TV Gambar Blur

Penyebab TV Gambar Blur Dan Cara Mengatasinya Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Penyebab TV Gambar Blur Dan Cara Mengatasinya Yang Tepat. Kerusakan pada televisi merupakan hal umum yang sering dialami oleh pengguna, baik itu masalah kecil maupun masalah besar yang bisa menyebabkan televisi mati total. Tentu saja, masalah-masalah semacam itu seringkali muncul.

Apakah kalian pernah mengalami situasi di mana saat menonton acara televisi tiba-tiba gambar terasa buram sehingga tidak jelas atau kabur? Biasanya, masalah semacam ini sering terjadi pada televisi tabung.

Jika kalian pernah mengalami masalah tersebut, tentu saja kalian akan bertanya-tanya mengenai faktor penyebab gambar menjadi buram dan cara mengatasinya. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri, penyebab, dan cara mengatasi masalah ini.

Dengan demikian, ketika kalian menemui masalah gambar buram pada televisi, kalian dapat mengatasinya sendiri tanpa harus memanggil tukang servis televisi. Hal ini akan membantu kalian menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk memanggil teknisi televisi.

Ciri-ciri, Penyebab & Cara Mengatasi TV Gambar Blur Terbaru

Jika kalian penasaran mengenai penyebab dan cara mengatasi televisi yang menampilkan gambar ngeblur atau buram, berikut ini akan dijelaskan secara rinci. Teruslah membaca ulasan ini sampai akhir agar rasa penasaran mengenai ciri-ciri dan penyebab dari masalah gambar blur dapat terjawab.

Ciri-Ciri TV Gambar Blur

TV dengan gambar blur atau buram memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali, seperti layar yang menjadi buram atau kabur saat pertama kali dinyalakan. Kadang-kadang ciri ini muncul sejak awal saat pengguna TV menghidupkannya, dan dalam kasus ini dapat dianggap sebagai masalah ringan.

Namun, jika TV hanya mengeluarkan suara dan layarnya menjadi blur, kemudian menjadi gelap total, dapat dikatakan bahwa ada masalah dengan komponen yang rusak di dalam TV. Komponen rusak tersebutlah yang menyebabkan TV kalian mengalami gambar blur total saat dinyalakan.

Penyebab TV Gambar Blur

Sebelum mengetahui cara mengatasi TV dengan gambar blur, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Terdapat beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan gambar buram pada TV kalian, yang bisa mengganggu saat dilihat, antara lain:

Baca Juga :   Kode Remot TV Philips Semua Tipe & Cara Settingnya

  1. Pengaturan fokus pada flyback mengalami kerusakan.
  2. Tabung TV mengalami kerusakan, seperti adanya kebocoran.
  3. Terdapat socket tabung CRT yang kotor, aus, berkarat, atau bahkan patah.
  4. Elco (kapasitor elektrolit) di sekitar flyback yang memiliki tegangan tinggi mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi TV Bergambar Blur

Setelah mengetahui penyebab gambar buram pada TV, penting untuk mengetahui cara mengatasinya. Dengan mengetahui cara mengatasinya, kalian dapat dengan mudah mengatasi masalah gambar buram pada TV ketika kalian mengalaminya.

1. Kencangkan semua kabel dan koneksi.

Kabel yang kendur dapat menyebabkan sinyal tidak terdeteksi oleh televisi. Untuk mengatasi masalah ini, matikan TV dan periksa kabel yang terhubung antara TV dan STB (set-top box), jika kalian menggunakan TV kabel.

Selanjutnya, periksa kabel yang terhubung ke sumber listrik di dinding dan pastikan bahwa semuanya terpasang dengan kuat dan aman.

Jika masalah gambar buram pada TV disebabkan oleh kabel yang kendur, coba hidupkan TV dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

2. Periksa koneksi internet atau sinyal WiFi.

Apabila kalian menonton televisi melalui internet, kemungkinan sinyalnya bisa menjadi lemah. Hal ini mungkin terjadi jika posisi TV terlalu jauh dari router WiFi atau terdapat gangguan dari perangkat elektronik lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, coba gunakan WiFi pada perangkat lain dan periksa apakah sinyalnya kuat.

Selain itu, jika satu koneksi internet digunakan oleh banyak perangkat, ada kemungkinan bahwa televisi kalian tidak akan mendapatkan bandwidth yang cukup untuk menampilkan acara yang ingin kalian tonton. Untuk mengatasi masalah ini, coba matikan perangkat yang tidak digunakan dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

3. Alihkan dari WiFi ke sambungan kabel.

Untuk mendapatkan koneksi terbaik pada televisi, hubungkan TV secara langsung ke router. Jika kalian menggunakan kabel, penerimaan sinyal televisi tidak akan terganggu oleh perangkat lain. Untuk melakukannya, cari port Ethernet di bagian belakang televisi yang berbentuk seperti jack telepon yang besar.

Jika TV kalian memiliki port tersebut, sambungkan TV langsung ke router menggunakan kabel Ethernet.

Setelah mengubah koneksi dari WiFi ke kabel, jangan lupa untuk mengubah pengaturan jaringan yang sesuai pada menu pengaturan televisi.

4. Pasang pembaruan aplikasi yang tertunda, lalu mulai ulang televisinya.

Jika aplikasi pada smart TV mengalami kebuntuan, mungkin diperlukan pembaruan aplikasi tersebut. Tutup aplikasi tersebut, kemudian periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi yang digunakan. Jika tidak ada, coba hapus data dan cache aplikasi tersebut. Setelah itu, restart sistem dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Untuk mencegah kemunculan masalah yang serupa di masa mendatang, pastikan untuk mengatur pengaturan agar melakukan pembaruan secara otomatis.

Baca Juga :   Cara Menonton Siaran Ulang TV Mudah & Praktis

5. Setel ulang (reset) koneksi antara TV dan receiver.

Untuk mengatasi masalah koneksi antara televisi dan receiver, cobalah untuk mencabut kabel HDMI yang menghubungkannya. Tunggu selama sekitar 30 detik, lalu sambungkan kembali.

Setelah itu, hidupkan televisi dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi. Mungkin kalian perlu menunggu beberapa detik saat televisi menyesuaikan gambar setelah koneksi dipulihkan.

Selain itu, pastikan untuk memeriksa kondisi kabel HDMI. Jika kabel terkelupas atau casingnya rusak, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

6. Matikan dan nyalakan kembali modem atau receiver.

Untuk mengatasi sebagian besar masalah pada TV, cobalah untuk melakukan reset perangkat keras. Pertama, cabut kabel daya dari kotak TV kabel atau modem yang terhubung ke stopkontak, dan tunggu sekitar 10 hingga 15 detik sebelum menghubungkannya kembali. Setelah itu, nyalakan televisi dan tunggu hingga layanan inisialisasi ulang.

Setelah perangkat direset, tunggu dan periksa apakah televisi kalian sudah kembali normal.

Kadang-kadang, penyedia layanan melakukan pembaruan pada perangkat lunak di kotak TV kabel atau modem, yang dapat menyebabkan masalah penerimaan sinyal. Dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkat, akan dilakukan reset. Tindakan ini mirip dengan restart komputer setelah sistem operasi diperbarui.

7. Kencangkan semua kabel koaksial.

Jika koneksi pada kabel koaksial kendur, cobalah untuk mengencangkan sekrupnya terlebih dahulu. Tarik kabelnya, lalu tancapkan kembali dengan kuat. Setelah itu, kencangkan ring di ujung kabel koaksial menggunakan jari. Pastikan untuk mengencangkan ring hingga tangan kalian tidak dapat memutarnya lagi – tidak perlu menggunakan tang untuk mengencangkan ring tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, kabel koaksial dapat mengalami keausan dan kerusakan. Jika perbaikan koneksi ini tidak dapat mengatasi masalah, mungkin kalian harus membeli kabel yang baru.

8. Jangan menggunakan splitter.

Jika terdapat kabel yang terhubung melalui splitter, cobalah untuk menghubungkannya secara langsung ke dinding. Jika terdapat saluran kabel yang menuju beberapa ruangan, artinya kalian menggunakan splitter (perangkat yang digunakan untuk membagi beberapa saluran kabel).

Cabut kabel koaksial dari kedua sisi splitter, lalu sambungkan kabel yang berasal dari antena langsung ke televisi.

Namun, perlu diingat bahwa dengan menggunakan cara ini, kabel-kabel yang mengarah ke ruangan lain tidak akan berfungsi. Jika kabel-kabel tersebut juga diperlukan oleh penghuni lain di rumah, mungkin kalian perlu menghubungi tukang servis antena untuk mengatasi masalah ini. Splitter dapat mengurangi kekuatan sinyal hingga separuhnya. Jika sinyal yang diterima lemah, splitter bisa menjadi penyebabnya.

9. Lakukan auto-tuning pada televisi untuk memperbaiki koneksi.

Untuk memastikan bahwa masalah tidak terletak pada televisi, cobalah menggunakan fungsi “auto-tune” yang tersedia di televisi. Fungsi ini akan mengizinkan televisi untuk mencari dan memuat saluran yang tersedia secara otomatis, baik melalui kabel maupun sinyal dari pemancar.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki TV LG Tidak Ada Suara Paling Simpel

Gunakan fungsi “auto-tune” tersebut untuk mencari saluran yang tersedia, dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

kalian biasanya dapat mengakses pengaturan televisi melalui remote yang disertakan. Namun, jika kalian membutuhkan informasi lebih lanjut untuk mengatasi masalah ini, carilah informasi mengenai produsen televisi tersebut di internet.

10. Periksa adanya penghalang di luar rumah jika kalian menggunakan antena satelit (parabola).

Sinyal yang menuju antena parabola dapat terhalang oleh pohon atau bangunan di sekitarnya. Cuaca buruk juga dapat menyebabkan serpihan benda menutupi piringan antena atau air menggenang di piringan antena, yang mengganggu sinyal.

Oleh karena itu, pastikan untuk menghilangkan semua gangguan tersebut agar televisi dapat menampilkan gambar yang baik.

Jika kalian merasa bahwa antena parabola terhalang oleh bangunan, disarankan untuk menghubungi tukang pasang antena. Mereka akan membantu dalam mengatur ulang posisi antena agar sinyal dapat ditangkap dengan baik dan gambar televisi kembali normal.

11. Ubah arah antena jika kalian menggunakan saluran UHF.

Untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik, arahkan antena ke arah pemancar siaran terdekat. Jika kalian tidak mengetahui posisi pemancar atau relay terdekat, cari informasinya di internet.

Selain itu, memasang antena di tempat yang tinggi seperti di atas gedung atau jendela dapat membantu meningkatkan penerimaan sinyal.

kalian juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan antena eksternal agar mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Namun, jenis antena ini lebih mahal daripada antena dalam ruangan dan lebih sulit dipasang karena harus ditempatkan pada ketinggian yang lebih tinggi dari rumah.

Periksa juga adanya penghalang yang mungkin mengganggu sinyal. Misalnya, jika terdapat proyek pembangunan di area tempat tinggal kalian dan ada bangunan di antara antena dan menara pemancar, kalian mungkin akan kesulitan mendapatkan sinyal yang baik.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, gambar blur pada TV adalah masalah umum yang dapat mengganggu pengalaman menonton kita.

Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, seperti memeriksa koneksi, mengatur pengaturan gambar, dan memeriksa kerusakan pada komponen, kita dapat mengatasi masalah ini dan menikmati pengalaman menonton yang lebih baik.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab TV Gambar Blur Dan Cara Mengatasinya Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *