Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak

Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak & Terbakar Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak & Terbakar Yang Tepat. Dinamo motor menjadi salah satu komponen yang kerap kali mengalami masalah. Dimana sering kali dinamo pada pompa air mengalami kerusakan pada gulungan dinamo ataupun terbakar.

Mengingat dinamo merupakan bagian cukup penting dalam pompa air, karena dinamo ini memiliki peran dalam mengangkat air dari dalam sumur. Itu berarti ketika dinamo rusak, maka harus segera diganti dengan yang ataupun diperbaiki.

Untuk mengetahui apakah kondisi dinamo dalam keadaan baik atau memang sudah rusak, bisa dilakukan dengan mengenali dari ciri cirinya. Ciri ciri dinamo pada pompa air telah rusak terlihat begitu jelas, karena memang komponen penggerak.

Jadi sangat terasa sekali apabila dinamo pompa air mengalami kerusakan. Lalu, apa ciri ciri dinamo pompa air rusak? Adapun bagi kalian yang belum tahu ciri cirinya, maka langsung saja kalian simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak

Dengan mengenali ciri-cirinya, dapat terdeteksi penyebab kerusakan. Artinya, jika penyebab kerusakan dinamo diketahui, kalian dapat menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki dinamo yang rusak.

Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri kerusakan pada dinamo pompa air, termasuk mengenali ciri-ciri kerusakan pada kapasitor pompa air. Berikut ini adalah ciri-ciri kerusakan pada dinamo motor pompa jet pump:

1. Listrik turun saat pompa air dinyalakan

Ciri ini adalah tkalian yang paling kuat bahwa gulungan dinamo rusak terbakar, yang dapat menyebabkan konsleting dan pemadaman listrik saat pompa air dinyalakan.

2. Tercium bau gosong di sekitar pompa air

Ciri ini merupakan indikator yang paling jelas jika dinamo mengalami kebakaran.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Agar Lebih Kencang Paling Tepat

3. Impeller tidak berputar

Ciri lainnya yang menunjukkan rusaknya atau putusnya gulungan dinamo adalah ketika impeller tidak berputar. Hal ini dapat dipahami karena dinamo berfungsi sebagai komponen mesin penggerak yang bertugas menggerakkan rotasi impeller.

4. Terdapat komponen yang meleleh

Ciri ini umumnya terjadi pada komponen kapasitor dan kabel, namun juga dapat menjadi indikasi terbakarnya dinamo.

5. Body pompa air nyetrum

Karena terjadi konsleting akibat rusaknya atau putusnya gulungan dinamo, bisa terjadi short body. Short body terjadi ketika lilitan tembaga pada gulungan dinamo menempel pada body, sehingga saat pompa air dipegang, dapat terasa aliran listrik yang mengakibatkan kejutan.

Jika salah satu dari lima ciri-ciri di atas ditemui, dapat dipastikan bahwa dinamo mengalami kerusakan. Lalu, apa penyebab atau pemicu kerusakan pada dinamo pompa air? Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Dinamo Pompa Air Rusak

Kerusakan atau kebakaran pada dinamo dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kesalahan dalam pemasangan, kesalahan yang dilakukan oleh pengguna, hingga penggunaan yang sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan pada gulungan dinamo pompa air.

1. Membiarkan Mesin Hidup Dalam Keadaan Macet

Jika kalian menemukan bahwa pompa air mengalami macet total, segera matikan dan jangan menghidupkannya lagi sebelum pompa air benar-benar mampu berputar kembali. Hal ini penting untuk mencegah terbakarnya dinamo. Faktanya, sebagian besar kasus dinamo pompa air yang terbakar disebabkan oleh masalah ini. Seringkali, pengguna pompa air tidak menyadari bahwa mesin pompa air mengalami keadaan macet yang dianggap mati, padahal momen yang krusial terjadi pada saat itu. Pompa air mengalami panas berlebihan dan berisiko terbakar karena menahan aliran listrik yang besar saat terjadi macet.

Keadaan macet total pada mesin pompa air umumnya disebabkan oleh kerusakan pada bearing atau laher. Namun, kemungkinan adanya penyumbatan pada kepala pompa akibat pasir yang mengganjal impeller juga tidak dapat diabaikan.

Oleh karena itu, jika kalian merasakan bahwa bearing pompa air mulai terdengar kasar, segera lakukan perbaikan dengan mengganti bearing sebelum terjadi macet. Begitu pula dengan impeller, jika terjadi kemacetan, periksa dan bongkar bagian kepala pompa untuk memastikan tidak ada lagi sumbatan. Jika ditemukan pasir yang mengganjal, segera bersihkan.

Baca Juga :   √ Apa itu Purposive Sampling? Tujuan dan Jenisnya Lengkap

2. Motor Dinamo Terendam Air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab dinamo pompa air bisa terbakar adalah akibat terendam air. Selain disebabkan oleh air hujan, genangan air akibat kebocoran pipa atau seal juga dapat menyebabkan dinamo mesin pompa air kalian terbakar.

Keadaan basah akibat terkena air atau kelembaban memang sangat berisiko membuat kawat email atau lilitan pada dinamo menjadi rapuh dan mudah rusak, terutama jika pompa air terus dipaksa untuk beroperasi meskipun terkena tetesan air. Jika demikian, langkah yang tepat adalah memastikan bahwa pompa air tidak terendam air, baik itu akibat tetesan air hujan maupun kebocoran pipa atau seal pada pompa air.

3. Pompa Air Sering Overheating

Penyebab lain yang dapat membuat dinamo mesin pompa air mudah terbakar adalah terjadinya overheating atau panas berlebih. Overheating pada mesin pompa air adalah hal yang umum terjadi, terutama ketika unit pompa air digunakan dalam waktu yang sangat lama atau bahkan secara nonstop, baik itu disengaja maupun tidak sengaja, misalnya ketika saklar otomatis rusak dan menyebabkan pompa air tidak dapat dimatikan.

Selain itu, pompa air juga dapat mengalami overheating akibat hambatan putaran mesin yang disebabkan oleh bearing yang tidak lancar, sehingga meningkatkan beban kerja pada pompa air. Selain itu, penggunaan kapasitor dengan nilai farad yang terlalu besar juga dapat menyebabkan overheating atau panas berlebih pada pompa air.

Dalam kasus-kasus tersebut, pompa air menjadi rentan terhadap overheating, yang dapat berkontribusi pada terbakarnya dinamo. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi pompa air, menghindari penggunaan yang terlalu lama atau nonstop, serta memastikan penggunaan kapasitor dengan nilai farad yang sesuai.

4. Karena Short Circuit (Korslet)

Arus pendek atau konsleting listrik juga dapat menyebabkan dinamo mesin pompa air terbakar, oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kabel listrik yang terpasang tidak lecet atau terkelupas guna meminimalisir risiko terjadinya konsleting pada dinamo pompa air.

Apabila kalian menemukan kabel yang terkelupas, segeralah melapisi dengan isolasi atau lakban secara rapat agar aliran listrik tidak bocor ke mana-mana dan mengurangi risiko terjadinya konsleting.

Baca Juga :   Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik Yang Tepat

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab terbakarnya lilitan pada dinamo mesin pompa air. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu mengatasi masalah yang kalian hadapi. Jika ada yang ingin disampaikan, silakan menggunakan kotak komentar di bawah ini.

Perbaikan Dinamo Pompa Air Rusak

Setelah memastikan bahwa motor penggerak pompa air mengalami kerusakan, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaikinya. Namun, bagaimana cara memperbaiki dinamo yang rusak? Tentu saja caranya cukup sederhana.

Pompa air yang terbakar atau rusak masih dapat diperbaiki, sehingga tidak perlu membeli pompa air baru. Untuk memperbaikinya, langkah yang harus dilakukan adalah mengganti gulungan lilitan tembaga pada dinamo pompa air itu sendiri.

Disarankan untuk mengganti lilitan tembaga dinamo oleh teknisi yang ahli dalam bidangnya. Hal ini bertujuan agar gulungan dinamo dapat ditangani dengan benar. Namun, perlu diingat bahwa memperbaiki gulungan dinamo pompa air mungkin akan membutuhkan biaya untuk jasa servis dinamo pompa air.

Biaya untuk memperbaiki gulungan dinamo pompa air dapat bervariasi, mulai dari sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 tergantung pada tingkat keparahan dan jenis pompa air. Dengan melakukan perbaikan ini, masalah pada dinamo yang rusak akan segera teratasi.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menghadapi ciri-ciri dinamo pompa air rusak ini, sangat penting untuk segera mengambil tindakan. Jika kalian mencurigai adanya kerusakan pada dinamo pompa air, sebaiknya hubungi teknisi yang berpengalaman untuk memeriksa dan memperbaikinya.

Memperbaiki dinamo pompa air yang rusak dengan cepat dapat menghindari kerusakan lebih lanjut dan memastikan pasokan air yang lancar dan efisien di rumah atau bangunan kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak & Terbakar Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *