/LED telah menghasilkan banyak perubahan pada televisi, termasuk pengurangan berat televisi. Sebagai contoh, dulu televisi dengan ukuran 32 inci beratnya mencapai 10 kg, namun sekarang hanya 2 kg.

Perkembangan dan kemajuan inovasi pada perangkat elektronik ini berdampak pada proses perbaikan dan penanganan kerusakan pada televisi. Misalnya, jika TV Polytron tidak bisa menyala, solusinya adalah melakukan flashing atau update firmware pada TV tersebut.

Firmware update bertujuan untuk memperbaiki kerusakan pada perangkat lunak televisi dan memperbarui atau meningkatkan firmware yang telah terpasang pada TV Polytron.

Pengertian Firmware TV

Firmware pada TV adalah perangkat lunak kecil yang tersimpan di dalam IC memori, eeprom, atau IC Flash pada mainboard. Fungsinya adalah untuk mengontrol aktivasi dan deaktivasi komponen chipset atau perangkat keras pada mainboard TV.

Pada saat ini, hampir semua televisi menggunakan firmware di IC memori-nya. Fungsi firmware yang lebih kompleks adalah mengendalikan, menyimpan data, dan mengatur daya pada televisi.

Firmware juga berperan sebagai sistem operasi pada televisi, sama seperti komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Ini berarti semua menu, fitur, dan pengaturan pada televisi tersimpan dalam firmware yang disimpan di dalam IC memori atau Flash SPI.

Baca Juga :   Daftar Biaya Service TV Konslet : Untuk Semua Merk

Jika firmware rusak atau file hilang, televisi tidak akan dapat menyala sama sekali atau mungkin tetap menyala namun dalam kondisi yang tidak normal.

Setiap merek televisi memiliki firmware yang berbeda-beda. Bahkan, firmware pada satu merek televisi bisa berbeda-beda antara model yang satu dengan yang lain. Firmware juga memiliki versi yang berbeda-beda untuk setiap model televisi.

Cara Update Firmware TV LED Polytron

Melakukan update firmware pada TV LED Polytron sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan terbilang sangat mudah. Namun, beberapa orang masih bingung tentang cara melakukannya. Oleh karena itu, di sini teknisitv akan membagikan langkah-langkahnya agar Anda dapat melakukan update firmware dengan mudah. Silakan simak ulasannya di bawah ini untuk informasi lebih lengkap.

Metode Flash Firmware TV

Proses flash firmware pada TV dapat dilakukan dengan dua cara yang umum digunakan. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan flashdisk sebagai alatnya. Metode ini sering digunakan untuk mengupdate atau mengeflash TV LCD maupun LED yang sudah mendukung fitur USB pada mainboardnya.

Sedangkan metode kedua adalah dengan menggunakan alat khusus yang disebut USB flasher, eeprom programmer, flash programmer, dan sebagainya. Cara melakukan upgrade atau flash firmware dengan metode ini adalah dengan mencabut IC flash atau dengan langsung menghubungkan kabel programer ke IC flash, kemudian memasukan data firmware dengan bantuan alat programmer melalui komputer.

Untuk melakukan update firmware pada TV, tentunya harus memiliki file firmware update terlebih dahulu. Selain itu, file firmware harus disesuaikan dengan tipe televisi yang akan diupdate atau diflash.

Metode kedua lebih disukai oleh para teknisi televisi karena sebelum melakukan flashing, mereka dapat membaca isinya dan mengetahui apakah IC ada atau tidak isinya. Maksudnya adalah jika ada TV dengan firmware yang masih normal, maka isinya dapat dibaca dan disimpan dalam bentuk file di komputer. Sehingga nanti dapat digunakan untuk memperbaiki televisi lain yang mengalami kerusakan.

Baca Juga :   Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos Yang Sering Terjadi

Update Firmware TV Polytron

Polytron telah meluncurkan unit-unit TV dengan teknologi LED dan Smart TV dengan spesifikasi hardware yang berbeda-beda. Namun, cara akses prosedur update firmware tergantung pada tipe dan model produk tersebut.

Berikut adalah beberapa cara paling mudah untuk melakukan upgrade firmware pada TV Polytron:

1. Update Firmware Melalui USB

TV LED Polytron hanya dapat melakukan update firmware melalui media flashdisk. Berikut adalah prosedur selengkapnya:

  • Unduh firmware sesuai dengan model TV Polytron Anda.
  • Ekstrak dan simpan file pada direktori root flashdisk.
  • Hubungkan flashdisk pada port USB di TV Polytron.
  • Tekan dan tahan tombol power untuk menghidupkan TV Polytron.
  • Tunggu sebentar, maka akan muncul tampilan pembaharuan.
  • Tekan tombol start untuk memulai update firmware.
  • Biarkan proses berjalan hingga mencapai 100%.

Selama proses update firmware berlangsung, jangan pernah mematikan atau menghentikan daya listrik. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan firmware dan mengakibatkan kerusakan pada TV Polytron.

2. Update Firmware Melalui Internet

Smart TV Polytron memiliki keunggulan tersendiri dalam update firmware yang lebih mudah dan simpel. Proses akan bekerja otomatis dimana pengguna hanya perlu mengaktifkan koneksi WiFi dan biarkan sistem bekerja.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan update firmware pada Smart TV Polytron:

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan Smart TV Polytron.
  • Pastikan koneksi internet telah terhubung ke unit televisi.
  • Tekan tombol home untuk membuka tampilan dashboard.
  • Pilih opsi setting kemudian pilih menu support.
  • Tekan software update dan pilih opsi auto update.
  • Tekan update dan proses akan berlangsung sambil menonton TV.
  • Biarkan update firmware berjalan hingga mencapai 100%.

Selama proses update firmware berlangsung, hindari mematikan Smart TV Polytron karena dapat menyebabkan kerusakan. Pastikan menunggu sampai proses selesai untuk memastikan semuanya berjalan tanpa kendala.

Manfaat Update Firmware TV

Polytron Indonesia secara rutin merilis pembaruan firmware untuk beberapa seri produk mereka. Saat versi baru tersedia, pemilik produk dapat memutuskan untuk mendownload dan melakukan upgrade firmware tersebut.

Baca Juga :   Cara Update Firmware TV Sharp Aquos Paling Mudah

Pemilik produk dapat memilih untuk menggunakan TV Polytron dengan firmware lama atau melakukan upgrade ke versi yang baru. Opsi ini tergantung pada preferensi pengguna dan asalkan unit tetap beroperasi normal, pemilik dapat mengabaikan pembaruan firmware tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat melakukan upgrade firmware pada TV Polytron:

1. Memperbaiki Bug

Pada dasarnya, setiap TV Polytron yang dijual telah melalui uji standarisasi pabrik yang ketat untuk menjaga kualitasnya. Namun, seiring berjalannya waktu, firmware dapat mengalami masalah.

Masalah firmware ini dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti respon lambat, gambar terbalik, dan channel tidak tersimpan. Oleh karena itu, melakukan update firmware dapat memperbaiki bug dan mengembalikan kinerja TV Polytron seperti semula.

2. Peningkatan Fitur

Pabrik telah mengeluarkan dana untuk melakukan riset dan pengembangan firmware sebelum merilis produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk dan memastikan kepuasan pelanggan tercapai.

Melakukan upgrade firmware dapat memperbarui aplikasi sistem dan meningkatkan beberapa fitur agar lebih optimal. Meskipun perubahan tersebut tidak terlihat oleh pemilik produk, namun kompatibilitas dan efisiensi firmware telah ditingkatkan.

Artikel Terkait :

Penutup

Dengan melakukan update firmware TV LED Polytron, Anda dapat menikmati pengalaman menonton TV yang lebih baik dan lancar. Jadi, jangan ragu untuk melakukan update firmware TV LED Polytron Anda sekarang juga!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Update Firmware TV LED Polytron Paling Mudah Dilakukan. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *