Bagian Dalam Kulkas Polytron 1 Pintu

Bagian Dalam Kulkas Polytron 1 Pintu Beserta Fungsinya

Posted on

Finoo.id – Bagian Dalam Kulkas Polytron 1 Pintu Beserta Fungsinya. Kulkas memiliki fungsi yang penting dan bervariasi dalam kehidupan banyak orang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang berkeinginan untuk memiliki kulkas. Namun, apakah kalian tahu tentang bagian dalam kulkas 1 pintu atau bahkan kulkas 2 pintu?

Jika belum, disarankan agar kalian memahami segala hal yang terkait dengan bagian-bagian yang terdapat pada kulkas terlebih dahulu. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah memahami isinya dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

Mengenal Bagian Dalam Kulkas Polytron 1 Pintu

Umumnya, kulkas terdiri dari setidaknya tiga bagian yang masing-masing memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri untuk menyimpan dan mengawetkan makanan. Berikut adalah bagian-bagian tersebut.

1. Freezer

Bagian kulkas yang satu ini disebut dengan freezer, dan berfungsi untuk menyimpan bahan makanan yang memerlukan suhu sangat dingin. Suhu di dalam ruangan freezer bisa mencapai 0oC sehingga air di dalamnya bisa membeku. Oleh karena itu, tak heran jika es dapat disimpan di dalamnya.

2. Refrigerator

Bagian kulkas yang satu ini umumnya memiliki ruangan yang lebih luas dibandingkan dengan bagian lainnya. Di sini, berbagai jenis makanan dapat disimpan dengan suhu ruang sekitar 4-5 derajat Celcius.

Suhu yang cukup dingin ini akan mencegah pertumbuhan mikroba pada makanan. Namun, perlu diingat agar tidak terlalu banyak menyimpan bahan makanan sehingga sirkulasi udara tetap lancar dan terjaga dengan baik.

3. Chiller

Bagian kulkas ini umumnya digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang masih segar, seperti sayuran atau beberapa jenis bahan makanan lainnya. Bagian ini disebut dengan chiller dan biasanya diletakkan di bagian paling bawah setiap lemari es.

Baca Juga :   Ciri-Ciri Kulkas Normal dan Tidak Normal Wajib Diketahui

Gambar Komponen Kulkas dan Fungsinya

Jika secara umum kulkas terdiri dari 3 bagian, maka secara khusus kulkas memiliki banyak komponen yang saling mendukung untuk dapat berfungsi dengan baik. Beberapa bagian kulkas yang sering kita kenal adalah sebagai berikut.

Gas Freon

Refrigeran, yang juga dikenal sebagai zat pendingin, adalah komponen penting dalam proses pendinginan kulkas. Gas ini mengandung senyawa hidrogen, bromin, atau klorin yang diperlukan untuk mencapai suhu dingin yang dibutuhkan.

Secara umum, ada beberapa jenis gas refrigeran yang umum digunakan, seperti R600A, R32, R134A, dan lain-lain. Gas jenis R32 sering digunakan karena memiliki cooling index yang tinggi, tidak mudah terbakar, dan ramah lingkungan.

Kondensor

Kondensor adalah pipa besi yang dirangkai sedemikian rupa untuk mengalirkan dan memproses refrigeran dari kompresor yang masih panas ke filter dan selanjutnya ke evaporator untuk proses pendinginan.

Pada model kulkas lama, kondensor biasanya ditempatkan di bagian belakang kulkas. Namun, pada model kulkas baru, kondensor biasanya telah terintegrasi ke dalam bodi kulkas. Hal ini dapat dikenali dari salah satu bagian bodi kulkas yang terasa hangat saat kulkas sedang beroperasi.

Kompresor

Kompresor adalah komponen yang sangat penting dalam kulkas dan sering disebut sebagai jantungnya. Kompresor berfungsi untuk memompa gas refrigeran sehingga sirkulasi udara ke evaporator dapat berjalan dengan baik.

Manfaat Thermostat dan Evaporator Pada Kulkas

Sebagai salah satu komponen penting dalam kulkas 1 pintu, thermostat berfungsi untuk mengatur kinerja kompresor sesuai dengan batas suhu dalam setiap bagian kulkas. Komponen ini bertanggung jawab untuk menjaga suhu dalam kulkas agar tetap sesuai dengan keinginan kalian.

Sementara itu, evaporator memiliki manfaat untuk menyerap panas dari bahan makanan yang dimasukkan ke dalam kulkas. Saat panas diserap, bahan makanan tersebut menjadi dingin.

Tips Simpan Makanan di Bagian Chiller Pada Kulkas

Sebagai wadah penyimpanan bahan makanan segar seperti daging atau sayuran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meletakkan material tersebut ke dalam chiller. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat:

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor Dengan Mudah

  1. Pastikan suhu chiller berada pada kisaran 3-5oC. Suhu yang terlalu hangat atau dingin tidak cocok untuk beberapa jenis bahan makanan tertentu.
  2. Bungkus makanan atau bahan segar secara rapat sebelum menyimpannya di dalam chiller.
  3. Hindari agar air dari daging atau ikan tidak menetes dan mengenai makanan lain di sekitarnya.
  4. Hindari menyimpan makanan yang masih dalam keadaan panas. Hal ini dapat menyebabkan suhu pada chiller meningkat dan merusak makanan yang sudah ada di dalamnya.

Cara Membersihkan Bagian Kulkas

Merawat kulkas secara teratur adalah suatu keharusan. Selain menjaga kebersihan bagian luar kulkas, perawatan bagian dalam juga sangat penting. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Cabutlah stop kontak sebelum membersihkan kulkas. Bersihkan bagian luar kulkas dengan lap yang bersih, mulai dari bagian depan, atas, hingga belakang yang banyak menumpuk debu dan kotoran. Untuk kabel listrik, hindari membersihkannya dengan kain basah.
  2. Bersihkan isi kulkas jika ada banyak bahan makanan yang tersimpan di dalamnya. Pastikan untuk membersihkan kulkas dalam waktu kurang dari 2 jam untuk mencegah penempelan kotoran yang terlalu lama.
  3. Lepaskan rak dan laci kulkas dengan hati-hati agar tidak rusak atau patah. Cuci dengan air sabun dan bilas dengan air bersih.
  4. Bersihkan bagian dalam kulkas dengan menyemprotkan cairan pembersih, lalu lap perlahan hingga semua kotoran hilang. Pastikan tidak ada air, sabun, atau kotoran yang tersisa sebelum memasukkan kembali bahan makanan.
  5. Susun kembali bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Misalnya, daging mentah disimpan di freezer, sayur dan buah di laci paling bawah, dan telur serta botol minuman di rak tersendiri.

Cara Merawat Kulkas Polytron

Perkakas elektronik perlu dirawat secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik dan terlihat bersih dan rapi. Beberapa perkakas elektronik membutuhkan perawatan yang lebih sering, seperti kulkas, agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah cara merawat kulkas Polytron dengan benar:

  1. Isi kulkas sesuai dengan kapasitasnya. Jangan melebihi batas kapasitas karena dapat mempengaruhi sirkulasi udara dan membuat kulkas lebih sulit untuk dingin.
  2. Jangan menyimpan makanan atau minuman panas di dalam kulkas. Hal ini akan membuat kulkas bekerja lebih keras dan lebih cepat rusak.
  3. Tutup pintu kulkas dengan rapat. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat agar suhu dalam kulkas tetap stabil dan bahan makanan tidak cepat rusak.
  4. Bersihkan kulkas secara berkala. Gunakan kain lembut dan air sabun untuk membersihkan bagian dalam dan luar kulkas. Pastikan untuk membersihkan kondensor dan kompresor kulkas setidaknya dua kali setahun agar kinerjanya tetap optimal.
  5. Letakkan kulkas di tempat yang tepat. Pastikan kulkas diletakkan di tempat yang kering dan ventilasi yang cukup, jauh dari sinar matahari langsung, dan tidak terlalu dekat dengan sumber panas seperti kompor.
Baca Juga :   Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan Yang Tepat

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas penjelasan mengenai bagian dalam kulkas Polytron 1 pintu. Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa kulkas Polytron 1 pintu memiliki beberapa bagian penting seperti rak penyimpanan, kabinet pendingin, pintu kulkas, dan lain sebagainya.

Semua bagian tersebut memiliki peran masing-masing dalam menjaga makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama.

Dengan mengetahui fungsi dari setiap bagian dalam kulkas Polytron 1 pintu, kita bisa lebih memahami cara kerja dari kulkas tersebut.

Selain itu, dengan merawat dan membersihkan setiap bagian secara rutin, kita dapat memastikan kulkas Polytron 1 pintu dapat bekerja dengan baik dan memberikan kinerja yang optimal.

Jangan lupa untuk membaca manual penggunaan kulkas Polytron 1 pintu sebelum menggunakannya, agar kulkas bisa bertahan lama dan memberikan manfaat yang maksimal bagi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *