Cara Flushing Pipa Kapiler Kulkas

Cara Flushing Pipa Kapiler Kulkas Dengan Methyl & Tiner

Posted on

Finoo.id – Cara Flushing Pipa Kapiler Kulkas Dengan Methyl & Tiner. Kulkas merupakan perangkat yang berguna dalam kehidupan manusia sebagai alat pengawet untuk jenis sayur dan buah-buahan. Selain itu, kulkas juga dapat mengawetkan bahan-bahan lain yang mudah membusuk jika dibiarkan di suhu ruangan.

Terdapat banyak kegunaan lain dari kulkas yang bisa kamu manfaatkan saat menggunakannya. Namun, kulkas juga membutuhkan perawatan agar tetap berfungsi dengan baik. Jika tidak dirawat, kulkas dapat mudah mengalami kerusakan.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah penyumbatan pada pipa kapiler jika tidak ditangani dengan benar. Pipa kapiler ini sangat kecil sehingga mudah tersumbat, yang menyebabkan semua sistem kulkas tidak berfungsi dengan sempurna.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara membersihkan pipa kapiler kulkas. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan berikut, namun pastikan untuk mengikuti instruksi dengan cermat agar tidak salah langkah.

Pemahaman Mengenai Flushing

Flushing adalah proses membersihkan pipa secara internal dengan cara mengalirkan air terus-menerus ke dalam pipa pada waktu dan tekanan yang diinginkan sampai dipastikan bahwa pipa benar-benar bersih dari segala jenis kotoran.

Flushing digunakan untuk membersihkan sistem pipa yang digunakan untuk mengalirkan cairan, seperti sistem pipa filter air, dan sebagainya.

Inilah Cara Flushing Pipa Kapiler Kulkas Dengan Mudah Kalian Bisa Lakukan Sendiri

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk melakukan flushing pada pipa kapiler yang tersumbat. Kamu dapat melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan sehingga dapat menghemat biaya. Namun, perlu diingat untuk mengikuti instruksi dengan baik agar tidak melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kulkas jika tidak dilakukan dengan benar.

Cara Flushing Kulkas Dengan Methyl Yang Terbukti Ampuh

Langkah pertama dalam cara flushing pipa kapiler kulkas adalah dengan menggunakan methyl, yaitu cairan beralkohol yang digunakan untuk membersihkan karat pada pipa kapiler. Caranya adalah dengan merendam pipa kapiler ke dalam methyl, biasanya akan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil dari dalam pipa. Tunggu beberapa menit hingga gelembung menghilang, lalu biarkan beberapa menit untuk pengeringannya.

Baca Juga :   Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu Paling Tepat

Meskipun cara flushing pipa kapiler kulkas terlihat mudah, perlu diingat satu hal penting saat melakukannya. Jika dalam waktu 2 jam gelembung belum hilang, kemungkinan pipa kapiler mengalami kebocoran. Sebaiknya bawa kulkas ke tempat servis untuk memperbaiki kebocoran tersebut.

Cara Flushing Kulkas Pakai Tiner Dengan Mudah

Tiner adalah salah satu cairan yang biasanya digunakan sebagai campuran cat kayu agar lebih cepat kering. Fungsinya sama dengan methyl, namun lebih mudah ditemukan di toko-toko terdekat sehingga dapat mengurangi biaya pembelian. Cara melakukan flushing kulkas dengan tiner hampir sama dengan methyl, yaitu dengan merendam pipa kapiler ke dalam cairan tiner. Tunggu beberapa menit hingga gelembung yang keluar dari dalam pipa kapiler menghilang.

Jika setelah menunggu selama 2 jam gelembung masih belum hilang, berarti terjadi kebocoran pada pipa kapiler. Cara flushing pipa kapiler kulkas dengan tiner sangat mudah dilakukan, selain itu cairan tiner juga mudah ditemukan di sekitar kita. Sehingga membersihkan karat pada pipa kapiler akan lebih mudah dilakukan, dan dapat meningkatkan kelancaran fungsi pada pipa kapiler.

Itulah kedua jenis cairan yang dapat digunakan untuk membersihkan pipa kapiler dari berbagai macam hambatan, terutama untuk menghilangkan pengaratan pada pipa kapiler sehingga penyumbatan dapat dihindari dengan baik.

Penyebab Kulkas Buntu

Penyebab penyumbatan pada sistem pendingin umumnya disebabkan oleh kotoran dan partikel kecil lainnya yang terdapat dalam sistem. Faktor lainnya bisa disebabkan oleh pelumas yang mengental. Selain itu, jika setelah diperbaiki dan kembali buntu, hal ini bisa disebabkan oleh kerak yang terbentuk selama proses penyambungan pipa.

Kerak tersebut terbentuk karena bekas pelumas yang terdapat pada pipa tidak dibersihkan sebelumnya. Akibatnya, bekas pelumas tersebut terbakar dan membentuk kerak saat dilakukan pengelasan atau penyambungan pipa. Selain itu, jika proses perbaikan tidak dilakukan flushing menggunakan mesin vakum, dapat menyebabkan refrigerant (freon) tersumbat.

Kondisi tersebut terjadi karena refrigerant tercampur dengan udara dan uap air, sehingga sangat penting untuk mem-vakum sistem pendingin sebelum mengisi refrigerant. Oleh karena itu, perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga kelancaran fungsi sistem pendingin.

Macam-macam kebuntuan refrigerant

Ada dua jenis penyumbatan pada kulkas, yaitu penyumbatan total dan sebagian. Hal ini dapat terjadi pada pipa kapiler maupun filter kulkas.

Buntu total

Hal ini berarti siklus refrigerant pada kulkas terhenti secara total pada sisi tekanan tinggi (kondensor), sehingga mesin kompresor bekerja lebih berat dan menghasilkan panas yang berlebihan.

Baca Juga :   Penyebab & Cara Memperbaiki Kipas Kulkas Dua Pintu

Karena suhu kompresor menjadi terlalu panas, maka overload akan terbuka dan memutus arus listrik, menyebabkan kompresor mati. Setelah suhu kompresor kembali dingin, kontak overload akan tertutup dan kompresor akan hidup kembali.

Namun, hal ini akan terus terjadi secara berulang dan menyebabkan kulkas tidak dapat mencapai suhu dingin yang diinginkan.

Buntu Sebagian

Jika pipa kapiler atau filter kulkas tersumbat sebagian, maka yang terjadi hampir sama dengan penyumbatan total. Namun, jeda antara kompresor mati dan hidup sedikit lebih lama, karena sebagian refrigerant masih bisa bersirkulasi.

Bagian dalam kulkas masih terasa dingin, namun tidak cukup dingin untuk membuat es batu. Kulkas hanya akan dingin seperti lemari pendingin yang digunakan khusus untuk minuman.

Akibat Sirkulasi Refrigerant Mampet

Akibat dari masalah ini adalah kulkas tidak dapat mencapai suhu dingin yang diinginkan, atau jika pun dingin tidak akan maksimal. Pada bagian freezer, es tidak akan terbentuk seperti pada kulkas yang normal.

Jika tidak segera diperbaiki, masalah ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius, seperti kinerja kompresor yang lemah atau tidak maksimal seperti sebelumnya.

Tkalian-tkalian sirkulasi refrigerant pada kulkas buntu

Jika kulkas tiba-tiba tidak dingin, terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat digunakan untuk memastikan apakah terjadi penyumbatan atau tidak. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri tersebut:

1. Body samping kanan kiri (kondensor) tidak panas

Jika bagian body samping kanan dan kiri (kondensor) terasa panas ketika disentuh, maka kulkas tersebut dikatakan normal. Namun, jika sebaliknya, yaitu bagian tersebut terasa dingin atau tidak terasa sama sekali, maka hal ini menunjukkan adanya penyumbatan pada jalur sirkulasi refrigerant pada kulkas.

2. Filter dingin saat dipegang

Kondisi filter kulkas yang normal juga sama seperti kondensor, yaitu akan terasa panas jika disentuh. Namun, jika filter tersebut malah terasa dingin, kemungkinan besar kulkas mengalami penyumbatan pada jalur sirkulasi freon.

3. Tidak ada suara “kemricik” di bagian dalam kulkas

Untuk kulkas yang normal, biasanya terdengar suara “kemricik” di dalamnya yang berasal dari gas refrigerant yang sedang bersirkulasi.

Namun, jika tidak terdengar suara “kemricik” padahal mesin kompresor hidup, hal ini juga menjadi tkalian adanya penyumbatan pada jalur sirkulasi refrigerant. Karena tidak ada refrigerant yang dapat bersirkulasi, maka tidak akan terdengar suara “kemricik” di dalam kulkas.

4. Tidak adanya bunga es

Kulkas yang normal akan mengeluarkan bunga es di bagian evaporator. Namun, jika tidak ada bunga es, kemungkinan besar proses pendinginan tidak terjadi dengan baik dan ini bisa menjadi tkalian adanya penyumbatan pada jalur sirkulasi freon kulkas.

Baca Juga :   Efek Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu Terlalu Panjang

5. Evaporator tidak dingin secara merata

Jika dingin pada evaporator tidak merata dan es tidak dapat membeku dengan sempurna, kemungkinan besar terjadi penyumbatan pada jalur sirkulasi freon kulkas sebagian. Hal ini menyebabkan bagian freezer tidak dapat membeku dengan baik, melainkan hanya menjadi dingin seperti kompartemen kulkas pada bagian bawah.

6. Kompresor sering mati hidup

Jika kompresor kulkas sering mati hidup tidak seperti biasanya, dan disertai dengan kondisi interior kulkas yang kurang dingin, hal ini juga bisa menjadi tkalian adanya penyumbatan pada jalur sirkulasi freon kulkas.

7. Ketika di check memakai manifold, tekanan freon menunjukan NOL

Jika kita memeriksa tekanan refrigerant dengan menggunakan manifold dan jarum pada manifold menunjukkan angka nol, kemungkinan besar terjadi penyumbatan pada jalur sirkulasi freon kulkas. Angka nol pada manifold tidak menunjukkan bahwa freon habis (kecuali ada kebocoran), melainkan karena sirkulasi refrigerant terhenti pada sisi tertentu seperti pada kondensor, filter, dan pipa kapiler.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam perawatan kulkas, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan pipa kapiler. Jika pipa kapiler kulkas kalian sudah terlanjur tersumbat, maka tidak ada cara lain selain melakukan flushing pipa kapiler kulkas.

Flushing pipa kapiler kulkas merupakan proses pembersihan pipa kapiler dari kotoran atau partikel yang menghambat aliran refrigeran. Cara ini bisa dilakukan dengan mengalirkan refrigeran cair pada pipa kapiler untuk membersihkannya.

Namun, perlu diingat bahwa flushing pipa kapiler kulkas harus dilakukan oleh ahli teknisi yang berpengalaman. Sebab, proses ini memerlukan keterampilan dan alat khusus untuk melakukan pembersihan dengan aman dan tepat.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan perawatan kulkas secara rutin agar dapat menghindari terjadinya kerusakan pada pipa kapiler dan komponen lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan flushing pipa kapiler kulkas.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Flushing Pipa Kapiler Kulkas Dengan Methyl & Tiner. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *