Pasta Solder Yang Bagus

Pasta Solder Yang Bagus dan Cara Menggunakanya Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Pasta Solder Yang Bagus dan Cara Menggunakanya Yang Tepat. Pasta solder Fluk adalah senyawa yang berfungsi untuk mengurangi terjadinya oksidasi selama proses penyolderan. Oksidasi harus dihindari karena dapat menyebabkan korosi pada timah, yang akan membuat sambungan tidak tahan lama dan dapat mengganggu kontak antara komponen dan papan sirkuit PCB.

Jika terjadi oksidasi saat penyolderan, hasil sambungan tidak akan optimal dan dapat mengganggu aliran arus listrik pada rangkaian.

Bagi para teknisi, pasta solder merupakan alat yang sangat penting untuk mendukung pekerjaan. Tanpa pasta solder, hasil penyolderan tidak akan maksimal dan mudah mengalami korosi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas pasta solder yang baik untuk digunakan dalam kegiatan penyolderan. Informasi ini akan sangat berguna bagi para teknisi atau orang yang bekerja di bidang perbaikan elektronik, karena kegiatan teknisi listrik dan elektronik sangat terkait erat dengan penyolderan. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang pasta solder.

Apa itu Pasta Solder

Pasta solder, yang juga dikenal dengan sebutan Solder Grease, krim solder, atau soldering paste, berfungsi untuk memudahkan dan meningkatkan kemampuan solderan untuk menempel dengan baik. Pasta solder juga membantu mengurangi oksidasi yang dapat menyebabkan korosi pada timah saat proses penyolderan.

Namun, sebenarnya pasta solder sudah terdapat pada timah itu sendiri. Hal ini dapat terlihat dari munculnya minyak pada timah selama proses penyolderan. Namun, beberapa produk timah hanya dilengkapi dengan sedikit pasta solder, sehingga kita memerlukan pasta solder tambahan.

Fungsi Pasta Solder

Ini adalah beberapa fungsi pasta solder yang penting untuk diketahui sebelum menggunakannya:

Baca Juga :   Pengertian Listrik Statis: Manfaat, Bahaya & Cara Mencegahnya

1. Memudahkan Timah Menempel saat proses penyolderan

Salah satu tujuan utama membeli pasta solder adalah untuk memudahkan timah menempel selama proses penyolderan. Pasta solder membantu timah menempel dengan mudah pada permukaan saat dipanaskan.

2. Menghindari Oksidasi

Lapisan oksidasi dapat menyebabkan korosi pada timah dan membuat sambungan antara komponen dan timah tidak tahan lama, serta mengganggu koneksi antara komponen dan papan sirkuit PCB. Pasta solder dibuat dari senyawa yang berfungsi untuk meminimalkan terjadinya lapisan oksidasi.

Dengan demikian, pasta solder dapat mencegah terjadinya hal tersebut dan memastikan sambungan antara komponen dan PCB menjadi optimal, sehingga aliran listrik dapat berjalan dengan baik.

3. Hasil solderan tidak meleber

Penggunaan pasta solder dapat memastikan bahwa sambungan antara komponen dan area komponen pada PCB pas dan tidak melebar ke area komponen lain, sehingga mencegah terjadinya korsleting. Hal ini sangat penting, terutama saat menghubungkan jalur kabel Flexible yang kecil dan rapat.

Dengan menggunakan pasta solder, sambungan komponen akan lebih baik dan timah tidak akan pecah-pecah.

4. Membuat mata solder lebih awet

Penggunaan pasta solder tidak hanya meningkatkan kualitas proses solder, tetapi juga dapat mencegah mata solder dari korosi, sehingga membuat mata solder lebih tahan lama.

Rekomendasi Merk Pasta Solder

Saat ini, tersedia banyak merk pasta solder yang berbeda di pasaran, mulai dari yang berbentuk cair hingga uap. Harganya bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitas pasta solder tersebut. Berikut adalah beberapa merk pasta solder yang direkomendasikan:

  1. LOTFETT
  2. AMTECH
  3. MECHANIC
  4. KINGBO
  5. CELLKIT
  6. HERBAL FLUX
  7. BOOSFETT
  8. E SOLDER PASTE
  9. ZETFETT
  10. PASTE OXI (Rosini Flux)

Itulah beberapa merk flux yang tersedia di pasaran dan dapat dijadikan referensi bagi Anda. Sebagian besar merk flux yang disebutkan di atas merupakan produk luar negeri, seperti Lotfett yang berasal dari Jerman.

Kemasannya bervariasi, ada yang dikemas dalam kaleng sebagai wadahnya, dan ada juga yang dikemas seperti pasta gigi yang harus dipencet untuk mengeluarkan isinya.

Baca Juga :   Pengertian Generator: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Jenis-jenis Flux Solder

Berikut adalah beberapa jenis flux solder yang penting untuk diketahui:

  1. Intermediate Flux: jenis flux dengan tingkat koreosif yang lebih rendah dan dapat dihilangkan menggunakan air.
  2. Korosif Flux: jenis flux terbuat dari garam anorganik dan asam inorganik. Dapat digunakan untuk menghilangkan oksidasi pada bahan yang kuat seperti stainless steel.
  3. Non-Korosif Flux: jenis flux terbuat dari bahan utama rosin dan solventnya adalah IPA (75%). Flux ini menjadi cair saat dipanaskan.
  4. Low Residue Flux
  5. Water-based Flux
  6. Rosin Activated (RA)
  7. Rosin Mildly Activated (RMA)

Cara Menggunakan Pasta Solder

Penggunaan krim solder saat melakukan penyolderan dilakukan dengan cara dioleskan pada permukaan yang akan disolder dan kemudian dipanaskan. Krim solder akan meleleh dan mengalir ke ruang antara kaki komponen dan base PCB.

Penggunaan krim solder paling umum dilakukan dalam proses perakitan papan sirkuit atau PCB, baik untuk keperluan sehari-hari maupun di industri. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan krim solder, yaitu:

Hindari menghirup asap yang dihasilkan oleh krim solder saat menyolder karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

Segera bersihkan kulit yang terkena krim solder dengan air mengalir.

Tips Agar Proses Solder Lebih baik

Jika Anda ingin menjadi seorang teknisi profesional, sangat penting untuk memiliki keterampilan yang baik dalam proses soldering dan berinvestasi dalam alat-alat terbaik.

Gunakan solder dengan kualitas baik

Gunakan solder dengan kualitas yang baik dan jangan mencoba mengirit dengan memilih solder yang murah. Sebaiknya gunakan Gordak 936A karena memiliki selektor switch yang dapat mengatur suhu. Solder berkualitas rendah justru dapat menyebabkan masalah dan kesulitan selama proses soldering.

Gunakan timah yang baik

Sebaiknya gunakan timah dengan ukuran 0,3 untuk mempermudah proses belajar menyolder. Meskipun ini bersifat opsional, namun ukuran timah yang kecil dapat memudahkan proses belajar menyolder. Tentu saja, Anda dapat menggunakan timah dengan ukuran apa pun selama kualitasnya baik.

Gunakan Pasta timah

Pasta timah sangat memudahkan proses penyolderan.

Sirkuit PCB harus bersih

Timah kadang sulit menempel pada area yang berbeda atau kotor karena adanya minyak. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan area PCB terlebih dahulu agar memudahkan proses penyolderan.

Baca Juga :   Pengertian Arde Grounding Listrik Beserta Fungsi dan Jenisnya

Terus mencoba

Keahlian di bidang tertentu tidak hanya bergantung pada penggunaan alat terbaik. Kemampuan personal juga harus diasah dengan baik.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam dunia elektronik, penggunaan pasta solder sangatlah penting untuk memudahkan proses penyolderan. Namun, tidak semua pasta solder sama kualitasnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih pasta solder yang bagus agar hasil penyolderan lebih optimal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pasta solder yang bagus antara lain kandungan logam di dalamnya, tingkat kehalusan butiran, dan tingkat kelembabannya. Semakin tinggi kandungan logam dan semakin halus butiran pasta solder, maka akan semakin baik pula hasil penyolderan yang dihasilkan.

Selain itu, pasta solder yang bagus juga memiliki tingkat kelembaban yang tepat. Jika kelembaban pasta solder terlalu tinggi, maka akan menghasilkan efek buruk pada kualitas penyolderan.

Oleh karena itu, dalam memilih pasta solder yang bagus, jangan hanya mempertimbangkan harga yang murah saja. Lebih baik memilih pasta solder yang memang memiliki kualitas yang bagus meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Dengan memilih pasta solder yang bagus, proses penyolderan akan menjadi lebih mudah dan hasilnya akan lebih optimal. Jangan ragu untuk memilih pasta solder yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam dunia elektronik.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Pasta Solder Yang Bagus dan Cara Menggunakanya Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *