Cara Cek Token Listrik

Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli Terbaru Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli Terbaru Paling Tepat. Seperti yang telah diketahui, meskipun kini token listrik prabayar dapat dibeli secara daring atau melalui aplikasi, masih terdapat orang-orang yang memperolehnya secara konvensional. Ini karena gerai seperti minimarket dan konter masih melayani pelanggan dengan permintaan token listrik secara tradisional.

Memang, proses pembelian token listrik konvensional terbilang mudah, di mana pelanggan hanya perlu memberikan nomor meteran atau ID pelanggan, menentukan nominal token listrik, dan melakukan pembayaran. Nomor token listrik yang dibeli kemudian tercetak otomatis pada struk pembelian.

Sayangnya, struk pembelian token listrik di minimarket atau konter hanya berupa selembar kertas, sehingga risiko kehilangan atau kerusakan cukup besar, terutama jika token hanya dibeli sebagai cadangan dan belum digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara untuk memeriksa token listrik yang telah dibeli sebelumnya. Kami akan menjelaskan secara detail bagaimana cara melakukan pengecekan token listrik, baik secara langsung maupun daring, untuk membantu kalian mengatasi masalah ini.

Apa itu Nomor Token Listrik?

Setelah berhasil melakukan pembayaran untuk listrik prabayar, kamu akan menerima sesuatu yang disebut “token listrik.” Secara sederhana, token listrik ini bisa dianggap sebagai saldo yang digunakan untuk mengisi ulang listrik agar pasokannya tetap berjalan tanpa terputus.

Ketika seseorang pindah ke tempat tinggal baru, seringkali ada kebingungan antara nomor token listrik dan nomor meteran. Cara mudah untuk mengetahui nomor token listrik adalah dengan mengisi ulang listrik. Setelah proses ini selesai, kamu akan menerima rangkaian angka sepanjang 20 digit yang dikenal sebagai “token listrik.”

Selain istilah “token listrik,” ada juga sebutan lain yang digunakan, seperti “stroom.” Jangan khawatir jika kamu menemui istilah tersebut, karena artinya sama persis. Selain itu, kamu bisa mengidentifikasi token listrik dengan ciri khas penggunaan spasi setiap empat digit angka, contohnya, 8904 2551 7364 2568 1879.

Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli

Saat ini, meteran listrik prabayar sering disebut sebagai “Listrik Pintar,” tetapi sebagai pengguna, tetap penting untuk bijak menggunakannya, terutama ketika struk token yang telah dibeli sulit dibaca atau hilang.

Baca Juga :   Kode Menghemat Token Listrik 1300 VA, Apakah Benar Bisa?

Jika menghadapi masalah semacam ini, tak perlu khawatir, karena ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk melacak atau menemukan nomor token listrik. Saat ini, nomor token listrik prabayar biasanya terdiri dari 20 digit angka.

Seperti ketika kalian memeriksa tagihan listrik bulan sebelumnya yang sudah dibayar, pengecekan token listrik yang telah dibeli dapat dilakukan baik secara offline maupun online. Jadi, alih-alih bingung, mari kita lihat dengan saksama cara-cara untuk memeriksa token listrik yang sudah dibeli berikut ini.

Cek Token Listrik dengan Print Ulang

Salah satu cara untuk memeriksa token listrik yang telah dibeli adalah dengan mencetak ulang struk pembelian. Caranya cukup mudah, kalian cukup pergi ke tempat pembelian token listrik dan meminta petugas untuk mencetak ulang struk yang berisi 20 digit angka.

Tindakan ini umumnya dapat dilakukan karena penjual memiliki catatan atau riwayat transaksi dari setiap pelanggan. Ketika kalian mengunjungi tempat pembelian token listrik, pastikan kalian juga memiliki nomor meteran atau ID pelanggan listrik prabayar sebagai persiapan.

Cek Token Listrik Lewat PLN Mobile

Metode lain untuk memeriksa token listrik yang telah dibeli adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis melalui Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS. Untuk petunjuk yang lebih rinci, mari kita perhatikan dengan saksama cara mengecek sisa token listrik yang sudah dibeli melalui aplikasi berikut ini.

1. Buka Aplikasi PLN Mobile

Untuk memulai, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile ke dalam smartphone kalian. Setelah berhasil mengunduhnya, buka dan jalankan aplikasi PLN Mobile.

2. Tambahkan ID Pelanggan PLN

Setelah berhasil masuk ke halaman utama aplikasi PLN Mobile, kalian akan disuguhi dengan berbagai fitur yang tersedia. Untuk melanjutkan proses, silakan tambahkan ID pelanggan listrik prabayar kalian. Isilah informasi ini secara lengkap, termasuk nomor meteran, nama konsumen, dan data lain yang diperlukan.

3. Pilih ID Pelanggan

Setelah berhasil menambahkan ID pelanggan, kalian akan melihat informasi mengenai data pelanggan atau konsumen kalian. Untuk melanjutkan, pilih ID pelanggan yang sesuai dan ketuk opsi “Selengkapnya”.

4. Ketuk Riwayat Pembelian Token

Setelah berhasil menambahkan ID pelanggan dan memilih ID yang sesuai, kalian akan kembali melihat beberapa informasi mengenai ID meteran listrik prabayar kalian. Langkah berikutnya adalah ketuk opsi “Riwayat Pembelian Token.”

5. Cek Token Listrik

Selanjutnya, kalian akan melihat daftar token listrik yang sudah pernah kalian beli sebelumnya. Pilih salah satu dari token listrik tersebut. Setelah memilihnya, kalian akan melihat riwayat pembelian beserta nomor token atau stroom pelanggan yang diperlukan. Dengan langkah-langkah ini, kalian dapat dengan mudah memeriksa dan mencatat nomor token listrik yang sudah kalian beli melalui aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga :   Saklar MCB Meteran Listrik Tidak Bisa ON, Apa Penyebabnya?

Cek Token Listrik Lewat Situs Resmi

Di samping menyediakan sebuah aplikasi, PLN juga menyediakan fasilitas yang memudahkan konsumen untuk memeriksa token listrik yang telah dibeli secara daring melalui situs atau website resmi mereka. Proses pengecekan ini sebenarnya cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkah cara memeriksa token listrik yang telah dibeli melalui situs resmi PLN:

1. Akses Situs Resmi PLN

Langkah pertama adalah mengakses situs resmi PLN untuk memeriksa token listrik prabayar. Kunjungi website resmi PLN di https://layanan.pln.co.id/informasi-tagihan-listrik-pembelian-token-pln. Website ini dapat diakses melalui berbagai perangkat, seperti smartphone, laptop, atau komputer, asalkan kalian memiliki koneksi internet yang stabil.

2. Login Akun

Setelah kalian sampai di situs tersebut, langkah selanjutnya adalah login ke akun pelanggan kalian. Caranya dengan memasukkan alamat email dan password yang terkait dengan akun PLN kalian. Jika kalian belum memiliki akun, kalian dapat membuatnya dengan mengeklik opsi “Daftar Akun.”

3. Cek Daftar Token Listrik

Setelah berhasil login ke akun kalian, kalian akan melihat berbagai informasi mengenai token listrik kalian, termasuk riwayat transaksi dan nomor token listrik yang pernah kalian beli. Dengan mencapai tahap ini, kalian telah berhasil melakukan pengecekan token listrik yang sudah dibeli melalui situs resmi PLN.

Cek Token Listrik Lewat Panggilan Telepon

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, jangan khawatir, masih ada solusi lain yang bisa diambil, yaitu dengan menghubungi call center PLN melalui panggilan telepon ke nomor 123. Layanan ini tersedia bagi semua pelanggan 24 jam sehari, setiap hari, termasuk untuk memeriksa token listrik.

Namun, saat kalian memutuskan untuk menghubungi PLN melalui telepon, pastikan kalian memiliki pulsa operator yang cukup. Layanan ini akan mengenakan biaya dalam bentuk pemotongan pulsa sesuai dengan provider yang kalian gunakan.

Cek Token Listrik via Email

Alternatif terakhir untuk memeriksa token listrik yang sudah dibeli sebelumnya adalah dengan menghubungi PLN melalui email di alamat pln123@pln.co.id. kalian dapat mengirimkan pesan email dengan subjek “Cek History Pembelian Token” dan menjelaskan permasalahan kalian.

Namun, perlu diingat bahwa ketika menggunakan email untuk pengecekan token listrik, respon dari pihak PLN mungkin tidak akan segera datang, jadi kalian perlu bersabar dan menunggu beberapa waktu. Namun, kelebihannya adalah bahwa layanan ini tidak akan membebankan biaya tambahan, karena hanya memerlukan kuota data internet untuk mengirim email.

Baca Juga :   Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci Dengan Langkah Mudah

Penyebab Gagal Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli

Sudah dijelaskan secara komprehensif cara memeriksa token listrik yang telah dibeli, baik secara daring maupun langsung. Meskipun metodenya terbilang cukup sederhana, beberapa pelanggan mungkin mengalami kesulitan dalam melaksanakannya.

Agar dapat menghindari masalah ketika melakukan pengecekan token listrik yang telah dibeli, penting untuk memahami beberapa alasan umum yang dapat menyebabkan kesulitan, seperti berikut:

  1. Koneksi Jaringan Internet Buruk atau Tidak Stabil: Koneksi internet yang lemah atau tidak stabil dapat menghambat akses ke aplikasi PLN Mobile atau situs web PLN, sehingga sulit untuk memeriksa token listrik.
  2. Pengguna Salah Memasukkan ID Pelanggan: Kesalahan dalam memasukkan nomor meteran atau ID pelanggan dapat mengakibatkan gagalnya pengecekan token listrik.
  3. Aplikasi PLN Mobile dalam Masa Perawatan: Terkadang, aplikasi PLN Mobile sedang dalam proses perawatan atau pembaruan. Selama periode ini, akses ke fitur tertentu mungkin terganggu.
  4. Belum Mengupdate Aplikasi PLN Mobile: Versi aplikasi PLN Mobile yang tidak terbaru mungkin mengalami masalah kompatibilitas atau keamanan. Pastikan kalian selalu menggunakan versi terbaru aplikasi.
  5. Gangguan pada Server PLN: Saat server PLN mengalami masalah teknis atau gangguan, akses ke layanan pengecekan token listrik bisa terhambat.

Dengan memahami penyebab-penyebab potensial ini, kalian dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan mencari solusi jika menghadapi kendala saat mencoba memeriksa token listrik kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam upaya menjaga pasokan listrik prabayar kalian tetap terkendali, memahami dan menguasai cara cek token listrik yang sudah dibeli sangatlah penting.

Meskipun beberapa kendala teknis dapat terjadi, seperti masalah koneksi internet atau perawatan aplikasi, dengan pemahaman yang baik dan kesabaran, kalian dapat dengan mudah memverifikasi dan mencatat nomor token listrik kalian.

Dengan demikian, kalian akan selalu siap mengisi ulang listrik dan menjaga ketersediaan daya di rumah kalian. Teruslah memantau token listrik kalian dan nikmati kenyamanan serta kendali atas penggunaan listrik prabayar kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli Terbaru Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *