Biaya Service TV Konslet

Daftar Biaya Service TV Konslet : Untuk Semua Merk

Posted on

Finoo.id – Daftar Biaya Service TV Konslet : Untuk Semua Merk. Dengan pesatnya perkembangan zaman, dunia teknologi juga semakin maju. Contohnya, perkembangan pada perangkat televisi, yang dulunya berbentuk tabung, sekarang sudah inovasi menjadi lebih tipis dan dikenal sebagai TV LCD/LED.

Fitur-fitur yang tersedia pada TV juga semakin beragam dan canggih, menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau bagi masyarakat Indonesia, dan yang lebih penting, TV LED lebih hemat listrik. Oleh karena itu, banyak pengguna TV tabung yang beralih ke TV LED.

Namun, barang elektronik, sehebat apapun, tetap bisa rusak jika tidak hati-hati dalam penggunaannya. Ada berbagai jenis kerusakan pada TV LED, seperti LED kena petir, LED pecah, LED layar gelap, lampu backlight mati, suara kemrisik, gambar kabur, mati total, gambar separo, suara hilang, gambar bergaris vertikal/horizontal, dan TV konslet.

Sebelum membawa TV ke tempat service, tentu kita ingin tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan, seperti untuk memperbaiki TV yang konslet. Oleh karena itu, jika di artikel sebelumnya sudah membahas tentang biaya service TV LED pecah, maka kali ini akan dibahas mengenai biaya service TV konslet.

Biaya Service TV Konslet

Untuk referensi, kali ini teknisitv akan membagikan informasi mengenai tarif service TV konslet. Namun, informasi biaya yang diberikan hanya sebatas estimasi harga saja, karena setiap tempat jasa service televisi tentunya memiliki harga atau biaya yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat kerumitan proses perbaikan dan jenis spare part yang diganti. Berikut adalah estimasi harganya:

Baca Juga :   Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos Yang Sering Terjadi

Biaya Service untuk Kerusakan TV Konslet

  • Jasa Pengecekan: Rp 100.000,-

Biaya Service TV LCD/LED:

  • Ukuran 31 inci ke bawah: Rp 250.000,-
  • Ukuran 32 inci – 41 inci: Rp 300.000,-
  • Ukuran 42 inci ke atas: Rp 350.000,-

Biaya Service TV Tabung:

  • Ukuran 31 inci ke bawah: Rp 170.000,-
  • Ukuran 32 inci ke atas: Rp 220.000,-

Itulah estimasi biaya service untuk perbaikan TV yang konslet. Biaya pengecekan tidak akan dikenakan apabila Anda menggunakan jasa perbaikan lainnya, namun akan dikenakan biaya pengecekan jika Anda tidak menggunakan jasa perbaikan tersebut. Selain itu, biaya yang telah disebutkan di atas belum termasuk biaya spare part.

Penyebab Kerusakan TV Konslet

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan televisi konslet atau regulator TV short:

  1. Kabel AC 220 terkelupas.
  2. Blog AC Matik (yang berupa STR ataupun transistor) short.
  3. Posistor di sistem dgausing tabung short.
  4. Kapasitor yang terhubung dengan kolektor damper short.
  5. Transistor driver tidak bekerja dengan semestinya.
  6. Trafo switching short.
  7. Dioda yang terhubung langsung dengan AC 220 rusak.
  8. Kapasitor starter yang terhubung dengan dua arus AC sebelum menuju dioda rusak.
  9. Transistor horizontal short.
  10. Adanya kotoran yang mengakibatkan short sirkuit.

Perawatan TV LED, LCD, dan Tabung

Ketika membeli TV dengan tipe dan merk tertentu, selain mempertimbangkan fitur yang ditawarkan, faktor daya tahan juga menjadi penting untuk dipertimbangkan. Rata-rata TV LED mampu bertahan selama 5-7 tahun, tetapi dengan perawatan yang tepat, TV LED Anda dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun. Berikut adalah rahasianya:

1. Pentingnya Ventilasi TV yang Baik

Perlu diperhatikan sirkulasi udara pada area sekitar TV untuk mencegah energi panas yang dihasilkan oleh TV tidak berlebihan atau overheating.

Sebelum memasang TV, disarankan untuk memperhitungkan jarak TV dengan tembok atau benda sekitarnya. Meskipun memasang TV dengan menempelkannya pada tembok mungkin sangat umum dilakukan, namun hal ini tidak disarankan karena dapat mempengaruhi sirkulasi udara.

Lebih baik menempatkan TV di atas meja untuk menjaga agar perangkat tetap dingin setelah digunakan.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki TV LG Tidak Ada Suara Paling Simpel

2. Matikan TV Jika Tidak Digunakan

Alasan utama mengapa kita sering mendengar saran untuk mematikan TV jika tidak ada yang menonton adalah untuk menghemat listrik.

Namun, selain menghemat listrik, mematikan TV juga dapat meningkatkan kualitas dan umur TV. Semakin sering TV dinyalakan tanpa henti, semakin cepat performanya akan menurun. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyalakan TV semalaman.

3. Mengatur Setelan TV dengan Benar

Iklan TV sering menawarkan gambar jernih dengan warna cerah dan layar yang terang. Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi tingkat brightness atau kecerahan TV, semakin banyak energi yang diperlukan dan semakin cepat usia TV akan berkurang.

Sebaiknya, atur kontras dan kecerahan pada tingkat yang wajar untuk mempertahankan kualitas gambar dan memperpanjang umur TV Anda.

4. Pentingnya Membersihkan TV Secara Berkala

Membersihkan TV secara rutin dapat meningkatkan umur TV Anda. Debu yang menempel pada layar dapat mempengaruhi kualitas gambar.

Untuk membersihkan debu dan kotoran pada TV, gunakan cairan pembersih khusus atau cairan pembersih kacamata. Lap dengan kain yang bersih dan jangan terlalu kasar dalam menggosoknya.

Jika perlu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian dalam TV. Dengan cara ini, TV Anda akan terlihat seperti baru dan debu tidak akan masuk ke dalam mesin TV yang dapat menyebabkan penyumbatan.

5. Hindari Meletakkan TV Terlalu Dekat dengan Jendela

Sinar matahari dapat memberikan dampak buruk pada layar TV, membuatnya cepat kusam dan gambar yang dihasilkan kurang jernih.

Untuk itu, sebaiknya hindari meletakkan TV persis di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung. Meletakkan TV di tempat yang terkena sinar matahari langsung juga dapat membuatnya cepat panas bahkan ketika baru dinyalakan.

6. Pasang Regulator Voltase untuk Melindungi TV anda

Regulator voltase dapat melindungi TV dari fluktuasi voltase yang dapat terjadi pada saat cuaca buruk atau pemadaman listrik.

Ketidakstabilan ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan membahayakan penghuni rumah. Agar umur TV dapat lebih panjang, disarankan untuk memasang regulator voltase untuk berjaga-jaga.

Baca Juga :   Garansi TV Coocaa : Untuk Semua Tipe & Cara Klaimnya

7. Jauhkan TV dari Benda yang Mengandung Magnet dan Smartphone

Magnet dan smartphone dapat mengganggu kinerja TV. Benda dengan medan magnet tinggi seperti speaker aktif dapat menimbulkan distorsi dan menurunkan kualitas gambar. Sedangkan ponsel mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang juga dapat berpengaruh pada kualitas gambar.

Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan benda-benda elektronik semacam ini dari TV Anda untuk memastikan kualitas gambar tetap optimal.

Baca Juga ;

Penutup

Dalam menghadapi kerusakan pada TV yang konslet, penting bagi kita untuk memperhitungkan biaya service yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu, daftar biaya service TV konslet dapat menjadi panduan yang berguna bagi kita dalam mempersiapkan anggaran yang tepat.

Dalam daftar tersebut, terdapat berbagai jenis biaya yang harus diperhitungkan seperti biaya jasa teknisi, biaya penggantian komponen, dan biaya transportasi. Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan reputasi dan pengalaman teknisi yang akan menangani perbaikan TV konslet tersebut.

Dengan mengetahui daftar biaya service TV konslet secara jelas, kita dapat menghindari biaya yang tidak perlu dan memilih jasa service yang tepat untuk menyelesaikan masalah pada TV konslet. Dengan begitu, kita dapat menghemat waktu dan biaya yang lebih besar di masa depan.

Jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut dan melakukan perbandingan biaya service TV konslet sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa teknisi tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Dafter Biaya Service TV Konslet : Untuk Semua Merk. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksaih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *