Harga Borongan Pasang Atap Spandek

√ Harga Borongan Pasang Atap Spandek Semua Jenis & Ukuran Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Atap Spandek Semua Jenis & Ukuran Terbaru. Seperti yang umum diketahui, atap merupakan komponen penting dalam struktur luar ruangan sebuah rumah. Fungsinya adalah melindungi bagian atas bangunan dari berbagai kondisi cuaca, termasuk panas dan hujan.

Baru-baru ini, banyak orang dalam industri konstruksi telah memperbincangkan atap rumah jenis spandek. Atap spandek sering digunakan sebagai alternatif untuk genteng sebagai penutup bangunan karena berbagai keunggulannya, salah satunya adalah proses pemasangannya yang lebih mudah dan cepat.

Ketika berbicara tentang pemasangan atap spandek di Indonesia, ada dua jenis pekerja yang dapat melakukannya, yaitu pekerja harian dan pekerja borongan. Namun, kebanyakan orang cenderung memilih menggunakan jasa pemborong atau kontraktor karena biayanya dinilai lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan pekerja harian.

Oleh karena itu, jika kalian berencana menggunakan material spandek sebagai atap rumah kalian, sebaiknya kalian pertama-tama mengetahui berapa biaya pemasangan borongannya. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai harga pemasangan atap spandek per meter persegi.

Pengertian dari Atap Spandek

Peran atap dalam sebuah rumah tidak boleh diabaikan. Kualitas atap yang baik akan meningkatkan kenyamanan hunian kalian. Selain itu, kalian dapat memilih jenis atap yang sesuai dengan anggaran kalian. Salah satu pilihan atap yang sedang populer saat ini adalah atap spandek.

Menurut informasi dari Lysaght, atap spandek memiliki bentuk kotak-kotak simetris yang sangat cocok digunakan baik untuk rumah tinggal maupun bangunan industri karena daya tahannya yang unggul dan tampilannya yang modern. Meskipun awalnya atap spandek tidak begitu populer, perkembangan desain rumah yang lebih minimalis dan harga yang terjangkau membuat atap spandek semakin diminati sebagai alternatif bagi atap tradisional yang terbuat dari tanah liat.

Atap spandek adalah jenis atap yang terbuat dari campuran bahan seng dan aluminium dalam komposisi 43% seng dan 55% aluminium. Bahan ini juga dicampur dengan silikon sebagai penguat, yang membuatnya menjadi lebih fleksibel. Kehadiran aluminium dalam komposisinya membuat atap spandek menjadi ringan, kuat, dan mudah disesuaikan dengan bentuk rumah atau bangunan kalian.

Jenis – Jenis Atap Spandek

Bagi kalian yang berminat dan ingin mencoba mengaplikasikan atap spandek untuk rumah kalian, kalian dapat mengenal berbagai jenis atap spandek yang tersedia. Di bawah ini, terdapat beberapa varian atap spandek yang dapat kalian temukan dengan mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan rumah kalian.

a. Atap Spandek Zincalume

Atap spandek jenis Zincalume adalah salah satu opsi yang banyak digunakan dalam bangunan komersial karena kesederhanaannya. Sesuai dengan namanya, atap Zincalume terbuat dari campuran aluminium sebanyak 55%, seng sebanyak 43%, dan silikon sebanyak 2%.

Baca Juga :   √ 1 Pick Up Berapa Kubik Pasir? Rumus & Cara Menghitung!

b. Atap Spandek Pasir

Atap spandek Pasir umumnya digunakan dalam desain rumah minimalis dan seringkali dikombinasikan dengan struktur atap baja ringan. Kelebihan dari atap spandek Pasir adalah bobotnya yang ringan, menjadikannya pilihan yang aman untuk perumahan. Selain itu, atap ini dilengkapi dengan lapisan pasir yang mampu meredam suara dengan lebih baik daripada jenis atap spandek lainnya.

c. Atap Spandek Lengkung

Atap spandek Lengkung cocok untuk kalian yang memerlukan atap yang dapat diaplikasikan pada permukaan dengan bentuk melengkung. Jenis atap ini memiliki berbagai bentuk lengkung yang beragam, sehingga kalian dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

d. Atap Spandek Laminasi

Atap spandek Laminasi memiliki bahan dasar dari aluminium yang diperkuat dengan lapisan foil pada bagian luar. Dalam hal ketahanan, jenis atap spandek ini lebih tahan terhadap benturan dan memiliki umur pakai yang lebih panjang daripada atap spandek lainnya.

e. Atap Spandek Kliplok

Atap spandek Kliplok sangat disukai karena dilengkapi dengan teknologi pengunci dan pengikat yang sudah terpasang pada atapnya. Sistem ini membuat pemasangan atap menjadi lebih mudah dan sekaligus meningkatkan ketahanannya terhadap kebocoran.

f. Atap Spandek Transparan

Atap spandek jenis Transparan sangat cocok untuk digunakan pada carport rumah karena memiliki sifat transparan atau bening. Atap ini terbuat dari material plastik atau kaca, sehingga menjadi pilihan yang lebih ekonomis dan ringan untuk dipasang.

g. Atap Spandek Warna

Untuk kalian yang ingin tampil berbeda dan tidak suka dengan atap berwarna polos, kalian dapat memilih atap spandek berwarna. Atap ini memiliki bahan dasar yang sama dengan atap Zincalume, yang membedakannya hanyalah lapisan pelapis yang beragam warna yang dapat kalian pilih sesuai dengan preferensi kalian.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek

Walau memiliki sejumlah keunggulan, sebagai bahan bangunan, atap spandek tentu saja memiliki beberapa kelemahan. Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai harga pemasangan atap spandek secara lebih rinci, penting untuk mengetahui terlebih dahulu baik kelebihan maupun kekurangannya sebagai berikut.

Kelebihan:

  1. Proses pemasangan atap spandek relatif lebih mudah dibandingkan dengan material genteng, yang mempercepat proses konstruksi dan mengurangi biaya tenaga kerja.
  2. Bentuk sederhana atap spandek membuatnya aman dalam menghadapi terpaan angin besar, karena lebih stabil dan memiliki daya tahan terhadap beban angin yang tinggi.
  3. Atap spandek dikenal dengan umur pakainya yang lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun. Hal ini membuatnya menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.
  4. Permukaan atap spandek yang mampu memantulkan panas sinar matahari dengan baik membantu menjaga kondisi di dalam rumah tetap sejuk. Ini berkontribusi pada efisiensi energi dan kenyamanan di dalam rumah.
  5. Keberlanjutan lingkungan sangat diperhatikan, karena atap spandek bisa didaur ulang. Hal ini membantu mengurangi limbah konstruksi dan mendukung prinsip ramah lingkungan.
  6. Ketersediaan berbagai pilihan warna pada atap spandek memungkinkan kalian untuk menyesuaikan penampilan bangunan sesuai dengan selera dan gaya kalian.

Kekurangan:

  1. Atap spandek cenderung menimbulkan suara cukup berisik ketika terkena hujan. Hal ini dapat menjadi gangguan terutama dalam cuaca hujan yang intens.
  2. Terdapat kemungkinan bahwa warna atap spandek mengalami kepudaran dalam jangka waktu singkat jika terpapar berlebihan terhadap elemen cuaca seperti sinar UV.
  3. Risiko kebocoran atap spandek menjadi tinggi jika atap ini terbentur oleh benda keras, seperti cabang pohon atau benda tumpul lainnya. Oleh karena itu, perawatan dan perlindungan atap spandek menjadi sangat penting untuk mencegah kerusakan.
Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 50x50 : Volume & Biaya

Kebutuhan Pasang Atap Spandek

Dalam proses pemasangan atap spandek, terdapat beberapa komponen dan bahan material yang sangat penting untuk diperhitungkan. Beberapa komponen dan bahan material yang menjadi BAGIAN PENTING DALAM PERHITUNGAN KEBUTUHAN PEMASANGAN ATAP SPANDEK antara lain adalah sebagai berikut.

Bahan Material

Langkah pertama dalam proses pemasangan atap spandek pada rumah adalah menentukan bahan material yang dibutuhkan. Secara umum, pengaplikasian atap spandek ini memerlukan rangka atap baja ringan. Berikut adalah rincian bahan material pemasangannya:

  1. Baja ringan jenis kanal C.
  2. Nok baja ringan.
  3. Atap spandek.
  4. Baut.

Pekerja Bangunan

Sebuah komponen lain yang tak kalah pentingnya dengan bahan material dalam pemasangan atap spandek adalah tenaga kerja konstruksinya. Dalam konteks ini, di mana pemasangan atap spandek melibatkan pekerja borongan atau kontraktor, penting untuk mencari kontraktor yang berpengalaman.

Penting untuk dicatat bahwa harga borongan pasang atap spandek dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu harga borongan tanpa material dan HARGA BORONGAN PLUS MATERIAL. Kami menyarankan untuk menggunakan jasa pekerja borongan plus material agar kalian tidak perlu repot mencari bahan material pemasangannya sendiri. Dengan demikian, proses pemasangan atap spandek akan berjalan lebih lancar dan efisien.

Harga Borongan Pasang Atap Spandek

Secara umum, harga borongan pasang atap spandek dapat bervariasi di berbagai wilayah. Variasi ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti fluktuasi harga material konstruksi, tingkat kesulitan dalam pemasangan atap spandek, dan lain sebagainya.

Namun, sebagai panduan umum, biasanya harga borongan pasang atap spandek berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 220.000 per meter persegi. Tarif ini mencakup pemasangan rangka atap baja ringan, kuda-kuda baja ringan, serta pemasangan atap spandek.

Penting untuk diingat bahwa sangat disarankan untuk mencari pekerja borongan yang memiliki pengalaman dalam bidangnya. Hal ini bertujuan agar hasil akhir dari pemasangan atap spandek oleh pekerja borongan dapat memenuhi harapan kalian.

Selain itu, pemilihan material atap spandek yang berasal dari merek terkemuka yang telah terbukti kualitasnya sangat penting. Meskipun harga atap spandek mungkin sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan material kelas stkalianr, namun kualitasnya yang terjamin akan memberikan manfaat jangka panjang bagi rumah kalian.

Perhitungan Biaya Pasang Atap Spandek

Setelah mengetahui harga borongan pasang atap spandek per meter persegi, langkah berikutnya adalah memahami bagaimana menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk proyek pembangunan atap spandek. Untuk membantu kalian memahami prosesnya, berikut ini adalah panduan langkah-langkah menghitung biaya pemasangan atap spandek dengan menggunakan jasa pekerja borongan plus material.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama adalah menghitung total luas atau volume pekerjaan pemasangan atap spandek. Sebagai contoh, jika kalian akan memasang material spandek pada atap rumah dengan model atap pelana berukuran 7 meter x 6 meter, berikut adalah tata cara perhitungannya:

Baca Juga :   Apa Itu Bahan Cotton Combed? Serta Jenisnya Secara Lengkap

Diketahui:

  • Panjang atap: 7 meter.
  • Lebar atap: 6 meter.

Perhitungan:

  • Volume pekerjaan: Panjang atap x lebar atap.
  • Volume pekerjaan: 7 m x 6 m = 42 m².

Dari perhitungan di atas, total volume pekerjaan pemasangan spandek pada atap rumah dengan model atap pelana adalah 42 meter persegi.

Biaya Pasang Atap Spandek

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan atap spandek dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan atap spandek per meter persegi.

  • Biaya pemasangan atap spandek: Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pemasangan atap spandek: 42 m² x Rp 210.000 = Rp 8.820.000.

Jadi, total biaya yang diperlukan untuk memasang atap spandek dengan menggunakan jasa pekerja borongan pada atap rumah pelana seluas 42 meter persegi adalah sekitar Rp 8.820.000. Sebaiknya, siapkan anggaran yang sedikit lebih besar dari estimasi ini sebagai cadangan jika terjadi hal-hal di luar perkiraan selama proses pembangunan berlangsung.

Tips Memilih Atap Spandek untuk Rumah

kalian perlu berhati-hati dalam memilih dan menggunakan atap spandek untuk rumah kalian, karena tidak semua jenis atap spandek cocok untuk rumah yang kalian huni. Sebagai contoh, rumah dengan desain klasik tidak sebaiknya menggunakan atap spandek, karena hal ini tidak akan sesuai dengan karakter arsitektur rumah tersebut. Untuk rumah bergaya klasik, atap genteng biasa yang terbuat dari tanah liat cenderung lebih cocok.

Namun, jika kalian memiliki rumah dengan desain minimalis, kalian masih dapat mempertimbangkan pemasangan atap spandek. Namun, dalam hal ini, penting untuk memilih jenis atap spandek yang sesuai dengan kebutuhan kalian dan estetika rumah kalian. kalian perlu berhati-hati dan tidak menggunakan atap spandek transparan, karena itu mungkin tidak sesuai dengan tampilan rumah minimalis. Sebagai alternatif, kalian dapat mempertimbangkan atap spandek biasa dan bahkan menambahkan insulasi untuk meredam suara dari luar. Dengan demikian, kalian dapat menciptakan kondisi yang nyaman di dalam rumah kalian tanpa mengorbankan penampilan estetika.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah kita bahas mengenai Harga Borongan Pasang Atap Spandek. Memasang atap spandek pada rumah adalah investasi penting, dan mengetahui estimasi biaya adalah langkah awal yang bijak sebelum memulai proyek.

Harga borongan atap spandek dapat bervariasi tergantung pada wilayah, jenis atap spandek, dan penggunaan pekerja borongan atau kontraktor.

Namun, selain memperhitungkan biaya, kalian juga perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti pemilihan material yang sesuai dengan gaya rumah kalian, pemilihan pekerja borongan yang berpengalaman, dan pemahaman tentang Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk proyek pemasangan atap spandek kalian.

Dengan perencanaan yang baik, kalian dapat memastikan proyek pemasangan atap spandek berjalan lancar dan menghasilkan atap yang berkualitas untuk rumah kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *