Tekanan Freon R134A Pada Kulkas 2 Pintu

Tekanan Freon R134A Pada Kulkas 2 Pintu Sharp Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Tekanan Freon R134A Pada Kulkas 2 Pintu Sharp Yang Tepat. Salah satu alasan kulkas dua pintu tidak dingin lagi adalah karena zat pendingin atau refrigerant telah habis. Jika ingin menambahkan refrigerant tersebut sendiri, perlu diketahui tekanan freon pada kulkas 2 pintu sebelum pengisian dilakukan. Tahap pengisian juga harus dipahami agar tidak merusak komponen lainnya di dalam kulkas.

Secara umum, freon bekerja dengan menyerap energi panas yang terdapat di dalam kulkas, kemudian dengan kekuatannya dan tekanan maksimal suhu rendah, zat ini akan membuat suhu kulkas menjadi dingin hingga mencapai limit yang telah diatur melalui komponen pengaturan suhu.

Apa Itu Tekanan Freon Kulkas?

Bagi yang belum tahu, CFC atau Refrigerant adalah senyawa kimia yang mampu menyerap panas dari udara, sehingga membuat ruangan terasa lebih sejuk. Freon ini berupa gas yang tidak berwarna atau berbau.

Seperti halnya gas lainnya, freon sangat tergantung pada tekanan. Tekanan normal untuk freon adalah 10 psi. Setelah mencapai ukuran tersebut, katup pada tabung harus segera ditutup dengan rapat. Apabila tekanan turun dalam waktu 10 menit, kemungkinan ada kebocoran pada sistem pipa kulkas.

Berapa Tekanan Normal Freon R134a?

Tekanan yang dibutuhkan untuk freon R134a pada freezer adalah 10 psi. Penting untuk memastikan tekanan yang digunakan saat pengisian freon pada kulkas haruslah tepat, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ada batas rendah dan batas tinggi yang harus dipatuhi oleh semua teknisi.

Sebelum melakukan pengisian freon pada kulkas, sebaiknya kita memahami beberapa komponen penting pada AC. Komponen tersebut meliputi valve, kompresor, expansion, kondensor, dan fan blower. Sebelum melakukan pengisian, disarankan untuk melakukan pengecekan pada aliran refrigerant yang terlihat pada bagian sight glass.

Baca Juga :   Biaya Service AC Yang Paling Lengkap Seluruhnya

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Mengisi Freon Kulkas

Berikut adalah beberapa alat yang dibutuhkan untuk mengisi Freon pada kulkas:

  • Peralatan las gas
  • Refrigeran R-134a
  • Pentil pengisian
  • Manifold
  • Ampere meter
  • Kompresor tekan
  • Pompa Vakum
  • Bahan tambah perak
  • Vise Grip (alat pinch-off)
  • Air Sabun

Bagaimana Cara Isi Freon Kulkas 2 Pintu?

Jika Anda sudah memahami skema kelistrikan dan fungsi semua komponen pada sebuah lemari pendingin dua pintu, melakukan pengisian sendiri akan menjadi lebih mudah. Namun, perlu diingat bahwa proses ini membutuhkan kehati-hatian agar tidak merusak komponen dan kabel penghubung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti tang, las tabung, filter, freon kulkas (seperti R134A yang sering digunakan karena tekanannya cocok dengan kulkas). Namun, Anda harus menyesuaikan dengan tipe kulkas yang dianjurkan pada tabel di bagian kompresor.
  2. Siapkan juga mesin vakum (stainer tube), menthyl, selang manifold gauge, dan las tabung untuk memperlancar proses pengisian.
  3. Buka bagian karet pada pentil pipa kompresor yang terletak pada pipa pendek yang tidak langsung terhubung pada sistem kelistrikan lemari pendingin.
  4. Teteskan menthyl ke dalam wadah plastik seperti tutup botol air kemasan.
  5. Pastikan kompresor menyala dan cek aliran freon apakah lancar atau tidak.
  6. Las bagian filter langsung pada pipa kondensor, kemudian las pipa kapiler pada bagian filter sebagai alur pengisian yang tepat.
  7. Tambahkan selang manifold gauge biru pada pentil, sedangkan selang kuning pada tabung freon.
  8. Pastikan tekanan udara mencapai 0-30 psi, seperti kemampuan tekanan freon R134A pada kulkas 2 pintu yang sering digunakan. Lalu, buka kran pada tabung freon untuk mengalirkan zat refrigeran tersebut. Biarkan selama maksimal lima detik, lalu tutup kran tabung dan biarkan sisa freon keluar melalui pipa kapiler.
  9. Ulangi proses pengisian dan pastikan tekanannya hanya mencapai 10 psi. Jika bagian kondensor sudah terasa hangat dan tekanan hampir mencapai 10, matikan keran.

Mengapa Menggunakan Freon R134a?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jenis freon yang digunakan untuk mengisi kulkas adalah R134a. Mengapa R134a dipilih? Sebenarnya, R134a memiliki beberapa properti yang baik, seperti tahan terhadap api, relatif stabil, dan tidak beracun. Meski begitu, tekanan R134a pada kulkas 2 pintu tidak dapat menggantikan R12.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan AC LG Tanpa Remote Paling Mudah

Tekanan freon R134a yang dibutuhkan pada freezer adalah 10 psi. Namun, jika Anda menggunakan tipe freon R12, maka Anda perlu mencari freon dengan spesifikasi yang sama. Dengan begitu, proses pengisian dapat berjalan dengan lancar dan hasil yang didapat akan sesuai dengan yang diinginkan. Pastikan juga untuk memperhatikan nilai tekanan freon kulkas freezer yang Anda gunakan agar tidak salah.

Biaya Servis dan Harga Ganti Freon Kulkas di Tukang Service

1. Jenis service freon

Freon pada kulkas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan freon pada AC. Komponen ini perlu diperiksa secara rutin untuk mencegah kebocoran atau kekurangan freon. Service freon pada kulkas bisa berupa pengisian ulang, penambahan freon, atau penggantian freon jika terjadi kebocoran atau ingin mengganti jenis freon yang digunakan.

Pengisian freon pada kulkas sebenarnya bisa dilakukan sendiri jika Anda memiliki peralatannya. Namun, jika Anda tidak sepenuhnya memahami masalah kulkas, sebaiknya memanggil tukang service. Harga service kulkas untuk mengganti freon berbeda-beda tergantung jenis service yang dibutuhkan, apakah pengisian ulang atau penambahan freon yang berkurang.

Service pengisian freon pada kulkas diperlukan jika ada indikasi kebocoran pada sistem pendingin kulkas. Anda sebaiknya memanggil tukang service secepatnya untuk memperbaiki sebelum kerusakannya semakin parah dan membuat kulkas Anda tidak berfungsi.

Sementara itu, service penambahan freon biasanya dilakukan oleh teknisi ketika kadar freon kulkas berkurang. Kulkas yang digunakan setiap hari pasti akan kehilangan sedikit freon. Jika freon kurang dari level yang direkomendasikan oleh pabrik, maka perlu ditambahkan freon kulkas.

2. Harga ganti freon kulkas yang bocor

Service untuk mengatasi masalah kebocoran freon mungkin akan lebih mahal dibandingkan dengan service untuk masalah freon yang berkurang. Berikut adalah harga rata-rata untuk layanan service freon kulkas:

  • Pengecekan: Rp 75.000
  • Service ringan tanpa mengganti spare part: Rp 100.000
  • Pengisian freon, penggantian filter, dan flushing kulkas 1 pintu: Rp 250.000
  • Pengisian freon, penggantian filter, dan flushing kulkas 2 pintu: Rp 350.000
  • Jasa las per titik sekitar: Rp 70.000

Anda dapat menghitung sendiri perkiraan harga untuk mengganti freon kulkas sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada kulkas Anda di rumah. Biasanya, biaya untuk pengecekan tidak dikenakan apabila kulkas Anda memerlukan layanan service lain seperti pengisian freon, pembersihan, penggantian filter, dan lain sebagainya. Namun, jika hanya untuk pengecekan saja, maka akan dikenakan biaya jasa pengecekan.

Baca Juga :   Cara Reset Remote AC Gree Paling Mudah dan Simpel

3. Proses pengecekan dan pengisian freon kulkas

Tukang service kulkas biasanya sudah dilengkapi dengan peralatan untuk perbaikan freon kulkas. Alat yang dibutuhkan antara lain refrigerant atau freon, tang, mesin vakum, manifold gauge, las tabung, filter, pentil, tang ampere, dan methyl. Harga untuk penggantian isi freon kulkas sudah termasuk biaya untuk refrigerant tersebut.

Proses pertama adalah pengecekan dan persiapan pengisian freon dengan memasang las pentil, selang manifold, vakum, dan tang ampere. Selanjutnya, freon kulkas diisi sesuai dengan level yang dibutuhkan.

Setelah pengisian, teknisi akan memeriksa apakah sirkulasi freon berjalan lancar atau tidak. Penting untuk mengisi freon kulkas sesuai dengan aturan pabrik, tidak boleh kurang atau berlebihan.

Itulah kisaran harga untuk penggantian isi freon kulkas dan proses pengisian atau penggantian. Bagi Anda yang kurang berpengalaman dengan masalah freon kulkas, disarankan untuk mempercayakan perbaikan pada teknisi atau tukang service yang berpengalaman.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam mengoperasikan kulkas 2 pintu, penting untuk memperhatikan tekanan freon R134A yang digunakan. Tekanan freon yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi kinerja kulkas dan mengurangi umur pakainya.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa tekanan freon secara teratur dan mengatur sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh produsen kulkas. Dengan menjaga tekanan freon yang tepat, Anda dapat memastikan kulkas 2 pintu Anda beroperasi dengan efisien dan awet.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Tekanan Freon R134A Pada Kulkas 2 Pintu Sharp Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *