Pengertian Tabung Pompa Air

√ Pengertian Tabung Pompa Air: Fungsi, Cara Kerja & Ciri Kerusakan

Posted on

Finoo.id – √ Pengertian Tabung Pompa Air: Fungsi, Cara Kerja & Ciri Kerusakan. Penggunaan tabung atau pressure tank pada mesin pompa air memiliki peranan yang sangat penting. Biasanya, tabung atau pressure tank ini digunakan pada beberapa jenis pompa air tertentu yang menggunakan sistem tekanan air otomatis, yang sering disebut dengan pressure switch.

Memang benar bahwa kalian dapat mengoperasikan pompa air tanpa tabung dan tidak akan menghadapi masalah yang serius. Namun, ketika kalian menggunakan mesin pompa air dengan sistem pressure switch, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan tabung.

Hal ini tidak dilakukan tanpa alasan yang jelas, karena tabung atau pressure tank berfungsi sebagai pendukung kinerja pompa air otomatis agar dapat beroperasi dengan optimal. Meskipun penting, banyak pengguna mungkin belum memahami sepenuhnya apa fungsi sebenarnya dari tabung ini.

Maka dari itu, bagi kalian yang berencana untuk membeli dan menggunakan pompa air dengan sistem otomatis, sangat penting untuk memahami dengan baik apa peran tabung tersebut. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai fungsi tabung pada pompa air beserta cara kerjanya.

Pengertian Tabung Pompa Air

Pressure Tank memiliki peran penting dalam menjaga tekanan air di rumah kalian dan mengurangi risiko kerusakan pada pompa air. Tabung pompa air ini memiliki kapasitas untuk menyimpan beberapa liter air, sehingga ketika pompa diaktifkan, air dapat disalurkan dengan lebih cepat dan tekanan yang dihasilkan lebih kuat. Dengan demikian, kalian tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan air karena sebagian sudah disimpan di dalam tabung ini.

Dengan memperpanjang interval antara pemakaian dan non-pemakaian, tabung udara ini membantu meningkatkan masa pakai pompa air di rumah kalian dan mengurangi tingkat keausan akibat penggunaan yang berkelanjutan. Selain itu, ini juga membantu menjaga tekanan air secara keseluruhan di seluruh rumah kalian agar tetap stabil.

Fungsi Tabung Pompa Air

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, fungsi utama dari tabung pompa air adalah memberikan tekanan balik ke dalam ruang water pump agar proses pengaturan tekanan oleh pressure switch berjalan lebih lancar. Dengan kata lain, tabung pompa air berperan sebagai wadah di mana siklus pemompaan air terbentuk.

Namun, sebenarnya tabung pompa air pada mesin dengan tipe pressure switch memiliki beberapa fungsi tambahan. Berikut adalah beberapa fungsi lain dari tabung pompa air tersebut.

Baca Juga :   √ Apa Itu Carbon Brush? Fungsi dan Jenisnya Lengkap

1. Pendukung Kinerja Pressure Switch

Fungsi sebenarnya dari tabung pompa air sangat penting dalam mendukung kinerja pressure switch agar beroperasi secara optimal. Tabung ini berperan penting dalam mengatur tekanan balik di dalam ruang impeller selama operasi pressure switch.

Tabung pompa air memiliki peran kunci dalam membuat mesin pompa air beroperasi dengan lebih lancar. Ini menghasilkan proses pengaktifan otomatis yang berjalan dengan kehalusan dan konsistensi yang tinggi, tanpa adanya lonjakan tekanan yang tiba-tiba. Jika kalian memaksakan penggunaan pompa air tanpa tabung, maka kinerja mesin tersebut akan terganggu, bahkan bisa mengakibatkan masalah serius seperti kebocoran.

Jadi, tabung pompa air bukan hanya menjadi pendukung bagi pressure switch, tetapi juga menjaga integritas dan kinerja mesin pompa air secara keseluruhan. Dengan adanya tabung ini, kalian dapat memastikan bahwa pompa air akan berfungsi secara optimal dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.

2. Memaksimalkan Daya Dorong Pompa Air

Selain itu, salah satu fungsi penting lainnya dari tabung pompa air adalah sebagai solusi untuk meningkatkan daya dorong pompa air. Hal ini sangat relevan karena setiap pompa air cenderung mengalami penurunan kualitas daya dorongnya ketika harus mengatasi panjang dan tinggi lonjakan dalam sistem saluran pipa air yang cukup besar.

Dalam situasi di mana saluran pipa air memiliki panjang yang signifikan atau terdapat perbedaan ketinggian yang cukup tinggi, pompa air biasanya akan menghadapi tantangan dalam menghasilkan tekanan yang cukup untuk mendorong air melalui pipa tersebut. Inilah saatnya tabung pompa air masuk untuk berperan.

3. Penghemat Listrik

Sebagian besar dari kalian mungkin belum menyadari manfaat tambahan yang sangat berharga dari penggunaan tabung atau pressure tank pada mesin pompa air, yaitu kemampuannya untuk menghemat energi listrik. Ini merupakan aspek yang sering kali terabaikan, tetapi memiliki dampak signifikan pada efisiensi penggunaan energi.

Sistem kerja tabung pompa air memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko kelebihan daya (overload) ketika pompa sedang menghadapi beban berat dalam proses pemompaan. Ketika pompa air tanpa tabung beroperasi, terkadang terjadi lonjakan beban, terutama ketika memulai pemompaan air ke saluran pipa yang cukup panjang atau tinggi. Lonjakan ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi daya yang signifikan dan memberikan tekanan berlebih pada motor pompa.

4. Mengurangi Efek Water Hammering

Fungsi lain dari tabung pompa air adalah mengurangi dampak dari fenomena tekanan palu air atau yang sering disebut sebagai “water hammer” pada mesin pompa air otomatis. Penting untuk diingat bahwa efek dari water hammer sebenarnya dapat mengancam kinerja pompa air, terutama pada bagian dinamo mesin.

Water hammer terjadi ketika keran air tiba-tiba ditutup dengan cepat, yang dapat menyebabkan gelombang tekanan berlebihan di dalam sistem pipa. Fenomena ini dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup serius pada komponen pompa air otomatis. Oleh karena itu, penggunaan tabung pompa air bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari water hammer ini.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pompa Air? Fungsi dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Tabung pompa air bertindak sebagai penyerap tekanan berlebih yang dihasilkan oleh perubahan tiba-tiba dalam aliran air. Dengan cara ini, tabung ini membantu meredam lonjakan tekanan yang dapat merusak mesin pompa air. Dengan demikian, penggunaan tabung pompa air bukan hanya meningkatkan kinerja mesin pompa air, tetapi juga melindungi komponen-komponen penting dari risiko kerusakan akibat water hammer yang tidak terkendali.

5. Meringankan Beban Berat Proses Pemompaan

Fungsi terakhir dari penggunaan tabung pada sistem pompa air otomatis adalah untuk mengurangi beban berat yang harus ditangani oleh pompa selama proses pemompaan. Dengan adanya tabung atau pressure tank ini, kinerja pompa air menjadi lebih optimal, terutama ketika menghadapi tugas pemompaan air yang berat.

Tabung pompa air berfungsi sebagai penampung sementara air yang akan dipompa. Ini berarti bahwa pompa tidak perlu mengatasi tekanan yang tinggi atau beban berat secara terus-menerus, karena tabung dapat menyimpan sejumlah air yang akan dipompa. Ketika mesin pompa air diaktifkan, tekanan yang dibangun di dalam tabung ini membantu meringankan beban kerja pompa. Akibatnya, pompa dapat beroperasi dengan lebih efisien dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Dengan kata lain, tabung pompa air tidak hanya meningkatkan kinerja pompa air secara umum, tetapi juga mengurangi tekanan dan beban yang harus ditanggung oleh pompa selama pemompaan air. Hal ini membantu menjaga kekalianlan pompa air dan memastikan bahwa proses pemompaan air berjalan dengan lancar bahkan dalam kondisi pemompaan yang berat sekalipun.

Cara Kerja Tabung Pompa Air (Pressure Water Tank )

Setiap pompa air memiliki kemampuan dalam menghasilkan tekanan atau daya dorong yang bervariasi. Sebagai ilustrasi, kita dapat mengatur pressure switch pada dua level, yaitu pada 2 bar untuk mengaktifkan pompa (Hidup) sehingga air mengalir, dan pada 4 bar untuk mematikan pompa (Mati) sehingga aliran air berhenti.

1. Langkah Pertama

Sebelum pompa air dihidupkan, tekanan air dalam pipa masih nol (0 bar). Di sisi lain, tabung pompa air sudah diisi dengan udara dari pabrik dengan tekanan stkalianr sekitar 1,5 bar. Jika tekanan udara dalam tabung kurang dari itu, kalian dapat menambahkannya dengan memompa udara ke dalam tabung hingga mencapai tekanan stkalianr. Tekanan udara dalam tabung akan mendorong membran (balon) hingga terkempis.

2. Langkah Kedua

Ketika pompa air dihidupkan, tekanan air mulai menekan membran (air masuk ke dalam membran), sehingga membran akan membesar dan tekanan udara dalam tabung juga ikut naik. Jika tidak ada keran yang dibuka, tekanan air akan terus meningkat.

3. Langkah Ketiga

Pompa terus memompa air ke dalam membran hingga mencapai tekanan maksimum 4 bar yang telah ditentukan (perhatikan bahwa Pressure Switch diatur untuk mematikan pompa saat mencapai 4 bar). Udara dalam tabung juga akan tertekan naik menjadi 4 bar.

Baca Juga :   √ Komponen Mesin Diesel Beserta Fungsinya Lengkap

4. Langkah Keempat

Setelah pompa mati pada langkah sebelumnya, jika ada keran yang dibuka, tekanan air akan turun menjadi 3 bar, dan seterusnya sesuai dengan berapa banyak keran yang dibuka. Udara bertekanan di dalam tabung akan mendorong air keluar dari tabung hingga mencapai tekanan terendah sekitar 2 bar. Ketika tekanan air mencapai 2 bar, Pressure Switch akan menghidupkan kembali pompa. Tekanan air akan mulai meningkat lagi hingga mencapai 4 bar, lalu pompa akan mati. Proses ini akan berulang terus, di mana air dan udara dalam tabung saling menekan.

Cara Mengatasi Tabung Pompa Air Bocor

Kami telah menjelaskan dengan rinci tentang fungsi dan cara kerja tabung pompa air sebelumnya. Jika ada di antara kalian yang mengalami tkalian-tkalian kerusakan atau kebocoran pada tabung air, disarankan untuk segera memeriksanya atau membawanya kepada seorang tukang servis yang berpengalaman.

Jika tingkat kebocoran masih tergolong ringan, kalian dapat mencoba untuk memperbaikinya dengan menggunakan lem besi. Alternatif lainnya adalah membawa tabung pompa air ke seorang tukang las yang kompeten untuk melakukan penambalan pada bagian yang bocor.

Namun, jika tingkat kerusakan sudah sangat parah, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Saat ini, tabung pompa air dapat dengan mudah ditemukan di toko bangunan atau dalam toko daring (online). Dengan menggantinya yang baru, kalian dapat memastikan kinerja sistem pompa air tetap optimal dan aman untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga :

Penutup

Dalam merangkum, pengertian tabung pompa air adalah sebuah komponen vital dalam sistem pemompaan air yang bekerja untuk menyimpan, mengalirkan, serta menjaga tekanan air agar tetap stabil.

Tabung ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kelancaran distribusi air di berbagai sektor, baik industri, pertanian, maupun perumahan.

Dengan memahami pengertian tabung pompa air, kita dapat memaksimalkan fungsi dan peranannya dalam sistem suplai air, sehingga bisa mendukung keberlanjutan sumber daya air dan menjamin ketersediaan air yang cukup untuk berbagai keperluan.

Sehingga, pemilihan tabung pompa air yang tepat adalah hal yang krusial agar sistem pemompaan air dapat bekerja dengan optimal dan efisien.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Pengertian Tabung Pompa Air: Fungsi, Cara Kerja & Ciri Kerusakan. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *