TV LED Polytron Layar Blank Putih

Penyebab TV LED Polytron Layar Blank Putih & Solusinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab TV LED Polytron Layar Blank Putih & Solusinya. Pada masa lalu, televisi memiliki desain yang sederhana dan minim aksesori dibandingkan dengan TV saat ini. Hal ini terlihat dari bentuknya yang masih berbentuk tabung yang cembung serta komponen di dalamnya yang lebih rumit jika dibandingkan dengan TV saat ini.

Namun, dengan perkembangan teknologi, televisi mengalami evolusi dan inovasi. Bentuk tabung televisi yang awalnya cembung, kini menjadi datar dan flat. Selain itu, televisi saat ini memiliki desain yang lebih menarik, sehingga jumlah peminatnya semakin meningkat. Bahkan untuk televisi terbaru, kini ada yang disebut dengan TV LCD atau TV LED.

Keunggulan dari TV LCD/LED sangat berbeda dengan model televisi sebelumnya. Hal ini terlihat dari kualitas gambar yang jauh lebih baik serta model dan sirkuit di dalamnya yang lebih sederhana dan hemat energi. Namun, seringkali kita mengabaikan prosedur penggunaan yang seharusnya diperhatikan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada televisi, karena penggunaannya yang berlebihan.

Terdapat berbagai macam kerusakan yang dapat terjadi pada televisi jenis LED, termasuk pada TV Polytron LED. Salah satunya adalah layar televisi yang hanya menampilkan warna putih polos tanpa gambar, tetapi suara masih normal. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah pada panel LED.

TV LED Polytron Layar Blank Putih

Meski demikian, tidak dapat diabaikan kemungkinan bahwa ada penyebab lain yang dapat menyebabkan TV menampilkan layar putih. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Teknisitv akan membahas masalah yang spesifik terkait TV LED Polytron yang mengalami layar putih. Silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab TV LED Layar Blank Putih

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan TV LED menampilkan layar putih, antara lain:

  1. Tegangan +B yang menuju Timing Control (T-Con) hilang. T-Con biasanya membutuhkan tegangan sekitar 12 volt, tetapi ada beberapa televisi yang menggunakan tegangan 5 volt. Periksa apakah tegangan +B dari motherboard masih ada atau tidak.
  2. Fuse atau sekring yang terletak di board T-Con putus. Cek sekring menggunakan multimeter dengan skala ohm atau di posisi buzzer. Sekring biasanya terletak dekat dengan soket kabel LVDS.
  3. Firmware TV korup. Masalah seperti ini dapat disebabkan oleh firmware yang tersimpan pada eeprom yang rusak. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan proses flashing.
  4. Kerusakan pada board rangkaian T-Con. Ganti board T-Con secara keseluruhan jika rangkaian T-Con tidak terintegrasi dengan panel.
  5. Kemungkinan kerusakan pada IC Gamma. Ganti IC Gamma dengan yang baru, T-Con biasanya menggunakan IC Gamma AS15.
Baca Juga :   Cara Menonton YouTube Di TV LG Semua Tipe Dengan Mudah

Itulah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan TV LED menampilkan layar putih.

Langkah Memperbaiki TV LED Layar Blank Putih

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menemukan penyebab dan memperbaiki masalah TV LED layar putih:

  1. Pertama-tama, periksa kapasitor elektrolit pada PSU serta jalur koneksi pada PSU.
  2. Selanjutnya, periksa sekring pico yang terletak pada papan controller. Jika nilai ohm pada sekring terlalu tinggi, maka sekring perlu diganti.
  3. Periksa kabel LVDS yang menjadi penghubung antara mainboard dengan papan controller.
  4. Cek koneksi kabel atau socket dan patrian timah.
  5. Lakukan reset pada kabel ribbon yang menghubungkan controller board dengan driver board.
  6. Selain itu, periksa juga komponen-komponen lain yang terkait dengan papan controller, terutama papan controller itu sendiri.
  7. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat mengetahui penyebab dan memperbaiki masalah TV LED layar putih.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan penyebab dan memperbaiki masalah TV LED layar blank putih. Jika setelah melakukan perbaikan dengan cara-cara di atas masalah masih belum teratasi, sebaiknya lakukan pengecekan ulang untuk memastikan bahwa semua langkah sudah dilakukan dengan benar.

Rekomendasi TV LED Polytron Terbaik

Rekomendasi TV LED Polytron terbaik adalah salah satu merek TV yang populer di pasaran. Selain harganya yang terjangkau, kualitas yang ditawarkan juga baik. Berikut adalah beberapa seri TV LED Polytron yang direkomendasikan dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus. Harga TV LED Polytron dan tipe terbaik dapat dilihat di bawah ini.

1. 4K Smart Ultra HD

TV LED Polytron 4K Smart Ultra HD – PLD55UV6900 merupakan salah satu seri TV pintar yang diluncurkan oleh Polytron sebagai perangkat hiburan. Desainnya yang sangat elegan dan modern dengan bingkai logam yang tipis.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Bergaris Semua Merk dan Cara Mengatasinya

Selain itu, seri TV ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang serupa dengan sistem operasi pada smartphone. Harganya berkisar antara 4 hingga 5 jutaan rupiah.

2. Tv Polytron Cinemax Soundbar

TV LED Cinemax Soundbar tersedia dalam ukuran 40 hingga 49 inci dengan teknologi layar modern untuk pengalaman menonton TV yang mengagumkan.

Dilengkapi dengan slot USB dan dua slot HDMI, Anda dapat menonton tayangan dari flashdisk yang dimasukkan ke slot tersebut. Harga Polytron Cinemax Soundbar adalah sekitar Rp. 2.150.000.

3. LED TV 32 Inch Polytron

Anda dapat menikmati tayangan favorit Anda dengan mudah dengan menghubungkan TV LED Polytron ini ke ponsel pintar Anda melalui fitur Bluetooth yang tersedia.

Meskipun harga TV LED Polytron 32 inci ini terjangkau sekitar Rp 2.100.000, namun kualitas yang dimilikinya sangat menguntungkan bagi Anda yang mencari TV LED murah dengan kualitas yang dapat memuaskan Anda dan memberikan pengalaman menonton yang luar biasa.

4. 4K UHD TV Polytron 65 Inch

Menonton film di seri TV LED Polytron ini terasa seperti menonton di bioskop karena ukurannya yang besar, mulai dari 55 hingga 65 inci, dan dilengkapi dengan teknologi HDR yang membuat tayangan memiliki warna yang lebih kaya dan terlihat realistis.

Teknologi Wide Color Gamut juga mendukung hal tersebut dengan membuat spektrum warna yang dihasilkan lebih luas 25% dari TV LED biasa.

Sebagai TV LED era digital yang terhubung dengan dunia maya, 4K UHD TV dilengkapi dengan koneksi WiFi yang memungkinkan Anda untuk berselancar di dunia maya melalui layar jumbo.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses Youtube yang menyediakan tayangan yang lebih beragam, dan dapat diakses langsung melalui TV tanpa perlu menggunakan stasiun televisi.

5. LED TV Cinemax Wave

Seri TV ini merupakan TV LED Polytron yang dilengkapi dengan tuner satelit digital, sehingga jika dipasangkan dengan parabola, Anda dapat menikmati tayangan dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Gambar Biru & Cara Mengatasinya

Yang lebih menarik lagi, harga TV LED Polytron seri 32 inci ini terjangkau di bawah 3 juta rupiah, namun dilengkapi dengan fitur lengkap seperti soundwave dan mode tampilan yang beragam.

6. Tv Led Polytron 32 Inch

TV LED Polytron ukuran 32 inci saat ini sangat populer di kalangan konsumen karena harganya yang terjangkau. Berikut beberapa tipe TV LED Polytron 32 inci dan harganya yang kami rekomendasikan:

  • Polytron PLD32T100 – Harga sekitar 1,5 jutaan
  • Polytron PLD32D905 – Harga sekitar 1,7 jutaan
  • Polytron PLD32T700 – Harga sekitar 1,8 jutaan
  • Polytron PLD32D704 – Harga sekitar 2 jutaan

Itulah beberapa tipe TV LED Polytron 32 inci terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Harga TV LED Polytron 32 inci berkisar antara 1 hingga 2 juta rupiah saja dan dapat dengan mudah ditemukan di marketplace terpercaya di Indonesia.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, ada beberapa kemungkinan penyebab TV LED Polytron Anda mengalami layar blank putih. Salah satu penyebabnya bisa saja terjadi kerusakan pada komponen internal TV, seperti panel LED atau inverter board. Selain itu, masalah kabel yang terlepas atau rusak juga dapat memicu masalah ini.

Namun, sebelum memutuskan untuk membawa TV Anda ke reparasi, ada baiknya untuk mencoba beberapa solusi sederhana seperti memeriksa koneksi kabel, mengecek setingan brightness dan kontras pada TV, serta membersihkan debu pada ventilasi TV. Jika masalah masih terjadi, sebaiknya Anda mempercayakan perbaikan pada teknisi yang berpengalaman dan terpercaya agar TV Anda dapat kembali normal seperti semula.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab TV LED Polytron Layar Blank Putih & Cara Menanganinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *