Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas

Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Tepat. Sekarang hampir semua orang memiliki lemari pendingin atau kulkas di rumah, dan mungkin kalian juga salah satunya. Di pasar Indonesia, tersedia banyak merek kulkas seperti Panasonic, LG, Samsung, Polytron, dan masih banyak lagi. Setiap merek memiliki harga yang berbeda-beda.

Tidak hanya kulkas, merek-merek tersebut juga memproduksi produk elektronik lainnya seperti TV, AC, mesin cuci, kipas angin, dan banyak lagi. Namun, pada kesempatan ini, finoo.id akan membahas cara mencairkan bunga es pada kulkas merek Polytron.

Apa Itu Bunga Es Kulkas?

Bunga es pada kulkas adalah kumpulan uap air yang membeku pada dinding bagian dalam dan rak freezer. Biasanya, bunga es muncul pada kulkas 1 pintu karena freezer dan chiller berada pada kompartemen yang sama.

Namun, perlu diwaspadai jika bunga es muncul pada kulkas 2 pintu atau jenis lemari es yang lebih besar karena hal tersebut dapat memicu kerusakan pada kulkas.

Penyebab Bunga Es pada Kulkas

Beberapa penyebab kemunculan bunga es pada kulkas yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

  1. Suhu freezer kulkas terlalu rendah, sehingga menyebabkan lapisan bunga es pada freezer semakin tebal.
  2. Kerusakan pada lapisan karet yang membentuk segel pada pintu kulkas (disebut gasket) dapat membuat sebagian pintu kulkas terbuka dan udara lembap masuk ke dalam kulkas. Udara lembap tersebut kemudian akan mengembun pada dinding dan langit-langit kulkas bagian dalam, menyebabkan kemunculan bunga es.
  3. Menyimpan makanan yang masih bersuhu panas di dalam kulkas dapat membuat uap panas dari makanan mengembun dan berubah menjadi bunga es yang menempel di kulkas.
  4. Gangguan pada sistem self-defrosting yang bertugas mencairkan bunga es pada kulkas. Pada kondisi normal, sistem tersebut menggunakan pemanas kecil untuk menaikkan suhu koil refrigeran kulkas secara teratur. Sedikit peningkatan suhu pada koil refrigeran akan mencairkan embun beku di dinding dan rak kulkas sehingga mencegah pembentukan bunga es. Namun, kerusakan pada sistem self-defrosting dapat membuat embun beku gagal dicairkan dan menyebabkan penumpukan bunga es yang tak dapat dihindari.
Baca Juga :   Fungsi Overload Kulkas dan Ciri-Ciri Kerusakanya Tepat

Berbagai Dampak Buruk yang Ditimbulkan Bunga Es Kulkas

Jangan biarkan bunga es menumpuk di dalam kulkas kalian karena hal tersebut bisa menimbulkan beberapa dampak buruk, di antaranya:

  1. Kapasitas muatan freezer akan berkurang karena semakin tebalnya lapisan bunga es yang akan menyita ruang pada freezer secara drastis.
  2. Bunga es biasanya mengandung bahan aktif dan bakteri yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diare, tifus, dan pilek jika dikonsumsi secara sengaja atau tidak sengaja, terutama oleh anak-anak.
  3. Bunga es juga dapat menyebabkan kemunculan bau tak sedap yang memengaruhi aroma dan rasa makanan yang disimpan di dalam kulkas.
  4. Lapisan bunga es yang terlalu tebal dapat menghalangi fungsi evaporator pada kulkas yang berfungsi menyedot panas di dalam kulkas. Masalah ini akan membuat sirkulasi udara pada kulkas terhambat sehingga kulkas tidak dingin dan akhirnya rusak.

Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu

Bunga es pada kulkas seringkali menjadi masalah karena pengaturan suhu yang terlalu rendah atau dingin. Selain itu, bunga es juga memakan tempat pada bagian freezer sehingga tidak bisa menampung banyak barang.

Bunga es terbentuk ketika kelembapan bersentuhan dengan kumparan evaporator pada bagian freezer kulkas dan kemudian membeku. Namun, ada beberapa cara untuk mencairkan bunga es pada kulkas Polytron Belleza. Berikut ini penjelasannya:

1. Gunakan Air Hangat

Cara pertama untuk mencairkan bunga es pada kulkas Polytron Belleza adalah dengan menggunakan air hangat. kalian dapat meletakkan wadah yang berisi air hangat di dekat freezer, sehingga uap panasnya dapat melelehkan es.

Selain itu, kalian juga dapat menggunakan kain yang direndam di air hangat dan diletakkan pada bagian bunga es. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan botol semprot yang diisi air hangat untuk mengusir bunga es tersebut.

Namun, hindari menyiramkan air panas langsung ke dalam freezer karena cara tersebut dapat merusak kulkas dan bahkan melukai kulit. Sebaiknya gunakan cara-cara yang aman dan tidak merusak kulkas kalian.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp Yang Tepat

2. Manfaatkan Hair Dryer dan Kipas Angin

Cara selanjutnya untuk mencairkan bunga es pada kulkas Polytron Belleza adalah dengan memanfaatkan alat pengering rambut atau kipas angin. Alat pengering rambut dapat menghasilkan angin yang hangat sehingga dapat melelehkan es secara perlahan.

Selain itu, kipas angin juga dapat membantu mengalirkan udara hangat ke dalam freezer untuk mencairkan bunga es. Namun, pastikan untuk tidak terlalu dekat dengan bunga es agar tidak merusak kulkas.

3. Rendaman Alkohol

Ternyata, alkohol juga dapat digunakan untuk menghilangkan bunga es pada kulkas Polytron Belleza. Namun, cara ini hanya efektif jika bunga es tidak terlalu tebal. Caranya adalah dengan merendam kain bersih ke dalam alkohol dan kemudian mengusapkannya pada bunga es. Pastikan kain benar-benar bersih agar tidak menambah masalah pada kulkas kalian.

4. Tekan Tombol Defrost

Cara termudah untuk mencairkan bunga es pada kulkas Polytron Belleza adalah dengan menekan tombol defrost. Tombol ini berfungsi untuk menghilangkan bunga es secara otomatis tanpa perlu melelehkannya secara manual. Ketika tombol defrost ditekan, kompresor akan mati dan akan kembali menyala setelah bunga es terhapus.

Sayangnya, tidak semua kulkas dilengkapi dengan fitur ini. Namun, untuk kulkas Polytron 2 pintu, kebanyakan memiliki fitur defrost. Kulkas dengan ukuran kecil atau 1 pintu biasanya tidak dilengkapi dengan fitur ini. Tombol defrost pada kulkas Polytron Belleza terletak di bagian depan atau sisi pintu freezer, atau bagian bawah freezer bersama dengan tombol pengaturan suhu.

5. Matikan Kulkas

Cara terakhir untuk mencairkan bunga es pada kulkas Polytron Belleza adalah dengan mematikan kulkas agar bunga es meleleh dengan sendirinya. kalian dapat mencabut kabel kulkas dari saklar atau sumber listrik untuk mematikan kulkas. Namun, cara ini tidak disarankan karena dapat merusak kulkas dan menghabiskan energi yang lebih banyak saat kulkas dinyalakan kembali.

Alternatifnya, kalian dapat menaikkan suhu kulkas agar menjadi lebih hangat. Dengan cara ini, bunga es akan meleleh secara perlahan tanpa merusak kulkas. Namun, pastikan suhu kulkas tetap berada dalam batas aman agar makanan yang disimpan di dalamnya tetap segar.

Baca Juga :   Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas dan Tidak Beku

Bagaimana Cara Memperbaiki Kulkas yang Banyak Bunga Es?

Memperbaiki kulkas yang banyak bunga es ternyata tidak sulit. Berikut ini beberapa langkah yang dapat diikuti agar kulkas bersih dari bunga es dan kembali berfungsi seperti sedia kala.

  1. Pindahkan bahan makanan beku ke tempat lain yang tertutup untuk menjaga kestabilan suhunya. Langkah ini penting untuk menjaga kesegaran persediaan bahan makanan kalian.
  2. Matikan aliran listrik pada kulkas lalu biarkan pintu freezer terbuka agar udara hangat bisa masuk ke dalam freezer.
  3. Keluarkan semua komponen kulkas bila bunga es mulai mencair. Sambil menunggu bunga es mencair secara menyeluruh, kalian bisa membersihkan komponen kulkas tersebut dengan air hangat lalu mengelapnya hingga kering.
  4. Periksa bak penampungan air pada kulkas dan kosongkan bila sudah mulai terisi penuh. Setelah itu, cari selang pembuangan yang biasanya terdapat di bagian bawah kulkas. Arahkan selang tersebut ke tempat pembuangan supaya air hasil pencairan bunga es bisa mengalir keluar.
  5. Jika kulkas kalian memiliki fitur pencair bunga es, aktifkan fitur tersebut agar proses membersihkan bunga es berlangsung lebih cepat.
  6. Saat bunga es sudah benar-benar mencair dan freezer kulkas sudah kosong, bersihkan bagian dalam freezer tersebut sebelum kalian kembali menyambungkan kulkas ke sumber listrik.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara untuk mencairkan bunga es pada kulkas Polytron 1 pintu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat dengan mudah mencairkan bunga es yang terbentuk di dalam kulkas kalian tanpa harus menggunakan alat-alat yang berisiko merusak kulkas.
Selain itu, pastikan untuk selalu merawat kulkas kalian dengan baik dan rutin membersihkannya agar tidak terjadi masalah yang lebih serius di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *