Cara Mengganti Seal Pompa Air

Cara Mengganti Seal Pompa Air Yang Rusak Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Mengganti Seal Pompa Air Yang Rusak Paling Mudah. Seal mekanis adalah salah satu bagian dalam pompa air yang berfungsi untuk mencegah kebocoran udara dan mencegah masuknya udara dari luar saat pompa air berputar.

Selain itu, pompa air juga berfungsi untuk memisahkan ruang impeller dengan bagian dinamo pompa dan mencegah air membasahi dinamo motor pompa air. Seal terdiri dari tiga bagian utama, yaitu karet, pegas, dan lingkaran keramik.

Lingkaran keramik berfungsi sebagai komponen yang tidak bergerak, sementara karet dan pegas menjadi komponen yang berputar bersama poros. Karena peran pentingnya, seal yang rusak harus segera diganti.

Lalu, bagaimana cara mengganti seal pompa air yang rusak atau bocor? Caranya cukup mudah. Jika kalian masih bingung, berikut ini informasi lengkapnya dari hargaalat.

Fungsi Mechanical Seal

Mechanical Seal berperan dalam mencegah terjadinya kebocoran pada mesin, seperti pompa. Mechanical Seal ini terletak di dalam alat pompa yang bertugas memompa cairan atau fluida.

Fungsi dari Mechanical Seal ini mencakup pengendalian lingkungan seal, pendeteksian kebocoran, dan pelumasan pada seal sekunder.

Ciri Ciri Pompa Air Rusak atau Bocor

Seperti halnya ketika kalian ingin memastikan kerusakan pada impeller, kalian dapat mengenali ciri-ciri impeller pompa air yang rusak. Hal yang sama berlaku untuk seal pompa air, di mana kalian dapat mengenali kondisi seal tersebut dengan melihat ciri-cirinya.

Ciri-ciri seal jet pump yang rusak atau bocor adalah adanya tetesan air yang keluar dari bagian poros, yang mengakibatkan daya hisap atau daya dorong pompa air menjadi lemah. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh retaknya lingkaran keramik seal, pegas yang patah, atau karet seal yang sudah kaku atau robek.

Jika seal pompa air mengalami kondisi seperti yang disebutkan di atas, maka kalian perlu segera mengganti seal tersebut. Lalu, apa penyebab seal pompa air menjadi rusak atau bocor? Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

Baca Juga :   Pengertian RFID Reader: Cara Kerja dan Fungsinya Lengkap

Penyebab Seal Pompa Air Rusak atau Bocor

Seal yang rusak atau bocor tentu saja memiliki penyebab tertentu. Kerusakan komponen seal pada pompa air bisa disebabkan oleh penggunaan yang sudah lama atau faktor-faktor umum lainnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada seal pompa air:

  1. Permukaan komponen seal yang kasar.
  2. Getaran pompa air yang berlebihan.
  3. Kecepatan putaran poros yang terlalu tinggi.
  4. Diameter poros yang tidak sesuai.
  5. Suhu yang berlebihan.

Ternyata, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan seal secara cepat. Namun, beruntungnya, seal pompa air mudah ditemukan di pasaran. Jadi, jika seal mengalami kerusakan, kalian dapat dengan mudah menggantinya dengan membeli seal pompa air yang baru di toko pompa air.

Harga Seal Pompa Air

Seal pompa air tersedia dalam berbagai macam toko khusus pompa air, baik dalam bentuk toko online maupun toko fisik. Harganya pun cukup bervariasi, tergantung pada merek yang ditawarkan, namun tetap terjangkau.

Berikut adalah beberapa kisaran harga seal pompa air untuk beberapa merek terkenal:

  1. Seal pompa air Shimizu berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 70.000 untuk seal asli.
  2. Seal pompa air Alkon dan Diesel memiliki harga sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000.
  3. Seal pompa air Sanyo dijual dengan harga sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000 baik di toko online maupun offline.
  4. Seal pompa air Panasonic National memiliki harga sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 35.000 di toko online maupun offline.

Meskipun demikian, baik di toko online maupun offline, kalian juga dapat menemukan seal pompa air dengan harga di bawah Rp. 10.000. Namun, kualitasnya mungkin tidak terlalu baik dan mungkin tidak tahan lama.

Sementara itu, seal pompa air dengan kualitas tinggi, daya tahan yang baik, dan awet umumnya memiliki harga dalam ratusan ribu rupiah, terutama jika merupakan produk asli.

Cara Mengganti Seal Pompa Air

Setelah kalian mengenali ciri-ciri kerusakan seal pompa air dan telah memastikan bahwa seal benar-benar rusak, kalian dapat segera menggantinya. Proses penggantian seal pompa air tergolong cukup mudah dan sederhana.

Baca Juga :   √ Ciri-Ciri Otomatis Pompa Air Rusak & Cara Mengatasinya

Bagi kalian yang belum familiar dengan cara mengganti seal pompa air dengan benar, berikut ini adalah langkah-langkah mengganti seal pompa air jet pump yang dapat kalian ikuti:

Alat & Bahan

Sebelum memulai proses penggantian seal, penting untuk menyiapkan alat dan bahan berikut:

  1. Kunci pas dengan ukuran 10, 12, dan 13.
  2. Trecker.
  3. Obeng min.
  4. Tang spi.
  5. Seal pompa air baru.

Prosedur Penggantian Seal

Setelah semua alat dan bahan siap, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti seal:

  1. Matikan semua sumber daya listrik yang terhubung ke pompa air.
  2. Buka penutup depan impeller menggunakan kunci pas. Ukuran kunci yang digunakan bergantung pada jenis pompa air, seperti 10 untuk impeller biasa atau 12-13 untuk pompa semi jet dan jet pump.
  3. Lepaskan impeller dengan menggunakan trecker atau, jika tidak tersedia, gunakan obeng minus.
  4. Beberapa merk pompa air sumur dangkal dapat melepaskan impeller dengan menariknya keluar. Pada pompa semi jet dan jet pump, impeller dapat dilepas dengan membuka mur yang mengunci impeller menggunakan kunci pas.
  5. Kendurkan pengunci spi dengan merenggangkan spi menggunakan tang spi.
  6. Pisahkan bagian kepala pompa air dari bagian motor untuk memudahkan penggantian mechanical seal.
  7. Siapkan seal pompa air yang baru dan lepaskan mechanical seal yang rusak.
  8. Untuk mengganti seal, masukkan seal bagian dalam terlebih dahulu sampai rapat dan tanpa celah.
  9. Bersihkan bagian seal dengan hati-hati hingga bersih dari kotoran, pasir, atau kerikil yang menempel.
  10. Pasang kembali bagian kepala pompa air.
  11. Bersihkan bagian poros dengan cara yang sama seperti bagian dalam seal.
  12. Masukkan seal baru bersama pegas dan lingkaran keramiknya.
  13. Tekan seal hingga rapat dan pasang kembali pengunci spi untuk mengunci seal.
  14. Lakukan tes dengan memasukkan air ke dalam bagian tersebut.
  15. Putar poros pompa air dan periksa bagian belakang pompa air apakah masih ada kebocoran air atau tidak. Jika tidak ada kebocoran, masukkan impeller ke posisi yang benar.
  16. Periksa juga kondisi kerat pada penutup depan, jika rusak atau perlu diganti.
  17. Pasang kembali penutup dan karetnya, lalu kencangkan dengan kunci pas hingga rapat.
  18. Periksa dengan memutar kipas bagian belakang pompa air. Jika terjadi sentakan, pukul bagian penutup perlahan dengan palu hingga tidak ada sentakan lagi.
  19. Terakhir, lakukan tes dengan menggunakan telapak tangan. Jika pompa air dapat menghisap telapak tangan, itu berarti seal telah terpasang dengan benar. Dengan demikian, proses penggantian seal pompa air selesai.
Baca Juga :   Pengertian Kabel OTG: Fungsi, Jenis & Cara Menggunakanya

Sangat mudah, bukan, mengganti seal pompa air? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat mengganti seal sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat servis pompa air hanya untuk mengganti seal.

Biasanya, ketika kalian mengganti seal di tempat servis pompa air, kalian akan dikenakan biaya untuk penggantian seal ditambah biaya bongkar dan pasang. Artinya, biaya yang dibutuhkan untuk mengganti seal pompa air di tempat servis lebih mahal daripada menggantinya sendiri.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kami telah membahas tentang cara mengganti seal pompa air. Sebagai pengguna, mengetahui bagaimana melakukan pergantian seal pompa air secara efektif dapat menjadi keterampilan yang sangat berguna.

Dengan memperhatikan langkah-langkah yang tepat, kalian dapat menghemat waktu dan biaya dalam perbaikan dan perawatan pompa air kalian.

Dalam melakukan pergantian seal pompa air, penting untuk selalu memperhatikan keamanan dan mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati. Jika kalian merasa tidak yakin atau menghadapi kesulitan, disarankan untuk menghubungi ahli teknisi yang berpengalaman untuk membantu kalian.

Dengan mempelajari dan menguasai cara mengganti seal pompa air, kalian dapat menjaga pompa air kalian dalam kondisi yang baik dan memperpanjang masa pakainya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *