Rekomendasi Booster Antena TV

Rekomendasi Booster Antena TV Terbaik & Tips Memilihnya

Posted on

Finoo.id – Rekomendasi Booster Antena TV Terbaik & Tips Memilihnya. Selamat datang di panduan lengkap untuk mencari rekomendasi booster antena TV terbaik yang akan meningkatkan kualitas tayangan TV kalian. Saat ini, TV masih menjadi salah satu hiburan paling populer di seluruh dunia, dan memastikan kualitas siaran yang baik adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan booster antena TV berkualitas tinggi.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu kalian memilih booster antena TV yang tepat sesuai kebutuhan dan preferensi kalian. Kami juga akan memberikan ulasan mendalam tentang beberapa produk terbaik di pasaran. Jadi, mari kita mulai memahami dunia booster antena TV yang menarik!

Apa Itu Booster Antena TV dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Booster antena TV, juga dikenal sebagai penguat sinyal, adalah perangkat elektronik yang dirancang untuk meningkatkan kualitas sinyal TV kalian. Perangkat ini dapat meningkatkan daya tangkap antena, menguatkan sinyal yang lemah, dan membantu mengatasi gangguan yang dapat mengganggu kualitas tayangan. Booster antena TV biasanya terdiri dari penguat sinyal, kabel koaksial, dan antarmuka untuk terhubung dengan TV kalian.

Cara kerjanya cukup sederhana. Booster antena TV menangkap sinyal TV yang diterima oleh antena kalian, kemudian memperkuatnya sebelum mengirimkannya ke TV kalian melalui kabel koaksial. Proses ini memastikan bahwa sinyal yang diterima oleh TV kalian menjadi lebih kuat dan lebih jernih, menghasilkan pengalaman menonton yang lebih baik.

Fungsi Antena TV Indoor Booster

Jika rumah kalian berada di lokasi yang jauh dari kota dan terkendala oleh sinyal televisi yang kurang jernih, pemanfaatan penguat sinyal TV bisa menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan fungsi dari penguat antena TV, terutama yang digunakan di dalam ruangan:

1. Lebih Mudah Instalasi dan Lebih Aman

Terdapat beberapa pengguna yang memasang penguat sinyal TV di luar rumah pada ketinggian yang sama dengan antena. Namun, sebenarnya untuk penguat sinyal TV bagian dalam, kalian dapat memasangnya di dalam rumah dan tetap mendapatkan sinyal yang baik.

Pemasangan penguat antena TV di luar rumah akan meningkatkan risiko terkena petir dan menyebabkan konsleting. Hal ini dapat berbahaya karena jika petir menyambar pada saat sedang menonton TV, televisi dapat rusak. Selain itu, meletakkan penguat antena di luar rumah juga meningkatkan risiko gangguan dari berbagai faktor alam.

2. Kualitas Gambar yang Lebih Baik

Fungsi utama dari penguat antena TV adalah untuk meningkatkan kekuatan sinyal yang diterima oleh antena TV, sehingga sinyal yang diperkuat akan disalurkan ke televisi. Hal ini akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan beragam variasi saluran televisi yang lebih banyak.

Baca Juga :   Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus & Fungsinya

Selain itu, penguat antena TV jenis indoor juga memiliki keunggulan dalam hal kemudahan pembersihan dan perawatan. Karena ditempatkan di dalam ruangan, penguat ini akan lebih awet karena tidak terpapar langsung oleh panas dan hujan.

Rekomendasi Booster Antena TV Terbaik

Setelah mengetahui cara memasang penguat antena TV, penting untuk mengetahui beberapa merek penguat antena TV yang memiliki kualitas baik. Dengan menggunakan penguat antena TV terbaik, kalian dapat memperoleh hasil kualitas gambar yang lebih baik.

Saat ini, telah tersedia banyak pilihan antena TV terbaik yang dilengkapi dengan penguat internal sehingga lebih ringkas dan mudah dipasang. Berikut adalah beberapa rekomendasi antena TV indoor dengan penguat maupun jenis outdoor:

1. Skybox Set Top Box DVB T2

Dengan menggunakan booster antena TV dari Skybox, sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan suara yang jelas. Selain itu, kalian juga dapat merekam serial favorit dengan menggunakan flashdisk, fitur yang jarang ditemukan pada booster lainnya.

Booster DVB-T2 ini juga mendukung input antena UHF, sehingga kalian dapat menggunakan antena UHF untuk meningkatkan kualitas penerimaan sinyal.

Harga booster antena TV Skybox ini berkisar antara 300 hingga 400 ribu rupiah, tergantung pada tempat dan toko penjualannya.

2. Falcom FDA S400

Berikutnya, ada merek Falcom yang menghasilkan produk booster antena TV terbuat dari logam, sehingga lebih tahan terhadap gangguan interferensi yang dapat mempengaruhi sinyal televisi kalian.

Dengan menggunakan material logam pada bodinya, booster ini memiliki daya tahan yang baik, bahkan jika ditempatkan di luar ruangan dalam kondisi cuaca ekstrim sekalipun.

Harga booster antena TV Falcom S400 berkisar antara 1 jutaan rupiah dan telah tersedia dalam varian tipe indoor maupun outdoor.

3. Booster PF DX W9900

Apabila kalian mencari booster antena TV dengan harga yang lebih ekonomis, maka pilihan yang cocok adalah booster ini dengan kisaran harga sekitar 100 ribuan saja. Meskipun harganya terjangkau, booster ini memberikan penguatan sinyal dari antena TV yang cukup memadai.

Booster ini terdiri dari 2 bagian, yaitu yang dipasang di luar ruangan (outdoor) dan bagian indoor. Tentu saja, kualitas gambar yang dihasilkan dapat berbeda tergantung pada apakah pemasangan booster dilakukan di bagian indoor saja atau menggunakan kedua bagian.

Berikut adalah beberapa fitur dari booster VHF-UHF ini:

  • Gain Control: Memungkinkan kalian untuk mengatur kekuatan penguatan sinyal sesuai dengan kebutuhan.
  • Super High Gain: Memberikan penguatan sinyal dengan tingkat yang sangat baik.
  • Super High Power: Mampu menghadirkan daya penguatan sinyal yang tinggi.
  • Super Low Noise: Mengurangi tingkat noise (gangguan) pada sinyal untuk gambar yang lebih jernih.
  • Hybrid Filter: Menyaring sinyal secara efektif untuk hasil tayangan yang lebih baik.
  • Selector Switch: Dilengkapi dengan saklar pemilihan untuk mengatur penguatan sinyal dengan mudah.
  • Max Gain: Penguatan sinyal maksimum mencapai 48dB.

Dengan berbagai fitur ini, booster antena TV VHF-UHF ini menawarkan solusi ekonomis yang bisa meningkatkan kualitas sinyal TV kalian, sehingga kalian dapat menikmati tayangan dengan gambar yang lebih baik dan jernih.

Baca Juga :   Kode Remot TV Mito Semua Tipe Beserta Cara Settingnya

4. Booster Rapid 8620SA2

Berikut adalah salah satu pilihan booster antena TV dengan harga ekonomis namun memiliki kualitas penguatan sinyal yang cukup baik. Jika kalian memiliki 2 unit TV, maka penguat sinyal ini adalah pilihan yang tepat karena dengan harga yang terjangkau, kalian sudah bisa mendapatkan booster dengan output untuk 2 unit TV.

Dengan menggunakan booster ini, kalian tidak perlu repot mencari cara untuk membagi sinyal antena TV secara paralel.

Berikut ini adalah spesifikasi dari booster Rapid 8620SA2:

  • CATV Signal Amplifier 2 Way: Input (Antena), Output (2 unit TV)
  • Pengaturan Penguatan dengan Lampu Indikator Daya
  • LED Indikator Penggunaan
  • Digunakan untuk Indoor
  • Bahan: Aluminium
  • Daya: 1 Watt
  • Tegangan: 220 Volt
  • Frekuensi: 50Hz
  • Tingkat Penguatan: 20dB (Maksimum)
  • Berat: 50 gram
  • Dimensi: 7.9 x 5.8 x 2.8 cm

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi ini, booster Rapid 8620SA2 memberikan solusi yang praktis dan terjangkau bagi kalian yang ingin meningkatkan kualitas sinyal antena TV untuk 2 unit televisi sekaligus.

Cara memilih Booster TV

Secara umum, Booster TV dipasang dengan cara yang hampir serupa. Yang membedakan adalah area instalasinya dan spesifikasi produknya. Mari kita pahami poin-poinnya satu per satu agar kalian dapat memilih produk penguat sinyal TV yang terbaik.

1. Pilih tipenya berdasarkan status penerimaan sinyal di lingkungan tempat tinggal kalian

Penguat sinyal TV terbagi menjadi dua tipe, yaitu indoor dan outdoor. Berikut ini akan kami jelaskan kegunaan dari masing-masing tipenya. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi sinyal TV di lingkungan rumah kalian.

  • Tipe Outdoor, digunakan untuk lingkungan yang kesulitan menerima sinyal TV. Booster antena TV outdoor sangat cocok digunakan jika kalian berada di daerah terpencil atau jauh dari pemancar TV, di mana sinyal TV biasanya lebih lemah. Dengan menggunakan penguat antena outdoor, kalian dapat meningkatkan penerimaan sinyal TV dan mengatasi masalah ketidakstabilan atau gambar yang kabur.
  • Tipe Indoor, berfungsi untuk meningkatkan kinerja splitter dan menstabilkan gambar. Booster antena TV indoor sangat efektif jika kalian memiliki beberapa TV yang terhubung ke satu antena. Dengan penguat antena indoor, kalian dapat memperkuat sinyal agar dapat dibagi secara merata ke beberapa TV tanpa mengurangi kualitas gambar. Selain itu, penguat antena indoor juga membantu menghilangkan gangguan dan jitter pada tayangan TV, sehingga gambar menjadi lebih stabil dan jernih.

2. Ketahui spesifikasi yang dimiliki penguat sinyal TV pilihan kalian

Saat memilih penguat sinyal TV, penting bagi kalian untuk memahami berbagai istilah teknis terlebih dahulu. Berikut ini beberapa fitur penting yang akan kami jelaskan secara rinci untuk kalian. Dengan mengetahui spesifikasi ini, kalian dapat menikmati gambar yang jernih di layar TV kalian.

  • Noise Figure (Angka Kebisingan): Merupakan ukuran tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh penguat antena TV. Semakin rendah angka kebisingannya, semakin baik penguat tersebut dalam menghilangkan gangguan dan interferensi yang dapat mengurangi kualitas gambar.
  • Gain (Penguatan): Merupakan rentang gelombang yang dapat diperkuat oleh penguat antena TV. Gain yang lebih tinggi berarti penguat dapat meningkatkan sinyal TV pada rentang frekuensi yang lebih luas, sehingga dapat menangkap saluran TV dengan lebih baik.
  • Output (Keluaran): Merupakan batas sinyal yang dihasilkan oleh penguat antena TV untuk mendapatkan gambar yang stabil dan jernih di layar TV. Pastikan output penguat cukup kuat dan sesuai dengan kebutuhan perangkat televisi kalian.
  • Input (Masukan): Merupakan fitur di mana kalian dapat mengatur kekuatan penerimaan sinyal sesuai dengan kondisi lingkungan dan jarak antara antena TV dengan pemancar. Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengoptimalkan kinerja penguat antena sesuai kebutuhan.
Baca Juga :   Cara Update Firmware TV Aqua Japan Paling Mudah

3. Periksa kompatibilitasnya dengan sinyal TV yang ingin kalian dapatkan

Untuk dapat menikmati gambar beresolusi tinggi, penting untuk memeriksa apakah produk penguat sinyal TV mendukung siaran televisi digital video broadcasting (DVB). Saat ini, siaran televisi digital sudah dapat dinikmati, maka dari itu pertimbangkan produk yang kompatibel dengan frekuensi siaran tersebut.

Jika kalian menggunakan layanan TV kabel (CATV), kalian perlu memilih produk yang khusus untuk TV kabel. Harap diingat bahwa meskipun penguat sinyal TV mendukung siaran digital terestrial, produk tersebut tidak kompatibel dengan jaringan TV kabel.

Dengan memperhatikan kompatibilitas produk dengan jenis siaran yang kalian gunakan, kalian dapat memastikan penguat sinyal TV yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan mendapatkan gambar beresolusi tinggi untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

4. Pertimbangkan penguat sinyal TV dari merek tepercaya di bidangnya

Jika kalian ingin membeli produk penguat sinyal TV berdasarkan produsennya, pilihlah yang khusus bergerak di bidang perangkat periferal TV. Produk-produk dari produsen tersebut sudah banyak diminati di e-commerce Indonesia. kalian dapat memilih dari merek-merek seperti Toyosaki, Tanaka, Falcom, dan lainnya. Setiap produsen umumnya menyediakan beragam model penguat sinyal TV.

Selain itu, kalian juga dapat mempertimbangkan produk dari Televes. Brand tersebut sudah terkenal secara internasional karena produk-produknya yang berkaitan dengan sinyal TV. Televes berasal dari Spanyol dan memproduksi penguat sinyal TV, antena, serta parabola.

Dengan memilih produk dari produsen yang berfokus pada perangkat periferal TV, seperti merek-merek yang telah disebutkan di atas, kalian dapat lebih percaya diri dalam memilih penguat sinyal TV yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id ini membahas mengenai rekomendasi booster antena TV terbaik yang bisa menjadi solusi bagi masalah sinyal TV kalian.

Dengan pertimbangan faktor kualitas, kekuatan penguatan sinyal, dan harga, harapannya kalian dapat memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang tepat dalam mencari booster antena TV yang ideal.

Selalu pastikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan membaca ulasan produk sebelum memutuskan untuk membeli, agar kalian mendapatkan produk terbaik yang layak atas investasi kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *