Frekuensi RTV

Frekuensi RTV Paling Terbaru dan Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Frekuensi RTV Paling Terbaru dan Paling Lengkap. Selamat datang pada panduan lengkap tentang Frekuensi RTV! Jika kalian penggemar televisi di Indonesia, kalian mungkin pernah mendengar tentang istilah “Frekuensi RTV” sebelumnya.

Dalam artikel komprehensif ini, kami akan menyelami dunia penyiaran televisi Indonesia, menjelaskan apa itu Frekuensi RTV, bagaimana hal itu memengaruhi saluran favorit kalian, dan pentingnya dalam menyampaikan hiburan berkualitas tinggi ke ruang keluarga kalian.

Apa Itu RTV?

RTV, atau Rajawali Televisi, adalah jaringan televisi swasta nasional di Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan Rajawali Corpora yang didirikan oleh Sofia Koswara. Awalnya, RTV beroperasi dengan nama B-Channel sejak 1 Oktober 2009, dan kemudian mengubah namanya menjadi RTV pada 3 Mei 2014.

Sejarah RTV dimulai ketika stasiun televisi lokal asal Jakarta bernama B-Channel melakukan percobaan pada tahun 2007. Setelah berlangsung secara efektif mulai 20 Oktober 2008, stasiun B-Channel secara resmi diumumkan ke publik dalam forum diskusi pada 29 Oktober 2009. Pada 1 November 2009, stasiun B-Channel mulai bersiaran secara resmi dengan cakupan siar di wilayah Jawa, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Program-programnya saat itu difokuskan untuk keluarga, anak-anak, dan pendidikan.

Setelah lima tahun beroperasi, stasiun B-Channel mengungkapkan nama barunya, yaitu RTV, dalam sebuah konferensi pers pada 28 April 2014. Logo dan nama RTV kemudian diperkenalkan kepada pemirsa melalui siaran perdana Lensa Indonesia pada 3 Mei 2014. RTV berbeda dari B-Channel yang menayangkan program impor, karena RTV beralih fokus pada konten edukatif dan menyiarkan lebih banyak acara lokal serta produksi in-house.

Saat ini, RTV lebih memfokuskan pada program hiburan, terutama animasi yang cocok untuk anak-anak. Selain itu, stasiun ini juga menyajikan berbagai liputan terkini tentang peristiwa yang sedang terjadi. Target pasar RTV adalah penonton perempuan dan anak-anak, dengan sekitar 60% dari program yang ditujukan untuk anak-anak dan penonton perempuan.

Kantor pusat RTV berlokasi di Jl. Thamrin Boulevard, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Logo RTV mencerminkan visi kekuatan dalam mendorong kemajuan industri pertelevisian Indonesia, sementara nama “Rajawali” menggambarkan kekuatan burung Rajawali di udara. Nama “Rajawali Corpora” dipilih setelah mantan direktur utama, Maria Goretti Limi, bekerja sama dengan agensi penjenamaan pada awal tahun 2014.

Baca Juga :   Ciri Ciri IC Memory TV Rusak Lengkap Dengan Cara Resetnya

Frekuensi RTV Terbaru

Meskipun masih tergolong baru, RTV memiliki banyak program televisi populer yang disiarkan di salurannya. Frekuensi dan simbol rate RTV telah diperbarui oleh satelit Indonesia sehingga kini dapat diakses melalui satelit Palapa D.

Meskipun RTV belum termasuk dalam beam Indonesia, siaran televisi ini dapat dengan mudah diakses asalkan kalian mengetahui frekuensi terbaru RTV.

Bagi pengguna TV parabola di Indonesia, frekuensi RTV dapat ditemukan dengan mudah pada hampir semua satelit FTA, termasuk di C-Band dan KU-Band.

Sementara bagi pengguna TV satelit, kalian perlu memasukkan frekuensi dan simbol rate yang tepat ke receiver agar proses menonton berlangsung lancar tanpa gangguan sinyal. Penting juga untuk diketahui bahwa pencarian saluran mungkin menjadi lebih sulit jika receiver yang kalian gunakan belum mendukung pencarian otomatis.

Namun, tak perlu khawatir. Kami akan menyajikan detail informasi tentang frekuensi RTV terbaru yang dapat kalian pilih sesuai dengan tipe LNB dan perangkat receiver yang kalian gunakan saat ini. Cukup masukkan data transponder tersebut, lakukan scan channel, dan kalian siap menikmati tayangan dari RTV.

Frekuensi RTV MPEG2

Jika ingin menemukan frekuensi RTV, kalian dapat menggunakan receiver atau decoder MPEG-2 yang satu ini. Frekuensi RTV ini berada pada kisaran 3949 V 4333 dengan frekuensi transponder sebesar 3949 Mhz dan polarisasi vertikal. Symbol rate untuk frekuensi RTV ini adalah 4333 Msyb.

RTV pada decoder MPEG-2 ini menyajikan tayangan dalam kualitas SD dengan tipe Free To Air. Selain itu, frekuensi RTV ini dapat diakses melalui satelit Telkom-4 yang terletak pada koordinat 108° E.

Frekuensi RTV MPEG2 pada satelit Palapa D

Frekuensi RTV dapat diakses melalui satelit Palapa D. Pada satelit Palapa D, channel RTV tersedia pada transponder 3863 V 4333. Channel ini dapat diakses pada frekuensi 3863 dengan polarisasi vertikal.

Channel RTV memiliki simbol rate sebesar 4333 dan SID channel berada pada slot 0002. Nama siaran yang digunakan adalah “TVN 1,” dan tipe siaran RTV adalah “Digital Television.” Harmonic menjadi provider RTV dan juga menjadi nama jaringan frekuensi RTV saat ini.

Baca Juga :   Kode Remot TV Aoyama Semua Tipe Terlengkap

Untuk PMT PID, RTV menggunakan angka 257, sedangkan PCR PID berada pada angka 513. Frekuensi RTV telah menggunakan resolusi tampilan yang sangat baik, yaitu 576i (720 x 576i). Aspek rasio yang digunakan oleh RTV adalah 4:3 interlaced.

Dengan dukungan sampling ukuran 4:2:0, kualitas tampilan gambar yang dihasilkan oleh channel RTV menjamin tampilan yang sangat baik sebanding dengan frekuensi channel televisi populer lainnya.

RTV juga menggunakan PID pada angka 512 dengan tipe stream frekuensi format MPEG2 sesuai spesifikasi ITU-T Rec. Kualitas audio dari frekuensi RTV saat ini menggunakan MPEG Audio pada PID 4112 dengan tipe stream MPEG Audio. Channel RTV juga telah memperoleh sertifikat ISO/IEC 13818-3 yang menjamin kualitasnya cukup baik.

Transponder Frekuensi RTV

Penggunaan frekuensi RTV pada satelit selain Palapa D memerlukan penyesuaian frekuensi yang tepat pula. Jika kalian menggunakan satelit Palapa D, penambahan frekuensi RTV akan terpasang secara otomatis.

Namun, bagi pemilik televisi jenis lama, pencarian frekuensi secara otomatis menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Selain melalui satelit, RTV juga dapat diakses melalui jaringan internet atau televisi online, memungkinkan kalian menonton channel RTV melalui komputer, smartphone, hingga laptop.

Untuk memudahkan kalian dalam melakukan tracking siaran RTV, berikut ini beberapa data frekuensi yang dapat kalian gunakan hanya melalui transponder dan dapat dinikmati secara gratis.

Berikut adalah detail informasi mengenai transponder RTV terbaru:

Satelit Thaicom 4:

  • Koordinat: 199.5oE
  • Frekuensi dan simbol rate: 11686 V 6666
  • Sistem: DVB-S2 8PSK MPEG4
  • Keterangan: FTA (Free-To-Air)

Satelit SES 9:

  • Koordinat: 108.2oE
  • Frekuensi dan simbol rate: 11024 V 15675
  • Sistem: DVB-S2 QPSK MPEG4
  • Keterangan: FTA (Free-To-Air)

Satelit China Sat 11:

  • Koordinat: 98.0oE
  • Frekuensi dan simbol rate: 12560 V 43200
  • Sistem: DVB-S2 8PSK MPEG4
  • Keterangan: FTA Ninmedia

Satelit Measat 3a:

  • Koordinat: 91.4oE
  • Frekuensi dan simbol rate: 12436 H 31000
  • Sistem: DVB-S2 8PSK MPEG4
  • Keterangan: Kvsion/ Garmedia FTA (Free-To-Air)

Satelit Measat 3b:

  • Koordinat: 91.5oE
  • Frekuensi dan simbol rate: 12543 V 30000
  • Sistem: DVB-S2 8PSK MPEG4
  • Keterangan: Transvision

Satelit ABS 2:

  • Koordinat: 75.0oE
  • Frekuensi dan simbol rate: 12287 V 44000
  • Sistem: DVB-S2 8PSK MPEG4
  • Keterangan: SMV TV

Frekuensi RTV UHF

Berikut ini adalah tabel frekuensi RTV dalam bentuk tabel untuk semua kota di Indonesia

Sinyal UHF RTV
Ambon44 UHF
Balikpapan34 UHF
Bandar Lampung44 UHF
Bandung36 UHF
Banjarmasin48 UHF
Banyuasin52 UHF
Batam55 UHF
Bengkulu57 UHF
Cikarang61 UHF
Cirebon40 UHF
Denpasar51 UHF
Garut36 UHF
Gorontalo48 UHF
Jakarta23 UHF
Jambi54 UHF
Jayapura44 UHF
Kendari59 UHF
Kupang44 UHF
Makassar59 UHF
Malang24 UHF
Manado60 UHF
Mataram54 UHF
Medan53 UHF
Padang61 UHF
Palangkaraya25 UHF
Palembang58 UHF
Palu54 UHF
Pangkal Pinang48 UHF
Pati57 UHF
Pekanbaru48 UHF
Pontianak50 UHF
Poso22 UHF
Purwakarta61 UHF
Purwokerto24 UHF
Samarinda23 UHF
Semarang56 UHF
Sukabumi22 UHF
Sumedang53 UHF
Surabaya38 UHF
Surakarta55 UHF
Tegal24 UHF
Yogyakarta55 UHF
Baca Juga :   Skema Rangkaian Backlight TV LED & Cara Mengukurnya

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, frekuensi RTV telah menunjukkan peran penting dalam memperkaya dunia pertelevisian Indonesia dengan beragam konten berkualitas. Keterlibatannya dalam menyajikan informasi, hiburan, dan pendidikan kepada masyarakat merupakan suatu kontribusi besar dalam industri media lokal.

Dalam dunia yang terus berubah dan berkembang, kita bisa mengharapkan frekuensi RTV untuk terus tumbuh dan beradaptasi, memenuhi kebutuhan pemirsa dengan konten yang relevan dan bermakna.

Dengan komitmen dan dedikasinya, RTV akan terus berperan sebagai saluran televisi yang berdaya saing, membentuk budaya dan masyarakat yang lebih maju dan berpengetahuan.

Selama kita masih merasakan nilai dan manfaat dari frekuensi RTV, mari kita dukung dan hargai upaya mereka dalam menjaga kualitas pertelevisian kita.

Tunjukkan dukungan kalian dengan terus menyaksikan dan berpartisipasi dalam program-program mereka. Karena tanpa kerjasama dan dukungan kita semua, pertelevisian yang bermakna dan berkualitas tinggi tidak akan mungkin terwujud.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Frekuensi RTV Paling Terbaru dan Paling Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *