Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu

Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu Paling Tepat. Bagaimana cara mengatur termostat pada kulkas 1 pintu dan bagaimana cara mengukur serta memasang kabel termostat pada kulkas 1 dan 2 pintu? Selain itu, bagaimana cara mengatur termostat secara manual?

Teknisi dapat menambahkan pengaturan suhu khusus setelah menyalakan termostat. Saat mengganti termostat, seringkali termostat yang baru tidak sesuai dengan suhu sebenarnya, sehingga perlu dilakukan pengaturan ulang dengan suhu di bawah 0°.

Pengertian dan Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Termostat adalah komponen yang berfungsi mengatur suhu pada kulkas. Selain itu, termostat juga berperan sebagai otomatis yang mengatur kapan mesin harus menyala atau mati (standby).

Termostat digunakan pada semua jenis pendingin, termasuk pada AC dengan penggunaan komponen Thermistor. Ketika suhu dalam kulkas telah mencapai set point yang telah diatur, termostat akan memutus arus listrik yang menuju mesin untuk memasuki mode standby.

Ketika suhu kembali naik, mesin akan kembali menyala untuk mendinginkan kulkas seperti semula. Proses ini akan berulang terus-menerus.

Bagaimana cara kerja thermostat tersebut ?

Termostat pada kulkas menggunakan sensor yang berisi gas yang dapat berubah jika didinginkan. Jika sensor berada dalam lingkungan yang dingin, tekanan gas dalam sensor akan menurun.

Perubahan tekanan ini menyebabkan kontak switch terbuka dari keadaan tertutup. Semakin rendah suhu yang diukur oleh sensor, semakin rendah pula tekanan gas di dalamnya.

Baca Juga :   Skema & Cara Kerja Kelistrikan Kulkas Sharp 1 Pintu

Termostat menggunakan sebuah knob untuk menentukan batas tekanan di mana kontak switch akan berubah. Artinya, perubahan kontak termostat dapat disetel sesuai dengan kebutuhan.

Knob termostat biasanya memiliki angka 1,2,3,4,5. Semakin tinggi angkanya, semakin rendah suhu yang dibutuhkan untuk membuka kontak switch. Oleh karena itu, jika ingin mengatur kulkas pada suhu terendah, knob harus diatur ke angka tertinggi.

Jika termostat rusak atau tidak digunakan, kompresor kulkas tidak akan hidup dan kulkas tidak dingin karena tidak ada aliran listrik ke mesin. Sistem kelistrikan pada kulkas saling terhubung antara satu komponen dengan yang lainnya.

Jika kulkas tidak menggunakan termostat, mesin akan terus berjalan dan tidak bisa standby, yang dapat menyebabkan mesin cepat rusak atau bahkan jebol.

Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu Manual

Pada kulkas 1 pintu yang menggunakan pengatur termostat manual, pengaturan termostat dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah cara untuk mengatur termostat pada kulkas 1 pintu manual.

1. Kenali tampilan thermostat

Pada kulkas 1 pintu dengan pengatur termostat manual, terdapat tombol putar di bagian dalam kulkas yang berfungsi untuk mengatur suhu. Tombol putar ini memiliki skala angka yang menunjukkan level suhu yang diinginkan.

Skala angka biasanya berkisar antara 1-7 yang merepresentasikan suhu dari paling dingin hingga paling hangat.

2. Atur suhu sesuai kebutuhan

Langkah pertama dalam mengatur termostat pada kulkas adalah menentukan suhu yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika kulkas digunakan untuk menyimpan makanan yang mudah rusak atau minuman yang perlu disajikan dingin, disarankan untuk mengatur suhu pada angka 3 atau 4.

Namun, jika kulkas digunakan untuk menyimpan buah atau sayuran, suhu yang diinginkan bisa diatur pada angka yang lebih hangat, yaitu pada angka 5 atau 6.

Baca Juga :   Pengertian Thermostat, Jenis & Prinsip Kerjanya Yang Tepat

3. Tunggu beberapa jam

Setelah mengatur suhu sesuai kebutuhan, biarkan kulkas berjalan selama beberapa jam agar suhu di dalamnya dapat stabil sesuai dengan pengaturan yang telah diatur.

Hindari membuka pintu kulkas terlalu sering atau terlalu lama karena hal tersebut dapat memengaruhi suhu di dalam kulkas.

4. Periksa suhu secara berkala

Setelah beberapa jam, periksa suhu di dalam kulkas untuk memastikan bahwa suhu yang diinginkan telah tercapai. Gunakan termometer khusus untuk memeriksa suhu di dalam kulkas.

Jika suhu masih terlalu dingin atau terlalu hangat, atur kembali termostat pada kulkas agar suhu dapat tercapai sesuai kebutuhan.

CARA MENGATUR ULANG SETELAN PENGATUR SUHU ( THERMOSTAT BARU / BEKAS)

Cara mengatur termostat tergantung pada masalah yang terjadi pada termostat, baik itu termostat yang baru atau bekas. Berikut adalah beberapa cara mengatasi masalah termostat:

Termostat kurang dingin dan tidak memutus arus ke kompresor: Cari baut setelan suhu (baut Range) pada termostat dan putar setengah lingkaran ke arah berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian, coba periksa suhu kulkas, jika masih terlalu dingin, putar kembali setengah lingkaran dan coba kembali hingga suhu yang diinginkan tercapai.

Termostat tidak memutus arus ke kompresor: Putar baut setelan suhu searah jarum jam sebanyak setengah lingkaran. Jika suhu sudah tercapai namun masih belum memutus arus, ulangi setelan tersebut hingga termostat dapat memutus arus. Jika putaran baut mentok dan masih tidak memutus arus, kemungkinan ada kebocoran pada cairan air raksa, maka disarankan untuk mengganti termostat dengan yang baru.

Termostat terlalu cepat menghubungkan arus ke kompresor ketika mati ke hidup: Putar baut setelan jeda (baut differential) sebanyak setengah putaran untuk menambah waktu jeda mesin kompresor ketika mati menjadi sekitar 10 menit.

Baca Juga :   Cara Cek Heater Kulkas Polytron Multitester Paling Mudah

Cara Mengukur Thermostat Kulkas

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa termostat pada kulkas:

  1. Keluarkan termostat kulkas dari lemari es.
  2. Cabut soket terminal kabel yang terhubung ke termostat.
  3. Lepaskan pipa sensor suhu evaporator.
  4. Biarkan termostat terkena suhu luar untuk beberapa waktu.
  5. Gunakan multimeter dengan skala ohm, ukur resistansi kedua terminal termostat.
  6. Jarum multimeter akan bergerak ke kanan pada keadaan termostat yang normal.
  7. Celupkan ujung tabung sensor ke dalam air dingin es; jarum multimeter harus kembali ke kiri setelah beberapa detik.

Gejala termostat kulkas rusak

Jika termostat kulkas tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera diganti agar kulkas dapat beroperasi dengan normal kembali. Harga termostat untuk kulkas satu pintu biasanya berkisar antara 150 hingga 200 ribu rupiah.

Artikel Terkait :

Penutup

Kesimpulannya, menyetel thermostat pada kulkas 1 pintu bisa dilakukan dengan mudah. Pastikan untuk memeriksa manual pengguna terlebih dahulu agar tidak salah langkah.

Setelah itu, atur suhu sesuai dengan kebutuhan dan pastikan untuk melakukan pengaturan ulang jika terjadi perubahan pada lingkungan sekitar.

Dengan menjaga thermostat kulkas pada suhu yang tepat, kulkas kalian akan berfungsi dengan lebih efisien dan dapat memperpanjang umur pemakaian kulkas.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *