Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start

Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start Yang Tepat. Salah satu isu yang sering terjadi pada barang elektronik adalah ketika mengalami kondisi standby atau ketika TV tidak mau menyala. Untuk mengatasinya, cara-cara yang digunakan akan berbeda-beda tergantung pada kasusnya. Meskipun masalah yang sama terjadi, namun apabila merek TV berbeda maka cara perbaikannya juga akan berbeda.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk memperbaiki TV Akari yang mengalami kondisi standby dan tidak mau menyala, salah satunya dengan memeriksa letak pin protek TV Akari.

Penyebab TV Akari Mati Standby

Terdapat beberapa alasan umum mengapa TV Akari Neo Clara kalian mungkin mengalami masalah kondisi standby atau mati, di antaranya:

1. Kerusakan pada Adaptor atau Kabel Power

Adaptor atau kabel power yang mengalami kerusakan dapat menjadi penyebab TV kalian mengalami kondisi standby atau mati. Jika adaptor atau kabel power tidak berfungsi dengan baik, TV kalian mungkin tidak menerima pasokan daya yang cukup untuk dapat beroperasi secara normal.

2. Masalah pada Papan Sirkuit

Papan sirkuit yang mengalami kerusakan atau memiliki komponen yang tidak berfungsi dengan baik juga bisa menjadi penyebab TV kalian mengalami kondisi standby atau mati. Komponen yang rusak atau terjadi korsleting pada papan sirkuit dapat mengganggu aliran listrik dan membuat TV kalian tidak dapat dinyalakan.

Baca Juga :   Cara Menonton YouTube Di TV LG Semua Tipe Dengan Mudah

3. Kerusakan pada IC Regulator

IC regulator yang mengalami kerusakan dapat menjadi penyebab TV Akari Neo Clara mengalami kondisi standby atau mati. IC regulator merupakan komponen yang bertugas mengatur aliran listrik ke berbagai bagian TV kalian. Jika IC regulator mengalami kerusakan, maka aliran listrik mungkin tidak stabil dan akhirnya membuat TV kalian tidak berfungsi dengan baik.

Cara Memperbaiki TV Akari Neo Clara Mati Standby

Setelah mengetahui penyebab umum mengapa TV Akari Neo Clara kalian mengalami kondisi standby atau mati, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya:

1. Periksa dan Ganti Adaptor atau Kabel Power yang Rusak

Jika kalian curiga bahwa masalah pada TV kalian disebabkan oleh adaptor atau kabel power yang mengalami kerusakan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi adaptor dan kabel power tersebut. Jika ditemukan adanya kerusakan pada adaptor atau kabel power, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

2. Periksa dan Perbaiki Papan Sirkuit

Untuk memeriksa dan memperbaiki masalah pada papan sirkuit, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuka casing TV dan mengakses papan sirkuit. Pastikan TV sudah dimatikan dan dicabut dari sumber listrik sebelum melakukan tindakan ini. Setelah mengakses papan sirkuit, periksa kondisi komponen dan solderan. Jika ditemukan komponen yang rusak atau solderan yang retak, segera ganti komponen yang rusak dan perbaiki solderan yang retak.

3. Ganti IC Regulator yang Rusak

Jika kalian mencurigai bahwa masalah pada TV kalian disebabkan oleh IC regulator yang rusak, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diikuti untuk mengganti IC regulator yang rusak:

1. Matikan dan Cabut TV dari Sumber Listrik

Sebelum membuka casing dan mengakses papan sirkuit, pastikan untuk mematikan TV dan mencabutnya dari sumber listrik terlebih dahulu.

2. Buka Casing TV dan Akses Papan Sirkuit

Untuk membuka casing TV kalian, gunakan obeng dan alat lain yang diperlukan dengan hati-hati. Setelah casing terbuka, kalian akan dapat mengakses papan sirkuit di dalam TV.

Baca Juga :   Kode Remot TV Akari Jenis Tabung & LED Terbaru

3. Temukan IC Regulator yang Rusak

Periksa papan sirkuit dan temukan IC regulator yang rusak. IC regulator biasanya memiliki bentuk kotak kecil dengan beberapa kaki yang menyambungkan ke papan sirkuit. Jika kalian tidak yakin menemukan IC regulator yang rusak, mungkin perlu menghubungi teknisi TV profesional untuk membantu mengidentifikasi komponen yang rusak.

4. Ganti IC Regulator yang Rusak

Setelah menemukan IC regulator yang rusak, gantilah dengan komponen baru yang sesuai. Pastikan kalian memasang IC regulator yang baru dengan benar, mengikuti arah yang ditunjukkan pada papan sirkuit.

5. Pasang Kembali Casing TV dan Hidupkan TV

Setelah IC regulator yang rusak diganti, pasang kembali casing TV kalian dan nyalakan TV. Jika TV kalian sudah tidak mengalami kondisi standby atau mati, maka perbaikan telah berhasil dilakukan.

Beberapa Cara Memperbaiki TV Akari Susah Start

Ketika TV Akari mati atau tidak mau menyala, hal ini merupakan masalah serius dan seringkali memerlukan jasa teknisi yang mahal. Namun, kita bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri terlebih dahulu sebelum membawanya ke teknisi, karena caranya cukup mudah jika kita mau mempelajarinya. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Langkah pertama adalah dengan mengecek tegangan pada titik kolektor TR. Jika tidak ada tegangan, maka bisa jadi spul trafo river horizontalnya yang putus. Namun, kita harus hati-hati dalam menggantinya, terutama jika berasal dari mesin bekas yang memiliki tipe yang sama.
  2. Sebelum melepas travo horizontalnya, kita perlu mengecek terlebih dahulu R pembatas dari B+ sebagai supplynya. Karena biasanya R di bagian ini sering memiliki nilai yang meleleh dari seharusnya.
  3. Selanjutnya, lepaskan dan putuskan trafo pada bagian primernya. Setelah itu, pasang kembali dan coba untuk menyalakan TV. Jika rangkaian horizontal telah bekerja dengan baik, maka TV akan menyala seperti biasa.

Pentingnya Bekerja dengan Teknisi TV Profesional

Memperbaiki TV Akari Neo Clara yang mengalami kondisi standby atau mati bisa menjadi tugas yang sulit, terutama jika kalian tidak berpengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk bekerja dengan teknisi TV profesional saat menghadapi masalah ini.

Baca Juga :   Cara Setting TV Akari Paling Mudah & Praktis

Teknisi TV profesional memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memperbaiki masalah TV kalian dengan cepat dan efisien. Mereka juga memiliki alat yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini, sehingga kalian tidak perlu khawatir tentang merusak TV kalian lebih lanjut saat mencoba memperbaikinya sendiri.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini membahas tentang cara mengatasi TV Akari yang tidak mau menyala atau hanya stuck di mode standby, terdapat beberapa langkah yang bisa dicoba terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang reparasi.

Pertama, pastikan kabel daya sudah terhubung dengan baik ke stop kontak dan TV. Kedua, coba tekan tombol power di remote atau pada TV secara manual. Jika masih tidak menyala, coba ganti baterai remote dan pastikan tidak ada penghalang di depan sensor remote.

Selain itu, periksa juga apakah ada masalah pada jaringan listrik di rumah, seperti tegangan yang tidak stabil atau terlalu rendah. Hal ini bisa menyebabkan TV tidak mau menyala atau masuk ke mode standby.

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan TV masih tidak mau start, sebaiknya bawa ke tukang reparasi terdekat. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa TV tersebut masih dalam masa garansi agar tidak merugikan kalian secara finansial.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah TV Akari yang tidak mau start.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *