Harga Borongan Pasang Talang Seng

Harga Borongan Pasang Talang Seng Dan Penjelasanya Lengkap

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Pasang Talang Seng Dan Penjelasanya Lengkap. Seperti yang umumnya dikenal, talang air berperan dalam mengarahkan air hujan dari atap rumah ke tempat yang tepat, sehingga konstruksi bangunan ini mencegah air hujan menyebar ke segala penjuru di sekitar rumah dan menghindari terjadinya genangan air atau banjir.

Penting bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki talang air di rumah mereka, terutama mengingat tingginya curah hujan dalam iklim tropis. Beruntung, saat ini ada berbagai jenis talang air rumah yang tersedia dan sering digunakan oleh masyarakat, salah satunya adalah talang air yang terbuat dari seng.

Salah satu kelebihan dari talang seng dibandingkan dengan jenis talang lainnya adalah kelenturannya yang memungkinkan penyesuaian sesuai kebutuhan. Menariknya, di Indonesia, terdapat banyak pekerja borongan yang menawarkan jasa pemasangan talang seng.

Bagi kalian yang berencana untuk memasang talang seng dengan bantuan pekerja borongan, sangat penting untuk mengetahui harga borongan per meter persegi terlebih dahulu. Untuk membantu kalian, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai daftar harga pemasangan talang seng per meter persegi.

Apa Itu Talang Seng ?

Talang air seng, yang juga dikenal sebagai talang air zinc, adalah bahan umum dalam konstruksi, termasuk sebagai material untuk talang air. Talang air seng tidak hanya terdiri dari seng saja, melainkan seringkali dicampur dengan aluminium dan titanium, sehingga talang air seng memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada talang air aluminium.

Kelemahan dari talang air seng adalah kemampuannya untuk berkarat dengan relatif mudah, yang dapat mengakibatkan kebocoran dan memerlukan penggantian beberapa kali. Meskipun harga talang air seng bervariasi, umumnya harga talang air seng masih lebih terjangkau dibandingkan dengan talang galvalum.

Tidak seperti talang air PVC, talang air galvalum dan seng biasanya dijual dalam bentuk gulungan dan dihitung per meter. Oleh karena itu, ketika kalian membeli talang air yang terbuat dari bahan ini, kalian harus membentuk dan memasangnya sendiri.

Selain talang air yang menggunakan bahan-bahan di atas, ada juga pilihan talang air lain seperti talang air metal, talang air aluminium, talang air baja ringan, dan talang air fiber. Namun, talang air ini jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Talang Seng

Seperti yang telah dikenal, setiap material bangunan memiliki karakteristiknya sendiri, termasuk struktur talang seng. Karakteristik ini akan membawa berbagai keunggulan dan kelemahan sebagai bahan konstruksi.

Baca Juga :   Lem Bata Ringan yang Bagus Besrta Penjelasan dan Harganya

Oleh karena itu, sebelum kita melanjutkan ke pembahasan utama mengenai harga pemasangan talang seng secara borongan, penting untuk memahami beberapa kelebihan dan kekurangan yang melekat pada material talang seng. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan

Talang seng memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam konstruksi bangunan:

  1. Fleksibel dalam Penyesuaian: Talang seng sangat fleksibel, sehingga mudah dibentuk dan disesuaikan dengan bentuk atap rumah yang beragam. Ini memungkinkan untuk pemasangan yang presisi dan efisien.
  2. Bobot Ringan: Material seng memiliki bobot yang ringan, sehingga tidak memberikan beban berlebih pada struktur atap rumah. Hal ini sangat penting untuk menjaga kekuatan dan integritas konstruksi.
  3. Penggunaan Luas: Talang seng dapat digunakan pada berbagai jenis bangunan dan lokasi. Ini menjadikannya pilihan yang serbaguna untuk kebutuhan pengaliran air.
  4. Kapasitas Besar: Talang seng dapat memiliki kapasitas yang besar sesuai dengan desain talangnya. Hal ini memungkinkan untuk mengatasi volume air hujan yang tinggi.
  5. Pemasangan Cepat: Proses pemasangan talang seng umumnya relatif cepat. Ini mengurangi gangguan pada saat pemasangan dan memungkinkan bangunan segera dapat digunakan kembali.
  6. Daya Tahan: Jika dibuat dengan material logam tertentu, talang seng dapat memiliki daya tahan yang baik dan masa pakai yang relatif lama. Hal ini mengurangi kebutuhan untuk penggantian yang sering.
  7. Harga Terjangkau: Harga pembuatan talang seng cenderung terjangkau dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya, membuatnya menjadi pilihan ekonomis.
  8. Kemudahan Perbaikan: Talang seng mudah untuk ditambal atau diperbaiki jika terjadi kerusakan. Ini mengurangi biaya perawatan jangka panjang.

Kekurangan

Talang seng memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum penggunaannya dalam konstruksi:

  1. Rentan terhadap Kebocoran pada Dinding Vertikal: Penggunaan talang seng pada rumah dengan dinding vertikal, terutama yang memiliki sudut tajam, dapat menjadi masalah. Hal ini karena talang seng cenderung kurang efektif dalam menahan air, sehingga lebih rentan terhadap kebocoran.
  2. Rentan terhadap Perkaratan: Seiring berjalannya waktu, talang seng dapat mengalami perkaratan atau korosi, yang dapat menyebabkan munculnya lubang. Ini dapat mengurangi efisiensi pengaliran air dan memerlukan perawatan lebih lanjut.
  3. Suara Berisik saat Hujan: Ketika hujan turun, air yang mengalir melalui talang seng dapat menghasilkan suara berisik yang dapat mengganggu kenyamanan di dalam rumah. Ini menjadi masalah terutama pada malam hari atau di daerah yang sering hujan.
  4. Panas di dalam Ruangan saat Musim Kemarau: Talang seng memiliki kemampuan untuk menyerap panas saat musim kemarau. Ini dapat menyebabkan peningkatan suhu di dalam ruangan, yang mungkin tidak diinginkan, terutama dalam iklim yang panas.
  5. Kualitas Terpengaruh oleh Material yang Digunakan: Kualitas talang seng sangat tergantung pada material yang digunakan dalam pembuatannya. Jika material tidak dipilih dengan baik atau kualitasnya rendah, talang seng dapat menjadi kurang tahan lama dan rentan terhadap korosi, sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama.
Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Atap Asbes Semua Jenis & Ukuran

Kebutuhan Komponen Pemasangan Talang Seng

Ketika kalian ingin mengetahui harga borongan pemasangan talang seng, penting juga untuk memahami komponen-komponen yang diperlukan dalam konstruksi ini. Komponen-komponen ini akan berkontribusi untuk meningkatkan efektivitas fungsi talang seng sebagai material konstruksi bangunan.

Dalam proses pembuatan dan pemasangan talang seng, ada beberapa komponen yang perlu dipertimbangkan, termasuk bahan material dan biaya tenaga kerja. Sebagian besar bahan material yang diperlukan untuk pembuatan talang seng biasanya tersedia di toko-toko bangunan terdekat, membuatnya mudah diakses.

Adapun komponen pekerjaan terkait dapat disesuaikan dengan skala proyek pemasangan talang seng. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam pemasangan talang seng, mulai dari bahan material hingga tenaga kerja yang terlibat.

Bahan Material:

  1. Lembaran Seng.
  2. Papan Kayu.
  3. Meteran.
  4. Gunting Seng.
  5. Paku.
  6. Cat anti karat (jika diperlukan).

Tenaga Kerja Borongan:

  1. Pekerja.
  2. Tukang.
  3. Kepala Tukang.
  4. Mandor.

Harga Borongan Pasang Talang Seng Per Meter

Seperti halnya dalam harga borongan pembangunan, besaran harga pemasangan talang seng juga dapat berbeda-beda di berbagai daerah. Perbedaan dalam biaya pekerjaan ini biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti harga material, kondisi pekerjaan, tingkat kesulitan, dan risiko pemasangan.

Dalam hal harga borongan, terdapat dua jenis yang umumnya dikenal, yaitu borongan non material dan borongan plus material. Borongan non material mengacu pada situasi di mana kontraktor hanya menyediakan tenaga kerja tanpa menyertakan bahan material. Sementara itu, borongan plus material berarti kontraktor menyediakan baik tenaga kerja maupun bahan material yang diperlukan.

Harga borongan pemasangan talang seng tanpa bahan material biasanya berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per meter persegi. Sedangkan harga borongan plus bahan material biasanya akan sedikit lebih tinggi, berkisar antara Rp 110.000 hingga Rp 200.000, tergantung pada jenis bahan material yang digunakan.

Namun, perlu diingat bahwa harga borongan pemasangan talang seng dapat berfluktuasi seiring berjalannya waktu karena berbagai faktor. Meskipun demikian, perbedaan harga ini biasanya tidak terlalu signifikan, sehingga harga-harga yang disebutkan di atas masih dapat digunakan sebagai panduan umum.

Cara Menghitung Biaya Pasang Talang Seng

Kami telah menjelaskan secara rinci mengenai harga borongan pemasangan talang seng per meter persegi di atas. Selanjutnya, penting bagi kalian untuk memahami bagaimana cara menghitung biaya pemasangan talang seng dengan menggunakan pekerja borongan.

Secara umum, perhitungan biaya pemasangan talang seng di sebuah hunian bisa dilakukan dengan mudah, asalkan kalian memahami tahapannya. Berikut adalah penjelasan mengenai tahapan-tahapan perhitungannya.

Baca Juga :   √ Apa Itu Bracing? Fungsi, Bentuk dan Jenis-Jenisnya

Volume Talang Seng

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menghitung luas atau volume pekerjaan pemasangan talang seng. Sebagai contoh, jika kalian hendak memasang talang seng di satu sisi atap rumah dengan panjang 12 meter dan lebar talang 70 sentimeter, berikut adalah cara menghitungnya:

Diketahui:

  • Panjang talang seng: 12 meter.
  • Lebar talang seng: 70 cm = 0.7 m.

Perhitungan:

  • Volume talang seng: Panjang x lebar talang seng.
  • Volume talang seng: 12 m x 0.7 m = 8.4 m^2.

Biaya Pasang Talang Seng

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan talang seng dengan luas 8.4 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan, baik dengan opsi non material maupun plus material. Proses perhitungannya dilakukan dengan mengalikan luas pekerjaan pemasangan talang seng dengan harga borongan per meter persegi.

Borongan Non Material:

  • Biaya pemasangan talang: Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan talang: 8.4 m^2 x Rp 45.000 = Rp 378.000.

Borongan Plus Material:

  • Biaya pemasangan talang: Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan talang: 8.4 m^2 x Rp 155.000 = Rp 1.302.000.

Jadi, total biaya pembuatan talang seng dengan luas 8.4 meter persegi adalah sekitar Rp 378.000 untuk opsi borongan non material dan Rp 1.302.000 untuk opsi borongan plus material. Disarankan untuk menyediakan tambahan biaya sebesar 10% dari anggaran total untuk pembuatan talang seng, sebagai langkah berjaga-jaga jika terjadi kejadian yang tidak terduga selama proses konstruksi berlangsung.

Baca Juga :

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Harga Borongan Pasang Talang Seng adalah tambahan berharga untuk setiap rumah. Ini melindungi investasi kalian, meningkatkan daya tarik trotoar properti kalian, dan memastikan keamanan dan kenyamanan keluarga kalian.

Dengan pemasangan dan pemeliharaan yang benar, kalian dapat menikmati manfaat rumah yang terlindungi dengan baik dan estetis yang memikat selama bertahun-tahun.

Pilih bijaksana hari ini dan investasikan pada Harga Borongan Pasang Talang Seng untuk melindungi rumah kalian dari elemen-elemen dan meningkatkan nilai keseluruhan properti kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Harga Borongan Pasang Talang Seng Dan Penjelasanya Lengkap. Semoga artikel kamai dapat bermanfaat dan terimakasih telah membac artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *