Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu

Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu Semua Tipe

Posted on

Finoo.id – Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu Semua Tipe. Setiap model atau tipe pompa air Shimizu pasti dilengkapi dengan kapasitor. Kapasitor pada pompa air memiliki peran penting dalam membantu memulai motor saat pertama kali dinyalakan.

Kapasitor pompa air memiliki peran yang sangat vital. Jika kapasitor pompa air mengalami kerusakan, maka sebaiknya segera diganti dengan kapasitor baru. Mengingat memperbaiki kapasitor pompa air yang rusak tergolong sulit.

Untuk mengetahui apakah kapasitor rusak atau tidak, Anda dapat melihat tanda-tanda kerusakan kapasitor pompa air tersebut berdasarkan daya dorong atau hisap pompa air. Jika terdapat kerusakan, sebaiknya segera mengganti kapasitor tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti pompa air adalah ukuran kapasitor itu sendiri. Oleh karena itu, berikut ini Hargaalat akan memberikan informasi mengenai ukuran kapasitor pompa air Shimizu untuk semua model.

Fungsi Kapasitor Pompa Air

Biasanya, pompa air yang kecil hanya memiliki satu kapasitor, sedangkan untuk pompa air yang lebih besar mungkin memiliki dua kapasitor. Dalam kasus ini, satu kapasitor berfungsi sebagai kapasitor start (Capacitor Start), sementara yang lainnya berfungsi sebagai kapasitor running (Capacitor Run). Berikut ini penjelasan detailnya:

1. Fungsi Kapasitor Pompa Air sebagai Kapasitor Start

Apabila Anda hanya melihat satu kapasitor pada pompa air, maka fungsi kapasitor tersebut adalah sebagai kapasitor start (capacitor start) yang membantu putaran awal saat pompa air pertama kali dinyalakan.

Kapasitor ini diperlukan karena torsi awal yang dibutuhkan oleh dinamo pompa air dengan suplai listrik arus AC yang cukup besar. Tenaga dari jaringan listrik PLN saja tidak mencukupi. Oleh karena itu, kapasitor pada pompa air dipasang pada bagian gulungan coil start dinamo pompa air.

Berikut ini secara umum adalah gambaran rangkaian listrik pada pompa air. Perlu diingat bahwa pada beberapa model mungkin terdapat perbedaan:

Jika tidak ada kapasitor start atau kondisi kapasitor sudah rusak pada pompa air, dinamo hanya akan bergetar tanpa cukup tenaga untuk memutar motor listrik. Oleh karena itu, fungsi kapasitor pada pompa air sangat penting untuk menjaga kinerjanya.

Baca Juga :   Cara Mengganti Seal Pompa Air Yang Rusak Paling Mudah

2. Fungsi Kapasitor Pompa Air sebagai Kapasitor Run

Selain sebagai kapasitor start, beberapa pompa air juga dilengkapi dengan kapasitor running (capacitor running). Fungsi dari kapasitor running pada pompa air adalah untuk menjadikan putaran dinamo lebih halus dan memberikan tenaga yang lebih stabil.

Kapasitor running umumnya memiliki nilai kapasitansi yang lebih rendah daripada kapasitor start dan biasanya bukan jenis kapasitor elektrolit. Jika terjadi kerusakan pada kapasitor running, maka harus diganti dengan kapasitor yang memiliki nilai yang sesuai. Jika kapasitansi terlalu tinggi, akan menyebabkan pergeseran fasa yang tidak sempurna. Berikut adalah contoh diagram pompa air dengan kapasitor start dan running:

Jika kapasitor running memiliki nilai yang terlalu tinggi, akan menyebabkan pergeseran fasa yang kurang optimal. Hal ini dapat mengakibatkan arus yang mengalir ke dinamo menjadi terlalu besar dan menyebabkan dinamo menjadi overheat.

Sebaliknya, jika kapasitor running memiliki nilai yang terlalu rendah, akan menyebabkan pergeseran fasa yang lebih besar. Hal ini akan mengurangi arus yang mengalir ke dinamo, mengakibatkan penurunan performa dinamo pompa air dan menghasilkan suara pompa yang kasar.

Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu

Setiap model pompa air Shimizu menggunakan kapasitor dengan ukuran yang berbeda. Setiap kapasitor pompa air Shimizu memiliki spesifikasi khusus terkait besar kapasitansi, yang biasanya diukur dalam satuan Farad (F).

Jika Anda mencari pengganti kapasitor terbaik untuk jet pump Shimizu, pilihan terbaik adalah menggunakan kapasitor dengan ukuran yang sesuai. Berikut adalah penjelasan mengenai ukuran kapasitor pompa air Shimizu.

  • Untuk model pompa air Shimizu PS 116, 125, 126, 121, 128, 130 bit, 135/135E bit, ukuran kapasitornya adalah 8 µF (±5% – 10%) 370/450 Volt AC (VAC) 50/60 Hz 70°C.
  • Sedangkan untuk pompa air Shimizu PS 226 bit dan PS 230 bit, menggunakan kapasitor dengan ukuran 16 µF.

Penting untuk diketahui bahwa saat ingin mengganti kapasitor, disarankan untuk menggantinya dengan ukuran yang sesuai. Mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar dapat memiliki risiko atau efek tertentu, sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Efek Mengganti Kapasitor Pompa Air Dengan yang Lebih Besar

Besaran kapasitor biasanya disesuaikan dengan kebutuhan arus dan tegangan listrik dinamo untuk memulai putaran saat menghidupkan pompa air dan selama pompa air beroperasi (berputar). Beberapa orang sering melakukan modifikasi kapasitor dengan menggantinya menggunakan kapasitor yang memiliki ukuran lebih besar.

Baca Juga :   Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci & Cara Menggantinya

Namun, penting untuk diketahui bahwa mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar bukanlah keputusan yang tepat. Meskipun mengganti kapasitor pompa air Shimizu dengan nilai yang lebih besar dapat meningkatkan kecepatan putaran dinamo, hal ini dapat berdampak negatif pada pompa air dan meningkatkan risiko panas yang berlebihan.

Dampak yang paling buruk adalah risiko putusnya atau terbakarnya gulungan tembaga pada dinamo karena menerima arus dan tegangan listrik yang melebihi kebutuhannya. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar dari kapasitor sebelumnya, karena hal ini dapat memperpendek umur dinamo.

Sebaiknya, tetap menggunakan kapasitor dengan ukuran yang direkomendasikan oleh pabrikannya agar pompa air beroperasi dengan aman dan menjaga umur dinamo dalam jangka panjang.

Harga Kapasitor Pompa Air Shimizu

Bagi Anda yang ingin mengganti kapasitor pompa air Shimizu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kapasitor terbaik di toko elektronik baik secara offline maupun online. Kapasitor pompa air Shimizu tersedia dalam berbagai ukuran.

Harga kapasitor tersebut bervariasi tergantung pada merek dan ukurannya. Baik di toko elektronik online maupun offline, harga kapasitor biasanya tidak berbeda jauh, yaitu berkisar antara Rp. 63.000 hingga Rp. 78.000 untuk kapasitor asli Shimizu.

Cara Ganti Kapasitor Pompa Air

Setelah Anda menemukan kapasitor yang sesuai dengan ukuran yang tepat, Anda dapat langsung melakukan penggantian. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengganti kapasitor pompa air Shimizu.

  1. Langkah pertama, pastikan pasokan listrik dari PLN ke pompa air Shimizu telah diputuskan dan amankan area sekitar pompa untuk keamanan.
  2. Selanjutnya, buka penutup kapasitor pada pompa air. Kapasitor biasanya terletak di bagian atas pompa air dan biasanya memiliki penanda berupa bagian yang menonjol.
  3. Sebelum melepas kapasitor Shimizu yang lama, perhatikan jalur kabelnya untuk menghindari kesalahan saat pemasangan kapasitor baru.
  4. Biasanya terdapat pelindung kabel seperti selongsong atau pin. Gunakan tang lancip untuk melepaskan selongsong/pin tersebut agar lebih mudah dalam menyambungkan kabel kapasitor baru.
  5. Pasang kapasitor baru pada pompa air Shimizu. Tidak ada polaritas khusus yang perlu diperhatikan saat pemasangan.
  6. Setelah kapasitor terpasang, bungkus kembali sambungan kabel dengan pelindung kabel yang sebelumnya Anda lepaskan. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan aman.
  7. Terakhir, pasang kembali tutup kapasitor pada pompa air dan cobalah menyalakan pompa air Shimizu untuk memastikan penggantian kapasitor berjalan dengan baik.
Baca Juga :   Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air & Solusinya

Pastikan untuk selalu berhati-hati dan mengikuti petunjuk pengamanan saat melakukan penggantian kapasitor. Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang ukuran kapasitor pada pompa air Shimizu. Pompa air Shimizu telah terkenal dengan kinerja dan daya tahan yang baik, tetapi penting bagi kita untuk memahami ukuran kapasitor yang tepat untuk pompa air ini.

Ukuran kapasitor pada pompa air Shimizu sangat penting karena mempengaruhi kinerja keseluruhan pompa. Kapasitor berperan dalam memberikan daya tambahan pada motor pompa, yang membantu memulai dan menjaga putaran motor.

Untuk menentukan ukuran kapasitor yang tepat, Anda perlu memperhatikan daya pompa air Shimizu. Ukuran kapasitor yang direkomendasikan biasanya tertera dalam spesifikasi pompa. Kapasitor yang terlalu kecil dapat mengakibatkan motor sulit untuk dihidupkan atau putus saat beroperasi. Di sisi lain, kapasitor yang terlalu besar mungkin tidak efisien dan dapat mempengaruhi umur motor.

Selain itu, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah tegangan listrik yang digunakan. Pastikan kapasitor yang dipilih memiliki tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di rumah atau tempat pompa air akan diinstal.

Dalam kesimpulannya, ukuran kapasitor pada pompa air Shimizu sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal. Pilihlah ukuran kapasitor yang sesuai dengan spesifikasi pompa air Shimizu dan sesuai dengan tegangan listrik yang digunakan. Dengan memperhatikan hal ini, Anda dapat memastikan pompa air Shimizu berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *