Apa Itu Equalizer

√ Apa Itu Equalizer? Fungsi, Jenis dan Manfaatnya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Equalizer? Fungsi, Jenis dan Manfaatnya Lengkap. Equalizer merupakan salah satu komponen yang umumnya menjadi bagian integral dari sistem audio atau sound-system modern saat ini. Komponen ini termasuk dalam kategori aksesori audio. Jadi, bagi mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang dunia audio, pengetahuan tentang equalizer adalah hal yang penting.

Saat ini, equalizer tidak lagi perlu menjadi aksesori terpisah. Pada perangkat audio digital modern, equalizer telah menjadi bagian dari paket lengkap sebagai prosesor audio, yang juga mencakup fitur-fitur seperti bandpass filter, limiter, efek audio, dan lain sebagainya.

DLMS adalah unit praktis yang semakin populer di kalangan profesional penyewaan soundsystem, yang sering sudah dilengkapi dengan equalizer. Atau, dalam konteks audio mobil, kita juga mengenal DSP (Digital Signal Processing). Lebih dari itu, equalizer juga dapat diakses dalam bentuk perangkat lunak (software) pada komputer atau melalui aplikasi equalizer di smartphone Android.

Apa Itu Equalizer?

Equalizer adalah perangkat lunak atau keras yang digunakan untuk mengatur intensitas frekuensi tertentu.

Pada dasarnya, dalam rekayasa suara, semuanya bermuara pada karakteristik pendengaran manusia. Telinga kita lebih sensitif terhadap beberapa frekuensi daripada yang lain, meskipun mereka memiliki energi yang setara atau bahkan lebih tinggi. Rentang frekuensi pendengaran manusia berkisar antara 20-20.000 Hz, di mana suara akan terdengar lebih halus ketika frekuensinya mendekati batas rentang tersebut.

Ketika kita menyanyi dengan nada dan instrumen yang sama di dalam mobil, ruangan, atau menggunakan speaker yang berbeda, kita akan mendengar perbedaan yang signifikan dalam suaranya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan dalam bentuk, ukuran, dan konfigurasi perangkat tersebut.

Apakah Fungsi Atau Kegunaan Equalizer?

Dalam konteks audio, kita berbicara tentang rentang frekuensi yang dapat didengar oleh telinga manusia, yakni berkisar antara 30Hz hingga 20kHz. Frekuensi terendah adalah 30Hz, sementara yang tertinggi adalah 20kHz. Namun, jika semua frekuensi ini dikuatkan oleh power amplifier dan direproduksi dengan kekuatan yang sama oleh speaker, biasanya suara yang dihasilkan tidak akan banyak diminati oleh sebagian besar pendengar. Audio tanpa proses dari equalizer akan terdengar datar, tidak nyaman, dan secara estetika kurang menarik, bahkan bisa menyakitkan telinga.

Baca Juga :   √ Pengertian Power Amplifier Class GB Serta Kelebihan & Kekuranganya

Equalizer membantu pengguna untuk menyesuaikan karakter audio sesuai dengan genre musik yang mereka nikmati. Ingatlah bahwa setiap genre musik memerlukan penyesuaian frekuensi yang berbeda. Sebagai contoh, musik dangdut cenderung lebih enak didengar jika mid, bass, dan treble terpadu dengan baik. Sementara itu, genre DJ atau musik tekno umumnya lebih disukai dengan bass yang lebih kuat.

Beberapa rentang frekuensi dapat terasa tidak nyaman bagi telinga manusia, sehingga perlu dikurangi secara drastis, biasanya pada frekuensi audio menengah antara 400Hz hingga 1,2kHz.

Di sisi lain, ada rentang frekuensi yang perlu ditingkatkan, seperti suara sub-bass pada 20Hz hingga 30Hz, karena sebagian besar orang menganggap audio tanpa bass kurang memukau. Selain itu, treble, yaitu frekuensi nada tinggi antara 8kHz hingga 12kHz, juga perlu ditingkatkan.

Beberapa frekuensi lainnya terkadang perlu disesuaikan agar seimbang dari nada rendah hingga tinggi. Inilah peran penting dari equalizer, yaitu untuk mengatur frekuensi audio, menambahkan atau mengurangi sesuai kebutuhan, sehingga audio terdengar lebih menarik, nyaman, dan indah bagi telinga pendengar.

Manfaat Equalizer

Penggunaan equalizer dalam sistem audio memberikan berbagai manfaat yang signifikan:

  1. Peningkatan Kualitas Audio: Equalizer memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan suara audio sesuai dengan preferensi mereka. Dengan mengatur frekuensi-frekuensi tertentu, Anda dapat menciptakan suara yang lebih enak didengar dan lebih detail. Ini memungkinkan audio untuk menghadirkan karakteristik yang sesuai dengan jenis musik yang diputar. Misalnya, Anda dapat meningkatkan bass untuk musik elektronik atau merinci vokal dalam musik akustik.
  2. Perlindungan Speaker: Equalizer membantu melindungi komponen speaker. Speaker memiliki batas frekuensi yang optimal untuk kinerjanya, dan jika terlalu banyak energi diberikan pada frekuensi tertentu, dapat menyebabkan overload atau kerusakan. Equalizer memungkinkan Anda membatasi frekuensi yang diteruskan ke speaker, sehingga speaker hanya menerima frekuensi yang sesuai, memperpanjang usia pemakaian mereka.
  3. Peningkatan Audio Biasa: Meskipun sistem audio mungkin memiliki kualitas yang biasa, penambahan unit equalizer dengan pengaturan yang sesuai dapat mengubahnya menjadi sistem audio yang lebih baik. Anda dapat meningkatkan kualitas audio dan mendengarkan detail yang mungkin tidak terdengar sebelumnya.

Jadi, dengan menggunakan equalizer, Anda tidak hanya meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan, tetapi juga menjaga kesehatan speaker Anda dan menghadirkan pengalaman mendengarkan yang lebih memuaskan sesuai dengan preferensi Anda.

Baca Juga :   √ Mengenal Amplifier OCL 150 Watt dan Kerusakan Yang Umum Terjadi

Jenis-Jenis Equalizer

Ekualiser dapat hadir dalam berbagai bentuk, baik sebagai unit perangkat keras maupun sebagai plug-in perangkat lunak, dan dapat ditemukan dalam beberapa variasi, seperti:

1. Equalizer Grafis

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, equalizer grafis seperti Klark Teknik DN360 adalah salah satu jenis equalizer yang memiliki tampilan grafis dengan slider kontrol. Setiap saluran pada equalizer ini memiliki 30 slider kontrol yang mewakili berbagai band frekuensi. Setiap band dapat dipotong atau dikuatkan hingga 12 desibel. Pengguna dapat membentuk kurva frekuensi sesuai kebutuhan mereka dengan equalizer ini, dan juga memperbaiki ketidaksempurnaan pada sinyal audio atau menerapkan peningkatan sesuai keinginan.

2. Equalizer Parametrik

Equalizer parametrik, seperti yang ditampilkan dalam gambar di atas, biasanya dilengkapi dengan beberapa band EQ yang dapat diatur. Setiap band memiliki tiga parameter utama: frekuensi tengah, yang mengontrol frekuensi yang akan dipengaruhi; gain, yang menentukan sejauh mana peningkatan atau pemotongan akan diterapkan; dan parameter Q, yang mengatur lebar band frekuensi yang akan dipengaruhi oleh penyesuaian. Equalizer parametrik ini sangat berguna untuk mengatasi masalah audio khusus dan memberikan kontrol yang lebih presisi terhadap suara.

3. Equalizer Plug-in Lanjutan

Equalizer plug-in canggih, seperti FabFilter Pro-Q 2 yang ditunjukkan pada gambar di atas, menyediakan banyak kontrol dan fleksibilitas. Pro-Q 2 memiliki hingga 24 band equalizer yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan frekuensi dengan sangat akurat. Tampilan respon frekuensi yang diberikan oleh plug-in ini memungkinkan pengguna untuk melihat dengan jelas area mana yang memerlukan penyesuaian dan menerapkannya dengan tepat. Meskipun tampilannya bisa rumit, equalizer ini sangat kuat dan memungkinkan penyesuaian yang sangat detail terhadap audio.

Alasan Penggunaan Equalizer

Ada beberapa alasan penting mengapa penggunaan equalizer menjadi sangat dibutuhkan dalam dunia audio:

  1. Peningkatan Rentang Frekuensi: Terkadang, rentang frekuensi tertentu dalam audio mungkin terdengar terlalu lembut atau kurang menonjol. Misalnya, frekuensi bass mungkin terlalu redup, sehingga equalizer dapat digunakan untuk meningkatkan kehadiran frekuensi bass ini, memberikan kedalaman dan kekuatan yang lebih pada audio.
  2. Penyesuaian Frekuensi Keras: Di sisi lain, ada saat-saat ketika frekuensi tinggi, seperti treble, terdengar terlalu keras atau tajam. Equalizer memungkinkan untuk mengurangi kekerasan ini dengan menurunkan tingkat frekuensi tinggi, sehingga audio terdengar lebih seimbang.
  3. Perbaikan Kualitas Audio: Terkadang, suara pada rentang frekuensi tertentu mungkin terdengar kurang menarik. Equalizer dapat digunakan untuk meratakan dan melicinkan frekuensi yang kurang menonjol, menciptakan suara yang lebih meresap dan menyenangkan di telinga.
  4. Peningkatan Vokal dan Instrumen: Ketika vokal atau instrumen dalam audio terdengar membosankan atau tidak cukup menarik, equalizer memungkinkan untuk meningkatkan karakter suara ini. Anda dapat menonjolkan vokal yang hangat atau instrumen yang kuat dengan pengaturan equalizer yang tepat.
  5. Pemaduan Audio: Dalam situasi di mana Anda perlu memadukan dua atau lebih vokal atau instrumen, equalizer dapat membantu menciptakan ruang dan perbedaan antara elemen-elemen audio tersebut. Ini memungkinkan mereka berinteraksi dengan lebih baik dan menciptakan keselarasan dalam campuran audio.
  6. Pencampuran Kumpulan Vokal: Dalam situasi di mana Anda bekerja dengan kumpulan vokal, equalizer sangat penting untuk menciptakan ruang bagi setiap vokal agar bisa terdengar dengan jelas dan seimbang dalam campuran vokal yang kompleks.
Baca Juga :   √ Apa Itu Audiophile? dan Istilah-Istilah yang Sering Digunakan

Dengan berbagai kebutuhan dan tantangan dalam dunia audio, equalizer adalah alat yang sangat fleksibel dan penting untuk membentuk suara agar sesuai dengan preferensi, genre musik, atau situasi rekaman tertentu.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengakhiri artikel finoo.id ini dengan keyword “Apa Itu Equalizer,” kita dapat menyimpulkan bahwa equalizer adalah perangkat yang sangat penting dalam dunia audio.

Fungsi utamanya adalah untuk mengatur intensitas frekuensi audio, sehingga suara yang dihasilkan sesuai dengan preferensi, genre musik, atau situasi tertentu.

Dari mengubah kekuatan bass hingga menyesuaikan tingkat treble, equalizer memberi pengguna kontrol yang kuat untuk mencapai kualitas audio yang diinginkan.

Dalam dunia yang penuh dengan beragam tantangan audio, equalizer adalah sahabat yang setia dalam menciptakan pengalaman mendengarkan yang lebih memuaskan dan memaksimalkan potensi perangkat audio.

Jadi, jawaban atas pertanyaan “Apa Itu Equalizer?” adalah: Equalizer adalah alat ajaib yang membantu kita menjadikan suara lebih baik dan sesuai dengan selera kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *