Apa Itu Atap Alderon

Apa Itu Atap Alderon? Ketahui Jenis, Kelebihan & Kekuranganya !

Posted on

Finoo.id – Apa Itu Atap Alderon? Ketahui Jenis, Kelebihan & Kekuranganya !. Pemilihan jenis material untuk atap memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Terdapat berbagai jenis atap dengan kegunaan yang berbeda, salah satunya adalah atap alderon. Atap ini terbuat dari bahan yang kuat dan memberikan perlindungan optimal bagi penghuninya.

Banyak orang beralih ke penggunaan alderon karena reputasinya yang kokoh. Jika kalian berminat menggunakan atap alderon untuk rumah kalian, berikut adalah penjelasan mengenai atap alderon beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Atap Alderon?

Sebelum mengulas kekurangan atap alderon, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian atap alderon. Atap alderon adalah jenis atap yang terbuat dari bahan dasar uPVC yang saat ini sedang populer dan banyak digunakan dalam berbagai jenis bangunan. Singkatan uPVC sendiri merujuk pada Unplasticized Poly Vinyl Chloride, suatu jenis bahan turunan plastik yang melalui proses tertentu sehingga sifat plastik pada umumnya dapat dihilangkan.

Atap Alderon memiliki bentuk bergelombang dan berongga (pada beberapa varian), memberikan performa dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan atap konvensional. Alderon merupakan merek atau brand material atap yang diproduksi oleh PT. Unipack Plasindo sejak tahun 2015, anak perusahaan dari PT. Impack Pratama Industri Tbk.

PT Impack Pratama Industri Tbk, yang didirikan pada tahun 1981, juga memproduksi atap-atap premium lainnya seperti Twinlite, SolarTuff, SolarTuff Solid, dan Alsynite. Atap alderon sendiri memiliki beberapa varian, termasuk Atap Alderon Twinwall, Alderon RS, dan Alderon Lite, masing-masing dengan spesifikasi dan kisaran harga yang berbeda.

Atap Alderon terbuat dari bahan apa?

Alderon dibuat dari bahan uPVC yang telah dirumuskan dan dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja uPVC sebagai bahan dasar pembuatan Alderon. Rumusan khusus ini membuat Alderon memiliki performa yang melampaui atap sejenisnya di pasaran.

Apa yang dimaksud dengan uPVC?

uPVC merupakan singkatan dari Unplasticized Polyvinyl Chloride. Secara umum, orang sering menyebut semua jenis PVC dengan sebutan PVC saja. Namun, apa perbedaan antara PVC dan uPVC? Terdapat beberapa variasi PVC, namun hanya dua jenis PVC yang umum digunakan, yaitu plasticized PVC dan unplasticized PVC.

Baca Juga :   Harga Borongan Galian Pondasi Per Meter Kubik Terbaru Paling Tepat

Plasticized PVC dibuat dengan penambahan bahan plasticizer, sehingga produk yang dihasilkan menjadi lentur dan mudah dibentuk, seperti selang plastik untuk penyiraman tanaman, kabel listrik, sol sepatu, dan sebagainya.

Sebaliknya, uPVC diproduksi tanpa menggunakan plasticizer, membuat produk yang dihasilkan menjadi kaku dan tidak fleksibel. Contoh produk dari uPVC meliputi frame jendela, frame pintu plastik, kaso, dan sejenisnya.

Jenis-jenis Atap Alderon

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, terdapat 3 jenis atap Alderon, yaitu Alderon Twinwall Corrugated, Alderon RS Single Wall Corrugated, dan Alderon Lite. Pengertian mengenai Alderon Lite telah dibahas secara singkat pada pembahasan sebelumnya. Sementara itu, Alderon Twinwall Corrugated merupakan varian atap berongga dengan bentuk gelombang.

Dibandingkan dengan varian lainnya, atap ini menonjol karena kekokohannya, kemampuannya menahan panas matahari, kemampuan meredam suara bising, memiliki dinding rongga yang padat, ketahanan terhadap karat, dan kekuatannya yang tinggi. Namun, kekurangan atap Alderon Twinwall Corrugated terletak pada harganya yang cukup tinggi, berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per lembar.

Di sisi lain, Alderon RS Single Wall Corrugated juga memiliki bentuk gelombang, namun tanpa rongga-rongga. Kelebihan dari varian atap Alderon ini meliputi ringan, tidak tembus cahaya matahari, tahan terhadap api, fleksibel, dan lebih mudah dirawat. Terdapat 3 model untuk varian ini, yaitu Ron RS Trimdeck, Alderon RS Roma, dan Alderon RS Greca. Harga per lembar atap Alderon RS Single Wall Corrugated lebih terjangkau dibandingkan dengan varian Twinwall, berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 75.000. Sementara itu, harga untuk Alderon Lite berada dalam kisaran Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per lembar.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

Kelebihan Atap Alderon

Beberapa keunggulan dari atap Alderon yang perlu diketahui, antara lain:

1. Kuat dan Kokoh

Atap Alderon memiliki keunggulan utama dalam ketahanan strukturnya yang kuat dan kokoh. Dibuat dari bahan yang memiliki struktur padat dan berongga, atap ini mampu menanggung beban lebih, menjadikannya tangguh terhadap sinar matahari yang intens dan benturan. Keberlanjutan ketahanannya telah diuji dengan baik, sehingga memberikan keyakinan bahwa atap Alderon dapat menjaga kekokohannya dalam berbagai kondisi.

2. Tidak Mudah Luntur

Keunggulan lainnya dari atap Alderon adalah ketahanannya terhadap perubahan warna akibat sinar UV. Dengan terbuat dari bahan perlindungan UV, atap ini mampu mempertahankan warnanya sehingga tidak mudah luntur meskipun terpapar sinar matahari secara terus-menerus. Selain itu, daya tahan terhadap perubahan cuaca membuatnya tetap konsisten dalam penampilan, menjadikannya pilihan yang tahan lama dan estetis.

3. Tidak Merambat Api

Atap Alderon diformulasikan dengan bahan yang tahan terhadap api, sehingga memiliki sifat tidak mudah terbakar. Keberlanjutan formulasi ini membuat atap ini tidak hanya memberikan perlindungan fisik, tetapi juga meminimalkan risiko perambatan api jika terjadi kebakaran. Kemampuan atap Alderon untuk meredam api dengan cepat memudahkan proses pemadaman, memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi penghuni bangunan.

Baca Juga :   √ Resiko Proyek Konstruksi: Jenis, Contoh, Manajemen

4. Mudah Dibersihkan dan Garansi

Kelebihan lain dari atap Alderon adalah kemudahan perawatannya dan jaminan kualitas yang diberikan. Permukaan atap Alderon dirancang agar mudah dibersihkan. Cukup dengan menyemprotkan air yang dicampur dengan sedikit sabun ke atap Alderon, maka proses pembersihan dapat dilakukan dengan mudah. Kepraktisan ini membuat pemeliharaan atap menjadi lebih sederhana, menjaga tampilan estetisnya tanpa memerlukan usaha yang berlebihan. Selain itu, atap Alderon hadir dengan garansi yang mencapai hingga 15 tahun, memberikan kepercayaan tambahan terhadap ketahanan dan kualitas produk ini dalam jangka waktu yang lama.

5. Ramah Lingkungan

Atap Alderon mendukung keberlanjutan lingkungan dengan tidak menggunakan bahan tambahan plastik. Sifat dan jenis bahan yang digunakan pada atap ini dipilih dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan. Selain itu, atap Alderon dapat didaur ulang, mengurangi dampak lingkungan dan menciptakan solusi yang lebih berkelanjutan dalam penggunaan material konstruksi. Dengan begitu, pemilihan atap Alderon tidak hanya memberikan manfaat bagi pemilik bangunan, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan hidup yang lebih baik.

Kekurangan Atap Alderon

Mirip dengan jenis atap lainnya, atap Alderon juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu mendapatkan perhatian. Berikut adalah beberapa kekurangan dari atap Alderon yang perlu kalian ketahui:

1. Tidak Tahan Terhadap Cuaca Super Ekstrem

Atap Alderon dapat mengalami kerusakan akibat cuaca ekstrem, seperti angin kencang, hujan lebat, atau tertimpa benda berat. Bahan atap Alderon juga memiliki risiko kerusakan jika terkena paparan air dalam jangka waktu yang lama.

2. Atap Alderon Lite Hanya Bisa Didapatkan di Wilayah Tertentu

Alderon Lite merupakan varian terbaru dari atap Alderon yang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan material atap yang ringan namun tetap kokoh. Atap ini termasuk dalam kategori atap uPVC berongga dengan bentuk gelombang pertama, memiliki ketebalan 6 mm, dan diformulasikan dari bahan baku berkualitas tinggi. Alderon Lite hadir dalam varian warna terbatas, yaitu biru dan putih.

Namun, perlu diingat bahwa, menurut informasi dari website resmi Alderon, saat ini Alderon Lite belum tersedia secara merata. Distribusi Alderon Lite terbatas pada wilayah Surabaya, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Oleh karena itu, di beberapa daerah mungkin terdapat kendala dalam mendapatkan jenis atap ini.

3. Butuh Perawatan Ekstra

Kelemahan berikutnya dari Atap Alderon adalah memerlukan perawatan intensif untuk menjaga kualitas dan penampilannya. Sebenarnya, setiap jenis material atap memerlukan perawatan khusus, termasuk Alderon ini. Agar risiko kerusakan yang parah dapat diminimalkan, perlu dilakukan perawatan rutin.

Baca Juga :   √ Jarak Reng Genteng Kanmuri : Espanica, Milenio & Full Flat

4. Harganya Mahal

Dengan kualitas yang secara nyata lebih premium dibandingkan dengan material atap lainnya, tidak mengherankan jika harga Atap Alderon cenderung lebih tinggi. Namun, hal ini juga dapat dianggap sebagai kekurangan sendiri dari Atap Alderon. Harga material yang tinggi akan memberikan dampak pada peningkatan total anggaran yang diperlukan untuk membangun atap.

Untuk hunian yang dibangun dengan keterbatasan modal, penggunaan Atap Alderon mungkin tidak disarankan. Sebagai alternatif, ada opsi untuk memilih material atap yang lebih ekonomis, seperti atap genteng tanah liat.

Namun, penilaian ini bersifat subjektif dan dapat disesuaikan dengan anggaran masing-masing individu. Jika memiliki anggaran yang cukup besar, kemungkinan besar, harga yang tinggi dari Atap Alderon tidak akan menjadi masalah. Terlebih lagi, kualitasnya sebanding dengan investasi yang dikeluarkan.

5. Warna Kurang Bervariasi

Jika dibandingkan dengan genteng metal pasir atau atap uPVC lainnya, atap Alderon memiliki variasi warna yang lebih terbatas. Hanya terdapat dua varian warna, yaitu putih dan biru. Oleh karena itu, atap ini lebih sesuai untuk digunakan pada bangunan dengan konsep netral, seperti bangunan bergaya minimalis.

BACA JUGA :

Penutup

Dalam rangka menggali lebih dalam mengenai keunggulan dan kekurangan Atap Alderon, kita dapat menarik kesimpulan mengenai esensi dari pertanyaan, “Apa Itu Atap Alderon?” Atap Alderon merupakan inovasi terkini dalam dunia material atap, memadukan kekuatan, daya tahan, dan keindahan dalam satu solusi.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, seperti keterbatasan warna dan kebutuhan perawatan intensif, Atap Alderon tetap menjadi pilihan yang menarik untuk bangunan dengan konsep netral atau minimalis.

Dengan kualitas premium dan ketangguhan materialnya, Atap Alderon memberikan alternatif berkualitas tinggi bagi mereka yang mengutamakan daya tahan dan kekokohan pada atap rumah mereka.

Oleh karena itu, menjawab pertanyaan “Apa Itu Atap Alderon?” dapat kita simpulkan sebagai sebuah pilihan cerdas untuk menghadirkan perlindungan dan estetika pada atap rumah kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa Itu Atap Alderon? Ketahui Jenis, Kelebihan & Kekuranganya !. Semoga artikel dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *