Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78

Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78 Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78 Yang Tepat. Para tenaga servis membutuhkan skema rangkaian speaker aktif Polytron pas 78 untuk memperbaiki speaker aktif Polytron dengan seri ini. Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada speaker aktif Polytron, yang juga dikenal sebagai MOSFET. Faktor utama adalah penggunaan yang cukup lama dan terus-menerus.

Namun, ada juga penyebab lainnya. Biasanya, transistor final atau driver telah dimodifikasi, tetapi modifikasi ini tidak sesuai dengan beban kerja dari regulator SMPS. Regulator biasanya terpaksa bekerja berat dan masalah ini dapat terjadi pada speaker aktif Polytron yang masih memiliki stkalianr pabrik. Namun, kerusakan regulator SMPS terjadi pada transistor MOSFET karena kerusakan komponen primer atau sekunder.

Ini Dia Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78!

Speaker aktif Polytron PAS 78 memiliki XBR (Extended Bass Radiator) Woofer yang membuat suara lebih ngebass dan jernih. Selain itu, speaker ini juga dilengkapi dengan radio FM dan dua input microphone.

Terdapat gambar skema atau rangkaian speaker aktif Polytron PAS 78 yang menunjukkan bahwa rangkaian terdiri dari berbagai macam komponen yang saling berkaitan untuk membentuk jaringan dan menjalankan fungsi speaker.

Bagi yang ingin memperbaiki speaker aktif ini, mereka perlu memahami mesin dari masing-masing seri speaker yang berbeda. Berikut adalah beberapa mesin dari speaker aktif yang berbeda:

1. Mesin Speaker Aktif Polytron Pas 78

Speaker Aktif Polytron Pas 56 merupakan salah satu produk terlaris dengan keunggulan pada XBR atau Extended Bass Radiator Woofer yang menghasilkan kualitas suara bass yang sangat ciamik. Fitur woofer ini memungkinkan suara jernih terdengar lebih jelas.

Baca Juga :   Cara Reset Mesin Cuci Polytron Semua Tipe Lengkap

Seperti produk audio lainnya, speaker PAS 78 dilengkapi dengan fitur radio FM dan dua input microphone untuk karaoke. Speaker aktif ini juga banyak dijual di berbagai toko online. Jika terjadi kerusakan pada speaker aktif ini, sebaiknya mesinnya segera diganti untuk menghindari menaruhnya terlalu lama di tempat servis.

2. IC Pwm Speaker Aktif Polytron

Mayoritas power supply pada speaker aktif Polytron, terutama pada jenis Polytron Pas 78, menggunakan ICI PWM OB 2269 dan mosfet 7N65C atau K7A65D. Ketika regulator atau mosfet pada Polytron mengalami kerusakan, teknisi servis akan mendeteksi masalahnya dengan melihat PIN IC PWM OB 2269. IC ini memproduksi SMPS power supply pada speaker aktif Polytron dan berfungsi sebagai oscillator serta generator frekuensi sinyal PWM.

IC PWM pada speaker aktif jenis ini memiliki beberapa pin, yaitu GROUND, Input tegangan start up, penentu frekuensi PWM, dan feedback input pin. Keberadaan RI dan RT berfungsi sebagai sensor suhu apabila tegangan pada pin. Selain itu, IC ini juga berfungsi untuk melindungi output PWM agar tidak rusak meskipun mengalami drop tegangan hingga 1,05V DC.

3. Modul Speaker Aktif Polytron Pas 79

Modul pada speaker aktif ini dikatakan mengalami kerusakan jika speaker mengeluarkan suara sember atau pecah, bahkan bisa mati total. Biasanya, masalah tersebut disebabkan oleh short pada TIP41C atau TIP42C yang seharusnya diganti. Namun, teknisi biasanya juga memeriksa komponen di sekitarnya. Tidak jarang, resistor antara R646 atau R647, serta R648 atau R649 putus dan perlu diganti.

Apa Saja Daftar Komponen Speaker Aktif Polytron Pas 28?

Setelah mengetahui skemanya, penting juga untuk mengetahui komponen apa saja yang membentuk speaker aktif Polytron Pas 28 sehingga kualitasnya sangat baik dan disukai oleh pengguna. Selanjutnya, kita dapat mengetahui apa yang membedakan jenis speaker ini dengan yang lain.

Berikut adalah daftar komponen yang ada di speaker aktif Polytron Pas 28:

1. Pre-Amp

Pre-amp memiliki fungsi untuk menyeleksi sumber audio dari berbagai jenis perangkat, seperti mikrofon, DVD, atau perangkat lain yang terhubung dengan speaker aktif. Sinyal dari berbagai perangkat tersebut akan ditangkap dan kemudian diarahkan ke tone control.

Baca Juga :   Jenis – Jenis Konektor Audio Yang Populer Digunakan

2. Tone Control

Tone control berfungsi untuk mengatur karakteristik frekuensi sinyal audio pada speaker aktif. Tujuannya adalah untuk menghasilkan suara dengan nada yang berbeda-beda, yaitu bass dan treble yang tinggi atau rendah.

3. Power Amplifier

Power amplifier pada speaker aktif berfungsi untuk menguatkan sinyal suara yang telah diatur oleh tone control. Suara yang ditangkap akan diperkuat dalam satuan Watt atau RMS.

4. Loudspeaker

Driver speaker pada speaker aktif berfungsi untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara. Terdapat beberapa jenis driver speaker di dalamnya, seperti woofer, midrange, dan tweeter. Setiap jenis speaker memiliki frekuensi yang berbeda-beda.

5. Catu Daya

Power supply pada speaker aktif berfungsi untuk menghidupkan komponen-komponen speaker lainnya, serta untuk mengalirkan arus listrik.

Apa Saja Mesin Speaker Aktif Polytron Pas 28?

Selain komponen-komponen yang telah dijelaskan sebelumnya, speaker aktif Polytron Pas 28 juga memiliki beberapa mesin seperti berikut:

1. Magnet

Magnet driver speaker pada speaker aktif berfungsi untuk menghasilkan induksi yang terdapat di dalam speaker, sehingga menciptakan medan magnet. Dua magnet yang saling terinduksi akan menghasilkan aliran listrik, yang akan diubah menjadi suara.

2. Kumparan

Kumparan pada speaker aktif berfungsi untuk menghubungkan hasil induksi dengan conus. Bentuknya adalah serangkaian magnet yang dapat menghasilkan arus setelah mengalami proses induksi.

3. Conus

Conus pada speaker aktif berfungsi untuk menghasilkan gelombang suara, yang didapatkan dari pergerakan udara di sekitar komponen, serta hasil dari pergerakan induksi yang terjadi di kumparan.

4. Membran

Cone pada speaker aktif berfungsi untuk menerima energi yang dihasilkan dari hasil induksi pergeseran pada komponen magnet di kumparan. Energi tersebut akan diubah menjadi getaran, dan outputnya adalah gelombang suara yang dapat kita dengar.

5. Casing

Casing pada speaker aktif berfungsi untuk melindungi komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Karena sebagian besar casing terbuat dari bahan logam, plastik, dan komposit, maka perlu adanya pelindung agar tidak mudah rusak.

Baca Juga :   √ Keunggulan Memasang Driver Speaker Terbalik Terhadap Box

Apa Saja Daftar Komponen Speaker Aktif Polytron Pas 68?

Secara dasar, komponen dari speaker aktif Polytron Pas 68 sama dengan tipe Polytron Pas lainnya. Namun, terdapat beberapa perbedaan pada komponen dasar, seperti transistor.

Transistor adalah alat semikonduktor yang berfungsi sebagai penguat, pemutus sirkuit, penyambung atau switching, stabilisasi tegangan, dan modulasi sinyal. Pada skema speaker Polytron Pas 68, beberapa jenis transistor yang digunakan meliputi:

  • T505 = C1815
  • T504 = A1015
  • T506 = C1815
  • T503 = FQPF7N65C
  • T508 = C945
  • IC502 = TL431
  • T613 = C1815
  • T614 = C1815
  • T615 = TIP42
  • T616 = TIP42
  • T617 = TIP41
  • T618 = TIP41
  • T608 = A1015

Antisipasi Kerusakan

Biasanya, teknisi akan mengantisipasi kerusakan pada error amp atau jalur feedback. Sumber tegangan pada jalur feedback harus tersedia minimal 15 Vdc dalam keadaan normal, termasuk tegangan yang ada di D504 serta tegangan kerja pada IC PWM OB2269. Dengan demikian, tegangan start up di PIN 3 IC OB2269 akan diambil dari PIN 7 sumber tegangan 15Vdc.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas skema rangkaian speaker aktif Polytron PAS 78. Dengan memahami skema ini, kita dapat memperbaiki dan memodifikasi sistem speaker aktif Polytron PAS 78 dengan lebih efektif.

Sebagai sebuah perangkat audio, speaker aktif Polytron PAS 78 memang memiliki performa yang baik. Namun, dengan memahami skema rangkaian ini, kita dapat menyesuaikan perangkat ini dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengoptimalkan kinerja speaker aktif Polytron PAS 78 mereka. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman kalian yang mungkin juga tertarik dengan skema rangkaian speaker aktif Polytron PAS 78. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *