Mengenal Atap Alderon

Mengenal Atap Alderon Serta Harga Borongan Pemasangnya

Posted on

Finoo.id – Mengenal Atap Alderon Serta Harga Borongan Pemasangnya. Saat Anda merencanakan pembangunan rumah, sangat penting untuk memilih atap berkualitas terbaik. Atap, meskipun tampak sepele, adalah salah satu elemen paling vital dalam rumah Anda karena berfungsi sebagai pelindung utama terhadap cuaca panas dan hujan. Bahkan kerusakan kecil pada atap, seperti bergeser atau retak, dapat menjadi masalah besar ketika musim hujan tiba.

Salah satu jenis atap yang sangat populer dan dapat menjadi pilihan ideal untuk rumah impian Anda adalah atap alderon. Selain memiliki tampilan yang menarik dengan lembaran atap bergelombang yang dapat mempercantik tampilan rumah Anda, terutama jika rumah Anda memiliki desain minimalis, atap PVC ini juga dikenal dengan kualitasnya yang tinggi.

Tidak heran bahwa banyak orang kini lebih memilih atap alderon daripada jenis atap lainnya. Mari kita telusuri berbagai jenis, kelebihan, dan kekurangan atap alderon secara lebih mendalam sebelum Anda membuat keputusan pasti.

Mengenal Atap Alderon

Setiap rumah yang dibangun tentu memerlukan beragam komponen yang berbeda. Atap adalah salah satu komponen yang tidak bisa diabaikan, karena ia memainkan peran penting dalam menyempurnakan dan melengkapi rumah. Atap memiliki tugas krusial dalam melindungi rumah Anda, salah satunya adalah mengurangi panas matahari yang masuk pada siang hari, menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.

Saat ini, terdapat berbagai variasi dan jenis atap rumah yang tersedia dengan mudah. Setiap jenis atap memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda. Namun, tidak semua atap memiliki tingkat kemampuan dan daya tahan yang sama. Oleh karena itu, pemilihan jenis atap yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda adalah salah satu pertimbangan penting yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

Salah satu jenis atap yang menonjol dengan material berkualitas adalah atap alderon. Menurut informasi dari UPVC Roof, atap alderon termasuk salah satu jenis atap berbahan dasar UPVC yang tengah populer saat ini. Lembarannya memiliki tekstur bergelombang yang memberikan tampilan simpel dan menarik. Keunikan bentuknya membuat atap ini sangat cocok untuk rumah dengan desain minimalis. Proses pemasangannya pun relatif mudah dan dapat dilakukan dengan cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

Walaupun memiliki berbagai keunggulan, atap alderon juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh pemilik rumah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli dan memasangnya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari atap alderon yang akan kami bahas.

Baca Juga :   Pengertian Safety Device: Fungsi, Jenis dan Tujuan Lengkap

Kelebihan Atap Alderon

1. Tahan Lama dan Kuat

Atap Alderon terbuat dari bahan yang kokoh dan memiliki struktur padat serta berongga, menjadikannya tahan terhadap sinar matahari dan benturan. Selain itu, atap ini mampu menahan beban lebih berkat uji kekuatannya.

2. Tahan Terhadap Pencemaran UV

Atap Alderon terbuat dari bahan perlindungan UV yang membuatnya tahan lama dan tidak mudah luntur akibat sinar UV. Selain itu, atap ini mampu bertahan dari perubahan cuaca tanpa mengubah warnanya.

3. Resisten Terhadap Api

Atap ini dirancang dengan bahan yang tahan terhadap api. Jika terjadi kebakaran, atap ini akan meredam api dengan cepat dan tidak membiarkannya menyebar, sehingga memudahkan proses pemadaman.

4. Mudah Dibersihkan dan Garansi Panjang

Permukaan atap alderon mudah dibersihkan berkat bahan materialnya. Anda hanya perlu menyemprotkannya dengan air yang dicampur sedikit sabun untuk membersihkannya. Selain itu, atap ini dilengkapi dengan garansi hingga 15 tahun.

5. Ramah Lingkungan

Atap ini diproduksi tanpa menggunakan bahan tambahan plastik, sehingga memiliki sifat yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Kekurangan Atap Alderon

1. Harga Lebih Tinggi

Atap Alderon terbuat dari bahan material berkualitas tinggi, sehingga harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Karena hal ini, banyak orang lebih memilih produk atap lain untuk rumah mereka.

2. Pilihan Warna Terbatas

Kelemahan lainnya adalah keterbatasan dalam pilihan warna atap alderon, sehingga menjadi sulit untuk mencocokkan warna atap dengan cat rumah Anda. Saat ini, atap alderon hanya tersedia dalam dua warna, yaitu biru dan putih.

Teknik Pemasangan Atap Alderon

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang harga borongan pemasangan atap alderon per meter, mari kita pahami terlebih dahulu teknik pemasangannya. Saat ini, para kontraktor atau pemborong biasanya menyediakan dua jenis teknik pemasangan atap alderon, yaitu menggunakan rangka baja ringan dan rangka hollow galvanis.

Secara umum, teknik pemasangan atap alderon dengan menggunakan rangka hollow galvanis sedikit lebih mahal karena harga materialnya cenderung lebih tinggi. Namun, kedua jenis material tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Rangka hollow galvanis, meskipun lebih mahal, umumnya dianggap lebih kuat dan tahan lama. Dengan perawatan yang tepat, atap alderon yang dipasang dengan teknik ini bisa bertahan selama puluhan tahun.

Kontraktor atau pemborong biasanya akan memberikan pilihan teknik pemasangan berdasarkan preferensi dan anggaran Anda. Penting untuk berbicara dengan mereka secara terperinci untuk memahami manfaat dan biaya masing-masing teknik pemasangan sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Harga Borongan Pasang Atap Alderon Per Meter

Seperti halnya dalam kasus HARGA BORONGAN PASANG ATAP GENTENG, besaran harga borongan untuk pemasangan atap alderon dapat bervariasi di berbagai daerah. Perbedaan tarif atau upah pekerja borongan ini umumnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kondisi atap, tingkat kesulitan pemasangan, serta risiko yang terkait dengan pemasangan atap alderon.

Harap diperhatikan bahwa para pekerja borongan atau kontraktor biasanya menawarkan jasa pemasangan atap alderon yang mencakup tenaga kerja dan bahan material. Untuk menghindari rasa penasaran, berikut ini kami sampaikan daftar harga borongan pemasangan atap alderon per meter persegi, baik dengan rangka baja ringan maupun rangka hollow galvanis.

Baca Juga :   √ Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana: Harian & Borongan

KeteranganHarga Borongan
Penggantian atap alderonRp350,000
Pasang atap alderon dengan rangka baja ringanRp 500.000 – Rp 600.000
Pasang atap alderon dengan rangka hollow galvanisRp 650.000 – Rp 750.000

Pastikan untuk berbicara dengan kontraktor atau pekerja borongan setempat untuk mendapatkan perkiraan harga yang lebih akurat, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan spesifik pada proyek pemasangan atap alderon Anda.

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Alderon

Di atas, kami telah memberikan gambaran lengkap mengenai daftar harga borongan pemasangan atap alderon, baik itu dengan rangka baja ringan maupun rangka hollow galvanis. Selanjutnya, penting untuk memahami bagaimana menghitung biaya pemasangan atap alderon saat menggunakan jasa pekerja borongan.

Secara umum, perhitungan biaya pemasangan atap alderon serupa dengan perhitungan kebutuhan atap spandek. Langkah pertama adalah menghitung total luas area pekerjaan yang akan dipasangi atap alderon. Untuk penjelasan yang lebih detail, mari kita perhatikan perhitungan biaya pemasangannya berikut ini.

Volume Atap

Untuk menghitung biaya pemasangan atap alderon, langkah pertama adalah menentukan luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi atap alderon. Sebagai contoh, jika Anda berencana memasang atap alderon rangka baja ringan pada atap rumah model pelana yang memiliki panjang 10 meter, lebar 7 meter, serta overstek 1 meter, dengan tingkat kemiringan atap 10 derajat, perhitungannya dapat dilakukan sebagai berikut:

Diketahui:

  • Panjang atap: 10 meter.
  • Lebar atap: 7 meter.
  • Overstek: 1 meter.
  • Tingkat kemiringan atap rumah: cos 10 derajat = 0.984.

Perhitungan:

  • Volume atap: ((Panjang + overstek) x (Lebar + overstek)) ÷ Cos (kemiringan atap).
  • Volume atap: ((10 m + 1 m) x (7 m + 1 m)) ÷ 0.984.
  • Volume atap: (11 m x 8 m) ÷ 0.984.
  • Volume atap: 88 m2 ÷ 0.984 = 89.43 m2 (dibulatkan menjadi 90 m2).

Biaya Pasang Atap Alderon

Langkah selanjutnya adalah menghitung biaya pemasangan atap alderon rangka baja ringan pada bidang pekerjaan seluas 90 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan atap dengan harga borongan pasang atap alderon rangka baja ringan per meter persegi.

Rumusnya adalah sebagai berikut:

  • Biaya pemasangan atap alderon = Volume pekerjaan x Harga borongan per meter
  • Biaya pemasangan atap alderon = 90 m2 x Rp 500.000 = Rp 45.000.000

Dengan demikian, total biaya yang diperlukan untuk pemasangan material alderon rangka baja ringan pada atap rumah berukuran 10 meter x 7 meter menggunakan jasa pekerja borongan adalah sekitar Rp 45.000.000. Harap diingat bahwa jumlah anggaran ini mencakup biaya tenaga kerja pekerja borongan, material atap alderon, serta rangka baja ringan yang digunakan sebagai kerangka.

Jenis – Jenis Atap Alderon

Atap ini dapat diterapkan pada berbagai jenis properti yang beragam. Meskipun memiliki tampilan yang menarik, ternyata atap alderon memiliki berbagai jenisnya. Terdapat dua jenis utama atap alderon yang diproduksi, yaitu Alderon Twinwall Corrugated dan Alderon RS Single Wall Corrugated. Di bawah ini, akan dijelaskan beberapa spesifikasi dari kedua jenis atap yang berbeda ini:

Baca Juga :   Apa Itu Atap Alderon? Ketahui Jenis, Kelebihan & Kekuranganya !

1. Alderon Thinwall Corrugated

Atap Alderon jenis Thinwall Corrugated memiliki bentuk bergelombang dengan rongga-rongga yang terbuat dari bahan UPVC. Kelebihan utama dari atap Alderon jenis ini adalah ketahanannya yang luar biasa terhadap paparan sinar matahari yang kuat dan hujan deras.

Atap Alderon Thinwall Corrugated juga terbukti lebih efektif dalam meredam panas dan radiasi matahari jika dibandingkan dengan atap konvensional yang biasa digunakan. Kemampuannya dalam meredam suara bising dari luar juga sangat baik, menciptakan lingkungan yang lebih tenang di dalam rumah Anda.

Bentuk bergelombang dan struktur rongga-rongganya membuat atap Alderon ini menjadi lebih kokoh dan tahan lama. Atap ini juga sangat tahan terhadap kerusakan, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Alderon RS Single Wall Corrugated

Terkait dengan Alderon Thinwall Corrugated, atap Alderon jenis RS Single Wall Corrugated memiliki bentuk fisik yang bergelombang tetapi tidak memiliki rongga. Dalam hal konstruksi, atap ini ringan, namun tetap efisien dalam melindungi dari sinar matahari. Karena keberatan ringannya, atap ini sangat mudah diaplikasikan dan menjadi favorit banyak orang.

Keunggulan dari atap Alderon RS Single Wall Corrugated adalah ketahanannya terhadap perambatan api. Atap ini memiliki sifat tahan terhadap api, sehingga dalam situasi terkena api, atap Alderon RS Single Wall Corrugated tidak akan mudah terbakar, membuatnya menjadi pilihan yang aman untuk rumah Anda. Selain itu, atap ini juga sangat mudah untuk dipotong dan dibentuk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan desain rumah Anda sendiri.

Baca Juga :

Penutup

Dalam dunia konstruksi, inovasi terus mewarnai perkembangan material dan teknologi yang digunakan. Salah satu inovasi terbaru yang patut diperhatikan adalah atap Alderon.

Atap Alderon tidak hanya sekadar bahan penutup rumah, tetapi juga sebuah langkah revolusioner dalam menjaga keamanan, keberlanjutan, dan keindahan rumah Anda.

Kini saatnya Anda menggali lebih dalam tentang Atap Alderon dan mempertimbangkan pilihan yang dapat mengubah cara Anda memandang atap rumah.

Dalam dunia yang terus berubah, Atap Alderon mewakili tonggak baru dalam kualitas, keberlanjutan, dan keindahan di dunia konstruksi.

Dengan mengenal Atap Alderon, Anda akan merasakan dampak positifnya dalam jangka panjang untuk rumah Anda.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Mengenal Atap Alderon Serta Harga Borongan Pemasangnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *