Penyebab TV LED Berubah Warna

Penyebab TV LED Berubah Warna Serta Cara Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab TV LED Berubah Warna Serta Cara Mengatasinya. Memiliki televisi baru tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan televisi yang sudah lama. Televisi baru menampilkan warna yang lebih cerah, akurat, dan bisa diatur sesuai dengan fitur yang tersedia pada televisi.

Namun, seiring berjalannya waktu, televisi dapat mengalami kerusakan. Salah satu jenis kerusakan yang umum terjadi pada televisi adalah hilangnya atau perubahan warna pada layar televisi.

Beberapa kasus kerusakan pada televisi dapat menyebabkan perubahan warna yang tidak normal, seperti dominasi warna biru, hijau, merah, atau gabungan dari ketiganya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, teknisi TV akan membahas tentang TV LED yang mengalami perubahan warna. Bagi yang sedang bingung atau mengalami permasalahan serupa, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu TV LED ?

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini tersedia berbagai jenis televisi yang dapat dipilih untuk menemani kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah TV LED.

TV LED adalah jenis televisi yang menggunakan sistem pencahayaan dengan menggunakan lampu diode (LED). Berbeda dengan televisi LCD yang masih menggunakan lampu neon pada sistem pencahayannya, TV LED memanfaatkan lampu diode.

Karena memiliki beberapa keunggulan, TV LED menjadi salah satu jenis televisi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan kelebihan-kelebihannya, TV LED tentunya dapat meningkatkan kenyamanan saat menonton televisi sehingga tidak mudah merasa bosan.

Penyebab TV LED Berubah Warna

Salah satu indikasi bahwa televisi mengalami kerusakan adalah perubahan warna gambar pada layar televisi atau warna TV menjadi tidak normal.

Baca Juga :   Kumpulan Firmware TV LED Samsung & Cara Upgradenya

Pada televisi jenis LCD dan LED, masalah yang sering terjadi terkait kerusakan warna adalah warna yang memudar, serta masalah lain seperti dominasi warna biru, merah, atau hijau pada layar TV.

Meskipun gambar yang ditampilkan normal dan tidak mengalami perubahan, namun kerusakan warna dapat mengganggu saat menonton televisi.

Banyak pengguna yang mengira kerusakan warna ini hanya masalah pengaturan, padahal sebenarnya masalah tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat mengakibatkan perubahan warna atau kerusakan pada televisi. Beberapa penyebabnya antara lain:

1. Module T Con dengan IC AS15

Masalah perubahan warna pada TV LED sering terjadi pada televisi keluaran tertentu yang masih menggunakan modul T Con dengan IC AS15.

IC AS15 adalah tipe buffer tegangan, sehingga jika tegangan keluaran dari IC AS15 tidak sesuai dengan kebutuhan panel LED, maka tampilan pada layar LED akan pudar dan cenderung menjadi putih.

Karena kelemahan ini yang membuatnya rentan rusak, televisi keluaran baru saat ini jarang atau bahkan tidak lagi menggunakan tipe IC AS15.

2. Mainboard

Dalam kasus lain, perubahan warna televisi yang didominasi oleh warna biru dapat disebabkan oleh kerusakan pada mainboard.

Mainboard atau motherboard adalah papan sirkuit utama yang terdiri dari komponen-komponen dan chip kontrol, yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data dalam sistem mainboard. Dengan kata lain, mainboard adalah pusat pengendali yang mengatur kerja dari seluruh komponen pada sebuah perangkat televisi.

3. Pengaturan Remote

Kerusakan warna pada televisi dapat terjadi akibat kesalahan dalam pengaturan menggunakan remote control atau karena secara tidak sengaja menekan tombol yang salah pada remote, yang mengakibatkan perubahan warna pada layar televisi.

Cara Mengatasi Warna TV Yang Berubah

Berikut adalah solusi untuk mengatasi perubahan warna pada televisi berdasarkan penyebabnya:

1. Mengatasi Warna Pudar Akibat Module T Con Dengan IC AS15

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa module T Con dengan IC AS15 merupakan jenis IC yang digunakan pada televisi keluaran lama. Jadi untuk mengatasinya yaitu dengan cara melakukan penggantian IC.

Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Panasonic Paling Mudah dan Tepat

2. Mengatasi Mainboard Yang Rusak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modul T Con dengan IC AS15 adalah jenis IC yang digunakan pada televisi keluaran lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti IC tersebut.

3. Warna Rusak Akibat Pengaturan Remote

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbaiki kerusakan warna pada televisi yang disebabkan oleh kesalahan pengaturan remote:

  • Tekan tombol “Menu” pada remote.
  • Pilih opsi “Pencarian Manual” dengan menggunakan tombol navigasi atas dan bawah.
  • Tekan “Enter”, lalu pilih opsi “Sistem Warna”.
  • Pilih atau ubah sistem warna dari NTSC menjadi PAL.
  • Tekan “Exit” untuk keluar.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, warna pada televisi akan kembali normal.

Pemeriksaan Umum untuk Penyebab Warna TV LED Berubah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perubahan warna pada TV LED bisa disebabkan oleh kerusakan umum yang bisa menyerang satu komponen atau lebih. Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, dapat dilakukan pemeriksaan umum dengan cara:

  1. Periksa soket CRT untuk melihat apakah ada jamur, karat, atau koneksi yang putus.
  2. Periksa dan perbaiki solderan pada bagian IC vertikal.
  3. Periksa dan perbaiki solderan pada IC Croma.
  4. Lakukan solder ulang pada RGB yang menempel pada RCT.
  5. Periksa tegangan dan voltase untuk IC Croma, dan pastikan keduanya berada dalam kondisi normal.

Kelebihan TV LED

Terdapat beberapa kelebihan pada TV LED, di antaranya sebagai berikut:

1. Desain Tipis dan Ringan

Salah satu kelebihan dari TV LED adalah desainnya yang tipis dan ringan. Hal ini memudahkan pengguna untuk memindahkan TV ke mana saja dengan mudah. Teknologi backlighting yang digunakan pada TV LED membuat desainnya lebih ramping dibandingkan TV tabung yang berukuran besar.

Ukuran ketebalan TV LED biasanya hanya sekitar 25 mm saja, sehingga pengguna masih memiliki banyak ruang kosong ketika meletakkan TV LED di ruangan.

2. Banyak Fitur Tambahan

TV LED memiliki kelebihan lainnya yaitu memiliki banyak fitur tambahan. Kamu bisa menonton film dari penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau HDD. Selain itu, kamu juga bisa berbagi layar dari PC atau ponsel dengan TV LED.

Baca Juga :   Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Televisi & Penjelasanya

TV LED dilengkapi dengan port HDMI atau USB untuk keperluan lainnya. Fitur-fitur tersebut bervariasi tergantung pada merek TV LED yang kamu pilih. Semakin tinggi harga TV LED, semakin banyak dan canggih fitur yang terdapat di dalamnya.

3. Perawatannya Mudah

Perawatan TV LED juga sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengatur kecerahan layar dan meletakkannya dengan baik agar tidak terjatuh atau terbentur oleh benda lain atau oleh anak-anak. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi TV LED tetap baik dan tidak cepat rusak.

4. Lebih Awet

Salah satu kelebihan dari TV LED adalah daya tahannya yang lebih baik dibandingkan jenis TV lainnya. Masa penggunaan TV LED bisa mencapai 75 ribu jam, membuatnya lebih tahan lama. Dengan demikian, TV LED merupakan pilihan yang awet dan tahan lama sehingga pengguna tidak perlu sering menggantinya.

Namun, sebelum membeli TV LED, kamu juga perlu mempertimbangkan kekurangannya untuk menentukan pilihan yang tepat.

Baca Juga :

Kesimpulan

Kesalahan warna pada TV LED dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah sinyal, gangguan pada kabel, hingga kerusakan pada komponen di dalam TV. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dengan teliti penyebab masalah tersebut sebelum mengambil tindakan perbaikan.

Jika masalah masih belum dapat diatasi, disarankan untuk menghubungi teknisi profesional untuk membantu memperbaiki TV LED Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati tayangan favorit dengan kualitas gambar yang jernih dan nyaman untuk dilihat.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab TV LED Berubah Warna Serta Cara Mengatasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *