Apa Itu Cleaning Equipment

√ Apa Itu Cleaning Equipment? Jenis dan Klasifikasinya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Cleaning Equipment? Jenis dan Klasifikasinya Lengkap. Penting untuk memperhatikan efektivitas, efisiensi tenaga, dan biaya saat bekerja, dan semua ini terkait erat dengan penggunaan peralatan. Karena peralatan manual dan mesin cenderung mahal, maka menjadi tanggung jawab kita untuk merawat dan menggunakan peralatan ini dengan bijak.

Namun, sebelum seorang petugas area umum atau houseman melakukan tugas pembersihan, mereka harus terlebih dahulu menguasai berbagai jenis peralatan pembersih. Hal ini bertujuan agar mereka tidak mengalami kesulitan saat menjalankan pekerjaan mereka.

Sayangnya, masih ada banyak orang yang belum familiar dengan apa itu peralatan pembersihan, apa fungsi-fungsinya, dan jenis-jenisnya. Secara umum, peralatan pembersihan dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu peralatan manual dan peralatan mekanik (ditenagai mesin).

Oleh karena itu, jika kalian bekerja dalam bidang pelayanan kebersihan, penting untuk memahami secara singkat apa itu peralatan pembersihan, apa fungsi-fungsinya, dan berbagai jenisnya. Untuk membantu kalian, kami akan menjelaskan dengan lengkap tentang apa itu peralatan pembersihan, termasuk pengertiannya, fungsi-fungsinya, klasifikasinya, dan berbagai jenis yang tersedia.

Apa Itu Cleaning Equipment?

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai berbagai jenis peralatan pembersih atau cleaning equipment, penting bagi kita untuk memiliki pemahaman awal tentang apa itu cleaning equipment. Cleaning equipment adalah sekelompok alat pembersih yang digunakan untuk membantu dalam proses membersihkan suatu objek.

Salah satu tujuan utama dari penggunaan peralatan pembersih ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan. Ini adalah tanggung jawab housekeeping, yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan penampilan keseluruhan area ruangan.

Manfaat Cleaning Supplies

Manfaat dari peralatan pembersih adalah untuk membantu mempermudah pekerjaan para petugas kebersihan, terutama di tempat-tempat umum seperti restoran, hotel, rumah sakit, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat manfaat atau fungsi lainnya, seperti:

  1. Mempercepat dan menyederhanakan proses pembersihan.
  2. Meningkatkan umur pakai barang-barang jika menggunakan peralatan pembersih yang sesuai.
  3. Meningkatkan penampilan barang yang telah dibersihkan.
  4. Melindungi barang-barang yang telah dibersihkan.
  5. Memberikan aroma segar pada ruangan atau barang yang telah dibersihkan.

Klasifikasi Cleaning Equipment

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, ketika melakukan tugas pembersihan dalam suatu ruangan, penting untuk memiliki peralatan pembersih atau cleaning equipment. Ini tidak dilakukan tanpa alasan, karena penggunaan peralatan pembersih ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan.

Berbicara tentang jenis-jenis peralatan pembersih, sebenarnya komponen-komponen ini dapat dikelompokkan atau diklasifikasikan menjadi beberapa kategori. Dilihat dari sumber tenaganya, peralatan pembersih dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga :   √ Apa itu Destilasi? Proses, Alat, Jenis, dan Contohnya

  1. Peralatan Pembersih Manual
    Ini adalah alat pembersih yang dioperasikan secara manual.
  2. Peralatan Pembersih Tenaga Mesin
    Ini adalah alat pembersih yang menggunakan tenaga listrik atau tenaga mesin dalam pengoperasiannya.

Sementara jika kita memkalianng dari penggunaannya, cleaning equipment dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Untuk pemahaman yang lebih baik, mari perhatikan penjelasan untuk masing-masing kelompok peralatan pembersihan berikut ini:

  1. Kelompok Broom and Brush
    Ini adalah peralatan pembersih yang digunakan untuk menghilangkan kotoran yang melekat atau terlepas dari berbagai jenis permukaan seperti lantai, tembok, upholstery, dan lain sebagainya.
  2. Kelompok Container
    Kelompok ini mencakup peralatan yang digunakan untuk membawa atau menampung alat-alat lain dan bahan pembersih. Container juga bisa digunakan untuk mengangkut air, melakukan pencucian, dan memiliki beragam fungsi lainnya.
  3. Kelompok Linen
    Peralatan pembersih dalam kelompok ini terbuat dari kain atau linen dan digunakan dalam operasional sehari-hari oleh petugas housekeeping.
  4. Kelompok Mechanical (Mekanikal)
    Cleaning equipment dalam kelompok ini menggunakan sumber tenaga listrik untuk bergerak dan beroperasi secara mekanis.
  5. Kelompok Protective and Supporting
    Kelompok ini mencakup peralatan pengaman dan penunjang kegiatan pembersihan, yang memastikan bahwa pekerjaan pembersihan dapat dilakukan dengan baik dan aman.
  6. Kelompok Lainnya
    Kelompok ini mencakup peralatan pembersih yang tidak termasuk dalam kategori-kategori sebelumnya.

Jenis Cleaning Equipment Manual

Setelah memahami definisi dan klasifikasi cleaning equipment, mari kita kenali berbagai contoh dan jenis peralatan pembersihan ini dengan lebih rinci. Beberapa jenis peralatan pembersih yang termasuk dalam klasifikasi manual antara lain:

  1. Cary Caddy
    Cary caddy adalah kotak perlengkapan pembersih yang digunakan untuk menyimpan peralatan dan bahan pembersih dalam tugas housekeeping, yang biasanya memiliki ukuran kecil.
  2. Container Bin
    Container bin berfungsi sebagai wadah untuk sementara menyimpan sampah sebelum dibuang ke tempat pembuangan atau diangkut oleh truk pengangkut sampah.
  3. Interior Cloth / Cleaning Cloth
    Interior cloth atau cleaning cloth adalah kain khusus yang digunakan untuk mengelap dan mengeringkan berbagai jenis furnitur, keramik, porselin, dan objek lain yang perlu dibersihkan atau dihapus debunya.
  4. Jumbo – Pad / Scrubber Pad
    Jumbo pad atau scrubber pad adalah spons dengan permukaan kasar yang digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi yang dapat dijangkau dengan tangan.
  5. Pad Scourer
    Sama seperti scrubber pad, pad scourer terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pegangan dengan tekstur halus dan bagian lapisan kasar yang berfungsi membersihkan kamar mandi dan wastafel.
  6. Pad – Boy – Red
    Pad – boy – red adalah alat kasar mirip spons yang dipasangkan dengan tongkat dan digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi yang sulit dijangkau dengan tangan.
  7. Telescopic Stick
    Telescopic stick adalah tongkat yang digunakan untuk memperpanjang jangkauan peralatan pembersih pada objek yang tinggi atau sulit dijangkau dengan tangan.
  8. Window Washer
    Window washer adalah alat yang digunakan untuk membersihkan dan mencuci kaca dan jendela. Biasanya dapat dipasangkan dengan tangkai atau tongkat untuk pekerjaan yang sulit.
  9. Glass Wiper
    Glass wiper digunakan untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kaca.
  10. Bottle Sprayer
    Bottle sprayer adalah peralatan yang digunakan untuk menyemprotkan cairan atau bahan pembersih ke suatu objek.
  11. Hand Brush
    Hand brush adalah alat untuk menggosok dan membersihkan noda serta kotoran pada lantai dan tembok.
  12. Ceiling Broom
    Ceiling broom digunakan untuk membersihkan debu dan sarang laba-laba di langit-langit atau permukaan yang tinggi.
  13. Brush & Long Stick
    Brush & long stick sering digunakan untuk menghilangkan kotoran pada lantai kering maupun basah dan dapat digunakan dengan tangkai panjang untuk menyapu lantai.
  14. Pail
    Pail adalah ember untuk menampung air dan larutan bahan pembersih.
  15. Toilet Bowl Brush
    Toilet bowl brush adalah sikat yang digunakan untuk membersihkan bagian dalam toilet.
  16. Public Area Trolley
    Public area trolley adalah kereta atau troli yang digunakan untuk menyimpan dan mengangkut peralatan public area guna mempermudah pekerjaan petugas housekeeping sehari-hari.
  17. Lobby Duster
    Lobby duster digunakan untuk menjebak debu di lantai atau area luas seperti lobi, supermarket, dan lainnya.
  18. Floor Squeegee
    Floor squeegee adalah alat untuk mengeringkan atau menarik air yang tergenang di permukaan lantai.
  19. Dust Pan & Broom
    Dust pan & broom digunakan untuk mengumpulkan dan mengangkat debu serta sampah dari lantai. Peralatan ini juga sering digunakan untuk membersihkan sampah basah maupun kering yang tidak melekat pada permukaan lantai.
  20. Hand Glove
    Hand glove adalah peralatan pelindung tangan dari bahaya bahan kimia yang termasuk dalam klasifikasi cleaning equipment protective.
  21. Wet Floor Caution
    Wet floor caution adalah alat peringatan yang digunakan untuk memberi tkalian kepada orang-orang agar berhati-hati saat melewati area yang sedang basah.
Baca Juga :   √ Apa Itu Bank Sampah? Mekanisme dan Manfaatnya Lengkap

Jenis Cleaning Equipment Tenaga Mesin

Di atas, telah diuraikan secara komprehensif berbagai jenis cleaning equipment manual beserta fungsi dan penggunaannya masing-masing. Sekarang, kami akan menjelaskan secara detail beberapa jenis peralatan pembersih yang menggunakan tenaga listrik atau mesin.

  1. Blower
    Blower adalah jenis cleaning equipment yang digunakan untuk mengeringkan karpet setelah proses pencucian. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk mengumpulkan debu dan kotoran.
  2. Carpet Extraction Machine
    Carpet extraction machine adalah peralatan yang digunakan untuk memeras atau menghisap sisa air yang mungkin tertinggal di karpet setelah proses pembersihan.
  3. Floor Machine
    Floor machine adalah peralatan tenaga mesin yang digunakan untuk membersihkan permukaan lantai. Alat ini juga bisa berfungsi sebagai mesin penyikat, mesin pengkilap, mesin scrubbing, atau mesin pengkilap lantai.
  4. Dry Vacuum Cleaner
    Jenis peralatan pembersih berikutnya adalah dry vacuum cleaner, yang digunakan untuk menghisap debu dan kotoran yang melekat pada permukaan lantai, karpet, mebel, sofa, dinding, dan sebagainya.
  5. Dry Foam Extraction
    Dry foam extraction adalah alat yang digunakan untuk mencuci karpet dengan metode busa tanpa perlu dibilas lagi. Sisa busa kotor akan dihisap oleh mesin ini.
  6. Polishing Machine
    Polishing machine adalah peralatan pembersih yang digunakan untuk menyikat dan mengilapkan lantai, baik yang terbuat dari kayu, marmer, atau bahan lainnya.
  7. Carpet Master
    Carpet master, atau dalam bahasa Indonesia disebut mesin penghalus karpet, digunakan untuk menyisir bulu karpet tebal atau panjang.
  8. Steam Machine / Steamer
    Steam machine adalah mesin yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada lantai, dinding, atau sudut ruangan dengan menggunakan uap panas.
  9. High Voltage Machine
    Jenis peralatan pembersih tenaga mesin terakhir adalah high voltage machine, yang digunakan untuk membersihkan lantai di sekitar kolam renang dengan efisiensi tinggi.
Baca Juga :   Penyebab Meteran Listrik Pulsa Muncul Tulisan Tunggu

Semua jenis peralatan ini memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan keindahan berbagai jenis permukaan serta memudahkan pekerjaan petugas kebersihan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara mendalam tentang apa itu cleaning equipment atau peralatan pembersih.

Dari mesin cuci hingga vacuum cleaner, dari deterjen hingga sikat, peralatan pembersih memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kita.

Semua ini adalah alat yang membantu kita menjaga rumah, kantor, atau tempat lain tetap bersih dan teratur.

Semoga artikel finoo.id ini bermanfaat bagi kalian dalam memahami peran penting peralatan pembersih dalam kehidupan sehari-hari kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *