Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

Efek Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu Terlalu Panjang

Posted on

Finoo.id – Efek Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu Terlalu Panjang. Salah satu komponen penting dalam kulkas adalah pipa kapiler. Pada kulkas 1 pintu tertentu, pipa kapiler ini memiliki tahanan gesek yang berfungsi menurunkan tekanan kondensasi menjadi tekanan evaporasi yang lebih rendah.

Pipa kapiler ini terhubung secara seri di dalam sistem pendinginan, sehingga ukuran kapasitasnya harus disesuaikan dengan kapasitas kompresor yang digunakan. Dengan penyesuaian tersebut, kinerja kulkas akan menjadi lebih efisien.

Pengertian Pipa Kapiler

Pipa kapiler merupakan salah satu bagian dari mesin pendingin seperti AC dan kulkas. Pipa ini memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan dengan pipa lainnya.

Ukuran pipa kapiler yang digunakan pada frezzer atau dispenser adalah 0,26″ hingga 0,31″, sedangkan untuk AC berukuran 1/2 hingga 2 pk ukurannya adalah 0,5″ hingga 0,7″.

Kerusakan pada pipa kapiler seringkali disebabkan oleh kebuntuan yang disebabkan oleh kotoran dan oli yang masuk ke dalamnya.

Gas refrigerant yang keluar dari kompresor dalam keadaan bertekanan tinggi mengalir melalui pipa kondensor (outdoor) dan melewati proses penyaringan yang disebut drier strainer sebelum masuk ke pipa kapiler.

Panjang pipa kapiler yang dibutuhkan pada mesin pendingin biasanya sekitar 80 hingga 100 cm. Pipa kapiler seringkali diletakkan dalam gulungan agar dapat menghemat ruang, dan menggunakan mal kapasitor bekas agar tidak tertekuk.

Fungsi Pipa Kapiler

Sebelum mengacu pada Tabel Ukuran Pipa Kapiler, penting untuk memahami fungsi dari pipa kapiler terlebih dahulu. Pipa kapiler memiliki beberapa fungsi penting dalam kulkas, di antaranya adalah:

1. Menghubungkan Dua Bagian Komponen

Di dalam kulkas terdapat dua komponen yang bekerja secara bersamaan, yaitu komponen dengan tekanan tinggi dan komponen dengan tekanan rendah. Pipa kapiler berfungsi untuk menghubungkan kedua komponen tersebut. Cara kerjanya adalah dengan mengubah tekanan pada komponen dengan tekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler. Setelah melewati pipa kapiler, tekanan pada komponen tersebut menjadi rendah.

Baca Juga :   Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas dan Tidak Beku

Jika suhu dan tekanan turun, maka suhu dapat menurun hingga menjadi fase cairan. Hal ini akan membuat suhu dalam kulkas menjadi terendah.

2. Mengalirkan Refrigan

Meskipun ukuran pipa kapiler pada AC 1 pk bervariasi, fungsinya tetap sama yaitu untuk mengalirkan refrigeran. Refrigeran merupakan komponen cairan yang berada di dalam kulkas, sehingga perpindahannya harus melalui pipa kapiler. Ketika refrigeran mengalir melalui pipa kapiler, terkadang terdengar suara seperti air yang mengalir.

Ukuran pipa kapiler harus dipilih dengan tepat agar berfungsi sebagai pengalir refrigeran dengan baik. Umumnya, pabrikan kulkas telah menyediakan ukuran stkalianr untuk pipa kapiler yang digunakan. Jika ingin menggantinya, harus merujuk pada ukuran atau diameter dan panjang pipa kapiler yang terhubung.

Adakah Efek Pipa Kapiler Terlalu Panjang?

Tentu saja ada. Jika pipa kapiler terlalu pendek, maka hambatan gesek pipa akan semakin kecil. Hal ini dapat menyebabkan kapasitas pipa untuk mengalirkan refrigeran cair dari kondensor ke evaporator menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan kapasitas tekanan kompresi.

Akibatnya, evaporator akan menjadi kelebihan refrigeran cair sehingga tekanannya akan naik. Karena tidak semua refrigeran cair ini dapat menguap sempurna di dalam evaporator, refrigeran cair tersebut dapat masuk ke kompresor dan berisiko merusaknya.

Pipa Kapiler Terlalu Panjang, Bagaimana Efeknya?

Sebaliknya, jika pipa kapiler terlalu panjang, maka hambatan geseknya akan menjadi terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh kapasitas penyaluran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator yang menjadi lebih kecil dibandingkan dengan kapasitas kompresi.

Akibatnya, evaporator akan kekurangan refrigeran cair sehingga tekanannya akan turun. Di sisi lain, refrigeran cair pada kondensor akan naik, sehingga tekanannya juga akan naik. Pada akhirnya, efek pendinginan akan berkurang.

Berapa Harga Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

Ketika membicarakan harga pipa kapiler untuk kulkas 1 pintu, harganya sebenarnya bergantung pada ukuran dan panjang pipa yang dijual. Di beberapa marketplace, harga pipa kapiler sangat bervariasi dan bahkan harganya tidak lebih dari Rp10.000 per meter.

Harga pipa kapiler juga ditentukan oleh ukuran dan kode pipa tersebut. Sebagai contoh, pipa dengan ukuran 0,26 dapat dijual dengan harga Rp6.000 per meter, sedangkan pipa dengan ukuran 0,54 dijual dengan harga Rp8.000 per meter.

Baca Juga :   Berapa Tekanan Freon Kulkas 1 & 2 Pintu Dan Pemasanganya

Berikut kami berikan rekomenasi Daftar harga pipa kapiler tembaga terbaru, sebagai berikut :

Harga PIPA KAPILER 0,26 METERAN / PER METERRp5,20
Harga Pipa Kapiler Tembaga 0.54Rp7,30
Harga Pipa Kapiler 0,80 mm Tembaga Meteran-Pipa Capiler AC-Kapiler KulkasRp12,50
Harga PIPA KAPILER / CAPILER 0,26 TERMURAH DAN TERLARISRp129,00
Harga PIPA KAPILER 0,28 METERAN / PER METERRp5,20
Harga PIPA KAPILER 0,54 METERAN / PER METERRp7,00
Harga pipa capiler 0.31 pipa kapilerRp148,00
Harga PIPA KAPILER 0,80 METERAN / PER METERRp9,40
Harga tang jepit pipa kapiler merk valueRp85,00
Harga Pipa kapiler 0.31Rp5,70

Bagaimana Cara Menentukan Panjang Pipa Kapiler Kulkas?

Pemilihan pipa kapiler tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk panjang pipa kapiler pada kulkas 1 pintu, beberapa sumber menyarankan agar tidak kurang dari 5 kaki (1,5 meter) dan tidak lebih panjang dari 16 kaki (4,88 meter).

Semakin pendek panjang pipa kapiler, aliran bahan pendingin akan menjadi lebih cepat dan jumlah aliran bahan pendingin akan lebih besar. Namun, jika pipa kapiler terlalu panjang, maka tahanan akan menjadi lebih besar dan efek pendinginan akan cepat berkurang.

Selain tidak ekonomis, kenaikan tekanan bisa sangat tinggi sehingga evaporator tidak akan dingin dan kompresor akan bekerja lebih berat. Oleh karena itu, pemilihan pipa kapiler harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan kulkas.

Berapa Panjang Pipa Kapiler Kulkas 2 Pintu

Sebenarnya, ukuran panjang pipa kapiler untuk kulkas 1 pintu dan 2 pintu tidak jauh berbeda dalam penghitungan. Panjang pipa kapiler normalnya sekitar 170cm, tetapi dapat disesuaikan lagi dengan spesifikasi dari masing-masing pabrikan.

Pipa kapiler terdiri dari beberapa ukuran yang diukur berdasarkan diameter dalam (inside diameter/ID) dari pipa tersebut. Panjang pipa kapiler yang digunakan pada setiap lemari es biasanya juga dipengaruhi oleh jenis bahan pendingin, suhu, dan kondensor yang digunakan.

Rumus Pipa Kapiler

Bagi kalian yang ingin mengganti pipa kapiler, terdapat tabel stkalianr perbandingan ukuran pipa kapiler yang dapat digunakan sebagai referensi. Namun, pastikan kalian dapat menghitung rumus penghitungan, terutama jika hendak mengganti pipa kapiler dengan ID yang berbeda meskipun karakteristiknya sama.

Baca Juga :   Cara Flushing Pipa Kapiler Kulkas Dengan Methyl & Tiner

Sebagai contoh, kalian ingin mengganti pipa kapiler dengan ukuran 0.040 ID dan panjang 3 meter. Dalam daftar perbandingan pipa kapiler, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Dibawah 0.036 ID terdapat faktor 0.62
  • Dibawah 0.042 ID terdapat faktor 1.25

Sehingga jika dihitung manual akan menjadi seperti berikut.

Kalau menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.036

  • 0.62 x 3 meter = 1.86 meter

Kalau menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.042

  • 1.25 x 3 meter = 3.75 meter

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam dunia kulkas, ukuran pipa kapiler memiliki peran yang sangat penting. Namun, terkadang ukuran pipa kapiler yang terlalu panjang pada kulkas 1 pintu dapat menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Salah satu efek negatif yang dapat terjadi adalah penurunan efisiensi pendinginan kulkas. Hal ini terjadi karena semakin panjang ukuran pipa kapiler, semakin tinggi pula tekanan yang dibutuhkan untuk memompa refrigeran. Akibatnya, compressor kulkas akan bekerja lebih keras dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Efek lain yang mungkin terjadi adalah terjadinya kerusakan pada compressor kulkas akibat overheat. Selain itu, ukuran pipa kapiler yang terlalu panjang juga dapat menyebabkan penurunan tekanan refrigeran dan mengakibatkan kinerja kulkas menjadi tidak optimal.

Untuk menghindari efek negatif tersebut, sebaiknya ukuran pipa kapiler pada kulkas 1 pintu disesuaikan dengan stkalianr yang telah ditentukan oleh produsen kulkas. Jangan mencoba untuk memodifikasi ukuran pipa kapiler tanpa berkonsultasi dengan ahli teknisi kulkas terlebih dahulu. Dengan demikian, kulkas akan bekerja dengan optimal dan memiliki umur yang lebih panjang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Efek Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu Terlalu Panjang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *