Setting Warna TV LED Samsung

Setting Warna TV LED Samsung Kalibrasi Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Setting Warna TV LED Samsung Kalibrasi Yang Tepat. Sebagian besar TV yang keluar dari pabrik tidak didesain untuk memberikan kualitas gambar terbaik di dalam ruangan. Sebaliknya, tampilan gambar disesuaikan agar terlihat menarik di ruang pamer atau saat dipajang di bawah lampu neon. Inilah sebabnya mengapa TV menggunakan lampu latar secerah mungkin dan kontras diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan gambar yang tajam dengan gerakan yang halus.

Namun, pengaturan ini tidak cocok jika diterapkan di dalam ruangan rumah. Warna yang tidak pas atau terlalu mencolok akan membuat gambar terlihat buram dan kehilangan detailnya. Selain itu, fitur pengasahan dan penyempurnaan gambar hanya trik pemasaran belaka yang hanya menambahkan artefak ke gambar sehingga terlihat lebih baik.

Untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik dan pengalaman menonton yang lebih baik, sebaiknya fitur-fitur tersebut dimatikan dan kecerahan, kontras, serta warna disesuaikan agar pas untuk digunakan di dalam rumah agar kualitas gambar terlihat lebih hidup.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengatur warna pada TV LED Samsung agar tampilan gambar menjadi lebih jernih dan hidup, baik untuk jenis TV tabung maupun LCD.

Setting Warna TV LED Samsung dan Kalibrasi

Metode ini juga dapat digunakan pada semua merek televisi, termasuk LG, Samsung, Polytron, Sharp, Sanyo, Akari, dan merek lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat ulasan lengkap di bawah ini.

Pengaturan Warna Terbaik Untuk TV LED Samsung

1. Mode Gambar

Untuk mendapatkan gambar yang optimal untuk setiap jenis input, penting untuk memilih mode gambar yang tepat. Secara umum, ada tiga jenis mode gambar:

  • Dinamis / Jelas: Mode ini cocok digunakan di ruangan yang terang karena pengaturannya meningkatkan terlalu banyak gambar. Beberapa televisi juga memiliki mode gambar olahraga yang hanya sedikit berbeda. Walaupun mode ini membuat rumput terlihat lebih hijau, namun ini hanya meningkatkan palet warna dan kecerahan. Hal ini dapat menghilangkan detail dari gambar dan berdampak pada kesehatan mata jika menonton televisi dengan mode ini terlalu lama.
  • Standar: Mode gambar ini memiliki kecerahan yang sedang, tidak seakurat pada mode film atau dinamis. Mode ini cocok untuk menonton televisi baik di siang atau malam hari dan cocok untuk semua jenis program televisi.
  • Film atau Bioskop: Mode gambar ini dianggap sebagai mode gambar yang paling akurat dan cocok untuk menonton film pada Blu-Ray atau DVD.
Baca Juga :   Kode Remote Universal RM-133E Untuk TV Paling Lengkap

2. Backlight dan Brightness

Lampu latar adalah pengaturan yang mengontrol seberapa banyak cahaya yang dipancarkan oleh televisi. Untuk ruangan dengan cahaya yang terang, diperlukan pengaturan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan dengan cahaya redup. Cara termudah untuk menyesuaikan tingkat kecerahan adalah dengan menyesuaikan tingkat kecerahan hingga maksimal saat memulai menonton film.

3. Kontras

Pada pengaturan pabrik, kontras TV diatur cukup tinggi, sehingga disarankan untuk menguranginya hingga sekitar 50% dari pengaturan maksimum. Kontras adalah kontrol level cahaya untuk menyesuaikan tingkat warna putih. Kontras sering disebut sebagai level putih, pastikan pengaturan kontras tidak terlalu tinggi sehingga mengganggu garis-garis pada gambar yang ada dan tetap mempertahankan ketajaman gambar.

4. Ketajaman

Ketajaman gambar sangat penting untuk mendapatkan kualitas gambar yang akurat. Pengaturan ketajaman yang terlalu tinggi akan menampilkan cahaya putih di sekitar objek gambar. Jika terbiasa menonton televisi dengan pengaturan kontras dan kecerahan yang tinggi, maka perlu menyesuaikan pengaturan lainnya karena gambar cenderung terlihat gelap atau pudar.

5. Warna

Pengaturan warna, atau yang juga disebut saturasi, adalah salah satu pengaturan yang paling subjektif karena tergantung pada selera pengguna. Biasanya, pada pengaturan pabrik, warna sudah sesuai dan cukup mendekati gambar yang alami dengan akurasi warna yang sangat baik. Untuk melakukan kalibrasi warna dengan benar, disarankan menggunakan cakram kalibrasi profesional.

Cakra Kalibrasi Profesional

Setelah membeli televisi baru, sebaiknya lakukan kalibrasi manual atau eye ball terlebih dahulu. Gunakan disk kalibrasi profesional untuk mencapai pengaturan yang optimal. Disk kalibrasi tersebut menggunakan pola khusus dan instruksi yang jelas untuk menghilangkan tebakan yang biasanya terjadi pada kalibrasi. Ada banyak disk kalibrasi yang tersedia, salah satunya adalah Disney WOW (World of Wonder Blu-ray disc).

Contoh Pengaturan

Berikut adalah contoh pengaturan gambar yang telah dikalibrasi secara akurat pada TV LED 3D Samsung UN78HU9000 78 inci Curved 4K Ultra HD 120 Hz:

  • Mode Gambar: Film
  • Lampu Latar: 14
  • Kontras: 95
  • Kecerahan: 47
  • Ketajaman: 0
  • Warna: 50
  • Tint: G50 / R50

Manfaat Mengatur Setting TV LED Samsung

Dengan sedikit pengaturan pada warna TV, seperti kecerahan dan kontras, akan mengurangi penggunaan listrik (hemat daya). Ini akan menghasilkan tagihan listrik yang lebih hemat.

Baca Juga :   Rekomendasi TV Yang Bagus Untuk Rental PS3 Semua Merk

Sementara itu, pengaturan warna dan ketajaman gambar yang optimal akan memberikan kualitas gambar yang nyaman bagi mata, sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan TV LED

Pengaturan Warna TV LED Samsung, TV LED atau Light Emitting Diode, adalah salah satu jenis televisi yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini karena memiliki beberapa keunggulan. Kelebihan TV LED akan meningkatkan kenyamanan dalam menonton televisi sehingga tidak mudah bosan.

Berikut adalah informasi tentang kelebihan dan kekurangan TV LED:

a. Kelebihan TV LED

Terdapat banyak kelebihan dan kekurangan dari TV LED. Berikut adalah beberapa kelebihan dari TV LED:

1. Desain Tipis dan Ringan

Salah satu kelebihan dari TV LED adalah desainnya yang tipis dan ringan. Hal ini membuatnya mudah dipindahkan ke mana saja. Desain tipis TV LED disebabkan oleh penggunaan teknologi backlighting, sehingga tidak perlu memiliki desain besar seperti TV tabung.

Biasanya, ketebalan TV LED hanya sekitar 25 mm. Dengan demikian, masih tersedia banyak ruang ketika TV LED diletakkan.

2. Memiliki Banyak Fitur Tambahan

Kelebihan lain dari TV LED adalah adanya banyak fitur tambahan. Misalnya, TV LED dapat digunakan untuk menonton film menggunakan penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau HDD. Selain itu, TV LED juga dapat digunakan untuk berbagi layar (share screen) dari PC atau ponsel.

Selain itu, pada TV LED terdapat port HDMI atau USB untuk keperluan lain yang terhubung dengan TV LED. Fitur-fitur tersebut bervariasi tergantung pada merk TV LED. Semakin tinggi harga TV LED, semakin banyak dan canggih pula fitur-fiturnya.

3. Perawatannya Mudah

Selain memiliki banyak fitur tambahan, kelebihan lain dari TV LED adalah perawatannya yang mudah. Anda hanya perlu mengatur kecerahan layar yang cukup dan menempatkannya dengan baik agar tidak terjatuh karena terbentur benda lain atau oleh anak-anak. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga TV LED agar tetap dalam kondisi baik dan tidak cepat rusak.

4. Lebih Awet

Salah satu kelebihan dari TV LED adalah daya tahannya yang lebih baik dibandingkan dengan jenis TV lainnya. TV LED memiliki masa penggunaan yang mencapai 75 ribu jam, sehingga jenis TV ini dianggap lebih tahan lama. Oleh karena itu, TV LED adalah pilihan yang awet dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu mengganti televisi dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, sebelum membeli TV LED, perlu mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangannya. Berikut adalah kekurangan dari TV LED.

a. Kekurangan TV LED

Setiap produk elektronik yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Begitu pula dengan TV LED, pasti ada kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari TV LED:

Baca Juga :   Skema Blok, Diagram & Cara Kerja TV LED Beserta Fungsinya

1. Harganya yang Mahal

Kekurangan pertama dari TV LED adalah harganya yang mahal. TV LED biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp2 juta dengan merk ternama. Hal ini tentu jauh lebih mahal dibandingkan dengan TV Tabung atau TV Plasma yang memiliki harga di bawah Rp1 juta.

2. Biaya Perbaikan yang Mahal

Selain harganya yang mahal, biaya perbaikan TV LED juga cukup besar atau mahal. Bahkan, biayanya hampir sama dengan membeli TV LED baru. Hal ini wajar karena komponen TV LED terdiri dari panel, model supply, serta beberapa fitur lain di dalamnya yang memiliki harga yang mahal.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan dan menjaga TV LED agar tidak mudah rusak dan memerlukan biaya perbaikan yang besar.

3. Harus Menggunakan Antena dengan Kualitas yang Bagus

Kelemahan lain dari TV LED terletak pada antenanya. Jika menggunakan antena dengan kualitas buruk, kualitas gambar yang dihasilkan oleh TV LED akan sangat terdampak. Gambar yang dihasilkan akan tidak jelas, patah-patah, atau muncul bintik-bintik pada layar LED. Bahkan, antena yang buruk bisa menyebabkan layar TV LED bergaris.

Oleh karena itu, diperlukan antena dengan kualitas yang bagus untuk dipasangkan dengan TV LED. Sebenarnya, TV LED lebih cocok untuk menonton siaran digital dan video yang hampir tidak memiliki gangguan dalam penerimaan gambar.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dijelaskan tentang bagaimana cara setting warna pada TV LED Samsung. Dengan melakukan pengaturan yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan kualitas tampilan gambar pada layar TV Anda. Berbagai opsi pengaturan warna yang tersedia pada TV LED Samsung memungkinkan Anda untuk menyesuaikan warna, kecerahan, kontras, dan saturasi sesuai dengan preferensi Anda.

Namun, perlu diingat bahwa pengaturan warna pada TV LED Samsung dapat bervariasi tergantung pada model dan seri TV yang Anda miliki. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca manual pengguna yang disediakan oleh produsen sebelum memulai proses setting warna TV Anda.

Dengan pengaturan warna yang tepat, Anda akan dapat menikmati pengalaman menonton TV yang lebih memuaskan dan memikat. Semoga informasi yang telah disampaikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *