Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat

Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Agar Lebih Kencang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Agar Lebih Kencang Paling Tepat. Seiring berjalannya waktu, pompa air yang terpasang di rumah sering mengalami masalah. Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang adalah mesinnya berfungsi normal, tetapi aliran airnya tersendat.

Bahkan beberapa orang mengeluh bahwa meskipun pompa air di rumah mereka berfungsi normal, air tidak keluar sama sekali. Masalah seperti ini sering disebut sebagai “pompa air masuk angin” dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari mesin pompa maupun dari pipa salurannya.

Kita semua tahu bahwa air adalah kebutuhan dasar di rumah tangga, jadi masalah dengan pompa air harus segera diatasi. Salah satu cara untuk mengatasi pompa air masuk angin adalah dengan memanggil tukang servis untuk melakukan perbaikan.

Namun, jika ingin menghemat biaya, kalian juga dapat mencoba mengatasi masalah pompa air sendiri. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi aliran air pompa yang tersendat, beserta penyebabnya:

Penyebab Pompa Air Tersendat Sendat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemunculan masalah pada mesin pompa air di rumah dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, sebelum kita membahas cara mengatasi aliran air pompa yang tersendat lebih lanjut, berikut beberapa penyebab umum dari masalah tersebut.

1. Berkurangnya Ketersediaan Air

Penyebab utama pompa air mengalami aliran air yang tersendat-sendat adalah berkurangnya ketersediaan air.

Ini terjadi karena pompa air bekerja dengan cara menarik air dari sumbernya dan mendorongnya terus menerus ke penampungan. Jika sumber air yang dihisap oleh pompa air mengalami penurunan, maka aliran air akan menjadi terhambat.

Biasanya, penurunan ketersediaan air ini terjadi selama musim kemarau yang dapat menyebabkan sumber air menjadi kering. Meskipun dalam kondisi seperti ini, mesin pompa air biasanya tetap beroperasi normal, tetapi hanya mampu menghasilkan aliran air yang sedikit dan terkadang tersendat-sendat.

2. Tusen Klep Rusak atau Bocor

Penyebab lain dari tersendatnya aliran air pada pompa air adalah rusak atau bocornya tusen klep. Ini terjadi ketika tusen klep mengalami kerusakan atau kebocoran, yang mengakibatkan pompa air tidak dapat menghisap air dengan baik, sehingga aliran air menjadi tersendat-sendat.

Oleh karena itu, mesin pompa air perlu diaktifkan beberapa kali sebelum dapat digunakan kembali ketika tusen klep mengalami masalah. Tusen klep terletak di bagian bawah pompa air dan dekat dengan saringan pompa air.

Tusen klep pada pompa air memiliki fungsi untuk menghentikan aliran air yang berada di pipa agar tidak kembali turun ke bawah atau mengalir kembali ke sumber air. Cara memeriksa apakah tusen klep berfungsi dengan baik adalah dengan menuangkan air di bagian atasnya. Jika air yang dituangkan tetap tergenang dan tidak mengalir kembali, maka tusen klep dalam kondisi baik. Sebaliknya, jika air tersebut cepat menyusut, itu menkaliankan bahwa tusen klep mengalami masalah atau rusak.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Tenaga Las Per Meter Terbaru: Karbit & Listrik

3. Kebocoran pada Pipa Hisap

Penyebab ketiga dari aliran air yang tersendat-sendat pada pompa air adalah adanya kebocoran pada pipa hisap.

Ini terjadi karena ketika pipa hisap mengalami kebocoran, pompa air tidak dapat menghisap air dengan efisien ke atas. Akibatnya, aliran air melalui pipa tersebut menjadi terhambat.

Namun, jika kebocoran pipa hisap sudah parah, maka pompa air tidak akan dapat menghisap air sama sekali. Cara untuk memeriksa apakah pipa hisap berfungsi dengan baik atau tidak adalah dengan meniup pipa hisap tersebut.

Jika terdapat udara yang keluar dari pipa hisap, maka itu menunjukkan adanya kebocoran pada pipa hisap. Namun, jika tidak ada udara yang keluar, maka pipa hisap dalam kondisi baik.

4. Sok Drat Tidak Rapat

Penyebab keempat dari masalah aliran air tersendat-sendat pada pompa air adalah socket drat yang tidak kencang.

Hal ini terjadi ketika socket drat pada pompa air tidak dipasang dengan rapat, sehingga terdapat celah atau rongga udara yang menghambat keluarnya air.

Biasanya, socket drat yang tidak kencang terjadi karena kurangnya penggunaan sealtape saat memasang socket drat. Socket drat ini berperan dalam menghubungkan pipa dan drat dengan baik.

5. Karet Plenes Rusak

Penyebab kelima dari masalah aliran air tersendat-sendat pada pompa air adalah kerusakan pada karet plenes.

Hal ini terjadi ketika karet plenes mengalami kerusakan, yang dapat menyebabkan kebocoran pada pompa air. Akibatnya, aliran air dari pompa tidak berfungsi secara optimal dan cenderung tersendat-sendat.

Karet plenes berperan sebagai penghubung antara plenes dan pompa air, dan tugasnya adalah mencegah terjadinya kebocoran. Cara untuk memeriksa apakah karet pompa air berfungsi dengan baik atau tidak adalah dengan menutup lubang hisap air pada pompa air dengan tangan.

Jika terasa ada hisapan di tangan, itu menunjukkan bahwa karet perlu diganti. Namun, jika tidak ada hisapan, maka karet pompa masih dalam kondisi baik.

6. Seal Pompa Air Bermasalah

Penyebab lain dari aliran air yang tersendat-sendat pada pompa air adalah kerusakan pada seal pompa air.

Hal ini terjadi ketika seal pompa air mengalami kerusakan atau kebocoran, yang mengakibatkan berkurangnya daya hisap air, sehingga aliran air yang keluar menjadi tersendat-sendat. Seal pompa air berperan dalam mencegah kebocoran air.

Seal pompa air ini memiliki berbagai ukuran dan terletak di bagian dalam pompa air. Cara untuk memeriksa apakah seal pompa air bocor atau tidak adalah dengan memeriksa bagian tengah pompa, yaitu dari asnya, untuk melihat apakah ada tkalian-tkalian air.

Jika kalian menemukan air pada area tersebut, maka seal pompa air dapat dipastikan bocor. Namun, jika tidak ada tkalian air, maka seal pompa air dalam kondisi baik dan tidak rusak.

7. Pak Karet Pompa Air

Penyebab terakhir dari masalah aliran air tersendat-sendat pada pompa air adalah kehilangan pak karet pompa air.

Hal ini terjadi ketika pak karet hilang, yang dapat menyebabkan aliran air menjadi tidak lancar atau tersendat-sendat. Pak karet ini dapat hilang atau jatuh ke dalam sumur.

Baca Juga :   √ Apa Itu Motor 3 Phase? Fungsi dan Prinsip Kerjanya Lengkap

Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Sendat

Sama seperti dalam hal MEMPERBAIKI POMPA AIR YANG BERISIK, sebenarnya melakukan perbaikan pada mesin pompa air yang tersendat-sendat bisa menjadi tugas yang cukup menantang. Hal ini tidaklah tanpa alasan, karena kalian perlu mengidentifikasi sumber masalahnya terlebih dahulu sebelum dapat memulai proses perbaikan.

Meskipun begitu, ini tidak berarti bahwa masalah pompa air yang mengalami kesulitan dalam penghisapan tidak dapat diperbaiki sama sekali. Untuk menghilangkan rasa penasaran, mari kita perhatikan dengan seksama panduan langkah demi langkah dalam mengatasi masalah pompa air yang tersendat-sendat berikut ini.

1. Perdalam Posisi Pipa Hisap

Jika kalian mengalami masalah aliran air yang tersendat-sendat pada mesin pompa air, langkah pertama yang dapat kalian coba adalah memperdalam posisi pipa hisap di dalam sumur. Langkah ini berguna terutama jika penyebab masalahnya adalah berkurangnya ketersediaan air di dalam sumur. Dengan memperdalam pipa hisap, kalian dapat mencapai sumber air yang lebih dalam, yang mungkin masih memiliki pasokan air yang cukup untuk dipompa. Pastikan kalian melakukan ini dengan hati-hati dan aman, mengingat sumur adalah area yang berpotensi berbahaya.

2. Bersihkan Tusen Klep Pompa Air

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah aliran air yang tersendat-sendat adalah dengan membersihkan tusen klep di dalam mesin pompa air. Ini bisa menjadi solusi jika kerusakan pada tusen klep masih dalam skala ringan. kalian dapat membongkar tusen klep, membersihkannya dari kotoran atau kerak yang mungkin menghalangi aliran air, dan kemudian memasangnya kembali dengan benar.

Namun, jika kerusakan pada tusen klep sudah cukup parah atau tusen klep rusak, maka mungkin perlu dilakukan penggantian dengan yang baru. Pastikan untuk memeriksa spesifikasi dan jenis tusen klep yang sesuai dengan pompa air kalian sebelum menggantinya. Seiring dengan perawatan rutin, langkah-langkah ini dapat membantu mengatasi masalah aliran air yang tersendat-sendat pada pompa air kalian dan memastikan ketersediaan air yang baik di rumah kalian.

3. Cek Posisi Pipa Hisap Pompa Air

Mengecek posisi pipa hisap pompa air juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah aliran air yang tersendat-sendat. Pipa hisap yang terletak terlalu tinggi atau memiliki banyak lekukan dapat menghambat aliran air. Oleh karena itu, pastikan bahwa posisi pipa saluran hisap berada lebih rendah dari pompa air. Hal ini akan mencegah terbentuknya ruang kosong yang dapat mengurangi daya vakum pompa air. Memastikan pipa hisap berada pada posisi yang benar dapat meningkatkan kinerja pompa air dan memastikan aliran air yang lancar.

4. Pancing Pompa Air

Jika kalian mengalami masalah dengan tusen klep yang rusak, ini dapat mengakibatkan air dalam pompa tidak bekerja dengan baik dan menyebabkan kebocoran serta terbentuknya ruang udara kosong dalam pipa. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memancing pompa air. Caranya adalah dengan mengisi pompa air dengan air dari atas agar ruang udara kosong dalam pipa terisi dengan air. Ini dapat membantu memulihkan daya vakum pompa air dan mengembalikan aliran air yang lancar. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan sesuai petunjuk penggunaan agar tidak merusak pompa air atau pipa saluran airnya.

5. Kocok Pipa Hisap

Cara lain untuk mengatasi masalah pompa air yang tersendat-sendat atau masuk angin adalah dengan melepas pipa hisap dari mesin dan mengocoknya. Tujuan dari pengocokan ini adalah untuk menghilangkan atau mengangkat semua gelembung udara yang mungkin terperangkap di dalam pipa. Gelembung udara yang terperangkap dapat mengganggu aliran air dan membuat pompa air bekerja tidak efisien. Dengan mengocok pipa hisap, kalian dapat membantu mengeluarkan gelembung udara sehingga aliran air menjadi lebih lancar.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pompa Air Pendorong ( Booster Pump) Berikut Penjelasanya

6. Perbaiki Posisi Drat Socket

Langkah selanjutnya dalam mengatasi masalah pompa air yang tersendat-sendat adalah dengan memeriksa semua sambungan pada pipa hisap. Jika kalian menemukan bahwa sambungan drat socket tidak cukup rapat, segera perbaiki dengan menambahkan balutan sealtape. Sealtape berguna untuk mencegah kebocoran udara pada sambungan tersebut. Untuk memastikan sambungan lebih rapat, kalian juga dapat menggunakan kunci khusus untuk mengencangkannya dengan lebih kuat. Dengan melakukan perbaikan pada posisi drat socket yang benar, kalian dapat mengoptimalkan kinerja pompa air dan memastikan aliran air yang lancar tanpa hambatan.

7. Ganti Pack Karet

Jika masalah utama terletak pada pack karet yang mengeras, salah satu langkah yang efektif adalah mengganti komponen ini. Pack karet yang mengeras dapat menyebabkan kebocoran dan mengganggu kinerja pompa air. Saat ini, pack karet dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko elektronik dengan harga yang terjangkau. Penggantian pack karet yang rusak dengan yang baru akan membantu memulihkan kinerja pompa air kalian. Pastikan untuk memilih pack karet yang sesuai dengan tipe dan merek pompa air kalian agar perbaikan berjalan dengan baik.

8. Ganti Pipa Pompa Air

Cara terakhir untuk mengatasi masalah pompa air yang tersendat-sendat adalah dengan mengganti pipa saluran airnya. Jika kalian menemukan kebocoran pada pipa tersebut, segeralah untuk menggantinya. Penggantian pipa yang rusak adalah solusi yang umumnya dilakukan ketika seseorang ingin meningkatkan daya dorong pompa air atau ketika pipa sudah dalam kondisi yang tidak dapat diperbaiki lagi. Dengan mengganti pipa yang bocor atau tua dengan yang baru, kalian dapat memastikan aliran air yang lancar dan mengoptimalkan kinerja pompa air kalian. Pastikan untuk memilih pipa yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menghadapi masalah pompa air yang tersendat, penting untuk memahami bahwa solusi yang tepat dapat mengembalikan kinerja pompa kalian dengan lancar.

Dalam artikel ini, telah dibahas beberapa cara yang efektif untuk mengatasi pompa air yang tersendat.

Dari pemeriksaan sederhana hingga pemeliharaan rutin, langkah-langkah ini dapat membantu kalian menjaga agar air tetap mengalir dengan baik di rumah kalian.

Ingatlah bahwa setiap situasi mungkin memiliki penyebab yang berbeda, jadi penting untuk melakukan pengecekan menyeluruh sebelum mengambil tindakan.

Semoga artikel finoo.id ini bermanfaat dan dapat membantu kalian mengatasi masalah pompa air dengan mudah dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *