Apa Itu Batako

√ Apa Itu Batako ? Fungsi, Jenis, Kelebihan & Kekuranganya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Batako ? Fungsi, Jenis, Kelebihan & Kekuranganya. Batako adalah salah satu bahan bangunan yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan pembangunan rumah impian. Bahan ini memiliki peran utama dalam pembuatan dinding yang dapat melindungi rumah dari kondisi cuaca di luar.

Dulu, bata merah yang terbuat dari tanah liat sering digunakan sebagai struktur dinding. Namun, seiring berjalannya waktu, batako mulai menggantikan posisinya. Salah satu keunggulan utama batako adalah proses pemasangannya yang lebih cepat daripada bata merah.

Selain itu, batako memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bata merah, sehingga membutuhkan lebih sedikit bahan dalam proses pembangunan. Artinya, penggunaan batako sebagai bahan bangunan dapat menghemat anggaran dibandingkan dengan menggunakan bata merah.

Meskipun begitu, masih ada sebagian orang yang belum familiar dengan konsep batako, jenis-jenisnya, dan berapa harganya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan secara komprehensif mengenai batako, termasuk definisinya, fungsinya, serta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Apa Itu Batako?

Walaupun banyak yang sudah pernah mendengar tentangnya dan mungkin tidak asing dengan bahan ini, mungkin sebagian dari kalian masih belum mengerti betul apa itu. Batako, pada dasarnya, adalah bahan konstruksi yang terbuat dari campuran semen, pasir, air, kapur, dan berbagai bahan lainnya.

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur, mereka kemudian dicetak dalam berbagai ukuran dan motif yang diinginkan, lalu dikeringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Inilah gambaran batako yang sudah kering dan siap untuk digunakan. Ketika kalian melihatnya, batako ini memiliki kemiripan dengan beton konstruksi seperti paving block atau kanstin, terutama karena hasil akhirnya berwarna putih keabu-abuan.

Karena kesamaannya dengan beton konstruksi yang sering digunakan di pinggir jalan, batako sering kali disebut sebagai batu bata beton.

Selain itu, proses pembuatan batako tidak jauh berbeda dengan pembuatan beton lainnya. Campuran bahan batako dimasukkan ke dalam cetakan, dan untuk mengeringkannya serta memadatkannya, batako hanya perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, batako dapat dilepas dari cetakannya dan langsung digunakan.

Dalam hal pencetakan, sebenarnya ada dua metode yang digunakan dalam pembuatan batako. Pertama adalah dengan cetakan manual seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, atau menggunakan mesin khusus yang memiliki cetakan batako. Menggunakan mesin ini tentu akan lebih efisien dalam hal waktu dan dapat menghasilkan jumlah batako yang lebih banyak dalam satu kali produksi.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa batako memiliki berbagai jenis, masing-masing dengan campuran bahan yang berbeda. Jadi, apa saja jenis-jenis batako yang tersedia di pasaran?

Kegunaan Batako

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam konstruksi bangunan, batako sering digunakan sebagai bahan struktur dinding yang menggantikan peran bata merah. Keunggulan bobotnya yang ringan menjadikannya pilihan yang sangat sesuai untuk pembangunan rumah dengan lebih dari satu lantai.

Baca Juga :   √ Mengenal Jenis Kain Jersey dan Cara Merawatnya Paling Tepat

Selain itu, ukuran batako yang lebih besar juga memungkinkan proses pembangunan menjadi lebih cepat, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya tenaga kerja. Namun, sayangnya, penggunaan material ini dapat mengakibatkan rumah menjadi lebih panas, terutama di daerah tropis.

Jenis – Jenis Batako

Batako memiliki beragam jenis, oleh karena itu, sebelum membeli batako, pastikan kalian memilih jenis yang tepat. Nah, di bawah ini beberapa jenis batako yang sering diproduksi.

1. Batako Trass / Putih

Jenis pertama adalah Batako Trass atau yang dikenal sebagai batako putih. Mengapa disebut batako putih? Hal ini karena campuran bahan yang digunakan dalam pembuatan batako ini mengandung tanah berwarna putih, bersama dengan semen, kapur, air, dan bahan lainnya.

Tanah putih tersebut dikenal sebagai trass, yang berasal dari pelapukan batuan gunung berapi. Proses pembuatan batako putih hampir mirip dengan pembuatan bata merah, yaitu dengan cara pembakaran untuk menghasilkan kepadatan yang dibutuhkan. Karena kemiripannya dalam proses pembuatan, batako putih juga sering disebut sebagai bata putih.

2. Batako Semen / Press

Selanjutnya, ada jenis batako semen atau yang sering disebut batako press. Sesuai dengan namanya, batako ini terbuat dari campuran semen, air, pasir, dan bahan lainnya.

Campuran bahan ini kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan diberi tekanan. Oleh karena itu, batako ini juga sering disebut sebagai batako press.

Selain itu, bentuk batako press ini berbeda dengan yang sebelumnya. Jika batako trass berbentuk balok persegi panjang, batako press memiliki lubang-lubang di bagian tengahnya. Biasanya, terdapat 2 hingga 3 lubang yang digunakan sebagai tempat untuk mencampurkan bahan pengikat.

3. Batako Beton (Bataton)

Jenis batako terakhir adalah bataton, juga dikenal sebagai batako beton. Bataton dibuat dari campuran semen Portland (PC) atau jenis semen serupa dengan air, tanpa tambahan bahan lainnya.

Setelah campuran bahan ini siap, bahan bataton dicetak sesuai dengan ukurannya, baik menggunakan cetakan manual atau mesin. Selanjutnya, batako tersebut mengalami proses pengeringan atau pemadatan.

Bataton ini biasanya digunakan dalam pembuatan dinding rumah. Jadi, saat kalian membeli batako untuk pembangunan dinding, pastikan kalian memilih jenis batako beton ini.

Selain ketiga jenis batako di atas, sebenarnya ada berbagai jenis lainnya, namun ketiga jenis yang telah dijelaskan di atas merupakan yang paling umum digunakan dalam konstruksi bangunan. Dari masing-masing jenis tersebut, tentu saja memiliki dimensi yang berbeda. Berikut penjelasan mengenai dimensi batako.

Dimensi Batako

Ukuran batako yang tersedia di pasaran sangat bervariasi, bergantung pada kebutuhan individu. Biasanya, batako trass atau batako putih memiliki panjang sekitar 20-30 cm, tebal 8-10 cm, dan tinggi 14-18 cm. Sementara itu, ukuran batako semen atau batako press yang tersedia di pasaran memiliki panjang sekitar 36-40 cm, tinggi 18-20 cm, dan tebal 8-10 cm.

kalian juga mungkin akan menemukan jenis batako dengan lubang tergantung pada dimensinya. Menurut Designing Buildings, lubang-lubang ini dapat membuat batako menjadi lebih ringan dan meningkatkan kemampuan isolasinya.

Di bawah ini, terdapat tabel yang menyajikan spesifikasi ukuran batako yang beredar di pasaran berdasarkan jenisnya.

Baca Juga :   √ Berat Jenis Batu Pecah : Fungsi, Ukuran, Jenis Kelebihan & Kekurangan

Jenis BatakoUkuran (Panjang x Lebar x Tinggi) cm
Batako dinding luar40x20x20
Batako dinding pengisi40x10x20 dengan tebal 10 cm
Batako semen PCPanjang 36-40 cm, lebar 8-10 cm, dan tinggi 18-20 cm
Batako beton bentuk U29x14x14
Batako beton bentuk H29x14x14
Batako beton bentuk kolom29x29x14
Batako beton balok300x6x10
Batako beton bentuk lengkung50x30
Batako standar30x10x15

Harga Batako

Di pasaran, batako biasanya dijual dalam berbagai satuan, mulai dari per biji, per meter, hingga per kubik. Untuk HARGA BATAKO PER BIJI, kisarannya biasanya antara Rp 1.000 hingga Rp 4.500, tergantung pada merek dan kualitasnya.

Sementara itu, jika kalian ingin membeli batako dengan satuan per kubik, kalian dapat menemukannya dengan harga berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 750.000. Pastikan untuk memilih produk berkualitas tinggi agar memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik.

Cara Memilih Batako

Jika kalian ingin memastikan mendapatkan produk batako berkualitas, ada beberapa tips dan cara yang perlu kalian pertimbangkan ketika berbelanja di pasaran. Berikut ini beberapa panduan untuk memilih batako berkualitas:

  1. Permukaan yang Lembut: Pilihlah batako yang memiliki permukaan yang lembut dan halus. Permukaan yang halus menkaliankan bahwa batako telah diproduksi dengan baik dan cermat. Hindari produk dengan permukaan kasar atau retak, karena ini bisa menjadi tkalian adanya cacat dalam produksi.
  2. Bobot yang Cukup Berat: Coba perhatikan bobot batako. Produk berkualitas cenderung lebih berat karena bahan campurannya yang padat. Bobot yang cukup berat menunjukkan kepadatan dan kekuatan yang baik, yang sangat penting untuk kestabilan struktur bangunan.
  3. Tingkat Presisi Permukaan: Periksa tingkat presisi atau kelurusan permukaan batako. Semakin presisi atau lurus permukaannya, semakin baik kualitasnya. Batako dengan permukaan yang datar akan memudahkan proses pemasangan dan memberikan hasil akhir yang lebih rapi.
  4. Uji dengan Menepuk: Cobalah menepuk material batako dengan jari kalian. Jika suaranya lebih padat dan minim getaran, maka kemungkinan besar kualitasnya bagus. Sebaliknya, jika suaranya berderak atau terdengar hampa, itu bisa menjadi indikasi bahwa batako memiliki kekurangan dalam struktur atau kepadatan.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Kelebihan Batako

Batako memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan material bahan bangunan lainnya, seperti bata merah dan bata ringan. Berikut adalah pembahasan mengenai kelebihan batako:

  1. Ringan: Salah satu keunggulan utama batako adalah beratnya yang relatif ringan. Kelebihan ini sangat menguntungkan karena membuat proses konstruksi menjadi lebih cepat dan mudah. Pekerjaan pembangunan bisa dilakukan dengan lebih efisien dan tanpa memerlukan peralatan berat.
  2. Bersifat Kedap Air: Batako memiliki sifat tahan terhadap air, sehingga kalian tidak perlu khawatir air hujan dapat merembes ke dalam dinding hunian kalian. Hal ini membantu mencegah kelembaban dan pertumbuhan jamur di dalam rumah, menjaga kualitas udara di dalam ruangan.
  3. Berukuran Besar dan Simetris: Batako memiliki ukuran yang lebih besar daripada bata merah, sehingga memungkinkan penyelesaian konstruksi lebih cepat. Selain itu, bentuk batako lebih simetris daripada bata merah, sehingga saat disusun, dinding akan terlihat lebih rapi dan presisi.
  4. Harga Terjangkau: Harga batako cenderung lebih terjangkau daripada bata merah. kalian dapat membeli batako dengan harga yang mulai dari seribu rupiah per biji, membuatnya menjadi pilihan ekonomis untuk konstruksi bangunan.
  5. Menyerap Panas dengan Baik: Batako sangat cocok digunakan untuk membangun rumah di daerah bersuhu panas seperti Indonesia. Material ini memiliki kemampuan untuk menyerap panas dengan baik, sehingga dapat membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap nyaman dan sejuk, bahkan pada hari-hari yang panas.
Baca Juga :   √ Harga Borongan Konstruksi Baja WF Terbaru Per KG & Per Meter

Kekurangan Batako

Selain memiliki banyak kelebihan, batako juga memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan bata merah. Berikut adalah beberapa kekurangan batako:

  1. Mudah Retak: Salah satu kelemahan utama batako adalah kemudahan dalam retak. Batako memiliki bobot yang sangat ringan karena terbuat dari semen dan pasir, dan terdapat rongga di bagian tengahnya. Kondisi ini membuatnya lebih rentan terhadap retakan dibandingkan dengan bata merah yang padat dan kokoh. Oleh karena itu, perlu perawatan ekstra saat penanganan dan pemasangan batako agar tidak terjadi keretakan yang dapat mengurangi kekuatannya.
  2. Rentan Pecah: Selain mudah retak, batako juga cenderung rentan pecah karena material pembuatannya hanya terdiri dari semen, pasir, dan air. Karena itu, kalian harus lebih berhati-hati dalam pemilihan batako saat menyusun dinding rumah kalian. Hindari menggunakan paku yang berlebihan di dinding batako, karena dapat menyebabkan dinding rusak atau pecah.
  3. Lebih Bising: Batako bukanlah material yang baik dalam meredam suara. Kembali, hal ini disebabkan oleh sifat materialnya yang tidak padat seperti bata merah. Karena memiliki rongga, batako tidak mampu meredam suara bising dari luar dengan baik. Ini perlu dipertimbangkan jika kalian ingin menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman di dalam rumah.

Meskipun batako memiliki kekurangan ini, banyak dari kelemahan tersebut dapat diatasi dengan perawatan dan pemilihan batako yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan situasi bangunan kalian. Dengan perawatan yang baik, kalian masih dapat memanfaatkan kelebihan batako sambil mengurangi risiko dari kekurangannya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menyimpulkan, penting bagi kita untuk memahami apa itu batako. Batako adalah salah satu material bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan dan memiliki keunggulan dalam hal ketahanan dan kekuatan.

Pemahaman mengenai apa itu batako sangatlah esensial bagi mereka yang berkecimpung di industri konstruksi atau bagi siapa saja yang ingin membangun rumah atau struktur lainnya dengan material yang kokoh dan tahan lama.

Dengan mengetahui karakteristik, manfaat, dan cara penggunaannya, kita dapat memanfaatkan batako dengan optimal dan menghasilkan bangunan yang aman, nyaman, dan bertahan lama.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Batako ? Fungsi, Jenis, Kelebihan & Kekuranganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *