Kabel Antena TV Yang Bagus

Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus & Fungsinya

Posted on

Finoo.id – Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus & Fungsinya. Kabel antena merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam perangkat televisi agar dapat menampilkan gambar yang bagus dan jernih. Penggunaan kabel antena berkualitas rendah atau yang tidak memiliki merk yang terkenal dapat mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan pada televisi serta umur dari kabel antena itu sendiri. Biasanya, kabel antena yang kurang berkualitas cenderung cepat rusak dan tidak tahan lama.

Karena itu, disarankan untuk menggunakan kabel antena berkualitas bagus atau bermerk agar kualitas gambar pada televisi menjadi bagus dan kabel antena dapat bertahan lama. Dalam memilih kabel antena TV yang bagus, perlu memperhatikan beberapa hal seperti impedansi, bahan yang digunakan, merk kabel antena, dan lain sebagainya.

Memang, kabel antena TV yang bagus memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan kabel antena yang berkualitas rendah, tetapi hal itu sebanding dengan kualitas gambar yang akan diperoleh dan akan membuat aktivitas menonton televisi bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan. Lalu, apa saja kabel antena TV yang bagus?

Kabel antena TV yang bagus dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan gambar blur, gambar berbintik, dan gangguan lainnya yang disebabkan oleh sinyal frekuensi yang lemah yang ditangkap oleh antena TV. Untuk itu, pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi mengenai kabel antena TV yang bagus. Bagi yang ingin mengetahui mengenai kabel antena TV yang bagus, simak ulasan tentang kabel antena TV yang bagus berikut ini. Jangan lupa juga membaca Cara Mengubah Parabola Menjadi Antena UHF Paling Simpel.

Apa Itu Kabel Antena ?

Kabel antena adalah jenis kabel yang terdiri dari dua konduktor dengan inti kawat padat yang dililit dengan kawat berselaput konduktor. Kabel ini umumnya digunakan untuk jaringan dengan bandwidth tinggi dan memiliki pengalir tembaga di bagian tengahnya.

Lapisan plastik atau dielektrik yang melingkupi tembaga berfungsi sebagai penebat antara tembaga dan lapisan metal pelindung. Lapisan metal ini berfungsi sebagai penghalang gangguan dari sumber luar seperti lampu dan peralatan lainnya. Lapisan terluar kabel ini adalah jaket plastik yang berfungsi sebagai pelindung.

Baca Juga :   Rekomendasi Booster Antena TV Terbaik & Tips Memilihnya

Kabel antena juga dikenal dengan sebutan Bayonet Naur Connector atau coaxial dan sering digunakan sebagai kabel antena TV atau dalam jaringan LAN. Kabel ini biasanya digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz ke atas.

Sistem transmisi yang menggunakan kabel antena memiliki kapasitas kanal yang besar karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi.

Mengenal Fungsi Antena TV

Mungkin banyak dari pembaca yang belum mengetahui fungsi dari antena TV meskipun telah menggunakan barang elektronik yang satu ini sejak lama. Peran antena sendiri adalah untuk menangkap sinyal RF yang dipancarkan oleh stasiun pemancar televisi dan kemudian diteruskan ke rangkaian penala televisi.

Namun, antena TV tersedia dalam berbagai jenis di pasaran, mulai dari kualitas terbaik hingga kualitas abal-abal yang membuat antena cepat rusak. Terlebih bagian kabel yang mudah rusak karena lapisannya yang kurang baik. Bahkan hal ini bisa menimbulkan bahaya jika kualitas kabel antena sangat rendah, sinyal yang ditangkap antena tidak kuat dan mudah sekali konslet.

Tentunya, cara memasang antena TV yang sesuai prosedur juga mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Namun, ada daftar merk kabel antena TV yang bagus yang dapat membantu kami memilih kabel antena TV yang berkualitas.

Bagian Bagian Kabel Antena

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa komponen dan bagian dari kabel antena:

Di bagian tengah kabel antena terdapat kabel tembaga yang berfungsi sebagai penghantar listrik. Lapisan plastik digunakan untuk memisahkan kabel tembaga dan lapisan metal pembalut. Lapisan metal berfungsi sebagai pelindung inti kabel dan juga melindungi dari gelombang elektromagnetik luar. Lapisan plastik paling luar berfungsi sebagai pelindung untuk seluruh komponen kabel dan juga melindungi pengguna dari kontak langsung dengan bagian kabel tersebut.

Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus

Selain antena TV, kualitas kabel antena yang digunakan juga perlu diperhatikan untuk menghasilkan kualitas gambar televisi yang baik dan jernih. Meskipun menggunakan antena TV berkualitas tinggi, namun kabel antena yang berkualitas rendah dapat memengaruhi kualitas gambar televisi. Oleh karena itu, kami merekomendasikan beberapa merk kabel antena TV yang bagus dan bermerk yang dapat menjadi referensi dalam memilih kabel antena yang baik sebelum membelinya.

Baca Juga :   Simbol Kapasitor Polar, Nonpolar dan Variabel Paling Tepat

1. Kitani 5C

Harga : Rp 86.000,-

Kabel antena TV Kitani 5C terbuat dari bahan tembaga murni yang dilengkapi dengan serat tembaga dan lapisan gkami serta konektor/profesional plug yang membuatnya sangat berkualitas dan kuat. Selain itu, kabel antena Kitani 5C juga memiliki impedansi sebesar 75 Ohm, selubung aluminium foil (shielded), dan panjang 20 m.

2. Kitani 3C

Harga : Rp 35.000,-

Seri Kitani 3C juga memiliki kualitas yang sangat baik seperti seri 5C karena terbuat dari material tembaga murni berkualitas, kuat, dan tidak mudah putus. Dilengkapi dengan aluminium foil untuk melindungi dari gangguan sinyal dan kulit kabel terbuat dari bahan PVC yang membuat kabel tahan terhadap cuaca. Kitani 3C tersedia dalam panjang 10 m, 15 m, dan 20 m, dengan diameter jaket 5,2 mm, diameter kawat inti 0,6 mm, dan insulator 3 mm.

3. Belden RG6

Harga : Rp 3.500,- Permeter

Kabel antena Belden RG6 memiliki kandungan tembaga yang tinggi sehingga sangat cocok untuk mendukung kejernihan gambar televisi. Kabel antena ini dilengkapi dengan insulasi aluminium foil dan jaket PVC. Berbeda dengan dua jenis kabel antena sebelumnya, Belden RG6 dijual per meter dengan harga per meter sebesar 3500. Sehingga kita dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan tanpa harus khawatir membeli terlalu banyak.

4. Belvin

Harga : Rp 65.000,-

Belvin adalah kabel antena yang mendukung sinyal digital dan analog karena memiliki impedansi 75 Ohm dan menggunakan plug berbahan kuningan yang dilapisi chrome, sehingga kabel tidak mudah teroksidasi dan tahan terhadap gesekan.

5. Shinhwa

Harga : Rp 44.000,-

Kabel antena Shinhwa memiliki penerimaan sinyal yang bagus bahkan tanpa booster karena terbuat dari bahan tembaga murni dan dilengkapi dengan serat tembaga serta lapisan gkami. Shinhwa juga sudah dilengkapi dengan konektor, sehingga tidak perlu menambahkan konektor untuk menggunakannya.

6. Aoki AT3000

Harga : Rp 22.000,-

Kabel ini memiliki impedansi 75 Ohm dan dapat digunakan untuk menghubungkan dua televisi sekaligus. Dengan panjang 15 m, kabel ini memiliki diameter yang lebih kecil dari kabel antena pada umumnya.

7. Maxtron

Harga : Rp 25.000,-

Kabel antena Maxtron memiliki panjang 20 m, terbuat dari tembaga murni dan dilengkapi dengan serat tembaga serta lapisan gkami. Sangat cocok digunakan pada berbagai jenis televisi, seperti LCD, LED, TV tabung, Plasma, dan Smart TV. Selain itu, kabel antena ini juga cocok digunakan pada perangkat lain, seperti STB, CCTV, Dekoder parabola, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Pengertian Kabel VGA : Fungsi, Jenis, Ukuran & Cara Memilihnya

8. Tanaka

Harga : Rp 40.000,-

Kabel Tanaka memiliki panjang 20 m dan impedansi 75 Ohm, sehingga memiliki transmisi data yang sangat baik. Kabel ini dilengkapi dengan selubung aluminium foil (shielded), sehingga tidak mudah bocor dan sulit robek karena kulit kabelnya terbuat dari bahan PVC murni.

9. Venus

Harga : Rp 28.000,-

Kabel antena Venus memiliki spesifikasi impedansi 75 Ohm, 4,80 mm foaming PE, dan 1,02 mm CCS Conductor. Dilengkapi dengan jaket hitam berbahan PVC setebal 6,80 mm, kabel antena ini memiliki panjang 20 m dan cocok digunakan untuk berbagai jenis televisi dan perangkat elektronik lainnya.

10. Intracom

Harga : Rp 21.000,-

Dengan panjang 15 m, kabel antena Intracom sangat bagus digunakan untuk antena TV karena memiliki kualitas yang baik. Kabel ini terbuat dari bahan tembaga murni dan dilengkapi dengan serat tembaga serta lapisan gkami, dan sudah dilengkapi dengan konektor. Kabel antena Intracom memiliki impedansi 75 Ohm dan cocok digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan karena terkenal kuat, tahan terhadap interferensi, dan tidak mudah rusak.

Baca Juga :

Penutup

Dalam memilih kabel antena TV yang bagus, pastikan untuk memilih kabel dengan bahan berkualitas tinggi dan dilengkapi dengan perisai (shielding) yang baik untuk mengurangi interferensi dan gangguan sinyal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pilihlah kabel yang memiliki panjang sesuai dengan kebutuhan agar tidak terjadi penurunan sinyal yang signifikan. Dengan memilih kabel antena TV yang tepat, kami dapat menikmati kualitas gambar dan suara yang jernih dan stabil saat menonton program favorit kami.

Dermikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus & Fungsinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *