Apa Itu Planologi

√ Apa Itu Planologi? Pengertian, Prospek Kerjanya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Planologi? Pengertian, Prospek Kerjanya Lengkap. Mungkin, bagi sebagian orang, istilah planologi masih terdengar asing. Banyak yang belum memahami secara menyeluruh tentang apa itu planologi dan bagaimana praktik kerjanya. Padahal, jika dipelajari dan dipahami dengan baik, ilmu planologi dapat menjadi salah satu jalur untuk memperoleh penghasilan dengan memanfaatkannya.

Apa Itu Planologi?

Planologi adalah istilah untuk disiplin ilmu yang mengkaji pembangunan kota. Dengan kata lain, planologi adalah ilmu yang fokus pada organisasi tata kota atau wilayah. Disiplin ini diajarkan di jurusan arsitektur atau teknik sipil di fakultas teknik.

Ilmu planologi menjadi penting dalam penyusunan tata letak kota. Keseluruhan wilayah direncanakan secara optimal berdasarkan lokasi strategis tanah atau lahan. Dengan penerapan ilmu planologi, terbentuklah kota atau wilayah yang menarik dengan tatanan yang teratur dan sempurna.

Prospek Kerja Planologi

Bersamaan dengan kemajuan perkembangan saat ini, banyak kota yang turut merencanakan pembangunan. Wilayah yang sebelumnya berantakan akan diatur dengan baik untuk membentuk kota yang teratur.

Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan planologi memiliki manfaat besar dalam berbagai jenis pekerjaan. Berikut adalah daftar pekerjaan yang dapat diambil melalui ilmu planologi:

1. Account Officer

Bidang pekerjaan pertama dalam ilmu planologi adalah sebagai account officer. Dalam konteks bahasa Indonesia, account officer diterjemahkan sebagai petugas akun atau admin. Tanggung jawab yang diemban oleh profesi ini memiliki dampak besar bagi perusahaan, sehingga pekerjaan account officer bukanlah tugas yang ringan. Salah satu tugas utama account officer adalah memperkenalkan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Bagaimana ilmu planologi terkait dengan pekerjaan ini? Tentu saja, sebagai seorang admin, pekerja harus memiliki kemampuan untuk mempromosikan dan menjual produk yang ditawarkan oleh perusahaan, khususnya dalam bidang properti. Oleh karena itu, seorang admin harus memiliki pemahaman yang mendalam mengenai properti, di mana pengetahuannya didapatkan melalui studi planologi.

Baca Juga :   Pengertian Gambar Perspektif: Fungsi, Jenis dan Contohnya

2. Penilai Real Estate

Terdapat pekerjaan yang memerintahkan para profesionalnya untuk mengevaluasi pembangunan real estate. Tugas ini mungkin menjadi fokus utama bagi mereka yang menggeluti ilmu planologi. Di sini, ilmu tersebut akan diimplementasikan melalui penilaian yang sesuai dengan perhitungan dan lokasi strategis wilayah.

Tugas dan tanggung jawab dari penilai real estate tidak boleh dianggap enteng. Dapat dikatakan bahwa perhitungan yang mereka lakukan memiliki dampak besar terhadap keberlanjutan kehidupan di real estate di masa mendatang. Oleh karena itu, penerapan ilmu planologi harus dilakukan dengan cermat agar menciptakan kondisi yang nyaman.

3. Perencanaan Wilayah dan Kota

Bagi pekerjaan ini, terlihat bahwa banyak instansi yang memerlukan layanan perencanaan wilayah dan kota. Seperti yang telah dijelaskan, ini berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan kota. Oleh karena itu, profesi ini semakin dikenal dalam ranah arsitektur dan pembangunan.

Tugas dan tanggung jawab yang diemban cukup besar, yaitu pembuatnya harus merancang tata letak visual. Tata letak tersebut menggambarkan bagaimana wujud kota setelah dibangun di masa mendatang. Untuk menciptakan tata letak yang sesuai, pekerja perlu melakukan survei yang akurat dan komprehensif terlebih dahulu.

4. Konsultan

Terkait dengan pemahaman mengenai planologi, profesi konsultan juga menjadi pilihan karir yang sesuai dengan keahliannya. Ada berbagai jenis konsultan, namun dalam konteks ini, konsultan yang relevan adalah konsultan properti atau konsultan arsitektur.

Peran konsultan sangat penting dalam konstruksi kota. Sementara itu, tugas dan tanggung jawab konsultan melibatkan perhitungan rincian biaya secara terperinci terkait pembangunan kota.

Selain itu, konsultan sering diidentifikasi sebagai penasihat desain karena tugasnya melibatkan penilaian terhadap desain yang akan direalisasikan. Tentu saja, pengetahuan dalam planologi akan menjadi dasar dalam menjalankan tugas ini.

5. Perencana Transportasi

Definisi ilmu planologi mencakup aspek perencanaan pembangunan tata ruang kota. Namun, bagaimana ilmu ini terkait dengan konsep transformasi? Mengapa ilmu planologi diasosiasikan dengan dunia otomotif?

Baca Juga :   √ Apa itu Drainase? Fungsi dan Jenis Hingga Contohnya

Jadi, keterkaitan antara ilmu planologi dan perencanaan transportasi terletak pada perencanaan itu sendiri. Saat ini, kereta atau bus semakin menjadi fokus utama sebagai sarana transportasi umum yang mendapatkan prioritas. Oleh karena itu, perencanaan penempatan mereka perlu dilakukan secara kolaboratif dengan individu yang memahami ilmu planologi.

6. PNS

Lulusan dari jurusan yang menekuni ilmu planologi memiliki peluang yang luas untuk bekerja di instansi sipil. Pekerjaan ini tidak hanya menguntungkan secara pribadi, tetapi juga dapat dianggap sebagai tugas sebagai petugas negara. Prospek kerjanya mudah dan secara pasti terkait dengan materi ilmu planologi yang diajarkan.

Beberapa bagian dari PNS yang membuka peluang bagi lulusan jurusan planologi termasuk instansi Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Ketiga contoh instansi tersebut juga terbuka untuk lulusan jurusan sipil dan arsitektur. Pekerjaan yang dijalankan oleh mereka tidak terlalu jauh dari bidang perencanaan kota dan wilayah, di mana ilmu planologi memiliki peran yang krusial.

7. Dosen

Mereka yang memiliki pengetahuan dalam ilmu planologi juga memiliki peluang untuk menjadi pengajar di bidang yang sama. Saat rekan-rekan sesama profesional planologi melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi yang terkait dengan pembangunan, terdapat kesempatan yang setara untuk menjadi dosen.

Materi yang diajarkan kepada mahasiswa tetap berkaitan dengan ilmu planologi. Namun, untuk menjadi pengajar di tingkat pendidikan tinggi, diperlukan pendidikan yang lebih lanjut.

Pengetahuan dalam ilmu planologi yang dimiliki dapat tetap bermanfaat dengan cara mentransfernya kepada generasi berikutnya. Ini dapat dilakukan dengan mengajar tentang prinsip-prinsip perencanaan kota dan ilmu-ilmu terkait lainnya kepada mahasiswa.

8. Jasa Konstruksi

Proses pembangunan memerlukan dukungan dari jasa konstruksi sebagai fasilitator utama. Alat-alat konstruksi yang disediakan akan digunakan sebagai fasilitas dan infrastruktur dalam membangun kota, mulai dari peralatan berat tingkat rendah hingga peralatan berat tingkat tinggi.

Baca Juga :   Pengertian Bestek: Fungsi, Contoh dan Jenisnya Lengkap

Salah satu pekerjaan yang masih erat kaitannya dengan planologi adalah penyedia jasa konstruksi. Pekerja di sektor ini bertujuan untuk memasarkan peralatan berat yang dijual agar dapat digunakan selama proses pembangunan. Gaji yang diterima oleh pelaku usaha konstruksi juga dianggap sangat menguntungkan, bahkan lebih dari cukup.

9. Pegawai Pemda

Selain berkarier di kantor sipil, terdapat pekerjaan lain yang mengkalianlkan pengetahuan dalam ilmu planologi di kantor Pemerintah Daerah (Pemda). Menjadi pegawai Pemda dapat dianggap sebagai bentuk pengabdian yang lain dalam menerapkan ilmu yang dimiliki.

Tugas dan tanggung jawab yang diemban masih terkait dengan pembangunan. Dalam banyak kasus, prospek pekerjaan di Pemda melibatkan penanganan pembangunan di daerah tertinggal. Selain itu, pekerjaan tersebut mungkin juga melibatkan pengawasan terhadap perubahan tata letak kota yang sedang direncanakan untuk diperbaiki.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan memahami pertanyaan mendasar, “Apa Itu Planologi?”, kita dapat menggali kedalaman sebuah ilmu yang memberikan fondasi untuk pembangunan kota yang berkelanjutan.

Planologi bukan sekadar tentang perencanaan tata ruang, tetapi juga tentang membentuk kota-kota yang efisien, berkelanjutan, dan menyelaraskan kebutuhan masyarakat dengan lingkungan sekitar.

Semakin kita memahami esensi planologi, semakin mampu kita merencanakan masa depan perkotaan yang lebih baik. Dengan terus menggali pengetahuan dalam ilmu ini, kita berkontribusi pada pembentukan kota yang tidak hanya indah secara fisik, tetapi juga berdaya tahan, inklusif, dan harmonis.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Planologi? Pengertian, Prospek Kerjanya Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *