Fungsi Elco Pada Speaker

Fungsi Elco Pada Speaker Beserta Cara Pemasanganya

Posted on

Finoo.id – Fungsi Elco Pada Speaker Beserta Cara Pemasanganya. Pada speaker, fungsi elko sangat penting dalam menjaga speaker agar tidak rusak. Fungsinya adalah memotong frekuensi rendah atau nada bass agar tidak masuk ke tweeter, yang dapat merusak atau bahkan membuat tweeter mati jika terkena nada rendah atau nada bass.

Tweeter adalah jenis speaker khusus yang dirancang untuk memproduksi suara dengan frekuensi tinggi. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk memasang tweeter tanpa menggunakan filter, seperti elko/kapasitor atau rangkaian crossover.

Fungsi elko pada speaker sangat erat hubungannya dengan arus listrik, karena elko berfungsi sebagai penyimpan arus listrik DC (searah). Elko biasanya digunakan dalam rangkaian seperti regulator catu daya dan beberapa rangkaian lainnya, termasuk pada speaker.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai fungsi elko, terutama pada speaker. Bagi yang ingin mengetahui informasi tentang fungsi elko tersebut, dapat membaca penjelasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Elco

Sebelum membahas tentang fungsi Elco pada speaker, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu Elco dan fungsinya secara umum. Elco atau kapasitor elektrolit, juga dikenal sebagai kondensator, merupakan komponen elektronik yang memiliki dua kaki yaitu kaki negatif dan kaki positif.

Fungsi Elco terutama sebagai penyimpan arus listrik searah (DC). Komponen ini sering digunakan dalam berbagai jenis rangkaian elektronik seperti pada bagian regulator catu daya dan rangkaian lainnya.

Fungsi Elco Pada Speaker

Penggunaan elco pada speaker memiliki fungsi yang sama dengan penggunaannya pada perangkat amplifier, radio, dan televisi, yaitu untuk menyaring suara dengan baik. Lebih tepatnya, elco digunakan untuk memotong frekuensi rendah atau nada bass agar tidak masuk ke tweeter. Jika hal ini terjadi, tweeter dapat rusak atau mati.

Baca Juga :   √ Cara Mencari Persamaan Elco Dengan Cepat dan Mudah

Penggunaan elco pada perangkat speaker dapat menghasilkan suara yang lebih jernih dan berkualitas. Dengan adanya elco, suara bass yang sebelumnya tidak jernih atau bahkan tidak terdengar sama sekali dapat terdengar dengan baik. Pemasangan elco juga merupakan solusi yang baik ketika terdapat suara audio yang terdengar baik dan halus ketika volume disetel pada posisi rendah, tetapi terdengar pecah pada saat volume tinggi 75-100%.

Fungsi Elco Secara Umum

Secara umum, Elektrolit Condensator (Elco) memiliki fungsi yang penting yaitu untuk menyimpan arus listrik DC. Namun, dalam penggunaannya, Elco memiliki fungsi yang lebih beragam. Berikut ini penjelasannya.

1. Fungsi Elco Sebagai Filter

Fungsi pertama Elco adalah sebagai filter atau penyaring suara yang sempurna. Hal ini terlihat pada penggunaannya di perangkat seperti radio, amplifier, televisi, dan lain-lain. Elco digunakan sebagai filter di radio untuk menyaring atau menghambat gangguan-gangguan dari luar.

2. Fungsi Elco Sebagai Kopling

Hal yang sama dapat dilihat pada penggunaan Elco pada amplifier, di mana Elco digunakan sebagai kopling atau penghubung amplifier pada tingkat rendah menuju ke tingkat lebih tinggi.

3. Fungsi Elco Sebagai Kapasitor

Fungsi lain dari Elco dapat dilihat pada penggunaannya di lampu neon, di mana Elco berfungsi sebagai kapasitor untuk menghemat penggunaan daya listrik. Selain itu, fungsi Elco sebagai kapasitor juga terlihat pada rangkaian antena, di mana Elco berperan sebagai pembangkit frekuensi.

Jenis-Jenis Elco

Pada sebuah rangkaian elektronika, fungsi Elco digunakan untuk mengetahui nilai kapasitas Elco dalam satuan mikro farad (uf). Fungsi ini sering disebut sebagai kapasitor polar. Pada kapasitor polar, terdapat dua kutub berlainan di setiap kakinya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan pemasangan komponen, karena kesalahan pemasangan dapat berakibat fatal pada keseluruhan sistem komponen dari kondensator.

Kapasitor Elco terbagi menjadi dua jenis/tipe, yaitu kapasitor polar dan kapasitor bipolar/non-polar. Pembagian kedua tipe kapasitor tersebut didasarkan pada polaritas yaitu kutub positif dan negatif. Setiap tipe kapasitor memiliki peran masing-masing.

Pemasangan Elco

Mengenali dan mengetahui cara pemasangan serta tegangan Elco sangat penting, karena proses pemasangan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Terlebih lagi jika Elco terpasang terbalik, dapat berakibat fatal.

Baca Juga :   √ Panduan Perbaikan Speaker Berbagi Kerusakan Paling Tepat

Pemasangan Elco tidak boleh terbalik karena kaki positif dan negatif memiliki perbedaan. Setiap Elco memiliki dua kaki, yaitu kaki negatif dan kaki positif. Oleh karena itu, Elco dapat dengan mudah ditemukan pada rangkaian elektronik, seperti pada Power Supply, radio, speaker, dan lain sebagainya.

Elco memiliki tegangan yang berbeda-beda sesuai dengan ukurannya. Untuk membedakannya, batasan tegangan maksimal sudah tertulis dengan jelas pada bodi Elco. Jika tegangan yang mengalir ke Elco melebihi batas yang telah ditentukan, kemungkinan Elco akan mengalami kerusakan bahkan dapat meledak.

NILAI ELCO UNTUK MENAMBAH BASS

Penentuan nilai kapasitor yang akan dipasang pada subwoofer sebenarnya relatif tergantung pada kebutuhan, yaitu sesuai dengan ukuran speaker dan daya power amplifier yang digunakan. Semakin besar daya power amplifier, maka kapasitor elco yang digunakan harus memiliki tegangan maksimum yang tinggi. Sebaliknya, jika daya power kecil, dapat digunakan kapasitor elco dengan ukuran yang lebih kecil.

Namun secara umum, orang biasanya menambahkan kapasitor elco dengan nilai antara 330-2000uF untuk memperkuat nada bass.

Pemasangan kapasitor elco dilakukan secara seri dengan speaker, seperti yang dijelaskan pada contoh di atas. Jika ingin menggunakan kapasitas elco yang lebih besar, dapat dipasang secara paralel satu sama lain. Namun, untuk contoh gambar di atas, kapasitor elco dipasang secara seri, sehingga memberikan penjumlahan nilai tegangan maksimum yang lebih tinggi.

CARA MEMASANG ELCO PADA SPEAKER

Langkah pemasangan kapasitor elco pada speaker sebenarnya cukup sederhana dan dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Caranya adalah dengan membuka kotak speaker dan langsung memasang kapasitor elco pada speaker dengan melakukan soldering.

Namun, yang perlu diingat adalah besarnya daya maksimum dari power amplifier yang akan diberikan pada speaker woofer tersebut. Hal ini penting karena jika tegangan dari power amplifier terlalu tinggi, maka kapasitor elco dapat terbakar. Oleh karena itu, pastikan kapasitor elco yang dipasang memiliki nilai tegangan yang lebih tinggi dari daya power amplifier yang akan digunakan pada speaker tersebut.

Baca Juga :   Cara Cek Elco Semua Ukuran Yang Paling Mudah

Perbedaan elco dan Kapasitor

Elco dan kapasitor adalah dua komponen yang berbeda dan elco adalah salah satu jenis kapasitor. Perbedaan utama Elco adalah memiliki kaki polaritas positif dan negatif, sedangkan kapasitor biasa tidak memiliki polaritas.

Kapasitor sendiri memiliki dua jenis yaitu kapasitor tetap dan kapasitor variabel, dan Elco masuk ke dalam jenis kapasitor tetap. Perbedaan paling jelas antara keduanya adalah biasanya produsen dari Elco akan memberikan garis putih di kaki negatif pada gambar body Elco.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam dunia audio, komponen yang dikenal dengan sebutan elco atau capacitor memiliki peranan penting pada speaker. Fungsi utama elco pada speaker adalah sebagai filter frekuensi, yang berfungsi untuk memisahkan sinyal audio yang dihasilkan oleh amplifier menjadi frekuensi yang sesuai dengan karakteristik speaker.

Selain itu, elco juga berfungsi sebagai penyimpan energi sementara pada sirkuit speaker, sehingga mampu menghasilkan respons audio yang lebih cepat dan presisi. Tanpa elco, kualitas audio yang dihasilkan oleh speaker dapat menurun dan menyebabkan distorsi audio yang tidak diinginkan.

Dalam pemilihan elco pada speaker, harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti nilai kapasitansi, tegangan kerja, dan jenis bahan yang digunakan. Dengan memilih elco yang tepat, maka kualitas audio yang dihasilkan oleh speaker dapat lebih baik dan optimal.

Dalam kesimpulannya, elco merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia audio, khususnya pada speaker. Dengan fungsi-fungsinya yang vital, penggunaan elco yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas audio yang dihasilkan oleh speaker.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Fungsi Elco Pada Speaker Beserta Cara Pemasanganya. Semoga artikel kami dapat bermnfaat dan terimaksih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *