Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos

Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos Yang Sering Terjadi

Posted on

Finoo.id – Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos Yang Sering Terjadi. Saat ini, terdapat banyak merek TV yang beredar di Indonesia. Salah satunya yang populer adalah TV LCD Sharp Aquos yang memiliki beragam fitur canggih dan tampilan gambar yang jernih. Meskipun demikian, kerusakan pada TV tersebut tetap bisa terjadi. Oleh karena itu, sebagai pemilik, kalian perlu mengetahui solusi untuk mengatasi kerusakan pada TV LCD Sharp Aquos.

Beberapa masalah umum yang mungkin timbul pada TV ini adalah tampilan LCD bergaris atau gagal start. Jika hal tersebut terjadi pada televisi kalian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi TV LCD Sharp Aquos Gagal Start

Sebagai solusi yang efektif untuk mengatasi masalah pada barang elektronik, penggantian komponen yang menjadi penyebab kerusakan bisa menjadi pilihan. Jika TV LCD mengalami gagal start, beberapa komponen yang perlu diganti adalah sebagai berikut.

1. Ganti IC Croma

Jika setelah melakukan pemeriksaan komponen, ternyata IC Croma yang rusak, maka sebaiknya IC tersebut diganti. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa IC tersebut memang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.

Perlu diperhatikan bahwa setiap tipe IC Sharp memiliki jenis yang berbeda-beda. Bahkan, ada beberapa jenis IC yang tidak memiliki pengganti yang sama persis. Dalam situasi seperti ini, biasanya para teknisi akan menawarkan solusi dengan mengganti IC yang rusak menggunakan komponen IC persamaan.

2. Ganti Short Dioda 605

Saat Short Dioda 605 pada TV mengalami kerusakan, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. kalian dapat mencari dioda baru di toko elektronik terdekat. Untuk memudahkan saat akan membeli, dioda yang rusak dapat dicopot terlebih dahulu dan dibawa ke toko elektronik sebagai contoh.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan TV LG Tanpa Remote Yang Benar

3. Ganti Elco

Elco atau kapasitor juga seringkali menjadi penyebab TV yang gagal menyala. Jika elco pada TV sudah rusak, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya. Pastikan kalian membawa elco yang rusak ke toko elektronik sebagai contoh untuk memudahkan saat akan membeli komponen pengganti yang sesuai.

Cara Memperbaiki TV LED Sharp Aquos Bergaris

1. Mengganti IC COF

Jika TV Sharp mengalami tampilan bergaris, kemungkinan besar disebabkan oleh kerusakan pada IC COF. Hal ini wajar karena IC tersebut dikenal cukup rentan. Kelonggaran posisi atau panas dapat membuat IC COF mengalami gangguan dan menyebabkan tampilan TV bergaris. Oleh karena itu, sebelum mengganti LCD secara langsung, sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi IC COF.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat membongkar televisi terlebih dahulu dan mencoba memperbaiki IC dengan memanaskannya menggunakan solder. Namun, perlu dilakukan dengan sangat hati-hati karena IC COF memang sangat rapuh. Jika IC COF sudah rusak, satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.

2. Memodifikasi Tegangan Row

Berikut adalah langkah-langkah modifikasi yang dapat dilakukan:

  • Bongkar TV untuk memastikan jalur FPC tidak terbakar.
  • Cek tegangan IC Power Tcon dan pastikan tidak ada tegangan yang kurang.
  • Putuskan jalur PIN OUT 21 yang mengarah ke panel.
  • Ukur tegangan tanpa beban. Normalnya berada di antara 21 hingga 24 volt.
  • Ada dua penyebab kerusakan. Jika IC rusak, maka harus segera diganti. Namun jika panel masih bisa digunakan, lakukan jumper antara tegangan IC power out dengan jalur panel yang putus.
  • Jika masih gagal dan terbakar, artinya kerusakan panel sangat parah sehingga harus diganti. Namun, jika tidak ada yang terbakar dan suhu Tcon normal, garis pada layar dapat dihilangkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Mengatasi TV LED Sharp Tidak Bisa Dimatikan

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada TV LED Sharp adalah ketika TV tidak bisa dimatikan dan setelah dimatikan, beberapa detik kemudian kembali menyala dengan sendirinya. Selain itu, layar juga tidak bisa menangkap siaran.

Baca Juga :   Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot Paling Mudah

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya adalah dengan melakukan reset memori melalui menu servis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Lepaskan kabel colokan televisi dari sumber listrik.
  2. Tekan tombol joystick untuk melakukan input dan tombol power secara bersamaan, tahan beberapa saat.
  3. Sambil menahan kedua tombol, colokkan kabel daya ke sumber listrik hingga indikator berkedip.
  4. Setelah indikator berkedip, lepaskan kedua tombol.
  5. Tekan tombol joystick ke arah atas, bawah, atas, lalu tekan untuk meng-input hingga TV menyala.
  6. Pada menu servis, atur setting eprom clear on, reset diubah menjadi 0, factory unit diubah menjadi Asia.

Mengatasi TV LED Sharp Aquos 32 Protek

Salah satu masalah yang sering terjadi pada TV LED Sharp, terutama pada model Aquos 32 inci, adalah protek atau lampu berkedip. Protek dapat disebabkan oleh kerusakan pada power supply, seperti TR, dioda, dan IC.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat mengakses mode servis. Namun, sebelum itu, pastikan bahwa bagian power supply tidak mengalami masalah dan semua tegangan dapat keluar dengan baik. Jika power supply tidak bermasalah, lampu backlight akan menyala. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk masuk ke mode servis:

  1. Cabut kabel dari colokan listrik.
  2. Tekan tombol panel input dan volume down, lalu colokkan kabel ke listrik.
  3. LED akan menyala hijau.
  4. Jika muncul huruf “K”, tekan tombol chdown dan volume down.
  5. Pilih pada halaman 9 atau 10 yang bertuliskan ERR Reset, dan ubah menjadi mode on.

Mengatasi TV Tidak Bisa Dimatikan dengan Remote

Permasalahan yang sering terjadi pada remote TV adalah error atau tidak berfungsi dengan baik. Kebanyakan penyebabnya adalah kerusakan pada remote itu sendiri. Jika demikian, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki remote yang error:

  1. Ganti baterai dengan yang baru.
  2. Bersihkan besi penghantar pada baterai.
  3. Reset setting-an remote.
  4. Bersihkan tombol remote.
Baca Juga :   Ciri-Ciri Panel LCD TV Rusak & Cara Merawatnya

Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Beberapa masalah yang sering terjadi pada TV LED Sharp antara lain tidak adanya suara dan gambar, tidak dapat dimatikan, tombol dan remote tidak berfungsi, serta indikator menyala hijau meskipun sudah dicolokkan ke sumber listrik.

Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah IC flash data error. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan flashdisk kosong dan colokkan ke TV.
  2. Tekan dan tahan tombol power beberapa saat, baru kemudian colokkan TV ke sumber listrik.
  3. Tunggu hingga proses upgrade selesai. Proses upgrade ditkaliani dengan lampu indikator yang terus menerus berkedip. Hindari mematikan TV saat proses upgrade masih berjalan.
  4. Setelah layar menyala, tkaliannya proses upgrade berhasil.
  5. Matikan TV dan lepaskan flashdisk.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa solusi yang bisa kalian coba jika mengalami kerusakan pada TV LCD Sharp Aquos kalian. Pertama, pastikan kalian telah memeriksa koneksi antara TV dan sumber daya listrik atau perangkat eksternal yang terhubung. Selain itu, kalian juga bisa mencoba melakukan reset pada TV kalian atau memperbarui firmware jika tersedia.

Jika masalah masih terjadi, cobalah memeriksa lampu latar TV dan kabel LVDS yang terhubung ke panel LCD. Jika salah satu dari keduanya rusak atau terlepas, maka ini bisa menjadi penyebab masalah pada TV kalian. Terakhir, jika semua solusi di atas tidak berhasil, maka sebaiknya kalian segera membawa TV kalian ke tukang servis yang berpengalaman untuk diperbaiki.

Dengan mencoba beberapa solusi di atas, diharapkan kalian bisa mengatasi kerusakan pada TV LCD Sharp Aquos dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaikinya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *