Cara Menggunakan PS2 To HDMI

Cara Menggunakan PS2 To HDMI Paling Mudah & Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Menggunakan PS2 To HDMI Paling Mudah & Simpel. Dengan perkembangan teknologi saat ini, TV tabung mulai ditinggalkan dalam hal bermain game. Padahal, jika digunakan untuk bermain game, terutama PS2, kualitas gambarnya bagus, terutama untuk TV tabung berukuran 21 inci ke bawah. Namun, jika dimainkan menggunakan TV LED, tampilannya menjadi buram dan tidak jelas, warnanya pucat, kontrasnya kurang, dan objek 3D terlihat kasar. Terutama jika dimainkan pada TV LED berukuran 32 inci ke atas, yang membuat mata cepat lelah dan permainan tidak lagi menyenangkan.

Untuk mengatasi masalah ini dan membuat bermain game PS2 pada TV LED menjadi lebih menyenangkan karena kualitas gambarnya yang lebih bagus, solusinya adalah dengan mengganti kabel Composite / AV / RCA (merah, kuning, putih) dengan kabel Component (merah, putih, merah, biru, hijau). Kabel ini bisa dibeli di toko-toko elektronik maupun online dengan harga sekitar 50 ribu rupiah.

Dengan menggunakan kabel Component tersebut, bermain game PS2 pada TV LED menjadi lebih menyenangkan karena kualitas gambarnya lebih bagus, warnanya lebih cerah dan detail, permainannya terasa lebih tiga dimensi, teksnya lebih jelas, dan objek 3D lebih tajam karena kabel Component tersebut mendukung HD dan FHD. Atur pengaturan Aspect Ratio TV LED menjadi 14:9 untuk tampilan yang lebih besar namun tetap proporsional.

Namun, jika TV LED tidak memiliki dukungan untuk kabel Component, Anda dapat menggunakan konverter HDMI atau yang disebut juga PS2 to HDMI. Bagaimana cara menggunakan PS2 to HDMI? Untuk mengetahuinya, silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Kabel HDMI

Kabel HDMI adalah salah satu barang yang wajib dimiliki untuk HDTV, sistem home theater, konsol video game, pemutar Blu-ray, atau receiver. Kabel HDMI terdiri dari empat pasang kabel yang berpilin dengan pelindung ditambah tujuh konduktor terpisah.

Baca Juga :   Pengertian Tali Nilon: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Tidak ada batasan panjang maksimum untuk kabel HDMI. Namun, kabel HDMI yang terlalu panjang bisa menyebabkan pelemahan sinyal tergantung pada kualitas konstruksi kabel dan bahan penghantarnya. Oleh karena itu, panjang kabel HDMI biasanya sulit untuk melebihi 13 meter.

Fungsi Kabel HDMI

Fungsi utama kabel HDMI sudah jelas sebagai media penghubung untuk mentransmisikan data video dan audio digital dari perangkat sumber yang mendukung HDMI ke monitor komputer yang kompatibel, proyektor video, televisi digital, atau perangkat audio digital. Kabel HDMI juga berfungsi sebagai pengganti standar video analog, sehingga lebih efektif dan efisien.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, kabel HDMI secara tidak langsung berfungsi sebagai media hiburan. Namun, manfaat dari kabel HDMI sebenarnya sangat luas dan penting bagi kehidupan manusia modern. Kabel HDMI telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sektor pendidikan, bisnis, perkantoran, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan PS2 to HDMI

PS2 to HDMI adalah konverter untuk konsol PS2 yang memungkinkan PS2 dapat dimainkan di TV LED/LCD dengan menggunakan kabel HDMI, sehingga kualitas gambar akan menjadi lebih jernih jika dibandingkan menggunakan kabel AV/RCA. Output video dan audio dalam format HDMI full digital serta mendukung berbagai mode tampilan PS2 seperti 480i, 576i, dan 480p. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan PS2 to HDMI:

  1. Pertama, colokan kabel HDMI ke konverter PS2 to HDMI.
  2. Kemudian, colokan juga kabel charger ke konverter PS2 to HDMI.
  3. Selanjutnya, colokan konverter PS2 to HDMI ke konsol PS2.
  4. Setelah itu, hubungkan kabel charger ke port USB PS2.
  5. Pilih atau ubah input saluran di TV ke HDMI.
  6. Nyalakan PS2 dengan menekan tombol power, lalu tekan dan tahan tombol R1 pada stick untuk masuk ke menu dasar PS2 (pengguna kaset tidak perlu).
  7. Bagi pengguna PS2 Ori yang masih berbahasa Jepang, pilih yang paling bawah pada pengaturan.
  8. Pilih Y Cb/Pb Cr/Pr (jangan pilih RGB, karena gambar akan hilang).
  9. Setelah selesai, tekan tombol power untuk mulai bermain.

Keuntungan Menggunakan PS2 to HDMI

  1. Berikut beberapa keuntungan menggunakan PS2 to HDMI:
  2. Langsung plug and play hanya dengan satu kabel HDMI.
  3. Efek audio true to life di televisi.
  4. Video dan audio dalam format HDMI full digital.
  5. Loss transmisi tidak ada.
  6. Plug and play mendukung semua tipe PS2.
  7. Bisa digunakan pada HDTV maupun monitor (tanpa instalasi).
  8. Pemasangan mudah.
Baca Juga :   Persamaan STR 5Q0765RT Paling Tepat dan Sesuai

Berikut spesifikasi PS2 to HDMI:

  • Konsumsi Daya: kurang dari 1 Watt.
  • Didukung output Video: 480i, 480p, 576i.
  • Didukung HDMI output: Keluaran digital sinyal video/audio HDMI murni.
  • Konektor Input: PS2 AV multi Out Plug.
  • Konektor Output: Konektor HDMI, 3.5mm Stereo Audio Jack x 1.
  • Dimensi: 34 x 73 x 14 mm.

Jenis Jenis Kabel HDMI

Kabel HDMI memiliki kemampuan yang berbeda tergantung pada kecepatan transfer sinyal (bandwidth) dan versi HDMI yang terkait dengannya. Berikut adalah beberapa jenis kabel HDMI yang tersedia di pasaran:

  1. Kabel HDMI Standar: Dirancang untuk resolusi siaran HDTV, kabel, dan TV satelit umum (hingga 720p dan 1080i).
  2. Kabel HDMI Otomotif Standar: Memiliki kemampuan yang sama dengan kabel HDMI standar, tetapi digunakan untuk menghubungkan pemutar DVD portabel atau in-car dan perangkat lain ke tampilan video in-car.
  3. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi: Dirancang untuk menangani resolusi video 1080p dan 4K (30Hz) serta memberikan dukungan untuk 3D, dan Deep Color.
  4. Kabel HDMI Otomotif Berkecepatan Tinggi: Mendukung fitur yang sama seperti kabel HDMI Berkecepatan Tinggi, tetapi dioptimalkan untuk lingkungan otomotif.
  5. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi Premium: Dirancang untuk transfer video resolusi 4K/UltraHD yang andal, termasuk 4K/60 Hz, HDR, dan rentang warna yang diperluas.
  6. Kabel HDMI Berkecepatan Ultra Tinggi: Mencakup semua kemampuan yang lain dengan dukungan tambahan untuk video 8K dengan HDR.
  7. Kabel HDMI dengan Ethernet Bawaan: Terdapat kabel HDMI Standar, Berkecepatan Tinggi, Berkecepatan Tinggi Premium, dan Berkecepatan Ultra Tinggi yang mendukung Saluran HDMI Ethernet tambahan (HEC).

Untuk diketahui, HDMI dengan Ethernet memungkinkan perangkat yang terhubung dengan Ethernet untuk berbagi koneksi dengan komponen lain melalui kabel HDMI. Saat ini, masih sedikit perangkat yang mendukung HDMI dengan Ethernet. Namun, di masa depan jumlah perangkat yang mendukung jenis kabel HDMI ini mungkin akan terus bertambah.

Konektor HDMI

Bagian lain dari kabel HDMI yang perlu dipahami adalah konektornya. Ada lima jenis konektor HDMI yang berbeda, namun tiga di antaranya lebih umum digunakan.

Baca Juga :   √ Apa Itu Tensile Strength dan Fungsinya dalam Berbagai Industri

1. Tipe A / Standar

Ini adalah format konektor HDMI yang paling umum ditemukan di banyak perangkat audiovisual, laptop, TV, konsol permainan, dan lainnya.

Konektor HDMI Tipe A ‘plug’ atau ‘male’ memiliki dimensi 13,9 mm × 4,45 mm di bagian luar, sedangkan konektor ‘receptacle’ atau ‘female’ di bagian dalam berdimensi 14 mm × 4,55 mm. Terdapat 19 pin, dengan bandwidth yang mampu membawa semua mode SDTV, EDTV, HDTV, UHD, dan 4K.

2. Tipe C / Mini HDMI

Ini adalah versi lebih kecil dari konektor HDMI Tipe A yang dirancang untuk perangkat portabel, seperti kamera DSLR, camcorder, dan tablet. Ukurannya adalah 10,42 mm × 2,42 mm dengan konfigurasi 19-pin yang sama. Konektor Mini Tipe C dapat dihubungkan ke konektor Tipe A menggunakan kabel Tipe-A untuk Tipe C.

3. Tipe D / Micro HDMI

Ini adalah versi yang lebih kecil dari konektor HDMI Tipe A dan Tipe C, biasanya ditemukan pada perangkat yang ringkas dan portabel seperti smartphone. Konektor Micro HDMI memiliki ukuran 5,83 mm × 2,20 mm. Meskipun masih mengandalkan 19 pin standar Tipe A dan C, namun penugasan pin berbeda dari kedua jenis konektor tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara menggunakan PS2 to HDMI yang dapat saya sampaikan.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam menghubungkan konsol PlayStation 2 Anda ke layar modern yang hanya memiliki port HDMI.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat menikmati game PS2 favorit Anda dengan kualitas gambar yang lebih baik dan lebih jelas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *