Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam

Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam Mudah & Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam Mudah & Simpel. Setiap televisi memerlukan antena agar bisa menerima sinyal siaran dari stasiun televisi. Selain itu, antena juga berfungsi untuk menghasilkan gambar yang jernih di layar televisi.

Terdapat dua jenis antena televisi berdasarkan penggunaannya, yaitu antena outdoor dan antena indoor. Antena outdoor dipasang di luar ruangan atau rumah, sedangkan antena indoor diletakkan di dekat televisi atau di dalam rumah. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik, sebaiknya menggunakan booster TV yang berkualitas.

Kedua jenis antena tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan antena indoor adalah pemasangannya mudah dan lebih tahan lama karena tidak terpengaruh cuaca. Namun, antena indoor kurang bisa menangkap sinyal siaran dibandingkan dengan antena outdoor.

Sementara itu, kelebihan antena outdoor adalah kemampuannya menangkap sinyal siaran lebih baik, sehingga gambar yang ditampilkan lebih jernih. Namun, pemasangan antena outdoor lebih rumit dan rentan terhadap kerusakan karena pengaruh cuaca.

Apa Itu Antena?

Antena adalah alat listrik yang berfungsi mengubah sinyal atau energi listrik menjadi gelombang elektromagnetik, yang kemudian dipancarkan ke ruang bebas dan sebaliknya.

Dalam hal ini, antena juga dapat disebut sebagai transduser karena mampu mengubah bentuk energi dari satu bentuk ke bentuk energi lainnya.

Fungsi Antena

Antena adalah komponen paling penting di antara semua jenis perangkat yang menggunakan teknologi radio. Hal ini berlaku untuk siaran televisi, siaran radio, penerima komunikasi, ponsel, radar, radio dua arah, dan komunikasi satelit.

Tidak hanya itu, antena juga digunakan pada perangkat lain seperti mikrofon nirkabel, pembuka pintu garasi, jaringan komputer nirkabel, perangkat Bluetooth yang diaktifkan, tag RFID pada barang dagangan, dan monitor bayi.

Baca Juga :   Cara Install Aptoide TV di STB Indihome Paling Tepat

Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam

Untuk memperoleh gambar televisi yang jernih dengan antena dalam dan menghilangkan gangguan semut di TV LED, terdapat lima hal yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Cari Posisi yang Tepat untuk Memasang Antena

Posisi sangat berpengaruh pada kualitas sinyal antena TV, terutama pada antena indoor. Namun, bagaimana cara menemukan lokasi yang tepat untuk meletakkan antena indoor?

Meskipun tidak sebanyak antena outdoor, sebaiknya letakkan antena indoor di tempat yang tinggi. Idealnya, antena indoor ditempatkan pada ketinggian 5 hingga 10 meter. Jika rumah kalian memiliki lantai yang lebih dari satu, letakkan antena indoor pada lantai yang paling tinggi.

Namun, jika kalian tinggal dekat dengan pemancar sinyal TV, maka pemasangan antena akan lebih mudah. kalian dapat menempatkan antena di mana saja sesuai dengan posisi TV.

2. Pilih Kabel Coaxial yang Berkualitas Tinggi

Saat membeli antena indoor, biasanya sudah termasuk kabel coaxial atau kabel antena TV. Namun, kabel bawaan tersebut seringkali memiliki kualitas yang kurang baik, sehingga seringkali terjadi lost signal saat menonton TV. Untuk menghindari masalah tersebut, kalian dapat mengganti kabel antena TV bawaan dengan kabel yang lebih berkualitas dan menggunakan bahan yang lebih tebal, sehingga dapat menampilkan gambar TV yang lebih baik.

3. Bersihkan Antena TV kalian

Jika kalian belum pernah memikirkan untuk membersihkan antena TV, sebaiknya kalian mempertimbangkan kembali. Antena TV yang kotor dapat memengaruhi kualitas gambar yang diterima, terutama antena TV outdoor yang rentan terserang jamur, lumut, dan karat. Pastikan untuk membersihkan antena TV secara teratur agar menerima kualitas gambar yang jernih.

4. Memperbaiki Pengaturan Tuner

Jika kalian menggunakan tuner digital, mengatur ulang tuner digital dapat membantu memperbaiki kualitas antena TV agar lebih jernih. Hal ini karena sinyal TV yang dipancarkan umumnya tidak dapat ditangkap dengan baik oleh tuner digital, yang akan berdampak pada kualitas gambar yang diterima. Oleh karena itu, mengatur ulang tuner digital secara teratur dapat membantu memaksimalkan kualitas gambar yang ditampilkan.

Baca Juga :   Ciri Ciri STR TV Rusak Yang Perlu Untuk Diketahui

5. Gunakan Penguat Sinyal

Jika kalian sudah meletakkan antena TV pada posisi terbaik dan menggunakan kabel yang berkualitas tinggi namun masih belum mendapatkan gambar yang jernih, maka kalian dapat mencoba menggunakan alat penguat sinyal atau booster.

Dengan bantuan booster, antena TV kalian akan dapat menangkap sinyal dengan lebih baik sehingga menghasilkan gambar TV yang bagus dan jernih.

Cara Memasang Antena Dalam

Ketika antena dalam televisi kurang bagus dalam menangkap sinyal siaran, diperlukan trik khusus agar televisi dapat menampilkan gambar yang jernih dan berkualitas. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat TV jernih dengan antena dalam:

  1. Siapkan antena indoor yang akan dipasang.
  2. Letakkan antena indoor pada posisi yang strategis, semakin tinggi posisinya semakin baik.
  3. Pasang atau hubungkan kabel antena ke televisi.
  4. Jika menggunakan booster, hubungkan kabel antena ke booster dan kabel booster ke televisi.
  5. Jika antena memerlukan suplai tegangan, hubungkan antena ke sumber listrik.
  6. Jika antena memiliki tombol on/off, nyalakan antena terlebih dahulu.
  7. Nyalakan televisi.
  8. Jika gambar masih kurang jernih, putar arah antena hingga mendapatkan kualitas gambar terbaik.
  9. Setelah mendapatkan kualitas gambar terbaik, ikat antena pada dudukan agar posisinya tidak berubah.

Keunggulan antena TV indoor

Antena TV dibagi menjadi dua jenis, yaitu antena TV indoor dan outdoor, yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Saat ini, banyak orang memilih antena TV indoor karena dianggap lebih praktis. Selain itu, dalam industri penyiaran, pemerintah telah resmi menghentikan siaran TV analog dan beralih ke digital.

Pemasangan antena TV indoor sangat mudah dilakukan. kalian dapat menggantungnya di tembok atau meletakkannya di meja TV. Beberapa keunggulan antena TV indoor adalah sebagai berikut:

  1. Ukurannya ringkas dan mudah dipasang.
  2. Tidak mudah terkena korsleting saat cuaca ekstrem, seperti angin kencang dan hujan deras.
  3. Jika sinyal kurang jernih, posisi antena dapat dibetulkan dengan mudah.
  4. Perbaikan saat terjadi kerusakan lebih mudah, begitu juga saat membersihkannya.

Tips Memilih Antena TV yang Tepat

Sebelum membeli antena televisi, sebaiknya kalian memahami cara memilih antena TV yang tepat agar dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Baca Juga :   Persamaan Transistor BC547 SMD Yang Lebih Tepat

1. Ketahui Jenis TV yang Digunakan.

Saat ini, TV LCD/LED dan TV tabung merupakan jenis TV yang paling umum digunakan. Perlu diketahui bahwa TV LCD/LED memiliki daya tangkap sinyal yang kurang baik, sedangkan TV tabung memiliki daya tangkap sinyal yang lebih tinggi.

Jika kalian memiliki TV LCD/LED dan tinggal jauh dari menara pemancar sinyal TV, disarankan untuk memilih antena luar ruangan agar sinyal yang diterima lebih kuat dan stabil. Sedangkan untuk TV tabung, kalian dapat menggunakan antena dalam karena daya tangkap sinyal TV tabung lebih tinggi dan cenderung lebih mudah dalam menangkap sinyal.

2. Perhatikan Posisi Antena dan Kabel yang Berkualitas

Jika kalian tidak ingin mengganti kabel antena seperti cara membuat TV jernih dengan antena dalam di atas, alternatifnya adalah mencari kabel coaxial bawaan yang berkualitas tinggi. Coaxial yang berkualitas memiliki jumlah serat yang lebih tebal dan kawat konduktor yang lebih besar daripada coaxial biasa sehingga dapat menangkap sinyal dengan lebih baik dan menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik pada TV kalian.

3. Perhatikan Deretan Pada Antena TV

Setiap antena TV memiliki deretan elemen yang terdiri dari serangkaian batang yang padat atau panjang. Semakin padat dan panjang sebuah antena, maka daya tangkap sinyalnya akan semakin tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih antena TV yang memiliki elemen yang padat dan panjang agar dapat menghasilkan gambar tayangan yang lebih jernih dan stabil.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa tips cara agar TV jernih dengan antena dalam yang dapat kalian terapkan di rumah.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, diharapkan kualitas siaran TV di rumah dapat menjadi lebih baik dan jernih. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *