Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau dan Error Lainya

Posted on

Finoo.id – Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau dan Error Lainya. Ketika kalian membeli TV Sharp, tentunya kalian berharap agar produk tersebut dapat bertahan lama dan awet. Namun, terkadang karena penggunaan yang berlebihan, beberapa masalah muncul. Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada TV LED Sharp yang hanya menampilkan lampu hijau atau standby saja. Tentu saja, hal ini akan mengganggu waktu menonton TV kalian.

Namun, jika kerusakan tersebut sudah terjadi, apakah kalian harus langsung membawanya ke tukang service? Jika kalian tidak memiliki pengetahuan dasar tentang elektronika, maka lebih baik membawa ke bengkel. Namun, jika kalian memiliki sedikit kemampuan, tidak ada salahnya untuk mencoba menanganinya sendiri. Untuk masalah dan solusinya, kalian dapat melihat penjelasan di bawah ini.

Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Masalah pada televisi LED Sharp yang sering terjadi adalah ketika meskipun sudah dicolokkan ke sumber listrik, namun indikator menyala hijau, tidak ada suara atau gambar, tidak bisa dimatikan, dan tombol serta remote tidak berfungsi.

Penyebabnya mungkin adalah IC flash data error. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  1. Siapkan flashdisk kosong dan colokkan ke televisi.
  2. Tekan dan tahan tombol power beberapa saat, lalu baru colokkan TV ke sumber listrik.
  3. Tunggu sampai proses upgrade selesai, yang ditkaliani dengan lampu indikator yang terus berkedip. Jangan matikan TV saat proses upgrade sedang berjalan.
  4. Ketika layar menyala, itu menkaliankan proses upgrade berhasil.
  5. Matikan televisi dan lepas flashdisk.

Kumpulan Kerusakan TV LED Sharp Aquos dan Varian Lainnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kerusakan pada TV LED Sharp Aquos dengan ukuran 24 inci atau varian lainnya adalah hal yang biasa terjadi. Untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut, dibutuhkan pengetahuan dasar tentang servis dari pemiliknya. Dengan begitu, pemilik dapat menyelesaikan masalah televisi lebih awal dan menghemat biaya servis yang harus dikeluarkan.

Baca Juga :   Cara Update Firmware TV Toshiba Semua Tipe Dengan Mudah

Di kesempatan ini, akan diberikan beberapa contoh masalah yang biasa terjadi pada televisi merek Sharp atau jenis TV LED lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, simaklah penjelasannya di bawah ini dengan baik dan cermat.

1. TV Panas Berlebih Saat Dinyalakan

Masalah pertama yang sering terjadi pada televisi adalah overheat atau panas berlebih saat dinyalakan, terutama pada TV Sharp tipe Picollo Slim 21. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada IC Croma. Jika terjadi kerusakan ini, televisi akan terasa sangat panas saat disentuh.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah dengan mengganti komponen IC Croma. Namun, masalahnya adalah bahwa suku cadang tersebut sulit ditemukan karena Sharp sebagai pembuat TV sudah tidak memproduksi komponen tersebut. Namun, kalian masih bisa menggunakan IC persamaan yang sesuai dengan tipe TV.

Dalam penggantian IC Croma, beberapa komponen harus dilepas terlebih dahulu, seperti transistor Q100D dan Q755. Hal ini bertujuan agar Trafo Regulator tidak berderik saat dinyalakan. Meskipun suku cadang yang digunakan adalah perangkat persamaan, bukan versi asli dari Sharp, hal ini masih dapat diterima.

2. TV LED Sharp Aquos tidak ada gambar dan suara

Masalah lain yang sering terjadi adalah kerusakan pada Elco dengan ukuran 33uF di dekat IC vertikal. Secara fisik, komponen ini tidak terlihat ketika mengalami kerusakan, meskipun bisa pecah, retak, atau menggelembung. Terkadang, bahkan saat terjadi kerusakan, Elco tidak menunjukkan perbedaan kondisi fisik.

Namun, sebelum mengganti Elco, disarankan untuk melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan alat multitester baik yang mesin analog maupun digital. Jangan langsung mengganti Elco secara buru-buru.

Jika setelah diperiksa memang ada kerusakan pada komponen tersebut, kalian bisa menggantinya dengan komponen yang baru. Namun, jika Elco masih terlihat normal dan berfungsi dengan baik, maka masalah yang menyebabkan TV rusak mungkin berasal dari bagian lain pada televisi.

3. TV LED Mati (Stand by)

Masalah terakhir yang sering terjadi adalah TV Sharp hanya menampilkan lampu merah atau kedipan lampu hijau. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh kerusakan di D605. Namun, jika setelah dilakukan pengecekan pada R605 atau B+125V tidak ada masalah, maka kemungkinan besar Dioda 605 yang menjadi penyebab masalah.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp Yang Baik & Benar

Jika D605 memang rusak, kalian tidak perlu khawatir. Lakukan saja penggantian komponennya. Jika setelah diganti, TV bisa menyala seperti biasa, maka masalahnya sudah teratasi dengan baik. Namun, jika setelah beberapa upaya tetap dalam kondisi rusak, lebih baik membawanya ke bengkel elektronik terdekat.

4. Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Aquos 24

Model Aquos 24 inci sering mengalami beberapa masalah, mulai dari perangkat mati total hingga lampu indikator berkedip-kedip merah tanpa henti dan tidak bisa menyala.

Jika perangkat mati total, bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kerusakan PSU hingga tegangan out. Jika televisi mengalami masalah tegangan out, terutama karena tersambar petir, kalian bisa mengganti motherboard.

Namun, jika lampu indikator merah terus berkedip-kedip, kemungkinan penyebabnya adalah IC Eprom yang mengalami error. Jika demikian, berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan dan tahan tombol joystick dan tombol power.
  • Pasang steker listrik.
  • Setelah LED merah menyala satu kali, lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Arahkan tombol joystick ke kiri, kanan, bawah, dan atas.

5. Mengatasi TV LED Sharp Aquos 32 Protek

Protek atau lampu berkedip juga menjadi masalah umum yang sering terjadi pada TV LED Sharp, terutama pada model Aquos 32 inci. Protek bisa disebabkan oleh kerusakan pada power supply, seperti TR, dioda, dan IC.

Untuk mengatasinya, kalian dapat mengakses mode servis. Namun, sebelum itu, pastikan bagian power supply tidak mengalami masalah dan seluruh tegangan dapat keluar tanpa masalah. Jika power supply tidak bermasalah, lampu backlight akan menyala. Setelah itu, masuk ke menu servis dengan cara berikut ini:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan tombol panel input dan volume down lalu colokkan kabel ke listrik.
  • LED akan menyala hijau.
  • Jika muncul huruf “K”, tekan tombol chdown dan volume down.
  • Pilih halaman 9 atau 10 yang bertuliskan ERR Reset, lalu ubah menjadi mode on.

Fitur Unggulan TV LED Sharp

Jika kalian penggemar TV, TV LED Sharp Aquos bisa menjadi salah satu item yang direkomendasikan untuk dipertimbangkan. Berikut ini adalah 5 fitur unggulan dari TV LED Sharp Aquos yang perlu kalian ketahui lebih lanjut:

1. Desain futuristik

TV LED Sharp Aquos memiliki desain modern dan futuristik. Dengan bezel dan frame yang tipis, layar TV LED Sharp Aquos terlihat lebih lebar tanpa batasan. Kaki penyangganya yang melengkung dan terletak di sisi kanan dan kiri membuatnya terlihat kokoh dan tahan guncangan.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp Yang Tepat

2. Antenna Booster

Salah satu masalah yang paling mengganggu saat menikmati acara televisi adalah tiba-tiba sinyal menjadi buruk. Kualitas gambar pun menurun drastis dan menyajikan tampilan yang tidak jelas dengan suara yang berisik. Namun, jika kalian memiliki TV LED Sharp Aquos, kalian tidak perlu khawatir.

3. Ketersediaan port USB dan HDMI

TV LED Sharp Aquos tidak hanya menampilkan siaran TV, tetapi juga dilengkapi dengan colokan USB dan HDMI. Dengan demikian, kalian dapat menonton film atau mendengarkan musik hanya dengan mencolokkan flash disk atau hard disk eksternal ke dalam port yang tersedia di belakang layar TV LED ini.

4. Dukungan LED Backlight

TV LED Sharp Aquos memiliki resolusi layar HD yang membuat tampilan gambar terlihat sangat jernih dan menarik. Selain itu, resolusi HD juga akan memberikan kesan yang lebih dramatis saat menonton film.

5. Fitur Eco Mode

kalian tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak karena sering menonton televisi, terutama jika kalian menggunakan TV LED Sharp Aquos. TV ini telah dilengkapi dengan teknologi Eco Mode yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi daya TV, sehingga dapat membantu menghemat biaya listrik kalian.

Artikel Terkait :

Penutup

Kerusakan TV LED Sharp dengan lampu yang hanya menyala hijau bisa menjadi masalah yang menjengkelkan. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kegagalan pada komponen elektronik atau masalah pada panel TV.

Jika kalian mengalami masalah ini, sebaiknya segera menghubungi teknisi yang berpengalaman untuk memperbaiki TV kalian. Hindari mencoba memperbaiki TV sendiri jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup, karena dapat membahayakan keselamatan kalian.

Ingatlah untuk selalu memeriksa dan memelihara TV kalian secara teratur untuk mencegah masalah yang lebih serius di masa depan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau dan Error Lainya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *