Cara Pasang Booster TV

Cara Pasang Booster TV Yang Paling Mudah & Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Pasang Booster TV Yang Paling Mudah & Simpel. Saat ini hampir setiap rumah memiliki televisi sebagai barang elektronik yang wajib dimiliki. Namun, banyak pengguna mengalami masalah seperti hilangnya saluran atau gambar yang kurang jernih.

Masalah seperti ini sebenarnya dapat diatasi jika kita memiliki keahlian dalam bidang elektronika karena masalah ini tergolong mudah untuk diatasi. Namun sebelum memperbaikinya, kita harus mengetahui penyebab televisi mengalami masalah, terutama pada saluran yang gambarnya kurang jernih.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan televisi mengalami masalah, salah satunya adalah kurangnya sinyal yang ditangkap oleh antena televisi. Biasanya hal ini terjadi pada lokasi atau daerah yang jauh dari stasiun pemancar televisi, seperti di pelosok pedesaan yang sinyal dari pemancar terhalang oleh pegunungan. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan memasang booster televisi.

Booster televisi adalah rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai penguat sinyal. Dengan demikian, pancaran sinyal akan dikuatkan sehingga dapat tertangkap oleh antena televisi. Alat ini sangat berguna dalam kondisi dengan sinyal yang buruk karena dapat memperbaiki kualitas siaran dari stasiun televisi.

Apa itu Booster TV?

Booster Antena TV berfungsi untuk memperkuat penerimaan sinyal oleh televisi UHF. Umumnya, perangkat ini digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan saluran yang beragam dan gambar yang lebih jelas.

Booster Antena TV biasanya digunakan oleh orang-orang yang tinggal jauh dari stasiun pemancar, terutama masyarakat yang tinggal di pelosok desa di mana sinyal saluran televisi terhalang oleh pegunungan.

Seringkali, masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari booster ini akan memasang antena dengan ketinggian yang tinggi. Namun, bagi mereka yang tinggal di daerah pemukiman padat penduduk, hal ini sangat berbahaya terutama saat musim hujan tiba karena antena bisa tersambar petir atau bahkan roboh dan membahayakan tetangga sekitar.

Oleh karena itu, penggunaan booster antena TV dapat menjadi alternatif yang lebih aman dan efektif untuk mendapatkan sinyal televisi yang baik.

Fungsi booster tv

Booster TV merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal UHF hingga beberapa kali lipat. Besarnya nilai gain atau penguatan sinyal yang bisa dicapai oleh booster TV berbeda-beda tergantung pada merk dan jenisnya. Untuk mengetahui informasi mengenai nilai penguatan booster, Anda bisa melihat datasheet booster yang disertakan saat pembelian.

Baca Juga :   Penyebab Listrik Mati saat Menyalakan Kulkas Yang Tepat

Booster TV dapat digunakan pada semua jenis televisi, baik itu TV tabung maupun TV LED. Selain itu, booster juga bisa digunakan untuk memperkuat sinyal siaran radio FM dan sinyal lainnya yang berada pada range sinyal operasional booster.

Saat membeli booster TV, Anda akan mendapatkan 2 perangkat dengan fungsi yang berbeda:

  1. Perangkat booster atas yang berfungsi untuk memperkuat sinyal.
  2. Perangkat booster bawah yang berupa catu daya atau power supply untuk booster.

Dengan dasarnya, perangkat booster adalah unit yang akan dipasang di atas atau dekat dengan antena TV. Sedangkan pada unit di bawah, hanya berupa rangkaian catu daya biasa yang berfungsi untuk memberikan daya pada booster.

Pentingnya Memasang Booster TV

Memasang kabel antena TV ke booster sebenarnya tidak terlalu sulit dilakukan. Booster merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal televisi. Jika gambar televisi Anda tidak jernih atau bersemut, cobalah menggunakan booster.

Kabel antena adalah perantara sinyal dari booster ke televisi. Semakin baik kualitasnya, maka semakin baik pula gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, komponen ini sangat penting dalam pemasangan perangkat televisi. Selain itu, ada juga kabel coaxial yang memiliki fungsi tertentu. Lebih lanjut akan dijelaskan dalam artikel tentang cara memasang kabel antena TV paralel ini.

Sebelum memasang kabel antena TV ke booster, ada beberapa komponen yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Setidaknya ada dua komponen yang harus disiapkan, yaitu kabel antena dan booster. Pastikan Anda memilih kabel antena dan booster terbaik sebelum memulai cara pasang antena TV digital outdoor maupun indoor.

Berikut adalah beberapa tahapan persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memasang kabel antena TV ke booster.

1. Cara Memiliki Kabel Antena TV Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penting untuk menggunakan kabel antena berkualitas agar gambar yang dihasilkan lebih bagus. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman saat menonton siaran TV, bukan?

Pertama-tama, pilihlah kabel antena TV yang memiliki deretan panjang. Hal ini akan membuat penangkapan sinyal lebih mudah dan kuat.

Kemudian, pastikan juga untuk memilih kabel coaxial 75 ohm. Kabel ini memiliki kehilangan daya (attenuation) yang rendah, sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan merek yang terkenal seperti Belden, Kitani, atau Tanaka.

Baca Juga :   Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi ? Berikut Cara Menagatasinya

Anda dapat memilih merek kabel yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Jenis-Jenis Booster Terbaik

Meskipun Anda dapat memasang kabel antena TV tanpa booster, sebaiknya tetap menggunakan booster untuk memperkuat sinyal televisi.

Namun, pastikan Anda menggunakan booster berkualitas terbaik. Berbagai merek booster terbaik dapat ditemukan di toko elektronik offline maupun online. Kami merekomendasikan beberapa merek booster yang dapat dipilih untuk dipasang di televisi:

  • SKYBOX Set Top Box DVB T2
  • FALCOM FDA G300A
  • Televes Booster Matrix
  • Falcom FSA S300
  • PF DX W5000
  • Matrix HA-8640
  • Tanaka Power Supply Booster
  • VHF/ UHF TV Antenna Booster
  • CATV Signal Amplifier
  • Toyosaki TYS-468AW

3. Skema Pemasangan Antena TV ke Booster

Skema sangat penting untuk membantu Anda mengetahui di mana kabel antena harus dihubungkan. Ini akan memudahkan proses pemasangan dan memastikan kabel tetap aman dan rapi.

Berikut adalah contoh skema pemasangan antena TV ke booster:

Melalui skema di atas, dapat dilihat bahwa ketiga komponen – yaitu TV, antena, dan booster – saling terhubung. Kabel antena yang sudah dipersiapkan sebelumnya dihubungkan ke ketiga komponen tersebut. Pastikan Anda melakukan cara memasang ujung kabel antena TV dengan benar.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Setelah semua komponen yang diperlukan telah disiapkan, saatnya untuk memasangnya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang kabel antena TV ke booster. Pastikan Anda mengikuti prosedur pemasangan dengan benar dan urut.

1. Perhatikan Jalur Port pada Booster

Booster TV umumnya memiliki dua port yang dihubungkan dengan kabel. Port pertama adalah jalur menuju ke TV. Sedangkan port kedua terletak pada jalur ke antena.

Selain itu, ada tiga port lainnya, yaitu jalur ke antena VHF, antena UHF, dan dari booster bawah.

Untuk memasang antena TV UHF dan VHF, Anda memerlukan komponen tambahan seperti diplexer, kabel coaxial, FM rejection filters, amplifier, dan power supply. Berikut adalah penjelasan tentang fungsi utama dari setiap komponen tersebut:

  • Diplexer: berfungsi untuk menyatukan dua sinyal dari antena UHF dan VHF ke dalam satu kabel output.
  • Kabel coaxial: merupakan jalur lead-in antara TV dan antena.
  • FM rejection filters: digunakan untuk menyaring sinyal FM sehingga dapat membebaskan interferensi dari sinyal TV.
  • Amplifier: membantu antena untuk menangkap gelombang sinyal dengan lebih mudah.
  • Power supply: berfungsi sebagai sumber energi bagi amplifier yang dihubungkan melalui kabel coaxial.
Baca Juga :   Download File M3U IPTV Gratis Terbaru dan Terlengkap

Dengan menggunakan komponen tambahan ini, Anda dapat memperkuat sinyal antena TV UHF dan VHF sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik pada layar TV Anda.

2. Menyambungkan Komponen dengan Kabel

Jika semua langkah sebelumnya telah dilakukan, maka saatnya untuk persiapan terakhir yaitu menyambungkan antena, booster, dan TV dengan kabel yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sambungkan kabel sesuai dengan skema pemasangan kabel antena booster yang telah dijelaskan sebelumnya. Tidak perlu menggunakan skema yang rumit, selama jalur kabel tidak mengganggu atau merusak, maka itu sudah cukup.

Kelebihan memakai booster

Booster sebenarnya merupakan perangkat penguat sinyal yang digunakan tidak hanya untuk tv saja, tetapi juga untuk banyak perangkat komunikasi lainnya seperti radio komunikasi, pemancar radio, pemancar RF telekomunikasi, dan lain-lain.

Meskipun perangkat-perangkat tersebut memiliki desain dan fitur yang berbeda dengan booster tv, namun semua booster berfungsi untuk memperkuat sinyal.

Booster tv khusus dirancang untuk memperkuat sinyal gelombang televisi pada jalur frekuensi UHF dan VHF.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan booster tv sebagai penguat sinyal antena:

  1. Gambar televisi menjadi lebih jernih.
  2. Siaran televisi tidak mudah hilang saat cuaca buruk.
  3. Dapat menangkap siaran televisi dengan sinyal kecil.
  4. Tidak perlu mengatur arah antena untuk mendapatkan sinyal televisi.
  5. Bisa digunakan untuk antena indoor.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memasang booster TV agar sinyal televisi yang Anda terima menjadi lebih baik dan jernih.

Ingatlah untuk memilih booster TV yang sesuai dengan kebutuhan dan juga memperhatikan kualitas serta keandalannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan Anda dapat memasang booster TV dengan mudah dan memperoleh kualitas gambar yang lebih baik pada televisi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang cara pasang booster TV. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *